🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Inilah Rahasia Promosi Bisnis Offline yang Paling Ampuh

Apa saja yang bisa dilakukan pebisnis dalam promosi bisnis offline ? Ada banyak cara mulai dari melakukan brosur hingga dari kemasannya
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Promosi Bisnis Offline - Sebagai seorang pengusaha, Anda pastinya menginginkan jika usaha yang Anda jalankan dapat mencapai keberhasilan. Keberhasilan usaha tidak terlepas dari promosi yang Anda lakukan kepada khalayak ramai. Semakin gencar Anda melakukan promosi maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produk Anda. Anda dapat melakukan promosi produk Anda melalui dua cara baik secara online maupun secara offline.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, pemanfaatan media promosi secara offline sudah mulai jarang digunakan oleh para pengusaha. Namun, sesungguhnya para pakar marketing justru tetap menyarankan melakukan promosi secara offline untuk menarik para calon pelanggan yang potensial. Ternyata terdapat beberapa rahasia promosi offline paling ampuh yang dapat Anda lakukan, antara lain :

1. Ubah Kemasan atau Presentasi Anda

Desain Kemasan Produk

Contoh kemasan makanan ringan yang menarik (Credit: Freepik.com)

 

Anda dapat mengevaluasi ulang bagaimana cara mempresentasikan produk Anda untuk memperkuat brand produk tersebut. Anda dapat membandingkan desain kemasan produk Anda dengan produk pesaing. Sesuatu yang kecil terkadang membawa perubahan yang besar. Melalui kemasan, Anda dapat melakukan media promosi secara offline yang ampuh untuk menarik pelanggan.

Ciptakan produk kemasan yang cantik dengan warna yang menarik sehingga pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Anda dapat berperan aktif dalam pameran dagang untuk mengenalkan dan memasarkan produk Anda. Melalui pameran dagang, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan mengenai materi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pesaing karena Anda akan ditempatkan dalam sebuah kompetisi melalui pameran dagang ini. Anda juga dapat mencari peluang dan memperluas jaringan serta bekerja sama dengan perusahaan lain.

Baca Juga: Rincian Biaya Modal Bisnis Minimarket Kecil-kecilan

3. Melakukan Panggilan Konfirmasi

Melakukan panggilan konfirmasi merupakan salah satu strategi promosi offline yang paling ampuh kepada calon pelanggan potensial. Hal yang harus Anda lakukan pertama yaitu buatlah daftar calon pelanggan kemudian hubungi mereka satu per satu. Anda dapat menyesuaikan setiap panggilan berdasarkan waktu yang cocok dan kebutuhan pelanggan tersebut.

Melalui panggilan konfirmasi, akan terbangun hubungan kolaboratif antara perusahaan Anda dengan perusahaan lain sehingga akan berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru untuk produk Anda.

4. Membagikan Kartu Nama

Cara yang paling murah dan paling mudah untuk melakukan promosi secara offline adalah dengan membagikan kartu nama. Melalui kartu nama, akan memudahkan calon pelanggan Anda untuk menghubungi Anda jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan produk Anda. Anda dapat membagikan kartu nama tersebut kepada teman, tetangga, rekan bisnis ataupun menyematkannya dalam majalah atau buku di tempat umum.

Walaupun kecil namun kartu nama memegang peran yang sangat besar untuk memasarkan produk Anda. Selain melalui kartu nama, pemasangan pamflet, banner dan spanduk juga sangat membantu sebagai media promosi offline.

5. Berkawanlah dengan Media Cetak

Media cetak juga merupakan rahasia promosi offline yang paling ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan. Anda dapat melakukan siaran pers untuk menampilkan peristiwa penting dalam bisnis Anda. Jalinlah hubungan baik dengan media cetak karena media cetak akan membantu Anda mempublikasikan berbagai hal yang berkaitan dengan usaha Anda termasuk promosi.

6. Berdonasi

Banyak event yang membutuhkan para donasi untuk memberikan sejumlah hadiah kepada para partisipan. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai media promosi offline yang paling ampuh. Anda dapat berdonasi produk yang Anda miliki sehingga secara tidak langsung, para partisipan yang menang akan memakai produk atau layanan Anda sehingga produk Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Uraian di atas merupakan rahasia promosi offline yang paling ampuh yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Imbangilah antara promosi offline dan online sehingga hal tersebut akan menunjang keberhasilan bisnis Anda ke depannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Desain Kemasan Makanan
Desain dalam kemasan produk bisa menjadi penentu keputusan pembelian pelanggan, termasuk pada desain kemasan makanan. Semakin menarik desain yang digunakan
Baca Juga
Tutorial Cara Bikin QR Code di Website, iOS dan Android
Apakah Anda tertarik untuk mempelajari cara bikin QR code dengan mudah dan efektif? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara
Baca Juga
Cara Menghitung Inventory Turnover, Rumus dan Contohnya
Perputaran persediaan atau Inventory turnover adalah kemampuan perusahaan dalam menggunakan persediaannya secara efisien. Salah satu indikator perusahaan memiliki manajemen persediaan
Baca Juga
Contoh Template Format Order Olshop
Saat hendak berbelanja online, seseorang mungkin pernah diminta oleh seller untuk mengisi format order olshop sebelum akhirnya melakukan pembelian. Mengisi
Baca Juga
Begini Teori Perilaku Konsumen, Pebisnis Wajib Tahu!
Sebagai seorang pebisnis yang ingin bisnisnya sukses dan memiliki banyak konsumen, wajib tahu teori perilaku konsumen yang akan dijelaskan pada
Baca Juga
5 Contoh Skala Prioritas dalam Bisnis 
Contoh skala prioritas adalah alat yang sangat berguna dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari untuk membantu kita mengelola waktu, sumber daya,
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu