🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Konsumen Adalah, Definisi hingga Jenis Lengkapnya

Konsumen adalah pemakai barang atau jasa yang ketersediaannya beredar di masyarakat, untuk kepentingan sendiri, keluarga, sampai orang lain
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Terbit: Tuesday, 21 February 2023
Diperbarui: Tuesday, 21 February 2023
Daftar Isi

Membahas definisi konsumen adalah hal yang menarik, sebab berkaitan erat dengan marketing. Konsumen atau pemakai barang merupakan hal yang tidak lepas dari hubungan jual-beli. Tanpa peran sertanya, tentu saja pemasaran tidak akan berjalan.

Setiap produk atau jasa pasti memiliki target pasarnya tersendiri, dimana hal ini menandakan sifat konsumen yang bervariasi. Untuk lebih lengkap membahas tentang konsumen, ini beberapa ulasan menariknya.

Apa itu Konsumen? Konsumen Adalah

Konsumen Atau Pemakai Barang

ilustrasi konsumen saat transaksi (sumber: Unsplash)

Konsumen adalah pemakai barang atau jasa yang ketersediaannya beredar di masyarakat. Untuk konteksnya, konsumen bisa diartikan sebagai pemakai untuk kepentingan sendiri, keluarga, sampai orang lain.

Jenis konsumen bisa dibedakan berdasarkan tujuannya dalam membeli produk. Apabila pembelian produk untuk dijual kembali, konsumen nantinya disebut sebagai pengecer atau distributor.

Sementara jika pemakaiannya untuk pribadi, keluarga, tanpa dijual lagi berarti memang disebut konsumen, karena sifatnya mengonsumsi. Konsumen merupakan subjeknya, dimana kegiatan yang dilakukan adalah konsumsi.

Konsumen hadir dengan kepentingan untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, dilakukan dengan memperhitungkan berbagai faktor. Seperti daya beli, lingkungan, dan masih banyak lagi.

Pengertian Konsumen Menurut Para Ahli

Arti konsumen menurut para ahli ternyata bervariasi. Akan tetapi secara kesimpulan sebenarnya tidaklah jauh berbeda. Lebih lengkap tentang pengertiannya, akan diulas di pembahasan berikut.

1. Menurut Engel, Blackwell, dan Miniard

Menurut Engel, Blackwell dan Miniard yang dimaksud perilaku konsumen adalah tindakan langsung terlibat demi mendapatkan, mengkonsumsi sekaligus menghabiskan produk dan juga jasa. Termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan ini.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sedangkan merujuk ke dalam KBBI, konsumen adalah pemakai barang hasil dari produksi. Dalam hal ini cakupannya adalah makanan, bahan pakaian dan semacamnya. Konsumen juga bisa dalam konteks pemakai jasa serta penerima pesan kampanye iklan.

3. Konsumen Menurut Undang Undang

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengenai Perlindungan Konsumen, konsumen merupakan pemakai barang atau jasa yang ada di masyarakat.  Entah diperuntukkan bagi kepentingan orang lain, keluarga, hingga diri sendiri dan tidak untuk diperdagangkan.

Jenis Jenis Konsumen

Jenis konsumen bisa dibedakan menjadi dua buah macam. Jenis pertama adalah perorangan, dan lainnya adalah organisasi, dengan definisi berikut ini.

1. Konsumen Perorangan

Konsumen perorangan merupakan konsumen yang memakai sebuah barang atau jasa uuntuk diri sendiri. Hal ini juga berlaku untuk pembelian barang atau jasa. Misalnya pembelian makanan untuk konsumsi pribadi.

2. Konsumen Organisasi

Konsumen organisasi disebut dalam bahasa Inggris dengan istiilah organizational consumer. Jenis konsumen ini merupakan pemakai atau pembeli barang/jasa untuk operasional sebuah organisasi. Contoh agen yang membeli barang untuk usaha.

Faktor Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Perilaku sebuah konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor yang harus dipahami. Ini beberapa faktornya mulai dari promosi sampai kualitas produk.

1. Promosi

Bagaimana promosi yang gencar dilayangkan pemilik produk atau jasa berperan besar mempengarungi daya beli seseorang. Misalnya ada iklan marketplace A yang gencar dengan tagline gratis ongkir.

Tentu masyarakat yang suka berbelanja di e-commerce akan penasaran dengan penawaran tersebut. Gencarnya promosi, kreatifitas pemilik produk/jasa dalam beriklan sangat berpengaruh.

2. Harga

Perilaku konsumen juga erat kaitannya dengan harga suatu produk atau jasa yang ditetapkan. Konsumen pasti menginginkan mendapatkan barang atau layanan dengan harga miring, tetapi kualitas tidak mengecewakan.

Selain itu, jika ada produk dari brand A dan B yang kualitasnya seimbang, maka yang menjadi penentu selanjutnya adalah harga. Tentu konsumen akan cenderung memilih produk yang secara harga lebih murah, apalagi jika diberi potongan harga.

3. Kualitas Produk

Kualitas produk dari tempat A yang terkenal unggul pasti menjadi wishlist utama dibandingkan produk lainnya dengan kualitas rendah. Sudah menjadi hal umum bahwa seseorang pasti membeli sesuatu menginginkan hal terbaik.

Oleh karena itu, kualittas suatu produk sangat berpengaruh pada perilaku dari konsumen. Sebenarnya kualitas juga berkaitan dengan bagaimana kondisi ekonomi seseorang. Jika ekonominya memadai, tentu produk berkualitas tinggi akan menjadi pilihan.

Akan tetapi, apabila dari segi ekonomi tidak terlalu tinggi, membeli produk berkualitas tinggi masih dipertimbangkan. Hal ini disebabkan mayoritas kualitas produk tinggi dibarengi dengan harga yang mahal.

4. Lingkungan

Lingkungan juga masuk ke dalam faktor yang bisa mempengaruhi perilaku dari konsumen. Bagaimana keadaan ini bisa terjadi? Sebab perilaku seseorang sangat berkaitan dengan bagaimana lingkungannya.

Termasuk bagaimana Anda memutuskan membeli sesuatu. Misalnya tempat Anda tinggal adalah lingkungan yang gemar memakai brand pakaian A. Otomatis akan berpengaruh pada keinginan membeli barang dari brand yang sama.

Lingkungan yang dimaksud juga bisa berasal dari keluarga. Misal sebuah keluarga memiliki kegemaran mengonsumsi daging ayam alih-alih sapi. Otomatis ketika membeli daging di pasar, opsi pertama akan jatuh ke daging ayam.

5. Kebutuhan

Hal yang mendasari perilaku konsumen adalah kebutuhan salah satunya. Seseorang membeli sesuatu mayoritas berdasarkan kebutuhan. Misalnya kebutuhan sandang atau pangan yang termasuk ke dalam jenis pokok.

Tentunya akan mengharuskan seseorang membeli makanan sampai pakaian. Selain itu, keharusan memiliki titel pendidikan di masa sekarang, membuat Anda harus mengeyam pendidikan di jenjang tertentu.

Hak dan Kewajiban Konsumen yang Perlu Dipahami

Peran utama konsumen adalah pengguna baik itu barang atau jasa. Untuk memaksimalkan peran tersebut, menurut Kemendag ada hak dan kewajiban yang harus dipahami, yaitu:

1. Hak Konsumen Adalah

Hak konsumen merupakan hal-hal yang harus diperoleh saat menggunakan suatu produk atau jasa. Ini dia beberapa hak dari konsumen yang patut dipahami para produsen.

  • Konsumen berhak atas kenyamanan, keamanan, serta keselamatan ketika mengonsumsi barang atau menggunakan suatu jasa
  • Konsumen adalah pihak yang berhak memilih barang atau jasa, sesuai dengan nilai tukar dan jaminan yang dijanjikan
  • Hak atas informasi yang benar dan jujur juga harus diperoleh konsumen
  • Konsumen berhak didengar keluhan dan pendapatnya atas penggunaan suatu barang atau jasa
  • Konsumen berhak atas perlindungan sengketa terkait konsumsi atau penggunaan suatu barang/jasa
  • Pelayanan anti diskriminatif merupakan hak yang harus dipenuhi produsen kepada konsumennya
  • Apabila barang atau jasa tidak sesuai dengan kesepakatan, konsumen berhak memperoleh ganti rugi dari produsen terkait

2. Kewajiban Konsumen Adalah

Selain hak, konsumen juga memiliki kewajiban tertentu dalam transaksi dan pemakaian barang/jasa. Beberapa kewajiban konsumen berikut wajib dipahami para produsen agar tepat dalam memperlakukan para kliennya.

  • Konsumen berkewajiban untuk menggunakan barang/jasa sesuai dengan prosedur pemakaian. Selain itu harus sesuai juga dengan prosedur keamanan yang sudah ditetapkan oleh produsen
  • Konsumen berkewajiban beritikad baik dalam proses transaksi, baik itu transaksi barang atau jasa agar tercipta kenyamanan dua pihak
  • Pembayaran yang diberikan konsumen harus dengan nilai tukar yang sudah disepakati sebelumnya
  • Penyelesaian hukum harus diikuti sepenuhnya, jika terjadi sengketa terhadap penggunaan suatu produk atau jasa

Kesimpulan

Memahami konsumen mulai dari peran, jenis, hingga hak dan kewajibannya merupakan hal wajib yang harus dilakukan produsen. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Tujuannya berkaitan dengan upaya pemasaran.

Jika ingin mendapatkan pemasaran yang tepat sasaran, maka konsumen harus dipahami dahulu. Strategi pemasaran akan tepat sesuai dengan bagaimana kondisi target pasarnya.

Selain memakai teknik pemahaman tentang konsumen, Anda juga bisa memaksimalkan penjualan dengan software khusus Marketing. Perangkat lunak dari Beecloud merupakan pilihan tepat untuk dipakai.

SOM - Beecloud

Software akuntansi online Beecloud dengan fitur Sales Order Mobile (SOM) yang akan membantu Anda mengatasi semua masalah sales marketing Anda. Software ini membantu usaha seperti Distributor untuk kontrol puluhan Salesman tiap hari. Coba segera GRATIS TRIAL untuk anda pelanggan pertama.

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu