Konsep diferensiasi produk merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan atau bisnis dalam bertahan dan bersaing dengan berinovasi dalam produknya.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diferensiasi adalah proses pembagian atau pembedaan hak dan kewajiban warga negara berdasarkan perbedaan usia, jenis kelamin, dan pekerjaan.
Seberapa penting perannya dalam bisnis dan bagaimana kriteria yang tepat agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis.
Menurut Kartajaya, diferensiasi adalah bentuk usaha yang dilakukan produsen dalam menciptakan perbedaan produknya dengan pada pesaing, dengan harapan memberi nilai unggul dan terbaik untuk konsumennya.
Hal selaras juga di jelaskan oleh Kotler (2009) dimana ia menjelaskan jika keunggulan persaingan produsen salah satunya adalah dengan memiliki perbedaan tawaran, yang akan memberikan nilai tambah kepada konsumen yang tidak diberikan pesaing.
Tujuan utama dari diferensiasi adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang akan membuat pelanggan lebih cenderung memilih produk atau layanan Anda daripada yang ditawarkan oleh pesaing, rena dengan diferensiasi produk mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara yang unik dan lebih baik.
Diferensiasi ini bisa diwujudkan melalui berbagai aspek, seperti kualitas produk, fitur tambahan, desain, layanan pelanggan, atau bahkan harga yang kompetitif. Dengan demikian, konsep diferensiasi adalah strategi yang penting dalam menjalankan bisnis yang sukses dan memenangkan persaingan di pasar.
Baca Juga: Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat
Berikut adalah beberapa alasan mengapa diferensiasi produk menjadi strategi penting dalam bisnis:
Dengan membedakan produk Anda dari pesaing, Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat. Ini membuat produk Anda menjadi pilihan yang lebih menarik bagi pelanggan dibandingkan dengan produk serupa dari pesaing.
Kedua, dengan konsep diferensiasi produk yang matang dapat membantu Anda dalam membangun identitas merek yang kuat. Ketika produk Anda memiliki fitur atau karakteristik unik, merek Anda menjadi lebih mudah dikenali dan dapat membangun kesetiaan pelanggan yang lebih kuat.
Dalam pasar yang sangat kompetitif, persaingan berbasis harga dapat menjadi berbahaya karena dapat mengurangi profitabilitas. Diferensiasi memungkinkan Anda untuk keluar dari perang harga dengan pesaing dan fokus pada penawaran produk yang lebih bernilai.
Selanjutnya dengan menerapkan konsep diferensiasi produk yang berbeda maka produk Anda akan memiliki daya tarik yang lebih besar bagi pelanggan. Pelanggan sering mencari pengalaman atau manfaat tambahan yang hanya dapat diberikan oleh produk yang diferensiasi.
Selain itu, Anda dapat mengurangi risiko bergantung pada satu produk atau segmen pasar tertentu. Dengan memiliki berbagai produk yang diferensiasi, perusahaan dapat lebih tahan terhadap fluktuasi pasar.
Ketiga adalah peningkatan loyalitas, yang mana produk yang memberikan nilai tambah atau kualitas yang lebih tinggi dapat menciptakan pelanggan yang lebih setia. Pelanggan yang puas dengan produk Anda lebih cenderung tetap memilihnya dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.
Berikut beberapa manfaat menerapkan strategi diferensiasi produk:
Karakteristik unik jadi strategi diferensiasi produk (Credit: Freepik.com/ @Funtab) Ada beberapa kriteria yang dapat membantu Anda menentukan sejauh mana produk Anda telah berhasil dalam hal diferensiasi. Berikut adalah lima kriteria diferensiasi produk yang penting untuk diterapkan dalam bisnis:
Pertama, produk Anda harus memiliki fitur atau karakteristik yang unik atau tidak dimiliki oleh produk pesaing. Ini bisa berupa teknologi inovatif, desain yang menonjol, atau manfaat khusus yang tidak dapat ditemukan pada produk lain.
Keunikan ini harus menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Contohnya, produk Apple dengan produk-produknya seperti iPhone dan iPad telah berhasil.
Baca Juga: Cara Menentukan Unique Selling Point (USP) Pada Produk
Kriteria selanjutnya adalah keunggulan yang dimiliki oleh produk Anda, termasuk bagaimana kualitas produknya. Ini mencakup ketahanan produk, keandalan, daya tahan, atau bahan baku yang lebih baik. Produk yang berkualitas tinggi akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan dan membedakan dirinya dari produk sejenis.
Selanjutnya, identitas merek yang kuat dapat menjadi salah satu bentuk diferensiasi yang efektif. Merek yang dikenal dengan reputasi yang baik atau citra yang positif dapat menarik pelanggan karena mereka merasa yakin dengan produk Anda.
Dalam hal ini, Anda bisa temukan pada brand Coca-Cola telah membangun merek yang sangat kuat dengan citra yang positif dan rekam jejak yang panjang. Konsumen sering memilih Coca-Cola karena mereka merasa terhubung dengan merek tersebut.
Keempat adalah pelayanan pelanggan yang luar biasa dapat menjadi cara diferensiasi yang kuat. Responsif, ramah, dan bantuan pelanggan yang efisien dapat menciptakan pengalaman yang positif dan membuat pelanggan merasa dihargai ketika menggunakan produk Anda. Seperti Toko yang menggunakan software kasir online Beepos, dengan sistem cepat jadikan pelayanan kepada customer jadi lebih unggul dan memudahkan.
Terakhir adalah kemampuan untuk menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan adalah bentuk diferensiasi yang penting. Ini bisa berarti memberikan berbagai pilihan, menyesuaikan produk untuk pelanggan tertentu, atau menyediakan layanan khusus yang memenuhi kebutuhan individu.
Dilansir dari laman Lonely Entrepreneur dan Production, ada 8 strategi diferensiasi produk yang bisa diterapkan dalam bisnis, berikut diantaranya:
Strategi pertama adalah diferensiasi produk, yakni strategi yang berfokus pada pengembangan produk yang unik, baik dari segi fitur, kualitas, desain, atau inovasi teknologi. Dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah yang tidak dapat ditawarkan oleh suatu produk sejenis dari kompetitor. Misalnya, produk elektronik dengan fitur yang lebih canggih atau bahan berkualitas lebih baik.
Kemudian ada diferensiasi distribusi, melibatkan cara penyampaian suatu produk kepada konsumen. Bisnis dapat menggunakan jaringan distribusi yang lebih cepat, lebih luas, atau lebih eksklusif. Misalnya, produk yang hanya tersedia di platform berbayar atau memiliki layanan pengiriman cepat dibanding produk yang dijual di platform gratis.
Kemudian ada diferensiasi servis, yakni strategi yang fokus pada perbedaan dalam layanan pelanggan atau purna jual. Perusahaan yang menawarkan layanan pelanggan yang lebih responsif, layanan garansi yang lebih baik, atau dukungan teknis lainnya untuk menciptakan diferensiasi ini. Misalnya, perusahaan yang menyediakan layanan bantuan 24 jam atau pengembalian produk yang mudah.
Konsep ini bisa diterapkan ketika dua produk memiliki kualitas yang relatif sama, namun berbeda dalam hal preferensi konsumen, seperti warna, rasa, atau gaya. Misalnya, minuman ringan dengan berbagai rasa atau produk fashion dengan variasi desain.
Sebaliknya, diferensiasi vertikal digunakan untuk produk yang berbeda diukur berdasarkan kualitas atau harga yang lebih baik. Konsumen yang mengutamakan kualitas lebih tinggi akan memilih produk premium, sementara konsumen yang mencari harga lebih murah mungkin memilih produk dengan fitur lebih sederhana.
Bisnis menggunakan strategi ini dengan menawarkan produk yang memiliki harga kompetitif di segmen pasar tertentu. Ini tidak selalu berarti harga lebih murah, tetapi harga yang sepadan dengan nilai yang diberikan. Misalnya, produk mewah biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan produk biasa.
Kemudian ada strategi yang fokus pada membangun citra atau reputasi merek. Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan kepercayaan dan persepsi terhadap merek. Misalnya, merek yang dikenal ramah lingkungan atau memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi cenderung akan lebih dipilih konsumen dibanding yang tidak.
Terakhir adalah diferensiasi campuran, yakni strategi yang dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai strategi diferensiasi, seperti kombinasi antara produk unik, layanan pelanggan yang baik, dan harga yang kompetitif. Dengan strategi ini, perusahaan menciptakan paket lengkap yang lebih menarik bagi konsumen, memberikan mereka lebih banyak alasan untuk memilih produk atau layanan tersebut.
Berikut beberapa contoh penerapan konsep diferensiasi produk yang bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari
Pertama ada dalam, industri farmasi, dimana agar jangkauan pasarnya lebih luas mereka biasanya memberikan dua jenis produk yang berbeda, meskipun dari segi kegunaan sama.
Obat generik dan obat paten, keduanya memiliki bahan aktif yang sama, namun dibedakan berdasarkan merek dan proses pembuatannya. Sehingga dapat mempengaruhi kualitas dan harga yang ditetapkan.
Contoh kedua ada di industri fashion, dimana satu perusahaan bisa memproduksi dua jenis produk pakaian yang berbeda dari segi kualitas dan proses pembuatanya. Padahal dari segi model dan warnanya produk fast fashion dengan sustainable fashion sama.
Dari dua contoh di atas, kita bisa tahu bahwa konsep diferensiasi ini merupakan bentuk pengembangan produk inti baik dari segi kualitas, layanan dan sejenisnya, meskipun jika dilihat dari segi fungsionalitas biasa dikatakan sama dengan produk intinya.
Dengan demikian, bisa disimpulkan jika diferensiasi produk adalah strategi yang penting dalam suatu persaingan bisnis. Dalam dunia bisnis, diferensiasi membantu perusahaan menonjol di tengah banyaknya produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing.
Anda bisa mencoba menggunakan pendekatan diferensiasi ini untuk menciptakan nilai tambah yang unik bagi produk atau layanan Anda, sehingga lebih menarik di mata konsumen.
Dalam menerapkan strategi diferensiasi produk, penting untuk memahami pasar Anda, pelanggan target, dan apa yang mereka nilai. Dengan memenuhi atau melampaui kriteria-kriteria ini, Anda dapat menciptakan produk yang membedakan diri dari pesaing dan menarik perhatian pelanggan.
Hal yang sering dibahas dalam menerapkan strategi diferensiasi produk adalah tentang pelayanan yang unggul, bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah Anda bisa mencoba menggunakan software kasir online Beepos. Dimana dengan Beepos Anda bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada customer Anda.
Terintegrasi dengan akuntansi bisa jadikan bisnis jauh lebih mudah dan menguntungkan. Yuk dapatkan gratis trial sekarang juga khusus untuk Anda pengguna pertama, dengan klik banner di atas!