Logo Bee Web

E Commerce Indonesia: Pengertian dan Marketplace Populer

Belanja online melalui e-commerce Indonesia telah jadi tren., e-commerce jadi idola sebagai platform jual beli produk secara online.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 7 February 2023

Beberapa tahun terakhir kegiatan belanja online melalui e-commerce Indonesia telah menjadi tren tersendiri di tengah masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, pengertian e-commerce adalah platform jual beli produk di suatu website secara online.

Melihat hal tersebut, sebenarnya banyak pilihan platform e-commerce Indonesia yang telah berkembang dari tahun ke tahun. Lalu apa pengertian E-Commerce secara detail? Selengkapnya dapat Anda simak melalui ulasan di bawah.

Apa itu E Commerce?

Apa Itu E commerce Indonesia

Ilustrasi penggunaan E Commerce (Sumber: Unsplash.com)

Pengertian dari E-commerce adalah Electronic Commerce atau transaksi jual beli produk baik jasa maupun barang yang dibantu dengan adanya internet melalui platform website dan aplikasi.

Sederhananya, pengertian e-commerce adalah gambaran segala transaksi jual beli atau komersial menggunakan internet. Untuk melakukannya tentu Anda membutuhkan perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, atau komputer.

Saat ini semakin banyak pebisnis yang berjualan melalui e-commerce dan marketplace di Indonesia. Bukan hanya oleh pelaku UMKM saja, bahkan brand–brand besar pun ikut masuk dan berjualan di marketplace secara online. Berdasarkan data yang dikutip dari katadata.co.id, Indonesia memimpin dari sisi jumlah konsumen e-commerce yang berbelanja melalui ponsel. Sedangkan perkembangan pangsa traffic mobile di Singapura naik tipis, meski memiliki dua unicorn e-commerce yakni Shopee Lazada iPrice bertajuk ‘Perilaku Belanja Online Indonesia' 2021/2022, 94% pelanggan e-commerce menggunakan smartphone untuk mencari produk. Angka ini meningkat 16% dari periode 2016/2017.

Manfaat E commerce bagi Pengusaha dan Konsumen

E-commerce merupakan salah satu platform yang paling sering diminati oleh masyarakat di Indonesia karena memberikan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini sudah jelas karena terdapat beberapa manfaat e-commerce yang diberikan baik kepada pemilik usaha ataupun konsumen. Berikut manfaat e-commerce bagi pelaku usaha :

1. Tidak Wajib Punya Gudang/Kantor Fisik

Dengan adanya e-commerce, perusahaan atau pemilik usaha tidak perlu membuka banyak cabang penjualan ataupun distribusi (akan tetapi dalam beberapa kasus, banyak e-commerce yang tetap membuka gudang penyimpanan ataupun produksi di berbagai negara untuk mempermudah konsumen dalam shipping barang).

2. Target Pasarnya Skala Global

Dengan adanya e-commerce memungkinkan sebuah perusahaan atau pemilik usaha untuk dapat menjual produk yang mereka buat kepada konsumen yang lebih banyak. Seolah-olah batas antar negara semakin hilang. Dengan kata lain, perusahaan dapat mencakup pasar yang lebih luas. Contoh, perusahaan pengrajin ukiran jepara di Indonesia dapat memasarkan produknya ke semua negara tanpa membuka toko di negara tujuan.

3. Hemat Biaya Sekaligus Meningkatkan Pendapatan

Dengan adanya e-commerce, pemilik usaha atau perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih dalam menyediakan banyak toko atau gedung serta pegawai yang banyak. Hal ini akan meningkatkan keuntungan dengan menurunkan biaya operasional perusahaan.

Manfaat Adanya E-commerce Bagi Konsumen

Manfaat dan Keuntungan e-commerce bagi konsumen antaranya adalah :

1. Harga Barang Lebih murah

Manfaat e-commerce yang terasa sangat dirasakan oleh konsumen adalah mendapatkan harga yang lebih murah karena perusahaan dapat memotong biaya operasional sehingga mampu memberikan harga yang lebih murah. Juga bila dibandingkan dengan bila dibandingkan dengan membeli secara konvensional yang harus datang ke toko, pembeli harus mengalokasikan biaya transportasi, parkir, untuk beberapa pembeli dalam membeli sesuatu disertai dengan membeli makan atau minum, dan biasanya pembeli cenderung akan membeli barang-barang lain yang tidak direncanakan sebelumnya.

2. Konsumen Lebih Cari Perbandingan

Dengan adanya e-commerce khususnya berbasis online, konsumen mampu membandingkan banyak produk sekaligus, tinggal klik, berbeda dengan toko biasa, anda harus berjalan ke beberapa tempat sekaligus apalagi yang berbeda toko. Dengan e-commerce anda tinggal buka komputer, dan cek berbagai harga barang di berbagai toko online, cari yang murah tanpa harus berpindah tempat. Contohnya dengan membuka Lazada, Tokopedia, OLX, dan toko online lainnya.

3. Belanja 24/7 jam

Manfaat e-commerce yang satu ini sangat membantu konsumen dalam melakukan pengecekan, perencanaan ataupun langsung pembelian atau pemesanan jasa ataupun barang pada usaha tertentu. Berbeda dengan toko yang biasanya tutup pada jam malam seperti toko buku yang hanya terbuka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Toko buku online dapat terbuka untuk pengecekan dan pembelian 24 jam selama 7 hari atau non-stop. Perbedaan waktu karena lokasi wilayah yang berbeda bukan kendala dalam melakukan e-commerce.

5 E Commerce Paling Ramai Dikunjungi

Karena minat konsumen dalam berbelanja online terus meningkat, setiap e-commerce saling beradu menawarkan promo dan layanan terbaik untuk merebut hati masyarakat agar melakukan transaksi di tempatnya. Melihat hal tersebut, sebenarnya banyak pilihan platform e-commerce Indonesia yang telah berkembang dari tahun ke tahun. Selengkapnya dapat Anda simak melalui ulasan di bawah.

1. Bukalapak

Berdiri pada 2010, awalnya Bukalapak ditujukan sebagai lapak online bagi pelaku UMKM. Kini Bukalapak memiliki sekitar 6 juta merchant yang menjual berbagai macam produk. Beberapa fitur Bukalapak yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di e-commerce di antaranya inventaris barang, pantau saingan, dan sebagainya.

2. Tokopedia

Termasuk sebagai ecommerce Indonesia unicorn bersama dengan Bukalapak, perjalanan awal Tokopedia tidaklah mudah. William Tanuwijaya sebagai pemrakarsanya awalnya ditolak berbagai investor karena ide bisnis ecommerce saat itu belum umum. Pada tahun 2009, akhirnya Tokopedia berhasil diluncurkan dan saat ini menjadi salah satu ecommerce terbesar buah karya anak bangsa kita lho. Terakhir, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 miliar dari Alibaba, ecommerce asal Cina.

3. Shopee

Shopee sebagai ecommerce Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bisa dilihat sampai saat ini aplikasinya sudah di-download oleh sekitar 25 juta pengguna, wah! Shopee menawarkan penggunanya satu platform untuk semua aktivitas, termasuk dengan adanya fitur live chat sehingga penjual dan pembeli bisa berinteraksi dengan praktis.

4. Lazada

Selanjutnya di posisi keempat adalah Lazada, marketplace online yang dimiliki oleh Alibaba Group memiliki jumlah pengunjung sebanyak 30 juta per bulannya. Berdasarkan survei konsumen, alasan utama mereka memilih Lazada sebagai platform untuk berbelanja online adalah reputasi yang baik dan harga yang terjangkau.

5. Olx

Dikenal dengan nama tokobagus.com sebelumnya, ecommerce ini akhirnya berubah nama menjadi OLX Indonesia. Di ecommerce Indonesia ini, kamu bisa mencari berbagai hal mulai dari produk elektronik, jasa, sampai lowongan kerja. Pada 2015, berniaga.com kemudian melakukan merger dengan OLX Indonesia. Dengan slogannya “Cara Tepat Jual Cepat”, ecommerce Indonesia ini termasuk yang terpopuler dan banyak pebisnis yang menjual produknya di platform Olx.

Dari sekian banyaknya e commerce di Indonesia, mana yang paling sering Anda gunakan untuk menjual produk maupun belanja kebutuhan?

Aplikasi Integrasi E Commerce Rekap Ribuan Transaksi dari Toko Online ke Pembukuan

Oh iya, saat ini Anda bisa rekap transaksi penjualan dari marketplace seperti Shopee dan Tokopedia ke aplikasi pembukuan online shop. Dengan aplikasi ini Anda jadi gak ribet untuk kontrol ratusan barang, stok dan rekap ribuan transaksi harian Anda ke aplikasi pembukuan. Cukup dengan cara export dari marketplace pilihan lalu import ke aplikasi pembukuan ini, otomatis ribuan transaksi Anda tercatat rapi.

Dan menariknya aplikasi pembukuan ini langsung terintegrasi dengan laporan penjualan, laporan kas (termasuk cashflow) dan juga sampai laba bersih. Yuk, coba gratis sekarang!

Artikel Terkait

Pentingnya Menggunakan Software Perusahaan Dagang
Setiap usaha selalu memiliki beberapa kegiatan operasional untuk menjulang berjalannya usaha. Terutama perusahaan dagang. Banyak sekali bisnis yang saat ini
Baca Juga
Contoh Pasar Monopoli di Indonesia dan Luar Negeri
Persaingan yang ada di pasar monopoli biasanya tidak sempurna sebab hanya ada satu produsen yang bisa menetapkan harga suatu produk.
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
DSO Adalah: Rumus, Indikator dan Cara Meningkatkannya
DSO adalah singkatan dari Days Sales Outstanding, sebuah rasio keuangan yang memainkan peran kritis dalam mengukur efisiensi manajemen piutang usaha
Baca Juga
11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor Omset Hingga Ratusan Jutaan
Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan strategi pemasaran. Hal ini sangat perlu dilakukan agar usaha Anda bisa berkembang dan
Baca Juga
9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses
Perkembangan dunia digital menjadikan bisnis jualan online semakin banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan. Karena semakin banyak
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu