Kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu merek menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keputusannya saat akan membeli produk. Nah, hal itulah yang dinamakan manfaat dari brand awareness.
Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar brand awareness mulai dari pengertian hingga manfaatnya, mengingat hal ini sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis barang maupun jasa.
Brand awareness atau dikenal juga dengan sebutan kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dalam mengingat dan mengenali suatu merek atau brand hanya dengan melihat sesuatu. Baik berupa tagline, logo, warna, image, atau lainnya yang mampu menggambarkan identitas merek.
Tujuan dari brand awareness yakni meningkatkan loyalitas pelanggan melalui berbagai cara. Misalnya, saat melihat pengendara motor yang memakai helm dan jaket hijau, maka yang terlintas adalah platform ojek online.
Contoh lainnya, jika akan membeli air minum, maka yang terlintas dalam pikiran yakni salah satu merek air mineral yang ada di Indonesia.
Brand awareness dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:
Pengakuan merek merupakan kondisi dimana konsumen dapat membedakan dan mengenali suatu merek dari merek lainnya, berdasarkan brand identity milik produk/jasa tertentu.
Jenis brand awareness ini berfokus pada apakah pelanggan mampu mengenali saat ditampilkan atau ditanyai sebuah merek produk barang atau jasa tertentu. Jadi, pengakuan merek tidak mengharuskan konsumen untuk mengingat suatu brand.
Jenis brand awareness yang kedua ini merupakan penarikan konsumen kembali ke dalam suatu brand, melalui cara yang spontan. Misalnya, dari benak atau ingatan pelanggan dengan kategori barang atau jasa tertentu.
Benak pelanggan atau calon pelanggan umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti penggunaan, strategi pemasaran yang digunakan perusahaan, hingga tingkat pendidikan.
Top-of-mind awareness merupakan pelanggan atau calon pelanggan yang memprioritaskan pada mereka tertentu saat berbelanja atau menggunakan barang/jasa.
Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset
Seiring dikenalnya bisnis, maka manfaat brand awareness akan semakin terasa. Sebab, awareness atau kesadaran yang kuat dapat menunjang tercapainya target yang terdapat dalam rencana bisnis.
Hal itu dikarenakan brand awareness bagaikan ‘ujung tombak’ dalam pemasaran, sehingga keberhasilannya menyebabkan manfaat yang menguntungkan seperti berikut ini.
Manfaat brand awareness yang pertama yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat dan eksistensi terhadap suatu merek atau brand.
Melalui brand awareness, suatu mereka mampu meningkatkan kemampuan konsumen pada hal-hal yang identik pada merek, seperti warna, gambar, logo, tagline, dan lain sebagainya.
Ketika pelanggan atau calon pelanggan menyadari hal tersebut, maka mereka akan cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli dan menggunakan produk yang dimaksud.
Manfaat dari brand awareness yang kedua yakni mampu membangun kepercayaan konsumen, karena membuat bisnis Anda mempunyai identitas yang khas dan mampu menggambarkan keunggulan yang dimiliki brand.
Selain itu, brand awareness juga mampu menceritakan kisah seputar merek bisnis.
Salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah melalui branding. Apabila peningkatan brand awareness didukung dengan kualitas produk yang baik, konsumen akan tetap membeli produk milik Anda meskipun harganya telah dinaikkan.
Dengan catatan, kenaikan harga tersebut masih dalam batas yang wajar dan bersaing dengan kompetitor lainnya.
Terdapat banyak cara untuk meningkatkan nilai jual, seperti dengan menjual dalam bundling, menciptakan kemasan yang unik, dan lain sebagainya.
Apabila dilakukan branding yang dapat meninggalkan kesan yang baik, tidak menutup kemungkinan terdapat banyak pelanggan baru. Apalagi, jika produk milik Anda memiliki kualitas yang baik dan mampu memenuhi keinginan pelanggan.
Hal tersebut didasari pada hukum pemasaran yang menyebutkan bahwa satu pelanggan yang puas dengan brand Anda, akan membuat sepuluh orang disekitarnya untuk menggunakan brand yang sama.
Brand awareness mampu menciptakan jaringan seperti komunitas yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi lebih luas. Nah, jaringan inilah yang mampu meningkatkan kesadaran pelanggan atau calon pelanggan.
Baca Juga: Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya
Manfaat dari brand awareness sangat banyak bukan? Oleh karena itu, jika Anda adalah pengusaha, sangat penting untuk mengatur strategi supaya meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen atau calon konsumen.
Jika Anda baru memiliki usaha atau brand, sangat wajib untuk membuat strategi promosi. Promosi yang berhasil dapat membuat usaha atau brand Anda terus terpatri di benak khalawak umum. Hal ini juga bisa menjadi faktor uniqness dibandingkan dengan kompetitor Anda lainnya. Dengan demikian brand atau usaha Anda akan lebih menonjol.
Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.
Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!
Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis sekarang juga!