🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Fungsi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis

Apa saja yang menjadi fungsi strategi pemasaran? Ada empat fungsi serta empat tujuan strategi pemasaran yang wajib Anda pelajari
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 March 2023

Perkembangan bisnis, khususnya bisnis berskala menengah dan kecil, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terjadinya perkembangan tersebut bisa terjadi berkat fungsi strategi pemasaran yang sangat penting peranannya bagi perkembangan bisnis.

Menurut Management Study Guide, strategi pemasaran adalah keseluruhan rencana perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap produk atau layanan brand.

Strategi pemasaran memang sangat berpengaruh dalam perkembangan bisnis. Jika pemasaran tidak dilakukan dengan tepat, suatu produk atau bisnis tertentu tidak akan bisa dikenal oleh masyarakat. Strategi pemasaran sendiri merupakan suatu usaha untuk memasarkan jasa atau produk.

Usaha pemasaran tersebut dilakukan dengan metode yang terstruktur dan pola perencanaan yang baik. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk membuat perusahaan mampu menjual jasa atau produk dalam jumlah yang lebih banyak.

Fungsi Strategi Pemasaran dalam Perkembangan Bisnis

Banyak yang bertanya-tanya mengenai apa saja fungsi dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran punya peran yang sangat penting karena bisa membuat nilai ekonomi suatu perusahaan meningkat. Harga jasa dan barang akan bertambah nilainya jika pemasaran dilakukan dengan tepat.

Terdapat tiga faktor yang bisa mempengaruhi harga jasa dan barang, yaitu konsumsi, pemasaran, serta produksi. Strategi pemasaran sendiri mempunyai 4 fungsi, yaitu:

1. Motivasi Perkembangan Bisnis Meningkat

Salah satu fungsi yang bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis di masa depan adalah membantu bisnis melihat potensi dengan cara yang berbeda. Potensi itu sendiri tidak selalu ada di permintaan pasar, bisa juga diciptakan oleh setiap pelaku usaha.

fungsi strategi pemasaran untuk peningkatan bisnis

peningkatan bisnis merupakan indikator utama dari suksesnya strategi pemasaran

Perusahaan bisa menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk menciptakan inovasi terbaru. Kondisi ini akan membuat konsumen tergerak untuk melakukan pembelian padahal awalnya konsumen tidak merasa perlu membeli sesuatu. Inovasi sendiri tidak akan datang secara otomatis.

Perusahaan perlu mempersiapkan tim khusus yang berfungsi untuk melaksanakan survey pasar. Yang dibutuhkan konsumen pada saat itu dan di masa depan bisa digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan bisnis.

2. Perencanaan Lebih Terstruktur

Strategi merupakan suatu alat yang perlu digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Masing-masing perusahaan mempunyai tujuan bisnis yang berbeda serta strategi yang berbeda juga. Strategi pemasaran membuat tim bisa berkoordinasi dengan lebih terarah.

Hasilnya, tim bisa mencapai satu tujuan yang sama. Dalam hal ini, fungsi strategi pemasaran adalah untuk mengatur arah masing-masing divisi sehingga semuanya bisa bekerjasama demi meraih tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Sebagai contoh, jika permintaan konsumen meningkat, Anda bisa membuat divisi pemasaran dan divisi produksi berkoordinasi dengan lebih baik. Hasilnya, konsumen pun bisa dilayani dengan lebih maksimal dan penjualan bisa lebih ditingkatkan lagi.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Jika tidak ada kejelasan dalam tujuan, tidak akan terjadi perkembangan dalam perusahaan. Strategi pemasaran berperan sebagai alat yang bisa membantu perusahaan menetapkan tujuan dengan lebih jelas. Jadi, strategi ini tidak hanya digunakan untuk membantu meraih tujuan perusahaan saja.

Strategi pemasaran bisa membantu merumuskan tujuan, baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Tujuan perusahaan mempunyai sifat kuantitatif yang berarti indikator keberhasilannya wajib bisa diukur.

Indikator keberhasilan perusahaan sendiri bisa berupa target pemasukan, target konsumen, maupun target penjualan. Kalau tujuan target tercapai, maka nilai ekonomi perusahaan pun akan ikut meningkat. Gunakan strategi yang paling efektif agar tujuan perusahaan bisa ditetapkan dengan baik.

4. Memonitor kegiatan pemasaran

Yang keempat dari fungsi strategi pemasaran adalah sebagai alat untuk mengawasi secara lebih efektif. Pengawasan yang dimaksud adalah perhatian yang jelas. Dengan begitu, potensi dari masing-masing anggota bisa digunakan dan dideteksi sehingga bisa digunakan oleh perusahaan.

Laporan Keuangan Konsolidasi

ilustrasi monitoring efektivitas pemasaran (Credit: Freepik)

Tujuannya adalah agar perusahaan bisa menggunakan potensi tersebut dalam mencapai tujuan. Perusahaan bisa meningkatkan semangat anggotanya dengan mengadakan konsep reward bagi yang bisa mencapai target penjualan.

Ketika strategi telah digunakan dengan maksimal, pengelolaan keuangan yang baik perlu diterapkan. Dengan begitu, perusahaan bisa memperoleh keuntungan dan bisnis juga bisa beroperasi untuk jangka waktu yang jauh lebih lama.

Beberapa Tujuan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran digunakan bukan tanpa tujuan. Ada beberapa tujuan diterapkannya strategi ini di setiap perusahaan atau bisnis. Sebelum merencanakan dan menggunakan strategi yang paling efektif, pastikan untuk memahami dulu berbagai tujuannya di bawah ini.

  • Bisa digunakan sebagai suatu media ukur untuk melihat hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi tertentu yang sudah ditetapkan.
  • Meningkatkan kualitas antar individu dalam berkoordinasi, khususnya dalam tim pemasaran. Hasilnya, tim bisa bekerja dengan lebih efektif serta bisa meraih target dengan lebih mudah.
  • Mengembangkan kemampuan dalam berbisnis sehingga bisnis bisa beradaptasi dengan lebih mudah.
  • Strategi pemasaran juga menjadi suatu dasar pemikiran yang akan digunakan setiap kali akan mengambil keputusan yang berkaitan dengan pemasaran.

Empat fungsi dan empat tujuan strategi pemasaran di atas membantu Anda melihat betapa pentingnya peranan strategi pemasaran. Perkembangan bisnis akan sangat terdampak jika strategi pemasaran tidak direncanakan dengan matang dan tidak dilakukan dengan baik.

Melalui strategi yang tepat, perusahaan dapat mempromosikan produknya secara efektif sehingga dapat menarik minat konsumen. Dengan semakin banyaknya konsumen yang tertarik, maka kemungkinan terjadinya penjualan produk atau jasa semakin besar.

Oleh karena itu, meningkatkan penjualan melalui pemasaran adalah tujuan utama bagi setiap perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang.

Selain strategi promosi, cara lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan rutin mengevaluasi keuangan bisnis Anda. Caranya adalah menggunakan software akuntansi.

Dengan software akuntansi, Anda dapat memonitor penjualan Anda secara real-time dan melakukan analisis yang lebih baik terhadap performa bisnis Anda. Selain itu, software akuntansi dapat membantu Anda mengelola biaya-biaya yang terkait dengan penjualan, seperti biaya pemasaran dan pengiriman produk.

Dengan melakukan evaluasi secara terus-menerus, Anda dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan pengeluaran.

Coba gratis Beeaccounting, klik gambar di bawah

Beeaccounting Evaluasi Keuanagan Mudah Akurat Dan Ambil Keputusan Bisnis Tanpa Ragu

Artikel Terkait

Apa itu Point of Purchasing? Berikut Penjelasan dan Contohnya!
Point of purchasing adalah sebuah strategi penempatan produk di tempat-tempat strategis toko, dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk
Baca Juga
Apa Itu SWOT? Simak Juga Tujuan dan Strateginya
Dewasa ini banyak jenis analisis yang digunakan untuk membuat strategi bisnis, salah satunya adalah SWOT.  SWOT singkatan dari Strength, Weaknesses,
Baca Juga
5 Contoh Iklan Permintaan, Tujuan dan Tipsnya
Iklan permintaan merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini kita akan membahas
Baca Juga
Flash Sale: Strategi Jitu Meningkatkan Konversi Penjualan
Flash sale adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk mereka dalam waktu singkat. Hal ini
Baca Juga
Customer Oriented Adalah Strategi Bisnis Fokus Pada Pelanggan
Dalam era bisnis yang semakin kompetitif, customer oriented adalah salah satu elemen kunci dalam keberhasilan suatu perusahaan. Pendekatan customer yang
Baca Juga
Webinar Adalah: 9 Manfaat serta Cara Mempersiapkannya
Semenjak adanya pandemi covid 19, kegiatan online semakin banyak yang muncul dan webinar adalah salah satunya. Kegiatan ini menjadi salah
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu