Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan utama yang membentuk dinamika pasar dalam ekonomi. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pun sangat kompleks dan beragam, seperti harga dan kuantitas suatu produk atau jasa.
Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan melibatkan perubahan preferensi konsumen, tingkat pendapatan, harga barang lain, dan faktor-faktor psikologis. Sementara itu, faktor-faktor seperti teknologi, biaya produksi, dan kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi penawaran.
Pemahaman mendalam terhadap interaksi dinamis antara faktor-faktor ini menjadi penting bagi pelaku pasar untuk membuat keputusan yang tepat dan menjawab perubahan dalam lingkungan ekonomi yang terus berubah.
Sebelum membahas mengenai apa saja faktor yang akan mempengaruhi permintaan dan penawaran, alangkah lebih baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari permintaan dan penawaran pada pembahasan di bawah ini!
Dalam Buku Pengantar Ilmu Ekonomi (2008) karya Pratama Rahardja dan Mandala Manurung, permintaan adalah keinginan konsumen untuk membeli barang pada berbagai tingkat harga pada periode tertentu dalam suatu daerah.
Ia juga menjelaskan jika, fungsi permintaan adalah pengajuan permintaan yang dinyatakan dalam hubungan sistematis dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Dapat disimpulkan jika permintaan adalah seluruh jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen dan disertai dengan ketersediaan dan kemampuan untuk membeli, baik pada tingkat harga, waktu dan tempat.
Sedangkan menurut Ahman (2009) pengertian penawaran adalah keseluruhan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dalam, berbagai kemungkinan harga yang berlaku di pasar pada periode tertentu.
Dalam hal ini penawaran dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni:
Disimpulkan jika penawaran adalah kebalikan dari permintaan, yakni keseluruhan barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen dengan berbagai kemungkinan harga.
Baca Juga: Hukum Permintaan dan Penawaran, Bagaimana Bunyinya?
Masih mengutip dari laman lib.ui.ac.id, berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang:
Faktor pertama yang mempengaruhi permintaan barang adalah harga barang, dimana faktor ini merupakan faktor paling signifikan yang mempengaruhi permintaan. Secara umum, ketika harga suatu barang naik, permintaan cenderung menurun, dan sebaliknya.
Berikutnya adalah harga barang dari produk yang berkaitan, seperti barang pengganti, pelengkap dan sejenisnya. Jika harga barang pengganti meningkat, konsumen mungkin beralih ke produk yang lebih murah, sedangkan kenaikan harga barang pelengkap dapat mengurangi permintaan terhadap barang utama.
Faktor berikutnya adalah tingkat pendapatan perkapita berhubungan langsung dengan kemampuan konsumen untuk membeli barang dan jasa. Peningkatan pendapatan cenderung meningkatkan kemampuan konsumen untuk membeli barang, yang dapat meningkatkan permintaan.
Preferensi dan kebiasaan konsumen juga memainkan peran penting dalam membentuk permintaan. Perubahan tren, selera, atau gaya hidup dapat secara signifikan mempengaruhi permintaan terhadap suatu produk.
Selanjutnya adalah jumlah penduduk, populasi yang besar cenderung menciptakan permintaan yang lebih besar untuk kebutuhan dasar dan barang konsumsi massal. Sebaliknya, semakin kecil jumlah penduduk maka umumnya jumlah permintaan juga akan kecil.
Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi permintaan barang adalah perkiraan harga. Jika konsumen percaya bahwa harga suatu barang akan naik di masa depan.
Maka biasanya mereka cenderung membeli lebih banyak saat ini untuk menghindari biaya yang lebih tinggi di kemudian hari, dan sebaliknya.
Berikutnya adalah distribusi pendapatan, sebaran atau distribusi pendapatan dalam masyarakat dapat mempengaruhi permintaan. Ketidaksetaraan ekonomi dapat menyebabkan permintaan yang lebih rendah dari kalangan yang memiliki pendapatan lebih rendah.
Terakhir adalah berkaitan dengan bagaimana upaya seorang produsen untuk meningkatkan upaya peningkatan penjualan, bagaimana mereka melakukan promosi, inovasi dan lainnya. Sebab, penawaran bonus, diskon, atau kampanye promosi dapat merangsang permintaan konsumen.
Baca Juga: Diskon adalah Potongan Harga, Bagaimana Cara Menghitungnya?
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang:
Faktor pertama yang dapat mempengaruhi penawaran barang adalah harga barang. Sama seperti permintaan, ketika harga barang naik, produsen cenderung lebih bersedia untuk menyediakan lebih banyak barang ke pasar.
Begitu juga dengan harga barang pengganti atau pelengkap, konsepnya sama seperti permintaan. Ketika terjadi kenaikan harga barang pengganti maka akan mendorong produsen untuk meningkatkan penawaran barang mereka, sementara kenaikan harga barang pelengkap dapat memiliki efek sebaliknya.
Selanjutnya, faktor kali ini berbeda dengan faktor yang mempengaruhi permintaan yakni dari faktor produksi. Mulai dari teknologi yang digunakan.
Semakin maju teknologi produksi yang digunakan maka akan dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi, yang dapat mendorong produsen untuk meningkatkan penawaran barang dan sebaliknya.
Berikutnya adalah biaya produksi, termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja, dan modal, memainkan peran penting dalam menentukan sejauh mana produsen bersedia untuk menawarkan barang. Biaya produksi yang lebih rendah cenderung meningkatkan penawaran.
Berikutnya harga dari faktor produksi, seperti upah tenaga kerja dan harga bahan baku juga mempengaruhi penawaran. Kenaikan harga faktor produksi dapat meningkatkan biaya produksi dan mengurangi daya saing produsen.
Faktor berikutnya yang dapat mempengaruhi penawaran adalah harapan produsen mengenai potensi keuntungan yang didapatkan.
Jika produsen percaya bahwa mereka dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi dengan meningkatkan penawaran, mereka mungkin cenderung menambah produksi.
Tingkat persaingan di pasar dapat mempengaruhi keputusan produsen untuk menawarkan lebih banyak barang atau mengurangi penawaran mereka.
Persaingan yang ketat dapat mendorong produsen untuk menawarkan harga lebih rendah atau meningkatkan kualitas produk dan sebaliknya.
Kemudian ada jumlah pedagang dalam pasar, semakin banyak produsen, cenderung semakin besar penawaran barang dalam pasar.
Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi penawaran adalah harapan produsen mengenai bagaimana kondisi pasar di masa yang akan datang.
Termasuk perubahan harga atau permintaan, dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam menentukan sejauh mana mereka ingin menawarkan barang.
Terakhir adalah kebijakan pemerintah, kebijakan pemerintah mengenai regulasi pajak hingga subsidi juga dapat mempengaruhi biaya produksi yang akhirnya mempengaruhi penawaran barang.
Tidak hanya itu saja, kebijakan perdagangan atau kebijakan industri juga dapat memainkan peran dalam menentukan penawaran di pasar.
Dalam era dinamika pasar yang terus berkembang, kelola permintaan barang menjadi suatu keharusan bagi perusahaan untuk memastikan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.
Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud hadir sebagai solusi yang memungkinkan perusahaan mengelola permintaan barang dengan lebih sistematis.
Beecloud menawarkan berbagai fitur yang memudahkan monitoring stok, mengoptimalkan rantai pasok, dan merespon dengan cepat terhadap perubahan permintaan.
Dengan Beecloud, perusahaan dapat mengintegrasikan data permintaan dari berbagai sumber, melakukan prediksi permintaan yang lebih akurat, dan mengatur inventaris dengan lebih efisien. Mau punya Beecloud? Klik banner di atas dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!