Logo Bee Web

Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis

Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 August 2019

Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, agama, ataupun pekerjaan.

Banyak merk dan pengiklan yang menggunakan segmentasi pasar jenis ini untuk memasarkan secara lebih efektif, serta mengetahui konsumen potensial mereka secara lebih mendalam. Segmentasi demografis juga merupakan cara paling populer untuk segmentasi pasar karena banyaknya sumber data yang bisa digunakan untuk mengelompokkan calon konsumen di daerah tertentu.

Walaupun tampaknya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari segmentasi pasar demografis, nyatanya ada juga beberapa kerugian dibandingkan dengan menggunakan segmentasi pasar jenis lain. Di bawah ini, Anda akan mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan segmentasi demografis.

Keuntungan Segmentasi Pasar Demografis

segmentasi

Salah Satu Keuntungan dari Melakukan Segmentasi Pasar Demografis adalah Menghemat Biaya (Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa keuntungan melakukan segmentasi pasar demmografis bagi bisnis:

1. Cenderung Mudah untuk Mendapatkan Data

Salah satu cara mendapatkan informasi untuk segmentasi pasar demografis adalah dengan mengakses data sensus pemerintah, dan ini tidak sulit untuk dicari. Ada banyak sumber di situs-situs pemerintah yang bisa didapatkan dengan cuma-Cuma. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey sendiri melalui berbagai media seperti survey online, media sosial, atau email.

2. Lebih Hemat Biaya

Data sensus bisa diakses setiap saat tanpa biaya, yang berarti tidak menambah total pengeluaran usaha Anda. Selain itu, banyak juga alat survey online yang bisa Anda manfaatkan tanpa biaya sehingga Anda tak perlu pusing memikirkan tentang biaya untuk memperoleh data.

3. Lebih Mudah Diukur

Data demografis cenderung lebih mudah dianalisis dan diukur karena ketersediaannya. Dimana data ini juga lebih jelas daripada jenis data lain (misalnya data psikografis – sifat, karakter, preferensi orang) yang cenderung subjektif serta lebih sulit untuk dikumpulkan. Data demografis ada berdasarkan pada fakta, sehingga mudah diukur dan ditindaklanjuti.

4. Ideal untuk Melihat  Tren serta Perubahan di Masyarakat.

Data demografis yang selalu up-to-date bisa Anda manfaatkan untuk melihat tren yang berkembang di masyarakat. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi perubahan apa saja yang akan terjadi di masa depan, serta menentukan apa tindakan yang sebaiknya diambil untuk mendatangkan keuntungan bagi pihak Anda maupun konsumen.

Baca Juga: Cara Menentukan Segmentasi Pasar Berdasarkan Tipenya

Kekurangan Segmentasi Pasar Demografis

Segmentasi geografis

Meskipun segmentasi demografis memiliki banyak keuntungan, Anda perlu melakukan analisa yang tepat agar bisnis tidak mengalami kerugian (Credit; Freepik.com)

Meskipun memiliki banyak keuntungan, segmentasi pasar demografis ternyata juga memiliki beberapa kerugian yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin memilih metode segmentasi pasar ini. Beberapa kerugian melakukan segmentasi pasar demografis adalah:

1. Berdasarkan pada Asumsi

Segmentasi pasar demografis memiliki pendekatan satu arah, yang berarti mengelompokkan orang berdasarkan informasi demografis bisa menciptakan stereotipe yang belum tentu benar.

2. Data Demografis Kadang tidak Cukup Jelas.

Meskipun data demografis bisa memberi Anda informasi tentang berapa usia calon konsumen atau berapa penghasilan mereka, informasi ini belum tentu bisa Anda gunakan untuk memprediksi apa yang bisa menarik minat calon pelanggan. Misalnya, pengusaha makanan tradisional tidak bisa menentukan apakah sekelompok orang dengan pekerjaan karyawan swasta akan tertarik pada produk mereka.

3. Rawan Salah tafsir

Data demografis yang tersedia belum tentu merupakan data paling baru. Dalam jangka waktu satu tahun saja, aspek demografis bisa berubah secara drastis. Tidak ada yang bisa menjamin apakah data yang Anda dapatkan saat ini merupakan data paling aktual.

4. Mobilitas Perubahan Cepat

Data demografis bisa berubah dalam waktu yang sangat singkat. Usia, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, serta pekerjaan masyarakat merupakan contoh faktor yang cepat berubah. Selain itu, sulit untuk menentukan apakah informasi yang didapatkan dari seseorang bisa dijamin kebenarannya.

Dalam hal ini Anda perlu melakukan analisa bisnis yang tajam agar tidak terjadi kesalahan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, hanya via dashboard saja Anda bisa melakukan analisa bisnis dari laporan keuangan bisnis Anda.

Jadikan bisnis Anda lebih terorganisir dan menguntungkan dengan Beecloud. Dengan fitur-fitur lengkap seperti pengelolaan stok barang dan pengendalian cabang, Anda dapat meraih kesuksesan dengan mudah. Langganan sekarang!

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Artikel Terkait

15 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis dan Cara Buatnya
Invoice pembayaran, atau faktur merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti transaksi antara pembeli dan penjual. Di dalamnya tercantum informasi
Baca Juga
[DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet
Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet? Setiap bisnis pasti
Baca Juga
Apa itu Fulfillment? Bagaimana Alur Kerjanya? Ini Penjelasannya
Dalam dunia bisnis, terutama dalam e-commerce, istilah fulfillment merujuk pada serangkaian proses yang dimulai dari penerimaan pemesanan hingga pengiriman produk
Baca Juga
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
4+ Contoh Surat Jalan Barang, Pengertian dan Kegunaannya
Anda mungkin pernah melihat contoh surat jalan barang sebelumnya, tetapi Anda mungkin tidak tahu apa itu surat jalan barang atau
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu