🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Pengertian dan Jenis Reklame yang Ada di Tempat Umum

Mengenal pengertian dan jenis reklame yang banyak ditemukan dimanapun baik di dalam maupun luar ruangan untuk berbagai macam tujuan.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 September 2022

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan sebuah produk, jasa, atau organisasi yang dimiliki adalah dengan membuat reklame. Banyak jenis reklame yang bisa Anda pilih agar bisa lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan apa yang diinginkan.

Dengan menggunakan reklame, Anda bisa menjangkau banyak orang untuk mengetahui produk, jasa, organisasi sehingga pesan yang ingin dijelaskan. Apalagi saat ini, hubungan antara reklame dengan konsumen menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Reklame

Pengertian Reklame

Ilustrasi Reklame (Sumber: Pexels.com)

Reklame adalah kegiatan yang menyampaikan informasi mengenai produk, jasa atau ide yang menarik untuk banyak orang. Dengan menggunakan reklame, penyampaian informasi tersebut akan jadi lebih efektif dan efisien.

Dari pengertiannya, bisa dikatakan reklame mirip dengan iklan. Akan tetapi, kedua hal tersebut memiliki perbedaan dalam penyampaian. Perbedaannya adalah iklan memiliki penyampaian dengan teks yang cukup panjang sedangkan reklame berupa teks pendek dan tidak begitu detail.

Reklame memiliki teks pendek agar orang yang membacanya mudah mengerti. Oleh karena itu, pesan dalam reklame biasanya dibuat dengan tampilan teks yang mencolok, mulai dari warna, huruf, desain dan lain sebagainya.

Baca Juga: Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis

Beberapa Jenis Reklame

Jenis Jenis Reklame

Ilustrasi Jenis-jenis Reklame (Sumber: Pexels.com)

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari pembuatan reklame, Anda tentu harus mengetahui jenis-jenis reklame untuk mudah memahami reklame mana yang cocok untuk menyampaikan pesan dari produk atau jasa yang ingin dibuat. Berikut ini adalah jenis-jenis reklame tersebut:

1. Jenis Reklame Berdasarkan Pengadaannya

Yang pertama ada jenis reklame berdasarkan tujuan pengadaannya. Jenis ini ada dua, yaitu reklame komersial dan nonkomersial. Berikut ini adalah pengertian selengkapnya:

  • Reklame Komersial

Reklame komersial adalah salah satu jenis yang dibuat oleh suatu pihak untuk tujuan suatu bisnis tertentu agar bisa mendapatkan keuntungan berupa peningkatan penjualan dari produk atau jasa yang dimiliki.

Di dalam reklame ini berisikan ajakan atau tawaran untuk memakai produk atau jasa yang dimiliki oleh pihak tertentu. Mereka ingin publik mencoba atau memakai produk atau jasa yang mereka punya agar bisa meningkatkan keuntungan yang ditetapkan

  • Reklame Non komersial

Reklame non komersial adalah reklame yang dibuat tanpa memikirkan keuntungan yang didapatkan. Pembuatan reklame ini bertujuan hanya untuk menyampaikan informasi yang diinginkan saja. Biasanya pihak yang membuat reklame non komersial ini adalah pihak organisasi.

2. Jenis Reklame Berdasarkan Sifatnya

Jenis Reklame Berdasarkan Sifatnya

Ilustrasi Reklame Menyebarkan Positifme Photo by Yao Hu on Unsplash

Ada juga jenis reklame berdasarkan sifatnya, yaitu reklame peringatan, penerangan, dan ajakan atau seruan. Berikut ini adalah informasi mengenai ketiga jenis dari reklame tersebut:

  • Peringatan

Sesuai dengan namanya, reklame peringatan berisi pesan untuk menyampaikan peringatan kepada masyarakat agar mengikuti atau mematuhi peraturan tertentu. Agar dapat menarik perhatian masyarakat, reklame ini dibuat sangat mencolok dan mudah untuk dipahami.

  • Penerangan

Sedangkan reklame penerangan adalah reklame yang berisi informasi kepada masyarakat dengan menjelaskan sesuatu yang baru atau belum banyak diketahui. Tentu saja pesan yang disampaikan berisi informasi penting agar dapat langsung dimengerti banyak orang.

  • Ajakan atau Seruan

Selanjutnya, reklame ajakan atau seruan tentu saja berisi pesan untuk mengikuti ajakan atau seruan agar masyarakat melakukan sesuatu yang baik bersama-sama. Agar dapat menarik perhatian banyak orang, reklame ini biasanya menampilkan gambar yang menarik dan menonjol.

3. Jenis Reklame Berdasarkan Tempat Pemasangannya

Jenis Reklame Berdasarkan Tempatnya

Ilustrasi Reklame Outdoor Photo by Eleni Afiontzi on Unsplash

Ketiga juga ada reklame berdasarkan tempat pemasangannya. Ada dua reklame yang masuk dalam jenis ini. Berikut ini adalah informasi selengkapnya:

  • Reklame Indoor

Sama dengan namanya, reklame indoor adalah reklame yang dipasang di dalam ruangan suatu bangunan tertentu. Karena di dalam, ukuran dari reklame ini juga lebih kecil dengan menggunakan bahan yang tidak terlalu mahal. Reklame ini biasanya juga memiliki tampilan yang lebih sederhana dengan bahan kertas.

  • Reklame Outdoor

Selanjutnya, ada juga reklame outdoor yang letak pemasangannya di luar ruangan atau bangunan dengan sasarannya adalah orang banyak di sekitarnya. 

Bahan yang digunakan tentu lebih mahal karena harus memperhatikan ketahanan dari air hujan dan sinar matahari agar tidak mudah luntur. Ukuran dari reklame ini juga harus besar agar bisa lebih mudah dilihat oleh banyak orang.

4. Jenis Reklame Berdasarkan Medianya

Jenis Reklame Visual

Ilustrasi Jenis Reklame Visual (Sumber: Pexels.com)

Sedangkan reklame berdasarkan medianya terdapat tiga jenis media, yaitu audio, visual dan audio visual. Ini adalah informasi selengkapnya mengenai ketiga reklame tersebut:

  • Reklame Audio

Reklame audio disampaikan dengan media perantara suara, baik disampaikan secara langsung atau tidak langsung. Media yang digunakan untuk menyampaikan suara tersebut dapat melalui radio atau pengeras suara.

  • Reklame Visual

Sedangkan reklame visual adalah reklame yang disampaikan dengan media gambar atau visual yang dapat diterima indera penglihatan banyak orang. Karena itu gambar yang digunakan harus menarik perhatian banyak orang. Anda bisa menggunakan gambar yang viral atau warna yang mencolok.

Adapun teknik yg digunakan untuk membuat reklame visual adalah spray, lukis, cetak, print dan masih banyak lagi teknik lainnya. Berikut ini adalah beberapa media yang menyampaikan reklame visual dengan gambar atau visual:

#Spanduk

Spanduk adalah reklame visual yang biasanya ditempatkan di luar ruangan. Reklame ini memiliki visual gambar atau tulisan yang dibuat di atas kain memanjang dan dipasang di daerah tertentu yang sering dilalui oleh orang banyak.

#Poster

Poster merupakan reklame yang berisi gambar atau tulisan di atas selembar kertas. Biasanya reklame ini ditempelkan pada dinding atau media lain yang mudah dilihat. Tujuan pembuatan reklame ini berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan keinginan dari pembuatnya.

#Brosur

Brosur

Ilustrasi Brosur (Sumber: Pexels.com)

Reklame adalah media dari kerta yang memiliki tujuan sama dengan poster baik komersial maupun nonkomersial. Meskipun memiliki tujuan yang sama, brosur biasanya tidak ditempel pada dinding seperti poster melainkan dibagikan secara langsung kepada orang banyak.

#Leaflet

Salah satu jenis reklame yang dilipat menjadi 3 atau 4 bagian adalah leaflet. Reklame ini memiliki visual yang sama dengan brosur hanya saja lebih kecil.

#Baliho

Sedangkan reklame yang berukuran besar dan biasanya ditempatkan pada tempat umum adalah baliho. Karena memiliki ukuran yang besar maka baliho ini sifatnya permanen alias tidak berpindah tempat.

#Logo

Ada juga jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk yaitu logo. Jenis ini berbentuk lambang atau simbol kepemilikan dari suatu badan atau bisnis tertentu. Tujuan dari pembuatan logo ini juga bisa berbeda-beda, bisa berupa komersial atau nonkomersial.

#Papan Nama

Papan nama adalah reklame yang memiliki gambar atau logo yang memuat informasi penting. Papan nama ini dapat memiliki tujuan komersial atau nonkomersial.

  • Reklame Audio Visual

Ada juga jenis reklame yang ditayangkan melalui media elektronik dinamakan reklame audio visual. Salah satu contoh reklame yang menampilkan audio visual adalah iklan di televisi. Karena televisi merupakan media elektronik yang mampu menyediakan audio visual yang baik.

Berikut yang bukan termasuk jenis reklame adalah bioskop. Meskipun menampilkan audio visual sama dengan televisi tetapi bioskop bukan termasuk dalam reklame.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai pengertian, tujuan, dan jenis reklame yang bisa Anda buat sesuai dengan kepentingan. Dengan menggunakan reklame, Anda bisa menyampaikan informasi kepada khalayak umum dengan lebih efektif dan efisien. 

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis klik di sini.

Beepos Untuk Monitor Promo Terpusat Semua Cabang

Artikel Terkait

Brand Ambassador: Peran dan Manfaat Bagi Bisnis
Brand ambassador atau dikenal duta merek merupakan salah satu orang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Kehadiran duta merek ini
Baca Juga
9 Contoh Iklan Niaga, Pengertian Hingga Jenisnya
Iklan niaga adalah jenis iklan yang menawarkan barang, makanan atau minuman dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bedanya iklan ini dengan
Baca Juga
Contoh dan Cara Promosi Makanan Menarik
Ada banyak orang yang penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana cara promosi makanan menarik serta efektif agar bisa mendapatkan cuan
Baca Juga
Ciri Ciri Iklan hingga Jenisnya untuk Promosi
Sebelum membuatnya, pastikan Anda mengenali berbagai macam ciri ciri iklan secara baik. Tujuannya agar ketika membuatnya menghasilkan iklan yang tepat.
Baca Juga
Analisis SWOT dalam Bisnis, Tahapan dan Contohnya Lengkap
Analisis SWOT adalah cara yang digunakan untuk melakukan analisa dan evaluasi kekuatan, kelemahan, ancaman, sekaligus peluang dalam bisnis. Analisa ini
Baca Juga
Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya
Pemasaran mejadi istilah yang telah sering Anda dengar karena jaman yang canggih membuat pemasaran, khususnya pemasaran digital mendapat perhatian khusus
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu