Logo Bee Web

21 Rekomendasi Ide Bisnis Jasa Terlaris yang Menguntungkan

Berikut beberapa rekomendasi bisnis jasa menguntungkan yang bisa Anda coba, lengkap dengan tantagan, kelebihan dan tips suksesnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 26 September 2024

Memulai bisnis tidak harus dengan berjualan barang, Anda bisa berbisnis dengan menawarkan kemampuan dan jasa yang Anda miliki. Mengutip dari sumber id.wiktionary.org, perusahaan jasa adalah perusahaan yang produk usahanya berupa jasa (bukan barang), misalnya pariwisata, pelayanan, dan sebagainya.

Mengingat perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup, banyak konsumen yang semakin mengandalkan layanan jasa dalam menunjang aktivitas mereka.

Hal ini juga yang membuka peluang usaha jasa semakin beragam, dan dalam artikel ini kita akan membahas beberapa rekomendasi bisnis jasa yang terlaris dan menguntungkan yang bisa Anda coba!

Rekomendasi Ide Bisnis Jasa Terlaris dan Menguntungkan

Usaha Jasa

Punya bakat desain bisa jadi peluang usaha jasa yang menguntungkan (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa rekomendasi ide bisnis jasa yang bisa Anda coba!

1. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis jasa pertama yang bisa Anda coba adalah bisnis desain grafis, bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki skill editing yang mumpuni.

Selain sebagai bisnis utama, bisnis ini juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan/ freelance sebagai pengisi waktu luang. Contoh jasa desain yang dibutuhkan seperti desain logo, brosur, hingga konten media sosial.

2. Jasa Admin Media Sosial

Ide bisnis jasa yang kedua ada admin media sosial. Dimana keberadaan media sosial saat ini menjadi salah satu kunci utama keberhasilan bisnis dalam menjangkau konsumen.

Namun, tidak semua pemilik bisnis memiliki waktu atau keahlian untuk mengelola akun media sosial mereka secara efektif. Dengan peluang inilah, Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk menjadi admin media sosial.

Mulai dari menjadwalkan konten, membalas komentar atau pesan dari audiens, memantau performa akun media sosial dan lain sebagainya. Media sosial ini bisa berupa Instagram, Facebook, TikTok dan sejenisnya.

3. Pembuatan Website

Usaha Jasa Pembuatan Website Gambar Ilustrasi Orang

Usaha Jasa Pembuatan WebsitE (Credit: Freepik.com)

Berikutnya, ide bisnis untuk Anda yang memiliki skill untuk programming dan sejenisnya, yakni membuat website untuk bisnis. Saat ini, website menjadi kebutuhan penting bagi berbagai bisnis, baik kecil maupun besar.

Jasa pembuatan website menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, dalam hal ini Anda dapat menawarkan jasa pembuatan website dengan berbagai paket, mulai dari website sederhana untuk UMKM hingga website e-commerce yang lebih kompleks.

4. Buat Pelatihan Online

Kemudian Anda juga bisa membuat pelatihan online sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa membuat pelatihan bahasa dan sejenisnya.

Anda bisa memanfaatkan platform seperti Zoom, Google Meet, atau bahkan membuat kursus mandiri yang dijual di platform e-cource dan sejenisnya.

5. Pembersihan Rumah dan Kantor

Selanjutnya ada usaha jasa pembersihan rumah atau kantor, terutama di tengah kesibukan masyarakat perkotaan yang jarang punya waktu untuk membersihkan rumah atau kantor mereka sendiri.

Bisnis jasa pembersihan rumah dan kantor menawarkan solusi praktis bagi mereka yang menginginkan lingkungan yang bersih tanpa perlu repot.

Baca Juga: Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa

6. Penitipan Hewan (Animal Shelter)

Usaha Penitipan Hewan Gambar Ilustrasi

Usaha Penitipan Hewan (Credit: Freepik.com)

Berikutnya ada jasa penitipan hewan, penitipan hewan ini biasanya sangat dibutuhkan para pemilik peliharaan yang sering bepergian dalam waktu lama, sehingga mereka tidak bisa meninggalkan peliharaan mereka sendirian dirumah.

Anda bisa menyediakan fasilitas seperti penginapan yang nyaman, perawatan harian, hingga layanan grooming atau kesehatan. Peluang bisnis ini terus tumbuh seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya perawatan hewan peliharaan.

7. Bisnis Jasa Perawatan Lansia

Selanjutnya usaha jasa perawatan lansia, seiring dengan bertambahnya usia lanjut, banyak orang membutuhkan perawatan khusus, baik di rumah maupun di panti jompo.

Jasa ini juga biasanya sering dicari oleh keluarga yang sibuk bekerja atau tinggal jauh dari orang tua mereka yang tidak sempat bisa merawat orang tua mereka.

Dengan adanya jasa perawatan ini, mereka akan lebih tenang karena orang tua mereka mendapatkan perawatan dan pendampingan yang profesional serta penuh perhatian, baik dalam kebutuhan sehari-hari maupun kesehatan.

9. Bisnis Jasa Fotografi dan Videografi

Bisnis jasa fotografi dan videografi menjadi salah satu pilihan yang sangat menjanjikan. Permintaan jasa fotografi dan videografi juga semakin meningkat.

Seperti untuk acara bisnis, pernikahan, acara ulang tahun, atau hanya untuk sekedar konten media sosial. Dengan keahlian dalam menggunakan kamera serta kemampuan editing yang baik, bisnis ini dapat memberikan pendapatan yang signifikan.

10. Jasa Penerjemahan

Usaha jasa selanjutnya yang bisa Anda coba adalah jasa penerjemah, khususnya untuk Anda yang ahli di bidang ini. anak perusahaan, terutama yang ingin memperluas pasar internasional, membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen, situs web, atau materi pemasaran mereka.

Selain itu, individu yang membutuhkan penerjemahan dokumen resmi, seperti ijazah atau surat perjanjian, juga sering mencari jasa penerjemah yang profesional.

11. Jasa Rental

Ilustrasi Usaha Rental Mobil

Usaha Rental Mobil (Credit: Freepik.com)

Kemudian ada jasa rental, Bisnis jasa rental atau penyewaan juga memiliki banyak variasi, mulai dari rental kendaraan, peralatan pesta, hingga perlengkapan outdoor.

Anda bisa memulai dengan menyewakan barang yang sering dibutuhkan orang namun tidak selalu dimiliki, seperti mobil, motor, kamera, atau bahkan alat berat untuk proyek konstruksi.

12. Tour Wisata

Berikutnya ada bisnis jasa tour wisata, Anda bisa memulai bisnis jasa tour wisata dengan menawarkan paket perjalanan yang menarik, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa fokus pada niche tertentu, seperti wisata alam, sejarah, kuliner, atau bahkan adventure.

13. Jasa Makeup Artist (MUA)

Selanjutnya ada usaha jasa MUA. Jasa makeup artist (MUA) juga menjadi salah satu bisnis yang sedang naik daun, terutama dengan banyaknya acara seperti pernikahan, wisuda, pemotretan, hingga acara perusahaan. Jika Anda memiliki keterampilan dalam merias, bisnis ini bisa sangat menguntungkan karena permintaannya terus meningkat.

14. Bisnis Jasa Fotocopy

Kemudahan usaha jasa fotocopy, bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan, terutama di area yang dekat dengan sekolah, kampus, atau perkantoran.

Selain menawarkan layanan fotokopi, Anda bisa menambah layanan lain seperti print, penjilidan, laminasi, hingga cetak dokumen digital.

Dengan modal awal yang relatif terjangkau, bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang stabil, terutama jika lokasinya strategis.

15. Jasa Cuci Motor/ Mobil

Jasa Pencucian Kendaraan Ilustrasi Foto

Pencucian Kendaraan (Credit: Freepik.com)

Peluang usaha jasa berikutnya ada usaha jasa cuci motor/ mobil, terutama di area perkotaan di mana orang sering tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka sendiri.

Anda juga bisa menawarkan layanan tambahan seperti waxing, detailing, atau penggantian oli, dan sebagainya untuk menambah varian layanan dan meningkatkan pendapatan.

16. Jasa Foto Produk

Ide usaha jasa berikutnya ada jasa foto produk, bisnis ini semakin hari semakin meningkat.

Contohnya pemilik usaha e-commerce atau toko online yang membutuhkan potret produk mereka secara profesional agar semakin dipercaya customer.

Anda bisa menawarkan jasa ini untuk berbagai jenis produk, mulai dari fashion, makanan, hingga produk elektronik.

17. Jasa Pembuatan Konten Video

Bisnis jasa adalah bisnis yang menawarkan layanan (Credit: Freepik.com)

Selain dalam bentuk foto, Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan konten video. Dimana, konten video menjadi salah satu media promosi yang paling efektif di era digital saat ini.

Banyak bisnis yang membutuhkan konten video untuk kampanye pemasaran, promosi produk, atau bahkan untuk media sosial.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam pembuatan dan pengeditan video, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

18. Jasa Event Organizer

Ide bisnis jasa berikutnya adalah jasa event organizer, mulai dari acara pernikahan, ulang tahun, seminar, hingga acara korporat.

Bisnis ini dapat menjangkau berbagai segmentasi pasar, dengan cara menawarkan produk dari berbagai macam pelayanan, mulai dari perencanaan, dekorasi, hingga pengaturan logistik.

19. Jasa Pengiriman Barang

Dalam era e-commerce dan belanja online yang terus berkembang, jasa pengiriman barang menjadi bisnis yang sangat dibutuhkan. Anda bisa membuka jasa kurir lokal atau bekerja sama dengan perusahaan besar untuk mengelola pengiriman barang di area tertentu.

20. Bisnis Jasa Laundry

Kemudian ide usaha jasa berikutnya ada jasa laundry, cocok untuk Anda yang tingga di kawasan perkotaan dengan banyak penduduk yang sibuk.

Anda bisa menawarkan layanan laundry kiloan, laundry khusus seperti dry cleaning, atau bahkan layanan antar jemput untuk memudahkan pelanggan. Dengan peralatan yang efisien dan pelayanan yang baik, bisnis laundry bisa memberikan pendapatan yang stabil.

21. Jasa KOL (Pemasaran Influencer)

Terakhir, ada jasa KOL, atau pemasaran influencer yang juga menjadi tren di era digital saat ini. Banyak brand yang memanfaatkan popularitas influencer untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di media sosial.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam membangun jaringan dengan influencer atau bahkan menjadi influencer itu sendiri, ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Keuntungan dan Tantangan Bisnis Jasa

Ide Usaha Jasa Bersih Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

Pahami kelebihan dan kekurangan usaha jasa sebelum memutuskan untuk menjalankannya (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa keuntungan dan tantangan bisnis jasa yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memulai usaha ini, berikut diantaranya:

#Keuntungan Bisnis Jasa

  • Modal yang digunakan biasanya lebih kecil dibandingkan bisnis jualan barang, karena tidak membutuhkan inventory atau stok.
  • Permintaan stabil, karena kebutuhan jasa selalu dibutuhkan konsumen, contohnya jasa kebersihan, perawatan dan sejenisnya.
  • Pelayanan fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
  • Bisnis jasa cenderung memiliki interaksi langsung dengan pelanggan, yang memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang baik dan loyalitas pelanggan yang kuat.

Baca Juga: Keuntungan Usaha Jasa dan Tips Menjalankannya

#Tantangan Bisnis Jasa

  • Terlalu bergantung pada kualitas pelayanan, sehingga jika ada keluhan atau ketidakpuasan pelanggan, dapat langsung mempengaruhi reputasi bisnis.
  • Bisnis jasa seringkali bergantung pada waktu dan tenaga kerja manusia, sehingga sulit untuk berkembang pesat tanpa memperluas tim atau sumber daya.
  • Persaingan bisnis yang ketat, sebab bisnis jasa mudah dimasuki oleh pesaing baru.
  • Kesalahan dalam penjadwalan atau manajemen waktu dapat mempengaruhi produktivitas dan kepuasan pelanggan.

Tips Sukses Jalankan Bisnis Jasa Mudah dan Murah dengan Beecloud

Untuk menjalankan bisnis jasa yang sukses dengan modal mudah dan murah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembukuan keuangan seperti Beecloud. Dengan Beecloud Anda bisa lebih fokus pada pengembangan layanan dan pemasaran.

Dimana, Beecloud membantu Anda dalam proses pencatatan transaksi, laporan stok hingga laporan keuangan. Mau coba? Klik banner di bawah dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!

Beecloud Untuk Usaha Jasa Pengiriman Barang Atau Ekspedisi

Artikel Terkait

10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
21 Rekomendasi Ide Usaha Rumahan Kreatif Terbaru
Punya waktu luang di rumah memang membuat kita sering kepikiran untuk buat usaha, mengingat peluang usaha rumahan semakin diminati karena
Baca Juga
9 Ide Bisnis Kreatif Kerajinan dari Rotan dan Tips Suksesnya
Anda mungkin pernah melihat berbagai produk menarik dan unik dari rotan seperti kursi, meja, lemari, hiasan dinding, hingga dompet dan
Baca Juga
9 Ide Bisnis Kerajinan Budaya Lokal yang Menguntungkan
Pernah mendengar usaha kerajinan lokal atau kerajinan daerah? Dalam dunia bisnis, terkadang mencari ide bisnis yang unik dan berpotensi sukses
Baca Juga
Vendor: Pengertian, Jenis, dan Tips Jadi Pebisnis Sukses
Vendor adalah perusahaan yang mempunyai peran besar dalam perekonomian. Ini dikarenakan mereka sebagai supplier yang menyediakan produk atau jasa bagi
Baca Juga
10 Ide Bisnis Gila, Unik, Menarik dan Menguntungkan
Jadi pebisnis memang harus memiliki pemikiran out of the box, bahasa sederhananya di luar nalar. Untuk apa? Untuk menciptakan inovasi
Baca Juga

Artikel Populer

Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu