Perkembangan bisnis, khususnya bisnis berskala menengah dan kecil, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terjadinya perkembangan tersebut bisa terjadi berkat fungsi strategi pemasaran yang sangat penting peranannya bagi perkembangan bisnis.
Menurut Management Study Guide, strategi pemasaran adalah keseluruhan rencana perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap produk atau layanan brand.
Strategi pemasaran memang sangat berpengaruh dalam perkembangan bisnis. Jika pemasaran tidak dilakukan dengan tepat, suatu produk atau bisnis tertentu tidak akan bisa dikenal oleh masyarakat. Strategi pemasaran sendiri merupakan suatu usaha untuk memasarkan jasa atau produk.
Usaha pemasaran tersebut dilakukan dengan metode yang terstruktur dan pola perencanaan yang baik. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk membuat perusahaan mampu menjual jasa atau produk dalam jumlah yang lebih banyak.
Banyak yang bertanya-tanya mengenai apa saja fungsi dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran punya peran yang sangat penting karena bisa membuat nilai ekonomi suatu perusahaan meningkat. Harga jasa dan barang akan bertambah nilainya jika pemasaran dilakukan dengan tepat.
Terdapat tiga faktor yang bisa mempengaruhi harga jasa dan barang, yaitu konsumsi, pemasaran, serta produksi. Strategi pemasaran sendiri mempunyai 4 fungsi, yaitu:
Salah satu fungsi yang bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis di masa depan adalah membantu bisnis melihat potensi dengan cara yang berbeda. Potensi itu sendiri tidak selalu ada di permintaan pasar, bisa juga diciptakan oleh setiap pelaku usaha.
Perusahaan bisa menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk menciptakan inovasi terbaru. Kondisi ini akan membuat konsumen tergerak untuk melakukan pembelian padahal awalnya konsumen tidak merasa perlu membeli sesuatu. Inovasi sendiri tidak akan datang secara otomatis.
Perusahaan perlu mempersiapkan tim khusus yang berfungsi untuk melaksanakan survey pasar. Yang dibutuhkan konsumen pada saat itu dan di masa depan bisa digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan bisnis.
Strategi merupakan suatu alat yang perlu digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Masing-masing perusahaan mempunyai tujuan bisnis yang berbeda serta strategi yang berbeda juga. Strategi pemasaran membuat tim bisa berkoordinasi dengan lebih terarah.
Hasilnya, tim bisa mencapai satu tujuan yang sama. Dalam hal ini, fungsi strategi pemasaran adalah untuk mengatur arah masing-masing divisi sehingga semuanya bisa bekerjasama demi meraih tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan.
Sebagai contoh, jika permintaan konsumen meningkat, Anda bisa membuat divisi pemasaran dan divisi produksi berkoordinasi dengan lebih baik. Hasilnya, konsumen pun bisa dilayani dengan lebih maksimal dan penjualan bisa lebih ditingkatkan lagi.
Jika tidak ada kejelasan dalam tujuan, tidak akan terjadi perkembangan dalam perusahaan. Strategi pemasaran berperan sebagai alat yang bisa membantu perusahaan menetapkan tujuan dengan lebih jelas. Jadi, strategi ini tidak hanya digunakan untuk membantu meraih tujuan perusahaan saja.
Strategi pemasaran bisa membantu merumuskan tujuan, baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Tujuan perusahaan mempunyai sifat kuantitatif yang berarti indikator keberhasilannya wajib bisa diukur.
Indikator keberhasilan perusahaan sendiri bisa berupa target pemasukan, target konsumen, maupun target penjualan. Kalau tujuan target tercapai, maka nilai ekonomi perusahaan pun akan ikut meningkat. Gunakan strategi yang paling efektif agar tujuan perusahaan bisa ditetapkan dengan baik.
Yang keempat dari fungsi strategi pemasaran adalah sebagai alat untuk mengawasi secara lebih efektif. Pengawasan yang dimaksud adalah perhatian yang jelas. Dengan begitu, potensi dari masing-masing anggota bisa digunakan dan dideteksi sehingga bisa digunakan oleh perusahaan.
Tujuannya adalah agar perusahaan bisa menggunakan potensi tersebut dalam mencapai tujuan. Perusahaan bisa meningkatkan semangat anggotanya dengan mengadakan konsep reward bagi yang bisa mencapai target penjualan.
Ketika strategi telah digunakan dengan maksimal, pengelolaan keuangan yang baik perlu diterapkan. Dengan begitu, perusahaan bisa memperoleh keuntungan dan bisnis juga bisa beroperasi untuk jangka waktu yang jauh lebih lama.
Strategi pemasaran digunakan bukan tanpa tujuan. Ada beberapa tujuan diterapkannya strategi ini di setiap perusahaan atau bisnis. Sebelum merencanakan dan menggunakan strategi yang paling efektif, pastikan untuk memahami dulu berbagai tujuannya di bawah ini.
Empat fungsi dan empat tujuan strategi pemasaran di atas membantu Anda melihat betapa pentingnya peranan strategi pemasaran. Perkembangan bisnis akan sangat terdampak jika strategi pemasaran tidak direncanakan dengan matang dan tidak dilakukan dengan baik.
Melalui strategi yang tepat, perusahaan dapat mempromosikan produknya secara efektif sehingga dapat menarik minat konsumen. Dengan semakin banyaknya konsumen yang tertarik, maka kemungkinan terjadinya penjualan produk atau jasa semakin besar.
Oleh karena itu, meningkatkan penjualan melalui pemasaran adalah tujuan utama bagi setiap perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang.
Selain strategi promosi, cara lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan rutin mengevaluasi keuangan bisnis Anda. Caranya adalah menggunakan software akuntansi.
Dengan software akuntansi, Anda dapat memonitor penjualan Anda secara real-time dan melakukan analisis yang lebih baik terhadap performa bisnis Anda. Selain itu, software akuntansi dapat membantu Anda mengelola biaya-biaya yang terkait dengan penjualan, seperti biaya pemasaran dan pengiriman produk.
Dengan melakukan evaluasi secara terus-menerus, Anda dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan pengeluaran.
Coba gratis Beeaccounting, klik gambar di bawah