🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis

Apa sebenarnya fungsi permintaan dan penawaran dalam dunia bisnis? Yuk pelajari selengkapnya pada artikel di bawah ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 27 April 2023

Pernah mendengar istilah fungsi permintaan dan penawaran? Kedua situlah ini menggambarkan tentang bagaimana hubungan kuantitas barang dengan permintaan yang ada di pasar dan harganya.

Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi permintaan dan penawaran ini, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Fungsi Permintaan dan Penawaran?

Fungsi Penawaran dan Permintaan

Mengenal Apa Itu Fungsi Permintaan dan Penawaran (Credit: Freepik.com)

Dalam ilmu ekonomi, permintaan dan penawaran mewakili hubungan antara jumlah barang yang ingin dijual produsen pada berbagai harga dan jumlah yang ingin dibeli konsumen. Formula penawaran dan permintaan yang biasa digunakan untuk menentukan harga. Harga suatu barang atau jasa ditentukan oleh penawaran dan permintaan pasar.

Jika diartikan satu persatu fungsi permintaan adalah studi matematis yang menganalisis perilaku konsumen dan harga barang atau jasa tersebut. Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan, yaitu jika harga suatu barang naik.

Maka permintaan barang tersebut juga turun, dan sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka permintaan barang tersebut meningkat. Oleh karena itu, hubungan antara harga dan jumlah yang diminta konsumen merupakan hubungan terbalik, sehingga gradien fungsi permintaan (b) selalu negatif.

Hukum fungsi permintaan berbunyi “permintaan sebuah produk dipenuhi oleh naik dan turunnya harga”

Sedangkan fungsi penawaran adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa di pasar dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen. Hal ini menggunakan fungsi penawaran untuk menganalisis kemungkinan memproduksi jumlah barang.

Ada hubungan positif dalam fungsi penawaran antara harga suatu komoditi dan jumlah komoditi yang ditawarkan oleh produsen, sehingga gradien (b) dari fungsi penawaran selalu positif.

Hukum fungsi berbunyi “Naiknya harga akan mempengaruhi tingginya penawaran dan jika harga mengalami penurunan maka penawaran juga akan mengalami hal serupa”

Dalam masing-masing fungsi mengikuti hukumnya masing-masing. Fungsi penawaran akan berkaitan dengan hukum fungsi penawaran dan sebaliknya.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Berikut ini deretan faktor yang mempengaruhi permintaan:

1. Kebiasaan dan Perilaku Konsumen

Faktor pertama yang mempengaruhi permintaan adalah kebiasaan dan perilaku konsumen. Baik kebiasaan maupun perilaku keduanya saling berkaitan dan akan sangat menentukan bagaimana pola mereka dalam bertransaksi.

Adapun perilaku konsumen ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari lingkungan, adat istiadat, kondisi dan isu yang beredar di suatu wilayah. Contoh saja, penyebaran pandemi covid 19 yang melanda dunia beberapa tahun lalu meningkatkan jumlah permintaan produk masker dan produk kebersihan lainnya.

Baca Juga: Begini Teori Perilaku Konsumen, Pebisnis Wajib Tahu!

2. Ketersediaan dan Harga Barang

Faktor berikutnya adalah ketersediaan harga barang baik barang sejenis maupun barang pelengkap. Hal ini bisa dicontohkan dengan jika roti tawar mengalami kenaikan harga dan menjadi barang langka maka barang pelengkap atau komplementernya akan mengalami penurunan harga seperti mentega, selai dan sejenisnya.

Dengan adanya kelangkaan ini potensi barang komplementer seperti mentega dan selain mengalami penurunan harga. Sebab, menurunnya minat dari produk utama juga berimbas pada produk turunannya.

3. Prediksi Harga Barang di Masa Depan

Hal selanjutnya yang menjadi faktor dari fungsi permintaan adalah bagaimana prediksi dari harga barang di masa yang akan datang. Prediksi harga ini akan menjadikan konsumen lebih kalap untuk membeli di awal untuk ditimbun atau sebagai stok barang sebelum harganya naik. Hal ini berkaitan dengan fungsi dari permintaan itu sendiri yakni memprediksi harga sebuah barang di masa yang akan datang.

4. Pendapatan dan Pengeluaran Konsumen

Berikutnya adalah pendapatan dan pengeluaran konsumen. Hal ini berkaitan dengan pola dan gaya beli mereka. Orang yang memiliki pendapatan yang besar biasanya akan cenderung lebih bebas dalam membelanjakan sesuatu dan sebaliknya

5. Intensitas Kebutuhan Konsumen

Selanjutnya adalah intensitas Kebutuhan, semakin tinggi kebutuhan masyarakat maka semakin tinggi pula permintaan yang ada. Contohnya produk masker pada masa pandemi beberapa tahun yang lalu.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Supply and Demand

Salah Satu yang Mempengaruhi Penawaran adalah Pajak (Credit: Freepik.com)

Berbeda dengan permintaan, faktor yang mempengaruhi fungsi penawaran biasanya berkaitan dengan pajak, biaya produksi, tujuan perusahaan dan beberapa hal lainnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Pajak

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi fungsi penawaran adalah pajak. Jika pajak mengalami kenaikan maka harga barang yang ditetapkan juga mengalami kenaikan yang sama untuk menjaga keseimbangan keuangan bisnis.

Dengan naiknya harga permintaan juga akan semakin menurun daripada biasanya dan perusahaan melakukan pengurangan produksi seiring dengan turunnya permintaan.

2. Biaya Produksi

Selanjutnya adalah mengenai biaya produksi. Semakin tinggi harga produksi sebuah produk maka semakin tinggi pula harga yang ditetapkan. Hal ini mengharuskan perusahaan mengurangi kuantitas dari produknya untuk menghindari kerugian akibat dari tidak laku.

Biasanya produk dengan harga yang tinggi kurang mampu bersaing dengan produk serupa namun memiliki harga yang lebih murah. Meskipun kualitas yang ditawarkan berbeda. Namun, kembali lagi pada kebiasaan dan perilaku konsumen tempat bisnis dipasarkan berada.

Baca Juga: Cara Mudah Menghitung Biaya Produksi Beserta Contohnya

3. Tujuan Perusahaan

Setiap perusahaan atau bisnis memiliki tujuan masing – masing yang berbeda. Bagi badan usaha yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan (profit oriented), maka badan usaha tersebut akan menjual produknya dengan margin keuntungan yang lebih besar, sehingga harga jualnya lebih tinggi.

Jika suatu perusahaan ingin memberikan permintaan atas produknya dengan menguasai pasar, maka perusahaan menetapkan harga yang rendah. Dan dengan tingkat keuntungan yang lebih rendah, harga jual akan lebih rendah untuk menarik konsumen.

4. Ketersediaan Barang

Pada poin ini hampir sama dengan fungsi permintaan, hal ini berkaitan dengan persaingan pasar. Jika seorang kompetitor memasarkan produk dengan harga yang jauh lebih murah akan mengakibatkan turunnya permintaan yang juga akan mengakibatkan menurunnya penawaran.

5. Perkiraan Harga

Masih berkaitan dengan fungsi permintaan, jika adanya produksi kenaikan harga sebuah produk di masa yang akan datang maka perusahaan harus mempersiapkan untuk memperbaiki output produksinya, dengan harapan mampu menjual produk sebelum atau sesudah adanya kenaikan harga.

Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran

1. Fungsi Permintaan

Qd = a - bP

Keterangan:

Qd = jumlah

a = konstanta

b = koefisien pengarah (slope)

P = tingkat harga

Kurva permintaan menggambarkan hubungan antara kuantitas yang ditawarkan suatu barang dan harganya. Kurva permintaan akan bergeser dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah dan sebaliknya. Ini akan menggambarkan hubungan terbalik antara permintaan dan harga.

2. Fungsi Penawaran

Qs = a + bPs

Keterangan:

Qs = Total jumlah barang yang ditawarkan

Ps = harga barang yang ditawarkan

a & b = konstanta

Dalam fungsi penawaran, kita akan mengenal istilah kurva penawaran. Kurva penawaran adalah grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu dan tempat tertentu. Pergeseran kurva penawaran adalah dari kiri bawah ke kanan atas. Baik harga maupun volume penawaran bersifat agresif.

Yuk kelola keuangan bisnis secara lebih profesional agar mudah kontrol bisnis dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, pantau posisi keuangan dengan lebih sederhana melalui dashboardnya saja. Laporan keuangan dari laba rugi dan akuntansi lainnya langsung jadi.

Beecloud Permintaan Dan Penjualan Barang Laporan Saling Terintegrasi

Memahami apa itu fungsi permintaan dan penawaran merupakan sebuah hal wajib bagi pebisnis agar bisa memantau kondisi pasar dan menghindari adanya kerugian. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

GNP Adalah: Manfaat, Prinsip dan Cara Menghitungnya
GNP adalah Gross national product yang diartikan dengan total barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara tanpa terbatas
Baca Juga
Jenis Kegiatan Ekonomi, Pelaku, serta Tujuan Kegiatan Ini
Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ialah kegiatan ekonomi dan jenis kegiatan ekonomi ini ada beragam.
Baca Juga
Defisit Anggaran Adalah: Pengertian, Faktor & Cara Mengatasinya
Defisit anggaran adalah kondisi di mana pengeluaran pemerintah melebihi pendapatan yang diperolehnya dalam suatu periode waktu tertentu. Hal ini sering
Baca Juga
Analisis Rasio Keuangan: Pengertian, Jenis, Metode Analisis
Financial ratio analysis atau analisis rasio keuangan adalah kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia bisnis terutama bagi investor dan pihak manajemen.
Baca Juga
Apa Itu Sistem Ekonomi Tradisional? Ini Penjelasannya
Sistem ekonomi tradisional adalah sistem yang diciptakan oleh masyarakat tradisional, hal ini memang harus dipahami sebelum melakukan transaksi di dalam
Baca Juga
Apa itu Sustainability dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?
Bisnis berkelanjutan telah menjadi sorotan utama di era modern ini. Dalam upaya mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kerusakan lingkungan,
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu