Bagi sejumlah orang, endorse adalah sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Bahkan, ada juga orang yang menjadikannya sebagai penghasilan utama. Lantas, apa itu endorse? Mengapa hal ini bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menjanjikan? Yuk ketahui fakta seputar endorse pada artikel ini.
Endorse adalah salah satu bentuk promosi yang menggunakan orang yang mampu mempengaruhi orang lain supaya mendukung produk yang ditawarkan.
Berdasarkan Cambridge Dictionary, endorse yakni tindakan untuk membuat pernyataan publik yang berisi dukungan atau persetujuan.
Biasanya, seorang pengusaha memanfaatkan orang terkenal untuk mempromosikan produknya melalui endorse. Tidak heran, jika endorse menguntungkan bagi pengusaha dan selebriti.
Baca Juga: Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?
Kelebihan melakukan endorse adalah untuk meningkatkan brand awareness publik. Bukan hanya itu, masih banyak kelebihan endorse di antaranya:
Endorsement mampu membangun awareness atau kesadaran pada konsumen. Dengan melakukan endorse, produk yang ditawarkan akan lebih banyak dicari, dilihat, dikenal, dan diketahui oleh banyak orang.
Saat awareness telah tercapai, setidaknya strategi pemasaran yang berikutnya dapat terlaksana dengan mudah.
Dengan adanya endorsement, maka akan tercipta kredibilitas. Penyebabnya adalah karena akan semakin banyak orang yang mempercayai public figure yang mempromosikan produk tersebut.
Public figure dapat menyebutkan kelebihan atas suatu produk yang dipromosikan supaya audience-nya atau calon konsumen memiliki kepercayaan dengan produk tersebut.
Keunggulan ketiga dari endorse adalah membantu produk dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui endorse, kesempatan dalam menjangkau pasar dengan luas akan semakin meningkat.
Oleh karena itu, public figure dengan pengikut yang banyak akan lebih dipilih karena mampu mempromosikan produk dengan luas.
Meskipun keunggulan yang keempat ini relatif, tetapi endorse sangat worth it dengan dampak positif yang didapatkan. Bahkan, terdapat juga endorse yang terjangkau atau gratis.
Jika ingin mendapatkan endorse dengan biaya terjangkau, bisa dengan memilih influencer atau public figure yang baru saja merintis karirnya. Biasanya, mereka menentukan harga yang terjangkau atau bahkan mempromosikan produk secara gratis untuk barang/jasa yang disukai.
Seperti namanya, endorsement berbayar berarti perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan promosi produk. Pada jenis endorse ini, terdapat kontrak eksklusif atau persetujuan terhadap public figure yang dipilih.
Endorse tidak berbayar tidak memerlukan biaya untuk jasa pengiklanan yang dilakukan public figure. Perusahaan cukup mengirimkan produknya supaya dapat dicoba dan diulas oleh public figure tersebut.
Seperti yang sudah disebutkan, terkadang ada juga public figure yang mempromosikan suatu produk yang telah ia beli sendiri. Biasanya, hal itu karena mereka benar-benar menyukai produknya dan ingin pengikutnya membeli produk yang sama.
Supaya produk dapat diketahui pasar secara luas, diperlukan jumlah pengikut atau followers dari public figure yang cukup banyak. Jadi, silakan pilih public figure dengan followers yang sesuai dengan target pencapaian perusahaan Anda, ya.
Namun, semakin banyak pengikut tidak selalu menjamin public figure tersebut lebih efektif daripada public figure lain yang memiliki jumlah pengikut lebih sedikit, karena terdapat faktor lain yang mempengaruhinya, seperti tingkat interaksi pemilik akun dengan followers-nya.
Nah, hal tersebut dapat diketahui melalui engagement rate yang akan dijelaskan berikut ini.
Kiat kedua dalam memilih public figure untuk endorse adalah dengan memperhatikan engagement rate. Engagement rate adalah persentase followers yang aktif melakukan interaksi di media sosial.
Jika angka engagement rate semakin tinggi, maka harga yang ditawarkan juga semakin tinggi, karena peluang keberhasilan endorse juga semakin besar.
Persona yang ditampilkan public figure juga penting untuk diperhatikan. Disarankan untuk memilih tokoh endorse yang memiliki kesamaan dengan produk yang akan dipromosikan.
Misalnya, Anda akan mempromosikan produk bahan makanan, maka bisa memilih seorang koki atau food vlogger. Sebab, hal tersebut mampu membuat image yang dibangun dapat sesuai.
Budget yang tersedia juga perlu dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih public figure. Jika dampak dari endorse dirasa cukup signifikan, Anda boleh memilih public figure lain yang memiliki jumlah followers dan engagement rate yang tinggi untuk selanjutnya.
Baca Juga: Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa endorse adalah bentuk promosi oleh public figure kepada pengikutnya. Bentuk promosi ini memiliki dua jenis dan sejumlah keunggulan, serta terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih public figure untuk endorsement.
Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekkan, jika gagal coba lagi, dan cari cara lain.
Jika strategi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.
Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.
Software pencatatan keuangan sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkau yaitu Beepos. Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda.
Fitur promosi apa saja yang dimiliki Beepos? Langsung saja Anda bisa kontak customer servicenya di sini atau juga bisa langsung coba gratis softwarenya di sini.
Jika dari artikel tentang 4 strategi pemasaran yang jitu di era digital ini ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan koment di bawah ya, dan saya akan sangat senang sekali jika bisa membantu bisnis Anda. Sampai jumpa.