🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Hindari Sikap-Sikap Ini Jika Ingin Usaha Anda Berkembang!

Tak peduli seberapa besar visi dan misi Anda dalam membangun usaha, beberapa sikap yang buruk bisa menghambat usaha berkembang Anda!
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Terbit: Monday, 26 August 2019
Diperbarui: Friday, 7 July 2023
Daftar Isi

Tak peduli seberapa besar visi dan misi Anda dalam membangun usaha, beberapa sikap yang buruk bisa menghambat berjalannya usaha, bahkan menghentikan perkembangan usaha yang sudah berjalan.

Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi dalam usaha Anda. Maka dari itu, perlu diketahui beberapa sikap yang harus dihindari jika ingin usaha Anda terus berkembang menuju kesuksesan.

Sikap yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Mudah Berkembang

Faktor Kegagalan Wirausaha

Menjadi Pengusaha Juga Perlu Memahami Sikap dan Karakter Agar Bisnis Bisa Berkembang (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa rincian sikap yang perlu dijauhi dalam mengambangkan usaha:

1. Membuat Terlalu Banyak Alasan

Salah satu alasan yang sering dibuat oleh pengusaha saat mereka gagal mencapai suatu tujuan adalah keterbatasan waktu. Sebenarnya, masalah waktu sangat mungkin diatasi jika pengusaha mampu membuat skala prioritas dan mendahulukan semua pekerjaan yang paling penting. Jika usaha yang dijalankan menjadi fokus utama, maka pasti ada waktu yang dialokasikan untuk mengembangkan usaha tersebut.

2. Mencari Kambing Hitam

Kesalahan kecil maupun besar tidak boleh dilampiaskan pada pihak luar. Seringkali, pengusaha menyalahkan kondisi ekonomi negara, latar belakang mereka, pelanggan, karyawan, bahkan cuaca. Hal ini tidak boleh dilakukan, karena setiap kesalahan merupakan kesempatan bagi pengusaha untuk belajar dan melakukan usaha yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Karakteristik Wirausaha, Apakah Anda Termasuk?

3. Tidak Jujur

Ketidakjujuran seorang pengusaha bisa memiliki banyak ragam, misalnya sengaja merugikan karyawan dalam hal gaji atau berbohong tentang produk atau jasa kepada pelanggan. Selain itu, memuji karyawan secara berlebihan juga termasuk ketidakjujuran yang akan merugikan si pengusaha sendiri karena dengan begitu, usaha tidak bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

4. Malas

usaha berkembang

Jangan Bermalas-malasan! (Sumber: Freepik.com)

Anda tidak boleh tertidur sembarang waktu, terlambat datang ke kantor, malas membaca, atau menghindari tanggung jawab. Sikap-sikap inilah yang akan menghambat perkembangan bisnis Anda.

5. Merasa Serba Tahu

Kepercayaan diri memang penting bagi pengusaha karena optimisme merupakan salah satu dasar dari berkembangnya bisnis yang sukses, namun pastikan masih ada dalam batas yang wajar. Seringkali, pengusaha yang merasa sudah cukup lama menjalankan suatu bisnis merasa sudah tahu segalanya tentang berbisnis dan tidak mau belajar lebih atau mengikuti perkembangan zaman. Akibatnya, mereka gagal membawa perubahan yang positif bagi usaha.

6. Sulit Mengambil Keputusan

Sebelum mengambil keputusan, memang penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi. Namun terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mempertimbangkan hanya akan menghambat proses dan menghabiskan biaya. Jika sudah ada suatu rencana yang sekiranya baik, tidak ada salahnya mencoba menjalankannya.

7. Tidak Menetapkan Tujuan yang Jelas bagi Usaha

Tentunya tidak ada karyawan yang ingin bekerja bagi suatu perusahaan tanpa tujuan yang jelas. maka dari itu, Anda perlu menentukan tujuan usaha agar bisa menarik orang dengan kualifikasi terbaik sebagai karyawan.

8. Merasa Bisa Melakukan Semuanya Sendiri

Sebagai pengusaha, Anda harus sadar bahwa tidak semua aspek dalam pengembangan usaha bisa Anda tangani sendiri. Anda sebaiknya fokus mencari cara menjalankan usaha dengan baik, lalu mempercayakan hal-hal yang kurang Anda kuasai (misalnya membangun situs web perusahaan) kepada orang yang memiliki keahlian di bidang tersebut.

9. Terlalu Lemah

Sikap pengusaha yang terlalu lemah (misalnya tidak mau menegur karyawan yang kurang becus dalam bekerja) bisa menjadi penghambat bagi usaha. Jika seorang atasan terlihat tidak mau memberikan perlawanan atau terlihat lemah di hadapan karyawan, maka ia akan cenderung dimanfaatkan.

10. Memberikan Produk atau Layanan yang Kurang Berkualitas.

Anda harus memastikan bahwa kualitas produk atau layanan yang diberikan konsisten dalam hal kualitas. Tak hanya itu, pelayanan untuk pelanggan (misalnya customer service) juga harus dijaga kualitasnya agar pelanggan merasa dihargai.

Bikin Laporan Akuntansi 1x Klik Pakai Beeaccounting

Mengelola bisnis yang sukses membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang kinerja keuangan. Dengan menggunakan software akuntansi Beeaccounting, Anda dapat dengan mudah menghasilkan laporan akuntansi yang komprehensif. Analisis keuangan Anda, pantau pertumbuhan bisnis, dan identifikasi peluang baru dengan laporan akuntansi otomatis yang disediakan oleh Beeaccounting. Beli sekarang juga dan buat keputusan bisnis yang cerdas.

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu