Masih Bingung Soal PPn 12% dan Coretax? Yuk, Ikut Webinar Ini!
Logo Bee Web

Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha

Contoh pelayanan prima bisa dipelajari sebagai inspirasi untuk menerapkannya secara langsung. Jenis pelayanan prima pun sangat beragam!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Terbit: Thursday, 11 May 2023
Diperbarui: Thursday, 11 May 2023
Daftar Isi

Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat kepuasan. Contoh pelayanan prima sangat beragam tergantung jenis bisnis yang dijalankan.

Mempelajari contoh-contoh penerapan dari konsep pelayanan prima dapat dijadikan inspirasi agar bisa diterapkan secara langsung di bisnis yang sedang dijalani. Yuk, pelajari tentang jenis-jenis dari pelayanan prima beserta contohnya agar lebih paham!

Jenis-Jenis Pelayanan Prima

service excellent

Penerapan pelayanan prima dibedakan menjadi beberapa jenis (Credit: pch.vector)

Pelayanan prima adalah hal penting yang harus diperhatikan dan diberikan secara maksimal kepada setiap pelanggan tanpa membedakan ternyata dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa jenis dari pelayanan prima adalah sebagau berikut, yaitu:

1. Pelayanan Utama (Core Service)

Jenis pelayanan prima yang satu ini berupa pelayanan utama yang diberikan kepada pelanggan. Artinya, perusahaan akan menawarkan produk atau jasa utama yang diproduksinya kepada pelanggan.

Produk atau jasa yang ditawarkan tentu saja memiliki kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan bahkan diharapkan mampu melampaui ekspektasi pelanggan.

2. Pelayanan Fasilitas (Facilitating Service)

Selain menawarkan produk atau jasa utama yang dijual, pelayanan prima yang diberikan perusahaan juga harus mencakup fasilitas. Pelayanan ini bisa termasuk sebagai pelayanan tambahan dari perusahaan agar membuat pelanggan semakin nyaman dan puas.

Contoh pelayanan prima di bank yang termasuk jenis pelayanan fasilitas dapat berupa satpam di depan pintu masuk. Selain menjaga keamanan, satpam bisa memberikan layanan tambahan dan bantuan kepada pelanggan yang akan menggunakan jasa dari bank.

3. Pelayanan Pendukung (Supporting Service)

Jenis pelayanan prima yang terakhir adalah pelayanan pendukung. Seperti namanya, supporting service memiliki tujuan utama untuk mendukung pelayanan utama maupun pelayanan fasilitas yang dijalankan oleh perusahaan.

Selain itu, pelayanan pendukung juga diharapkan mampu memberikan value atau nilai tambah. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan memiliki ciri khas layanan yang bisa menjadi pembeda dengan kompetitor lainnya.

Baca Juga: 5+ Konsep Pelayanan Prima jadi Kunci Gaet Pelanggan

Contoh Pelayanan Prima

Pelayanan prima yang diterapkan oleh semua perusahaan pada dasarnya memiliki konsep yang sama. Namun, contoh penerapannya bisa berbeda dan sangat beragam tergantung berbagai faktor, seperti bidang bisnis yang dijalani.

Seperti apa contoh penerapan dari pelayanan prima? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa contoh penerapan dari pelayanan prima dalam berbagai bidang, yaitu:

1. Pelayanan Prima di Minimarket

Berikut ini beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menerapkan pelayanan prima di minimarket, yaitu:

  • Menyapa setiap pelanggan yang memasuki minimarket dengan ramah
  • Membantu pelanggan yang kesulitan mencari barang
  • Menawarkan keranjang belanjaan bagi pelanggan yang membawa banyak barang
  • Memberikan informasi terkait produk tertentu dengan detail jika ditanya
  • Memberikan rekomendasi produk kepada pelanggan yang bertanya atau kebingungan memilih
  • Melayani dengan ramah ketika pelanggan melakukan transaksi di kasir
  • Mengucapkan terima kasih atas kesediaan pelanggan berbelanja di minimarket
  • Menjaga kebersihan dan kerapian produk yang didisplay serta lingkungan di dalam minimarket

Selain tindakan di atas, Anda juga bisa memanfaatkan software kasir minimarket dari Beepos, mudahkan Anda dalam melakukan proses transaksi, meminialisir perbedaan harga di rak dan di kasir, memiliki pengaturan hak akses, dan terintegrasi dengan software akuntansi. Simak informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Beepos Desktop Minimarket web

2. Contoh Pelayanan Prima di Hotel

Hotel memberikan layanan utama sebagai tempat penginapan tentu saja harus memberikan pelayanan prima agar semua tamu yang menginap merasa nyaman. Seperti apa contoh dari pelayanan yang dimaksud?

Berikut ini beberapa penerapan pelayanan prima yang ada di hotel, yaitu:

  • Menyambut dan menyapa tamu hotel dengan ramah
  • Memberikan informasi detail tentang ketersediaan kamar dan fasilitas yang bisa didapatkan tamu
  • Menjaga privasi tamu hotel yang menginap
  • Membawakan barang-barang tamu hotel dengan hati-hati
  • Menyediakan layanan kebersihan kamar
  • Menawarkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan tamu hotel

Baca Juga: Apa itu Bill Hotel? Contoh Bill Hotel Manual dan Simpel

3. Pelayanan Prima di Bank

Bank tidak hanya menawarkan berbagai jasa layanan keuangan, tetapi juga harus tetap memberikan pelayanan prima dalam kegiatan operasionalnya. Pelayanan prima sangat penting bagi bank karena setiap hari harus berhadapan secara langsung dengan pelanggan atau nasabah.

Seperti apa pelayanan prima yang ada di bank? Berikut ini beberapa penerapan service excellent yang ada di bank, yaitu:

  • Petugas keamanan atau satpam memberikan sapaan dan membukakan pintu bagi nasabah yang datang
  • Customer service mendengarkan keluhan dan memberikan solusi kepada nasabah bank
  • Customer service menawarkan produk layanan perbankan sesuai dengan kebutuhan nasabah
  • Teller bank menyapa nasabah dengan ramah dan memberikan bantuan layanan keuangan yang dibutuhkan oleh nasabah

4. Contoh Pelayanan Prima di Restoran

Restoran atau tempat makan tidak hanya menawarkan berbagai jenis menu masakan enak kepada pelanggan. Namun, layanan yang diberikan kepada tamu yang memesan makanan juga harus diperhatikan dengan baik agar mereka merasa nyaman ketika makan.

Berikut ini beberapa tindakan atau penerapan pelayanan prima yang dapat dilakukan oleh semua karyawan restoran, yaitu:

  • Pelayan bisa datang dan membawakan menu masakan dan minuman kepada tamu restoran
  • Tetap sabar dan tersenyum ketika tamu restoran sedang memilih menu
  • Memberikan rekomendasi masakan yang paling populer
  • Mencatat setiap detail pesanan yang diinginkan tamu dan melakukan konfirmasi kembali dengan ramah
  • Koki atau juru masak memasak makanan dengan cepat dan menghidangkannya dengan bersih serta memberikan nilai estetika pada masakan
  • Menyediakan tempat makan yang rapi, bersih, nyaman, serta instagramable agar tamu restoran lebih nyaman menikmati hidangan

Contoh pelayanan prima adalah sangat beragam di berbagai jenis bidang bisnis, mulai dari minimarket, bank, restoran, hingga hotel. Meskipun memiliki contoh yang beragam, konsep dasar pelayanan prima tetap sama di berbagai jenis bidang untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan.

 

Artikel Populer

[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa
Baca Juga
Download Kwitansi Kosong PDF dan Cara Mudah Membuatnya
Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat dan mengisi kwitansi dengan mudah? Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
4 Contoh Surat Penawaran Negosiasi & Cara Menulisnya
Proses negosiasi adalah hal yang umum dalam dunia bisnis. Salah satu komponen kunci dalam negosiasi adalah penggunaan surat penawaran negosiasi.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2025 Bee.id
magnifiercrossmenu