Logo Bee Web

Loyalitas Pelanggan Adalah Asset Bagi Bisnis Anda

Loyalitas Pelanggan adalah salah satu bentuk dari kepuasan seorang customer terhadap suatu merk maupun perusahaan. Jadi apa itu loyalty ? Loyal = setia
Penulis: Feni Purwantini
Kategori:
Terbit: Monday, 12 October 2020
Diperbarui: Tuesday, 14 November 2023
Daftar Isi

Loyalitas Pelanggan adalah Asset bagi suatu bisnis. Jika perusahaan Anda tidak memiliki customer loyal ini pasti ada yang salah, entah itu produk yang dijual jelek atau layanan yang diberikan mengecewakan.

Pengertian Loyalitas Pelanggan Adalah

Loyalitas Pelanggan Merupakan Asset Bagi Bisnis Anda

Loyalti Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Loyalitas pelanggan dibagi menjadi 2 kata yaitu loyalty dan pelanggan. Apa arti kata loyalty ? loyalty artinya kesetiaan dan arti customer atau pelanggan adalah seseorang atau sebuah organisasi yang membeli produk berupa produk maupun jasa dari suatu perusahaan ataupun toko.

Jadi loyalitas pelanggan adalah kesetiaan customer dalam menggunakan atau menikmati produk dan layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan atau toko secara terus menerus.

Pengertian Loyalitas Menurut Para Ahli

Berikut beberapa penjelasan loyalitas menurut ahli:

  • Dharmesta, dalam Diah Dharmayanti,(2006:37-38), Loyalty adalah suatu respon perilaku pembeli yang dapat terungkap secara terus menerus oleh pengambil keputusan dengan memperhatikan satu atau lebih merk alternative dari beberapa merk sejenis dan merupakan fungsi proses psikologis. Perlu ditekankan jika hal tersebut berbeda dengan perilaku membeli ulang, loyalitas pelanggan menyertakan aspek perasaan, tidak melibatkan aspek afektif didalamnya.
  • Amin Widjaja Tunggal (2008:6) Pelanggan loyal adalah kelekatan pelanggan pada suatu merk, toko, pabrikan,pemberi jasa, atau entitas lain berdasarkan sikap yang menguntungkan dan tanggapan yang baik, seperti pembelian ulang. Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa ada unsur perilaku dan sikap dalam loyalitas pelanggan.

Manfaat Loyalitas Pelanggan

Memiliki customer yang loyal akan memberikan banyak manfaat bagi, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mempunyai customer yang loyal:

1. Peningkatan Retensi Pelanggan

Dimana, pelanggan yang loyal cenderung terus melakukan transaksi dengan perusahaan Anda. Ini membantu meningkatkan tingkat retensi pelanggan, yang pada gilirannya menghasilkan pendapatan berkelanjutan tanpa harus terus-menerus mencari pelanggan baru.

2. Pemahaman yang Lebih Baik tentang Keinginan Pelanggan

Pelanggan yang loyal cenderung memberikan umpan balik yang lebih terperinci dan berharga. Mereka sudah akrab dengan produk atau layanan Anda dan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang apa yang dapat ditingkatkan atau diubah. Informasi ini dapat membantu perusahaan mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Efisiensi Biaya Promosi

Manfaat selanjutnya memiliki pelanggan adalah pelanggan sebagai  'alat promosi gratis'. Mereka cenderung berbicara positif tentang produk atau layanan Anda kepada teman, keluarga, dan kolega mereka. Ini menciptakan efek domino di mana promosi mulut ke mulut dapat menyebar secara alami, mengurangi ketergantungan pada iklan berbayar dan mengoptimalkan pengeluaran promosi.

4. Loyalitas Sebagai Faktor Diferensiasi

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, memiliki pangsa pasar yang setia dapat menjadi keunggulan kompetitif yang signifikan. Pelanggan yang setia cenderung memilih produk atau layanan Anda bahkan jika ada alternatif yang tersedia. Ini menciptakan kestabilan dalam basis pelanggan Anda dan memberikan keamanan terhadap fluktuasi pasar.

5. Promosi dari Mulut ke Mulut yang Kuat

Seperti yang Anda sebutkan, pelanggan yang setia dengan senang hati mempromosikan produk atau jasa Anda kepada orang lain. Ini menciptakan jaringan promosi dari mulut ke mulut yang kuat dan dapat mencapai audiens yang lebih luas daripada kampanye pemasaran tradisional. Rekomendasi dari teman atau keluarga cenderung lebih meyakinkan dan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan.

Cara Membuat Customer Loyal

Sudah tahu kan pentingnya memiliki customer yang loyal?  Nah sekarang saatnya Anda harus membuat customer menjadi loyal.  Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat customer menjadi loyal kepada Anda.

1. Pemberian Layanan Terbaik

Untuk membangun loyalitas pelanggan, pastikan memberikan layanan terbaik kepada mereka. Ciptakan pengalaman positif dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman, layanan cepat, dan bahkan minuman atau cemilan sebagai tambahan. Hindari membuat pelanggan menunggu terlalu lama atau merasa diabaikan.

2. Transparansi dan Tanggung Jawab

Jika terjadi masalah dengan produk atau layanan, jangan hindari tanggung jawab. Akui kesalahan, minta maaf, dan berikan solusi yang memuaskan. Ini menciptakan kepercayaan dan menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap kepuasan pelanggan.

3. Program Loyalitas Pelanggan

Contoh Member Card

Contoh Member Card (Sumber: Bee.id)

Buatlah program loyalitas pelanggan yang menarik. Memberikan member card kepada setiap pelanggan dan menyusun program potongan harga khusus untuk pemegang kartu member dapat menjadi insentif yang efektif. Ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga mendorong mereka untuk kembali berbelanja.

4. Fokus pada Kualitas Produk

Meskipun pelayanan yang baik penting, kualitas produk juga harus menjadi prioritas. Jual atau produksi produk yang memiliki kualitas tinggi. Kepuasan pelanggan tidak hanya berasal dari layanan yang diberikan tetapi juga dari kualitas produk yang mereka beli. Pastikan produk Anda memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan.

5. Komunikasi Terbuka dan Aktif

Bangun komunikasi yang terbuka dan aktif dengan pelanggan. Dengarkan umpan balik mereka, tanggapi pertanyaan atau keluhan dengan cepat, dan berikan informasi mengenai produk atau layanan secara transparan. Komunikasi yang baik menciptakan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan, memperkuat ikatan loyalitas.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan dan pemeliharaan loyalitas pelanggan, memastikan bahwa pelanggan tidak hanya membeli sekali, tetapi kembali lagi dan lagi.

Kriteria Customer Loyal

Seorang customer bisa dibilang sudah menjadi customer yang loyal jika memiliki beberapa kriteria sebagai berikut ;

  • Repeat Order / Purchase
  • Referrals
  • Emotional Boanding
  • Retention
  • Satisfaction
  • Trust
  • History of C
  • Choice Reduction/ Habit

Kesimpulan

Loyal adalah kesetiaan sedangkan customer adalah orang yang membeli produk/jasa dari toko atau perusahaan. Nah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal selain produk yang berkualitas ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan salah satunya adalah memberikan pelayanan yang maksimal.

software toko

Jangan sampai membuat customer menunggu karena antrian dikasir panjang dan juga berikan program-program yang bisa menarik loyalitas pelanggan seperti potongan diskon khsusus bagi pemegang member card.

Karena itu Anda harus didukung oleh software penjualan yang dapat mengakomodasi program-program yang menciptakan customer loyal. Seperti diskon khusus member card, undian berhadiah khusus member card, sistem point dll.

Gunakan aplikasi penjualan Beepos yang sudah dilengkapi dengan banyak fitur promosi seperti member card, diskon khusus member, poin, diskon khusus jam-jam tertentu dan juga bundling. Harga Beepos sangat hemat untuk melihatnya Anda bisa klik disini. Dan juga dapat mencobanya secara gratis selama sekarang dengan cara klik disini.

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu