🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Aplikasi POS Alfamart, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Aplikasi POS Alfamart digunakan untuk memudahkan mereka menerima pembayaran dan melacak penjualan. Masing-masing POS.....
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Friday, 24 June 2022

Aplikasi POS Alfamart digunakan untuk memudahkan mereka menerima pembayaran dan melacak penjualan. Masing-masing POS memiliki pengaturan yang berbeda salah satunya POS milik Alfamart.

Point of Sale(POS) adalah tempat di mana pelanggan melakukan pembayaran online, melalui konter kasir, atau mengambil barang dari stan. Sistem POS adalah hardware & software yang memungkinkan toko Anda bisa melakukan kegiatan jual beli tersebut dengan mudah.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi POS Alfamart?

Aplikasi POS Alfamart Adalah Pengertian dan Cara Kerja

Ilustrasi Kasir Menggunakan Apikasi POS Alfamart

Aplikasi POS Alfamart memungkinkan mereka untuk menerima pembayaran dari pelanggan dan melacak penjualan. Kedengarannya cukup sederhana, tetapi pengaturan dari setiap POS dapat bekerja dengan cara yang berbeda.

Pada Alfamart, sistem point of sale yang mereka gunakan merujuk ke mesin kasir di toko. Saat ini, sistem POS modern sepenuhnya digital, yang berati mereka dapat memeriksa pelanggan dimanapun. Yang di butuhkan hanyalah aplikasi POS dan perangkat yang mendukung internet, seperti tablet atau ponsel.

Baca Juga:  3+ Software Minimarket Seperti Indomaret & Alfamart

Apa yang Dilakukan Sistem POS pada Alfamart?

Pelanggan memutuskan untuk membeli produk di Alfamart. Kemudian kasir memindai barcode yang tertera pada bungkus untuk mencari harga barang. Beberapa sistem POS, seperti Square Point of Sale, juga bisa memindai produk secara visual dengan kamera di ponselmu. Sedangkan untuk toko online, langkah ini terjadi ketika pelanggan selesai menambahkan item ke keranjang dan mengklik tombol checkout.

Sistem POS tidak hanya menghitung harga barang, namun juga pajak penjualan. Sistem kemudian memperbarui jumlah persediaan untuk menunjukkan bahwa barang tersbut terjual.

Pelanggan pun membayar. Untuk menyesuaikan pembelian mereka, pelanggan harus menggunakan uang tunai, kartu kredit, kartu tap, kartu debit, poin, dan atau voucher untuk menyelessaikan pembayaran.

Transaksi point of sale pun selesai. Anda pun sudah dianggap resmi melakukan penjualan. Pembayaran dilakukan, struk tanda terima tercetak atau secara digital, lalu Anda mengirimkan atau menyerahkan barang yang mereka beli.

Fitur yang Dimiliki Aplikasi POS Alfamart

Thumbnail Youtube Minimarket email

Fitur Harga di Label Rak denfan Software Minimarket Beepos (Sumber: Bee.id)

POS bukan hanya sekedar mesin kasir. POS sekarang dapat mencakup fungsi dan fitur modern untuk membuat bisnis lebih mudah dioperasikan. Saat ini, software minimarket POS yang tersedia dapat melakukan banyak fungsi untuk membantu manajemen inventaris, loyalti program, penggajian karyawan, pelacakan penjualan, dan banyak lagi.

Salah satu keuntungan dari aplikasi POS Alfamart ini adalah semakin dimudahkan adanya add-on pihak ketiga. Dengan mengintegrasikan aplikasi software lain, sistem POS Anda berfungsi dengan cerdas dan mulus di semua aspek.

  • Melacak Penjualan

Indikator kinerja bawaan, tingkat konversi, dan laporan produk menyediakan data utama dan tren pada penjualan. Fitur-fitur ini tersedia di software minimarket Beepos dan terintegrasi dengan software akuntansi Beecloud dan dapat memberikan berbagai informasi, termasuk mengidentifikasi produk yang bermasalah atau mengukur kinerja di antara lokasi toko yang berbeda. Bersama dengan program lain, informasi ini membantu pemilik bisnis dalam menunjukkan tren musiman dan berbagai hal lainnya.

  • Loyalti Program dan CRM

Sementara software POS memfasilitasi penjualan, POS juga dapat secara bersamaan melacak siapa yang membeli barang apa dan seberapa sering. Sistem software minimarket berbasis cloud dapat dengan mudah diintegrasikan dengan database manajemen hubungan pelanggan atau CRM untuk membangun annual event berhadiah, menargetkan pelanggan tertentu, dan menjangkau klein lama untuk mengembalikannya ke toko.

  • Manajemen Persediaan

Aplikasi POS Alfamart Minimarket berbasis cloud dapat secara otomatis memperhitungkan semua item dalam inventaris perusahaan di beberapa lokasi fisik dan penjualan e-Commerce secara online. Anda dapat menarik data dari e-commerce dengan plugin e-commerce software akuntansi online Beecloud. Melacak indikator kinerja utama (KPI) dan melakukan analisis ABC memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan efisiensi mereka dan sepenuhnya memahami inventaris mereka. Alat pintar seperti restock otomatis menghemat waktu dan energi bagi operator bisnis.

  • Pemrosesan Kartu Kredit Bawaan

Banyak sistem berbasis cloud akan menawarkan pemrosesan kartu kredit pra-integrasi yang mengabaikan kebutuhan akan solusi pemrosesan terpisah. Ini bisa cocok untuk beberapa bisnis, terutama yang memiliki sedikit transaksi atau ingin menghemat uang di muka untuk biaya perlengkapan.

Namun, selalu lakukan riset sebelum menentukan apakah opsi ini akan semakin membebani atau tidak, Seringkali, ketika POS dan solusi pemrosesan digabungkan, tingkat pemrosesan akan meningkat secara artifisial di atas harga pasar.

  • Manajemen Karyawan

Mau Punya Mesin Kasir ala Alfamart untuk Membantu Kasir Anda Jualan Lebih Cepat dan Aman

Klik Gambar di Atas untuk Mengetahui Aplikasi POS seperti Alfamart Beepos

Aplikasi POS Alfamart yang sama yang digunakan untuk melakukan penjualan juga dapat memungkinkan pegawai datang dan pulang. Pengumpulan data karyawan dapat dengan mudah melacak penjualan dan efisiensi untuk pekerja tertentu. Beberapa fitur keamanan khusus tersedia seperti catatan pembatalan atau pembatalan penjualan untuk melindungi mesin kasir, dan tingkat izin yang terlalu sering untuk menyesuaikan akses pekerja perorangan.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Indomaret Gratis? Bagaimana Cara Kerjanya?

Temukan POS yang Seperti Aplikasi POS Alfamart

Dalam memilih pos yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini.

Hardware yang Sesuai dengan Kebutuhan Aplikasi POS

Hardware yang memenuhi kebutuhanmu adalah suatu keharusan ketika mempertimbangkan sistem POS mana yang akan digunakan.Jenis toko tertentu akan memerlukan lebih banyak opsi pemeriksaan seluler seperti tablet, sementara jenis lainnya akan lebih cocok menggunakan hardsware touch-screen yang lebih stasioner dan lebih besar untuk memproses transaksi.

Solusi pada Software

Untuk beberapa software, mungkin akan berkelut pada pertanyaan POS fitur mana yang dapat benar-benar mempermudah operasional toko. Misalnya, museum atau taman hiburan mungkin memerlukan POS yang bisa mempermudah mereka menjual tiket tur, memproses inventaris dan penjualan gift shop, dan juga menyelenggarakan acara besar, sementara produsen boba memerlukan CRM yang kuat untuk manajemen pengiriman stok.

Pada akhirnya, penting untuk diingat bahwa bisnis yang berbeda membutuhkan solusi yang berbeda.

Kontrak Panjang dan Biaya Inisiasi

Kekurangan Aplikasi Pos Web

Ilustrasi Aplikasi POS (Sumber: Freepik.com)

Sebelum Anda menarik pelatuk pada POS untuk perusahaan ritel, pastikan Anda berbelanja dan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang berbagai fitur, biaya tahunan dan masa depan penuh, kontrak atau biaya tambahan apa pun, dan cara kerja sistem dukungan pelanggan mereka.

Beberapa sistem memiliki biaya awal dan pemasangan yang lebih besar, sementara yang lain bekerja dengan langganan bulanan sebagai penyiapan layanan.

Biaya Pemrosesan Kartu Kredit Point of Sale

Pemrosesan kartu kredit adalah salah satu pengeluaran terbesar dan terpenting untuk usaha kecil. Selisih antara biaya pemrosesan 2,25% dan 2,75% dapat menambah penjualan hingga puluhan juta rupiahselama setahun.

Berhati-hatilah dengan solusi POS yang menggabungkan pemrosesan kartu kredit, karena biasanya memiliki tarif lebih tinggi dan tidak bisa untuk berbelanja dengan harga terbaik yang tersedia.

Dukungan Pelanggan

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perusahaan POS adalah jenis customer support yang mereka tawarkan. Apakah Anda dapat menghubungi perwakilan yang berpengetahuan luas dengan cepat dan mudah jika Anda mengalami masalah software? Apakah mereka menawarkan bantuan selama jam kerja?

Anda bahkan dapat melakukan uji coba dengan menghubungi nomor bantuan yang ditawarkan perusahaan untuk melihat jenis support seperti apa yang Anda dapatkan. Jangan malu bertanya!

Demo Software dan Uji Coba Gratis

Terakhir dan terpenting, lihat apakah Anda bisa mencobanya! Banyak perusahaan POS menawarkan masa percobaan bagi bisnis untuk mencoba produk mereka dan berhasil. Jika suatu sistem akan bekerja untukmu, harus intuitif, disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan disederhanakan.

Silakan dan lakukan uji coba untuk melihat dan menilai apakah benar-benar cocok dengan bisnismu. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk merasakan bagaimana sistem beroperasi.

Kesimpulan

Beepos Desktop Minimarket web

Beepos Desktop Minimarket

Memiliki usaha seperti alfamart merupakan impian banyak orang, karena bisnis tersebut sangat menguntungkan dan dibutuhkan banyak orang. Dibalik itu, harus ada sebuah pelayanan yang berkualitas supaya menjaga kepercayaan pelanggan. Menggunakan aplikasi pos alfamart adalah jawaban yang tepat, karena dengan alat tersebut, pengusaha dapat meningkatkan keuntungan pada bisnis minimarket.

Memiliki sebuah bisnis minimarket layaknya alfamart selalu menjadi impian setiap orang. Itu karena alfamart selalu ramai pembeli setiap harinya. Bisnis yang menjual berbagai barang kebutuhan hari-hari ini memang tidak ada matinya. Itu yang menjadi alasan mengapa bisnis ini menguntungkan.

Dibalik itu, kesuksesan alfamart didasari atas sistem yang mereka miliki dari awal hingga saat ini. Yaitu sebuah mesin kasir alfamart canggih, yang dapat mengatasi ratusan transaksi per harinya. Tanpa ada pelanggan yang antri, mesin kasir adalah alat yang dapat diandalkan.

Berkembangnya mesin kasir yang kini menjadi sebuah perangkat lunak atau aplikasi komputer dan smartphone. Aplikasi ini membuka segala fitur yang tidak dimiliki mesin kasir seperti laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan aplikasi beepos mobile dan beepos desktop yang sistemnya mirip dengan mesin kasir alfamart.

Artikel Terkait

Liabilitas Jangka Panjang: Contoh, Kelebihan dan Dampaknya
Dalam dunia keuangan perusahaan, ada istilah yang sering kita dengar yaitu liabilitas jangka panjang atau kewajiban jangka panjang atau gampangnya
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Excel
Jika saat ini Anda sedang mencari contoh laporan keuangan sederhana menggunakan excel Anda sudah sangat tepat berada di artikel ini.
Baca Juga
Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah Peluang Bisnis, Ini Caranya
Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah sebuah kegiatan usaha kreatif dengan memanfaatkan limbah/ sampah bekas untuk dikelola kembali menjadi produk inovatif
Baca Juga
Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B
Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena
Baca Juga
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Proses manajemen strategi adalah proses yang melibatkan analisis mendalam terhadap lingkungan eksternal dan internal, penentuan visi dan misi, serta pengembangan
Baca Juga
App Sewa Mobil Lepas Kunci Berkualitas
Keberadaan app sewa mobil murah lepas kunci di Indonesia memang sudah sering membantu banyak orang. Sebab, dengan adanya aplikasi penyewaan
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu