Logo Bee Web

Konsep Strategi Marketing Mix 7P dan Contohnya

Model marketing mix 7P yang tediri dari product, price, place, promotion, people, dan physical evidence, berikut penjelasan lengkapnya:
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 23 March 2023

Setiap bisnis perlu menjalankan pemasaran untuk bisa dikenal banyak orang sekaligus menjadi upayanya dalam meningkatka penjualan. Dalam proses pemasaran ini ada beberapa strategi yang bisa diterapkan para pebisnis, salah satunya marketing mix 7p.

Model pemasaran yang mengusung 7P yang tediri dari product, price, place, promotion, people, dan physical evidence, berikut penjelasan lengkapnya:

Apa itu Marketing Mix?

7p konsep marketing mix image

Ilustrasi Poin Konsep Strategi Marketing 7P (Credit: Freepik.com)

Sebelum melangkah lebih jauh mengenal apa itu Marketing Mix, alangkah lebih baik untuk memahami bagaimana pengertian dan definisinya terlebih dahulu.

Marketing Mix juga disebut dengan bauran pemasaran, muncul pertama kali pada tahun 1953, dicetuskan oleh Neil Bardon seorang pakar pemasaran sekaligus profesor dari universitas ternama dunia Havard pada sebuah acara bertajuk Marketing Association.

Mengutip dari penjelasan yang dipaparkan dalam Oxford College of Marketing menjelaskan jika marketing mix atau pemasaran campuran ini mengacu pada strategi perusahaan dalam upaya meningkatkan kepuasan dengan memposisikan Penawaran secara jelas di benak para pelanggannya.

Khususnya pada poin 7P yang diusung pada konsep marketing mix ini. Adapun 7P tersebut terdiri dari produk, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Sebelumnya konsep marketing mix ini hanya ada 4 poin saja dan terus disempurnakan menjadi 7 pon seperti saat ini.

Dengan menggunakan konsep marketing 7P ini pengusaha akan mendapatkan beberapa keuntungan, berikut diantaranya:

  • Mengurangi kelemahan dan meningkatkan keunggulan bisnis
  • Mudah beradaptasi dan lebih kompetitif
  • Meningkatkan nilai kolaborasi antar mitra kerja bisnis/perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran

Konsep Strategi Marketing Mix 7P

marketing mix

Penerapan Sistem Marketing Mix Berpotensi Meningkatkan Penjualan Bisnis (Credit: Freepik.com)

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai konsep strategi marketing mix 7P:

1. Product (Produk)

P, pertama pada poin 7P marketing mix adalah product, dari mana produk sendiri merupakan hasil dari semua upaya dan usaha dilakukan perusahaan yang kemudian ditawarkan kepada konsumen di khalayak umum. Untuk bisa memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi dari permasalahan mereka.

Untuk bisa sukses berbisnis, pada produk yang ditawarkan harus memiliki keunggulan dan point unik yang membedakan produk Anda dengan produk kompetitor yang lain. Selain itu, ketika Anda akan melakukan penawaran produk perlu perhatikan nilai tambah, diferensiasi dalam mencapai jaminan, garansi dan beberapa pelayanan after sales yang membantu konsumen nantinya.

2. Price (Harga)

P berikutnya adalah price atau harga yang menjadi satu-satunya penentu berapa pendapatan yang Akan diperoleh selama proses penjualan. Yang mana dari harga ini pebisnis biasanya akan melakukan perhitungan bagaimana caranya bisa menutupi semua elemen biaya produksi dan sejenisnya juga mendapatkan laba dari setiap transaksi yang dijalankan.

Tidak menutup kemungkinan jika hampir sebagian besar pengusaha pastinya mengharapkan laba yang banyak sehingga menetapkan harga yang tinggi pada produknya. Eits, ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan karena pemasangan harga juga akan menentukan berapa jumlah produk yang akan terjual nantinya.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pebisnis sebelum menetapkan harga ada 3 komponen umum yang wajib diketahui, berikut diantaranya:

  • Mengetahui berapa total HPP
  • Analisa kompetitor
  • Menganalisa daya beli konsumen.

Pada poin terakhir ini, pebisnis perlu melakukan pendalaman mengenai permintaan produk, siapa yang bersedia membayar dan beberapa lainnya yang perlu dilakukan dalam menganalisa daya beli konsumen. Ingat, harga juga bisa menjadi gambaran seberapa berkualitasnya produk yang Anda jual.

3. Place (Tempat)

Toko Barang Antik Usaha Yang Menjanjikan

Pemilihan tempat transaksi juga dalam konsep strategi marketing mix ini (Credit: Freepik.com)

Konsep marketing mix poin ketiga adalah place tempat dan lokasi dimana Anda akan menentukan Proses transaksi berlangsung. Di toko, di pasar, atau secara daring seperti di aplikasi dan di website.

Dalam menentukan lokasi ini, perusahaan perlu melakukan analisa mengenai kecocokan calon konsumen dengan tempat transaksi berlangsung. Selain itu, pebisnis juga perlu mempertimbangkan transportasi pengiriman sampai gudang logistiknya nanti.

4. Promotion (Promosi)

Keempat adalah promosi, promosi menjadi tahap penting yang wajib ada dalam proses berbisnis, sebab tanpa adanya promosi produk yang akan dijual sulit untuk dikenal masyarakat umum sehingga nilai penjualannya juga turun bahkan tidak ada.

Dari promosi ini juga pebisnis bisa mengkomunikasikan eksistensi rosuk serta menjelaskan deretan keunggulannya yang bisa membantu menjadi solusi dan memenuhi kebutuhan konsumen. Promosi sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan cara offline seperti baliho, memasang spanduk menyebar brosur dan sejenisnya atau secara online dengan menggunakan website, media sosial atau iklan elektronik yang memiliki jangkauan lebih luas.

5. People (Orang)

Poin kelima adalah people atau orang, berkaitan langsung dengan internal perusahaan/ bisnis seperti karyawan. Mereka berperan penting dalam proses bisnis ini. Salah satunya menjadi wajah perusahaan karena merekalah yang akan berinteraksi secara langsung oleh konsumen.

Interaksi ini bisa meliputi pelayanan, ajuan pertanyaan dari konsumen, komplain, sampai tahap pemesanan yang bisa dilakukan secara offline dan online. Oleh sebab itu, karyawan dari perusahaan sudah wajib hukumnya mengetahui secara detail mengenai produk yang akan mereka jual atau tawarkan.

6. Process (Proses)

Keenam adalah proses, serupa bisnis memiliki jalan cerita masing-masing. Namun, semua bisnis ingin bisnisnya berjalan dengan efektif dan efisien dalam setiap operasionalnya. Salah satu cara yang harus dilakukan agar bisnis berjalan lebih lancar adalah mengoptimalkan apa yang terjadi dibalik layar bisnis itu sendiri.

Dimulai dari melakukan analisa pasar, seperti mengajukan pertanyaan kepada konsumen, meminta hasil review dari mereka sehingga nantinya bisa dikembangkan juga menjadi bentuk pembuktian jika konsumen benar-benar telah puas dengan apa yang kita berikan kepada mereka.

7. Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Terakhir ada Physical Evidence, artinya bentuk fisik yang secara spesifik merujuk pada bagaimana bentuk bangunan atau toko yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan operasional bisnis. Sebab, dari bentuk fisik ini para customer atau konsumen baru menilai bagaimana kondisi perusahaan.

Komponen fisik ini sangat berpengaruh pada strategi marketing mix 7p ini. Contoh gambaran bentuk fisik ini adalah toko yang rapi dengan pelayanan yang ramah akan lebih disukai oleh pelanggan dibandingkan dengan toko yang berantakan.

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing

Contoh Penerapan Marketing Mix 7P

Contoh Penerapan Strategi Marketing Mix

Contoh Penerapan Strategi Marketing Mix Brand Starbucks (Credit: Starbucks)

Berikut ini contoh gambaran penerapan marketing mix 7P pada brand-brand ternama di Indonesia, salah satunya brand minuman Starbucks.

1. Contoh Marketing Mix: Produk

Pada poin produk ini Starbucks berhasil membangun merek dengan produk berkualitas baik produk kopi maupun non kopi. Ikon ini mereka bangun dari konsistensi, harga sampai tempat mereka berjualan. Sehingga, menyimpulkan pesan unik yang mudah diingat oleh konsumennya.

2. Contoh Marketing Mix:Harga

Kemudian dari segi harga, brand starbucks menerapkan harga yang tergolong tinggi, karena target market mereka cenderung mengarah pada masyarakat menengah ke atas dan kalangan atas. Dari harga ini juga Starbuck berhasil memberikan kesan jika produk yang dijual memang berkualitas. Istilahnya ‘ada harga ada kualitas’.

3. Contoh Marketing Mix:Tempat

Berikutnya lokasi atau tempat yang dipilih Starbucks adalah toko offline namun juga melayani pesanan online, sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

4. Contoh Marketing Mix:Promosi

Meskipun brand ternama Starbuck masih giat melakukan promosi, baik secara offline maupun online. Baik untuk mempromosikan produk baru, produk baru atau menimbulkan awareness kepada masyarakat yang masih belum mengenal mereka.

5. Contoh Marketing Mix: People/ Orang

Analisa penerapan marketing mix 7p pada brand Starbucks selanjutnya adalah dari segi orang atau karyawan. Hampir sebagian besar dari mereka telah terlatih baik untuk memahami produk ataupun cara melayani konsumen. Sehingga, konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

6. Contoh Marketing Mix: Proses

Dari segi proses operasional, Starbucks telah menggunakan beberapa mesin pembantu sehingga dapat melayani konsumennya secara lebih efektif dan efisien.

7. Contoh Marketing Mix: Tampilan Fisik

Terakhir dari segi bukti fisik, hampir seluruh Starbucks yang tersebar di Indonesia memiliki desain interior dan bangunan yang cukup nyaman, sehingga menjadikan konsumen betah dan nyaman melakukan transaksi di sana.

Dari ketujuh poin yang sudah diterapkan oleh Starbucks membuktikan adanya potensi untuk sukses jika melakukan penerapan strategi marketing mix 7p dengan tepat dan benar. Anda bisa mulai mencoba menerapkan konsep marketing mix ini.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Sebab, bisnis tidak hanya tentang bagaimana cara mengelola laporan keuangan saja. Namun juga scale up bisnis yang harus dilakukan secara berkala. urusan keuangan Anda bisa serahkan pada software akuntansi online Beecloud. Jaminan manajemen stok klop, laporan akurat dan bisa di kontrol dimana saja dan kapan saja.

Artikel Terkait

Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
Direct Marketing: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Direct marketing atau pemasaran langsung adalah salah satu strategi pemasaran yang memungkinkan pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumennya
Baca Juga
Promosi Adalah: Jenis, Tujuan dan Strategi Sukses Menjalankan
Promosi adalah istilah yang sering kita dengar dalam kegiatan pemasaran. Istilah ini juga dikenal dengan nama promotion dalam bahasa Inggris.
Baca Juga
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Barbershop dari Nol?
Cara Memulai Bisnis Barbershop - Bisnis barbershop mulai dilirik oleh sebagian masyarakat karena keuntungannya yang lumayan besar. Modal yang dibutuhkan
Baca Juga
Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, Contoh dan Caranya
Guerilla marketing atau pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang tak konvensional dan kreatif, telah menjadi seni tersendiri dalam menghadapi persaingan
Baca Juga
Gak Tau Cara Ekspor Barang? Simak 5 Tips Berikut!
Istilah eskpor dan impor pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Kegiatan perdagangan ini jadi salah satu bagian
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu