🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Kurva Penawaran: Perbedaannya dengan Kurva Permintaan

Kurva penawaran adalah garis lengkung yang dapat menggambarkan jumlah barang maupun jasa yang sedang ditawarkan oleh suatu produsen.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 28 November 2022

Istilah kurva penawaran dan kurva permintaan memang sangat identik dengan kegiatan bisnis. Kedua jenis kurva ini adalah bagian dari ilmu ekonomi yang saling berkaitan satu sama lain. Sebab, kedua jenis kurva ini akan berhubungan langsung dengan transaksi jual-beli yang terjadi dalam suatu bisnis.

Jika dijelaskan secara singkat, penawaran ini bisa diartikan sebagai jumlah barang maupun jasa yang sedang ditawarkan oleh suatu produsen tertentu, pada berbagai tingkatan harga yang berbeda. Untuk memahami hal ini secara lebih jelas lagi, Anda bisa menyimak isi dari artikel ini sampai akhir!

Pengertian Kurva Penawaran

Kurva Penawaran Adalah

Ilustrasi Pengertian Kurva Penawaran (Sumber: Freepik.com)

Kurva adalah garis lengkung yang dapat menggambarkan suatu variabel tertentu. Sementara untuk penawaran adalah jumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh pihak produsen pada berbagai tingkat harga yang telah ditentukan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kurva penawaran adalah garis lengkung yang dapat menggambarkan jumlah barang maupun jasa, yang sedang ditawarkan oleh suatu produsen tertentu pada berbagai tingkat harga yang berbeda.

Penawaran ini memiliki bentuk hukum tersendiri yakni semakin tinggi harga dari suatu barang, hal ini dapat memperbanyak jumlah yang akan ditawarkan oleh pihak produsen atau penjual. Begitu pun juga dengan sebaliknya, semakin rendah harganya, maka tingkat penawarannya pun akan semakin sedikit.

Meski kurva jenis ini sering dikaitkan dengan kurva permintaan, akan tetapi pada dasarnya kedua jenis kurva ini saling berbeda satu sama lain. Untuk itu, Anda juga perlu memahami perbedaan di antara kedua jenis kurva tersebut.

Baca Juga: Penawaran Harga: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Contohnya

Perbedaan Kurva Permintaan dan Penawaran

Perbedaan antara kurva permintaan dan penawaran akan terlihat pada faktor yang memengaruhi di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis faktor yang memengaruhi kurva permintaan dan penawaran, yaitu:

  • Kurva Permintaan

Ilustrasi Kurva Permintaan

Kurva permintaan adalah garis lengkung atau grafik yang dapat menggambarkan hubungan antara harga dari suatu barang maupun jasa dengan jumlah permintaan. Sementara untuk jumlah permintaan di pasar adalah total semua barang permintaan oleh semua pembeli di berbagai tingkat harga berbeda.

Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang memengaruhi kurva permintaan, dan beberapa di antaranya adalah:

  • Harga Barang

Harga barang adalah faktor utama yang dapat memengaruhi kurva permintaan dalam suatu bisnis. Sebagai contoh, ketika harga sepatu merek A adalah Rp. 250.000,00 dan kemudian mengalami penurunan hingga menjadi Rp. 125.000,00.

Aktivitas penurunan harga ini tentu akan menyebabkan permintaan sepatu merek A semakin meningkat. Jadi, dapat dipastikan bahwa harga barang akan menjadi faktor utama yang bisa memengaruhi jumlah permintaan.

  • Kualitas Barang

Selain harga, kualitas barang dan jasa juga dapat memengaruhi kurva permintaan dalam dunia bisnis. Semakin bagus kualitas barang maupun jasa yang ditawarkan pihak produsen, hal ini dapat meningkatkan jumlah permintaan dari para konsumen.

  • Besarnya Pendapatan Konsumen

Faktor ketiga yang dapat memengaruhi kurva permintaan perusahaan adalah besarnya pendapatan konsumen. Ketika pendapatan konsumen mengalami kenaikan, hal ini dapat membuat permintaan terhadap suatu barang maupun jasa juga semakin meningkat.

Begitu pun juga dengan sebaliknya, ketika pendapatan konsumen mengalami penurunan, maka hal ini dapat membuat jumlah permintaan terhadap suatu barang maupun jasa juga menurun.

  • Harga Barang Lain

Faktor lainnya adalah ketika barang akan dibeli bisa digantikan dengan barang lain yang sejenis. Sebagai contoh, ketika harga sabun merek B mengalami kenaikan hingga 20%, maka sebagian besar konsumen akan lebih memilih untuk membeli sabun merek D, karena harganya tidak naik.

Kenaikan harga dari suatu barang memang dapat membuat konsumen merasa ragu untuk melanjutkan pembelian tersebut, sehingga pihak penjual harus lebih memperhatikannya dengan baik.

  • Selera Konsumen

Semakin ada banyak orang yang tertarik untuk membeli suatu barang maupun jasa tertentu, hal ini dapat meningkatkan jumlah permintaannya. Jadi, dapat dipastikan bahwa selera konsumen juga bisa memberikan pengaruh pada permintaan penjualan barang maupun jasa.

  • Kurva Penawaran

Kurva Penawaran

Ilustrasi Kurva Penawaran

Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran akan berbeda dengan beberapa faktor yang memengaruhi permintaan dalam bisnis. Berikut adalah beberapa jenis faktor yang memengaruhi penawaran:

  • Harga

Sama halnya dengan kurva permintaan, harga juga dapat memengaruhi jumlah permintaan pada perusahaan. Dalam hal ini, harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang akan ditawarkan. Dengan begitu, ketika harga mengalami kenaikan, maka penawaran pun juga akan meningkat.

  • Biaya Produksi

Biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat suatu produk yang akan dijual. Ketika biaya produksi mengalami kenaikan, hal ini akan membuat kemampuan perusahaan dalam menciptakan suatu barang maupun jasa mengalami penurunan.

Dengan begitu, penawaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut akan mengalami penurunan dan dapat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis perusahaan itu sendiri.

  • Teknologi

Pada dasarnya, tingkat teknologi yang digunakan oleh suatu perusahaan akan membuat biaya produksi mengalami penurunan. Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan sebelumnya, ketika biaya produksi mengalami penurunan, hal ini dapat membuat jumlah yang ditawarkan semakin meningkat.

Sebagai contoh, ketika ada sebuah perusahaan industri tapioka yang mampu menghasilkan 10 ton tapioka dalam sehari, tapi kemudian ketika mereka menggunakan mesin modern yang lebih canggih, mereka mampu menghasilkan tepung tapioka hingga 100 ton per hari.

Baca Juga: Hukum Permintaan dan Penawaran, Bagaimana Bunyinya?

Ciri-Ciri Kurva Penawaran

Ilustrasi Pergerakan Kurva Penawaran

Kurva penawaran dilambangkan dengan notasi-notasi, karena kenaikan harga akan diikuti dengan kenaikan jumlah barang yang ditawarkan pihak produsen. Selain itu, apabila kurva penawaran bergeser ke kiri artinya jumlah penawaran akan berkurang dan harga barang mengalami penurunan.

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki jenis kurva satu ini, dan Anda bisa mengetahuinya dengan membaca daftar berikut ini:

  • Kurva berbentuk garis lurus
  • Kurva bergerak dari kiri bagian bawah menuju arah kanan bagian atas
  • Kurva bergerak ke arah kanan ketika terjadi peningkatan penawaran barang maupun jasa
  • Harga dan jumlah barang akan berbanding lurus
  • Bentuk dari fungsi kurva ini adalah Q = a+bP (Q memiliki arti jumlah barang yang ditawarkan, a memiliki arti konstanta, b memiliki arti gradien atau kemiringan, dan P akan merujuk pada harga dari barang maupun jasa tersebut)

Kesimpulan

Pada dasarnya, pergeseran kurva penawaran dapat dipengaruhi oleh beragam jenis faktor tertentu. Nantinya, penawaran yang tinggi dapat mendatangkan keuntungan yang lebih banyak, sehingga hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap perkembangan bisnis Anda.

Penawaran adalah proses memberikan calon pelanggan perkiraan hitungan harga barang atau menyelesaikan proyek tertentu yang ingin mereka lakukan. Dalam kegiatannya biasanya perusahaan membuat surat penawaran.

Membuat surat penawaran ini memang susah-susah gampang. Apalagi jika barang yang Anda tawarkan itemnya tidak hanya satu dan bisnis Anda bergerak di bidang retail yang itemnya puluhan bahkan ratusan ribu. Bayangkan saja jika Anda harus menulis itemnya satu-satu  secara manual.

Jadi saran saya gunakan saja software akuntansi yang sekaligus bisa membuat surat penawaran. Karena dengan begitu Anda akan menghemat waktu, tenaga dan uang tentunya. Hal terpeenting yaitu Anda tidak perlu mengetik satu persatu jenis item barang Anda.

Beecloud merupakan software akuntansi berbasis cloud yang sudah dilengkapi dengan pembuatan surat penawaran penjualan.

Kenapa saya merekomendasikan Beecloud, selain sifatnya online sistem sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Dari segi harganya pun sangat terjangkau karena Anda bisa bayar perbulan/sistem sewa. Jadi Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Coba gratis Beecloud sekarang!

Bikin Surat Penawaran Ratusan Hingga Ribuan Item Dan Beragam Harga Beecloud

Artikel Terkait

Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi
Laporan Neraca - Akuntansi merupakan hal yang sangat perlu diperlajari bagi semua orang, khususnya untuk yang sedang menjalankan usaha. Tidak
Baca Juga
Apa itu Agunan? Ini Fungsi, Jenis dan Contohnya
Agunan, sering juga disebut jaminan, memegang peranan penting dalam dunia keuangan, khususnya dalam proses peminjaman modal. Bagi para peminjam, jaminan
Baca Juga
3 Aplikasi untuk Membuat Purchase Order Lebih Mudah
Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka proses purchase order menjadi semakin berkembang sekaligus kompleks tanpa adanya aplikasi purchase order. Jika
Baca Juga
Ekuitas: Pengertian, Unsur, Jenis dan Contonya, Lengkap!
Ekuitas adalah istilah populer dan tentunya sudah sangat populer dalam dunia bisnis khususnya untuk masalah pengelolaan keuangan atau akuntansi. Secara
Baca Juga
Mengenal Profesi Auditor: Pengertian, Tugas, dan Jenis
Auditor adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi dan keahlian tertentu pada bidang finance. Seorang auditor mempunyai tugas untuk melakukan berbagai kegiatan
Baca Juga
Cara Menghitung Average Cost (Biaya Rata-Rata), Lengkap!
Menghitung average cost atau biaya rata-rata dilakukan untuk mengetahui biaya rata-rata, perusahaan dapat menentukan harga jual yang tepat untuk produk
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu