Logo Bee Web

Mengenal Fusion Food, Bisa Jadi Ide Bisnis Menguntungkan

Fusion Food adalah makanan dari paduan beberapa makanan berbagai daerah bahkan negara, berikut peluang bisnis dan tantangannya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 25 July 2024

Perpaduan budaya dan tradisi dari berbagai penjuru dunia menjadi semakin lumrah. Hal ini pun merambah ke ranah kuliner, melahirkan tren fusion food yang kian digemari.

Secara pengertian, fusion food adalah konsep yang menggabungkan elemen-elemen dari berbagai tradisi kuliner yang berbeda untuk menciptakan hidangan yang unik dan menggugah selera.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi para pengusaha kuliner untuk berkreasi dan mengeksplorasi kombinasi baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Fusion Food Adalah ...

Contoh Food Fusion

Ramen Burger Contoh Food Fusion (Credit: eater.com)

Menurut Sarioglan, M. (2014) dalam Wilujeng Lestari & Kokom Komariah (2019) Fusion adalah mencampurkan dan mengkombinasikan berbagai teknik dan racikan bahan dari berbagai negara untuk dicampur dan digabungkan dalam satu piring dengan sengaja.

Dari kegiatan mencampur dan mengkombinasikan inilah fusion food akan tercipta. Seperti yang juga dijelaskan oleh Gisslen W (2007) jika fusion food adalah penggunaan bahan dan teknik dari lebih dari satu masakan daerah baik dari dalam negeri maupun luar negeri dalam satu hidangan.

Sederhananya, fusion food adalah konsep kuliner yang menggabungkan elemen-elemen dari berbagai tradisi kuliner yang berbeda untuk menciptakan hidangan yang unik dan inovatif.

Lasmanawati, E & Nurani A.S (2018), ada 4 prinsip dalam membuat fusion food, yakni:

  • Memahami resep dan cita rasa asli makanan yang akan disatukan
  • Mengkombinasikan dua hidangan dari buaya, gaya dan citarasa yang berbeda
  • Memperhatikan teknik dan cita rasa makanan yang akan dikombinasikan
  • Rasa makanan yang digabungkan harus masuk akal dan enak.

Sejarah Singkat Perkembangan Fusion Food

Mengutip dari jurnal Socia Akademi yang berjudul 'Implementasi Fusion Food pada Makanan Tradisional untuk Meningkatkan Minat belajar Mahasiswa Seni Kuliner (2022)' karya Nur Wahyuni, menjelaskan jika:

Sejarah perkembangan fusion food mencerminkan perjalanan panjang dari pertukaran budaya kuliner yang telah terjadi selama berabad-abad. Pada awalnya, masakan olahan food fusion terkesan masih sederhana dan kuno.

Namun seiring berjalannya waktu manusia telah saling bertukar warisan kuliner dari satu daerah atau negeri ke negeri lain, yang pada akhirnya membentuk dasar dari food fusion modern.

Perkembangan signifikan mulai terlihat pada era 1970-an ketika konsep ini mulai dikenal luas di kalangan ahli masakan. Seorang chef asal Perancis menjadi salah satu pionir yang memperkenalkan food fusion dengan memadukan makanan tradisional Perancis dengan makanan-makanan Asia seperti masakan asal Vietnam dan China.

Karakteristik Fusion Food

Menurut Suryadana, L (2009), ada 4 karakteristik fusion food secara umum, yakni:

  • Inovasi/Kreativitas: Membutuhkan pengetahuan mendalam dan kreativitas untuk menciptakan hidangan yang harmonis dan masuk akal.
  • Pasar/Kompetisi: Bertujuan menawarkan menu unik untuk menarik konsumen dan meningkatkan persaingan serta keuntungan penjualan.
  • Penggunaan Teknologi: Teknologi membantu menjaga kualitas dan kesehatan makanan, seperti penggunaan vacuum sealer untuk mencegah kontaminasi dan memperpanjang masa simpan tanpa pengawet.
  • Kombinasi rasa, komposisi dan penggunaan teknik yang beragam, sebab dalam proses pengolahannya mengharuskan pemasak yang tidak biasa.

Baca Juga7+ Ide Bisnis Makanan Cepat Saji, Praktis, dan Bergizi Tinggi

Jenis-Jenis Fusion Food

Kebab Nasi Padang contoh food fusion

Kebab Nasi Padang (Credit: Cultura.id)

Masih mengutip dari Buku Saku Fusion Food (2023), food fusion dibedakan menjadi 3 kelompok, yakni:

1. Sub-regional Fusion

Sub-regional fusion adalah jenis fusion food yang menggabungkan berbagai jenis makanan daerah namun masih dalam satu negara dan pola makan yang sama.

Contohnya, sate ayam Ponorogo kuah pedas, yakni menggabungkan sate ayam khas Ponorogo Jawa Timur dengan kuah pedeh khas dari Padang dari Sumatera Barat.

2. Regional Fusion

Berikutnya ada regional fusion, yakni jenis food fusion yang menggabungkan masakan dari negara berbeda namun dari benua yang sama. Seperti kombinasi makanan Korea Selatan dan Jepang, Indonesia dan China dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh regional food ada nasi goreng kimchi, menggabungkan nasi goreng makanan khas Indonesia dengan kimchi makanan dari Korea Selatan dan masih banyak lagi lainnya.

3. Continental Fusion

Terakhir ada continental fusion, yakni jenis makanan dari kombinasi dua benua. Seperti benua asia dan eropa, asia dan afrika, dst. Contohnya Pizza toping rendang, dan seterusnya. Dimana Pizza merupakan makanan khas Italia negara dari benua Eropa dan rendang makanan khas Indonesia dari benua Asia.

Peluang Bisnis Fusion Food

Berikut adalah beberapa peluang bisnis fusion food:

  • Meningkatnya minat terhadap kuliner unik dan menarik, khususnya pada generasi muda.
  • Memenuhi permintaan pasar yang beragam.
  • Memberikan ruang bagi para pengusaha kuliner untuk berinovasi dan berkreasi dengan resep dan bahan-bahan baru.
  • Memiliki potensi untuk mendapatkan keutungan yang tinggi, sebab seringkali dianggap sebagai hidangan premium.
  • Menggabungkan masakan dari berbagai negara memiliki potensi untuk menarik konsumen di pasar internasional.

Tantangan Bisnis Fusion Food

Meskipun memiliki keuntungan yang menarik, membuka bisnis fusion food juga memiliki tayangan, berikut diantaranya:

  • Tantangan untuk mengkombinasikan dua masakan untuk mendapatkan cita rasa yang masuk akan, enak dan layak untuk dijual belikan.
  • Menemukan target pasar yang tepat, karena tidak semua orang menyukai makanan kombinasi ini.
  • Menjaga kualitas dan konsistensi rasa dari hidangan yang ditawarkan.
  • Menciptakan harga yang kompetitif, sebab makanan kombinasi ini seringkali dianggap sebagai hidangan premium, sehingga harganya bisa lebih mahal dibandingkan dengan hidangan tradisional.
  • Memahami budidaya kuliner yang berbeda agar bisa mengkombinasikan makanan dari banyak daerah.

Ide Bisnis Fusion Food Indonesia

Berikut beberapa ide bisnis fusion food menarik yang menggabungkan makanan Indonesia menarik yang bisa dijadikan ide bisnis.

1. Nasi Goreng Kimchi

Nasi Goreng Kimchi

Potret Food Fashion Indonesia X Korea Selatan 'Nasi Goreng Kimchi' ( Credit: Netralnews.com)

Ide fusion food pertama ada nasi goreng kimchi, yakni paduan nasi goreng asal Indonesia dan kimchi dari Korea Selatan. Dengan menambahkan kimchi di nasi goreng memberikan cita rasa pedas dan asam yang menarik.

Kombinasi makanan ini bisa menjadi daya tarik sendiri, khususnya saat ini ketika hallyu korean wave sedang tinggi-tingginya di Indonesia. Selain itu, makanan ini juga bisa menjadi rekomendasi menarik untuk penggemar makanan pedas.

2. Sate Ayam Kuah Padeh

Sate ayam adalah makanan khas Indonesia yang populer dengan bumbu kacangnya. Namun, dengan inovasi baru, sate ayam bisa disajikan dengan kuah padeh, yang merupakan kuah pedas khas Padang.

Kuah ini akan memberikan rasa pedas dan gurih yang berbeda dari sate pada umumnya, menarik bagi mereka yang ingin mencoba variasi sate dengan rasa yang lebih berani dan menggugah selera.

3. Ayam Geprek Mozarella

Contoh Makanan Kas Daerah Yang Dimodifikasi (food fusion) Berbahan Dasar Hewani

Contoh food fusion makanan Indonesia yang dicampur keju (Credit: Pinterest)

Berikutnya ada ayam geprek mozarella, Ayam geprek makanan yang sudah populer di Indonesia dengan rasa pedasnya kini mendapatkan sentuhan baru dengan tambahan keju mozarella khas italia.

Kombinasi antara ayam yang renyah dan pedas dengan keju mozarella yang creamy dan gurih memberikan pengalaman kuliner yang unik. Hidangan ini dapat menarik minat anak muda yang menyukai makanan pedas dan keju, serta menjadi pilihan populer di kafe dan restoran.

4. Bakso Keju

Kemudian ada juga bakso keju, kombinasi antara bakso makanan khas Indonesia dengan keju kas Italia. Bakso keju ini dapat menjadi favorit baru di kalangan pecinta bakso dan keju, menawarkan sesuatu yang berbeda dari bakso tradisional.

5. Pizza Ayam Rica-Rica

Selanjutnya ada pizza yang merupakan makanan khas Italia bisa dikombinasikan dengan ayam rica-rica, masakan pedas khas Manado. Topping ayam rica-rica yang pedas dan berbumbu rempah kuat akan memberikan rasa yang unik dan berbeda pada pizza.

Ide ini dapat menarik perhatian pecinta makanan pedas dan pizza, serta menjadi pilihan menarik di restoran pizza yang ingin menawarkan menu baru yang inovatif.

6. Gudeg Sushi

Sushi

Ilustrasi produk sushi (credit: Freepik.com)

Berikutnya ada gudeg sushi, Sushi makanan khas Jepang yang dikenal dengan rasa segar dan sederhana, bisa digabungkan dengan gudeg, makanan manis khas Yogyakarta.

Sushi yang diisi dengan gudeg memberikan perpaduan rasa manis dan gurih yang unik. Gudeg sushi ini bisa menarik minat para pecinta sushi dan makanan tradisional Indonesia, memberikan pengalaman baru dalam menikmati sushi.

7. Gulai Ramen

Makanan Gulai Ramen Termasuk Makanan Kombinasi Atau Food Funsion

Ilustrasi Gulai Ramen (Credit: sasa.co.id)

Terakhir ada gulai ramen, dimana ramen yang dikenal dengan kuah kaldu khas Jepang bisa diberikan sentuhan Indonesia dengan kuah gulai, yang kaya rempah dan santan.

Kuah gulai yang gurih dan berempah memberikan dimensi rasa baru pada ramen. Hidangan ini dapat menarik minat pecinta ramen dan masakan Indonesia, memberikan pilihan menarik bagi mereka yang ingin mencoba rasa baru dalam semangkuk ramen.

Baca Juga: 10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi

Kelola Bisnis Mudah dengan Beecloud

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Untuk memiliki bisnis yang berkelanjutan Anda harus memiliki manajemen bisnis yang baik, mulai dari manajemen pelayanan pelanggan, stok barang, hingga keuangan. Manajemen bisnis akan lebih sulit dilakukan jika dilakukan secara manual.

Khususnya dari segi manajemen keuangan, mulai dari masalah kerumitan, memakan waktu, sampai potensi adanya kesalahan. Disinilah Anda perlu menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud.

Dengan Beecloud, Anda bisa meningkatkan pelayanan pelanggan, memantau stok, mencatat transaksi, laporan keuangan otomatis hingga analisis keuangan bisnis. Mau uji coba? Klik banner di bawah ini sekarang juga!

Artikel Terkait

Catering Adalah Peluang Usaha Menjanjikan, Begini Tips Suksesnya
Apa itu catering? Catering adalah usaha yang menyediakan berbagai jenis makanan sesuai dengan pesanan dari customer, jenis bisnis ini bisa
Baca Juga
8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun
Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko
Baca Juga
7+ Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral 2023
Setiap tahunya trend makanan yang lagi viral beragam, mulai dari makanan manis, asin, pedas hingga bercita rasa aneh pun viral.
Baca Juga
Tingkatkan Pendapatan Bisnis dengan Konsep Dine In Menarik
Jika Anda berkecimpung di industri makanan dan minuman, Anda pasti tahu bahwa konsep "Dine In" adalah salah satu aspek penting
Baca Juga
Cari Aplikasi Rumah Makan, Bisa Terima Pembayaran GoPay?
Aplikasi Rumah Makan - Sudah menjadi sangat ramai dibicarakan saat ini terkait beberapa usaha baru yang memanfaatkan fasilitas ojek online.
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu