Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet?
Setiap bisnis pasti menginginkan omset penjualan dan laba yang selalu meningkat. Namun ternyata hal tersebut tidak mudah, perlu adanya strategi atau beragam cara meningkatkan omset dan laba setiap bulan.
Syarat sesuatu bisa ditingkatkan adalah harus bisa diukur
Setelah sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara meningkatkan omset penjualan hingga 79% dengan matematika sd, kini saatnya kita membahas bagaimana cara menarik pelanggan baru dengan customer magnet.
Pelanggan atau konsumen adalah hal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Sebab, dengan adanya pelanggan, bisnis dapat lebih berkembang dan bertahan menghadapi persaingan dunia usaha. Oleh karena itu, memiliki pelanggan yang lebih banyak dari sebelumnya adalah salah satu impian dari para pemilik usaha. Mendapatkan pelanggan baru merupakan sebuah tantangan penting di dalam bisnis.
Ada 3 komponen untuk membangun customer magnet dengan analogi memancing ikan, yaitu umpan, kail, dan joran.
Produk yang lagi trending/disukai atau banyak dibeli pelanggan. Cari tahu produk apa yang cocok untuk dijadikan umpan, kriterianya adalah:
Produk tersebut terbukti efektif untuk menarik pelanggan baru. Maksdunya adalah produk yang telah dijual ke banyak pelanggan.
Misalnya, Produk A terjual 9000 pcs tapi dari 1 orang pelanggan. Produk B terjual 7000 pcs tapi dari 700 orang pelanggan, masing-masing membeli 100pcs. Tentu saja kita harus memilih produk B karena yang beli banyak.
Jika Anda sudah memakai software akunting atau software kasir, Anda bisa mengeceknya di bagian "Penjualan Terbanyak/Terlaris" untuk mengetahui laporan ranking penjualan per item.
Setelah kita memilih umpan langkah selanjutnya adalah pasangkan umpan ke mata kail. Dalam konteks bisnis, kail adalah offer atau penawaran yang menarik. Jika Anda ingin menarik pelanggan baru, maka Anda harus menawarkan sesuatu yang menarik bagi mereka.
Agar tetap kompetitif, Anda harus memberikan hal menarik agar pelanggan kembali datang ke gerai Anda. Apa saja contoh penawaran yang menarik, berikut adalah 5 penawaran menarik untuk menarik pelanggan baru dan contohnya:
Sebagai member biasanya tersedia sistem poin ketika mereka melakukan transaksi. Apabila poin telah terkumpul dengan jumlah tertentu, biasanya pelanggan akan mendapatkan berbagai macam benefit seperti penukaran hadiah atau pemotongan penggunaan produk usaha tersebut. Benefit inilah yang membuat mereka seneng berbelanja di toko Anda.
Cara lain memberian diskon atau promo bisa dilakukan dengan memberikan tenggat waktu, jadi promo memiliki masa aktif untuk digunakan. Dengan begitu bisa memberikan dorongan kepada pelanggan baru atau lama untuk segera melakukan action.
Strategi beli dua/lebih terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Biasanya promo dibuat dengan harga yang lebih murah dari harga standart, tujuan utamanya agar meningkatkan produk yang terjual. Strategi ini memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian, menghemat waktu dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
Produk bundle yang menggabungkan beberapa produk membuat konsumen bisa membeli lebih dari satu produk dalam satu pembelian. Contohnya seperti ketika membeli sabun cuci piring dapatkan spons cuci piring.
Penjual dapat memberikan opsi untuk membeli satu paket produk bundling dengan harga yang lebih murah.
Strategi promo tebus murah memungkinkan Anda membeli produk tertentu dengan hanya membayar sekian rupiah saja. Biasanya produk yang bisa dibeli pada promo tebus murah adalah minyak goreng dan produk privat label yang terpasang pada media promosi di spanduk atau brosur.
Mekanisme promo tebus murah dalah dengan membeli produk yang telah ditentukan dengan jumlah transaksi Rp. 50.000 atau lebih. Lalu Anda bisa langsung membeli produk yang ada pada promo tebus murah di satu struk/transaksi.
Intinya, kail atau hook ini adalah sesuatu yang membuat cutomer "kebelet" untuk membeli, makanya harus ada penawaran yang menarik.
Setelah Anda punya umpan dan dipasang di kail langkah selanjutnya sebarkan menggunakan joran dan lemparkan umpan ke laut/kolam ikan.
Strategi digital marketing memungkinkan Anda melakukan penjualan ke berbagai lokasi yang lebih luas. Jika sebelumnya Anda masih menjalankan bisnis secara offline, untuk meningkatkan penjualan pastinya akan sulit karena dari segi target pasar tidak begitu luas. Tetapi dengan digital marketing target pasar Anda menjadi lebih banyak, jadi peluang untuk bisa meningkatkan penjualan semakin mudah.
Ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan seperti beriklan di Facebook Ads, Google Ads, Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media Marketing dan masih banyak lagi.
Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan berbagai media sosial. Sosial media bukan hanya sarana yang tepat untuk promosi saja, tetapi bisa juga menjadi rahasia efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia.
Joran di sini artinya adalah content marketing. Format konten seperti apa yang cocok untuk disebarkan? Kontennya sesuaikan dengan media yang ingin digunakan.
Misalnya, di TikTok Anda bisa membuat video singkat dan ada lagunya. Kalau instagram biasanya konten seperti carousel atau video dengan kualitas tinggi. Facebook juga bisa dengan foto, video mapun teks.
Ketika Anda bikin promo, pastikan ada syaratnya, kenapa? Karena kita perlu mengukur keberhasilan promo yang kita buat.
Jika kita ingin meningkatkan omset ada dua cara dengan menaikkan harga dan menaikkan volume penjualan. Menaikkan volume penjualan bisa dilakukan dengan menambah jumlah customer.
Jika tidak ada data customer, otomatis kita tidak bisa mengukur apakah promo yang kita lakukan berhasil atau tidak.
Jika Anda tidak memiliki data customer, Anda tidak bisa menganalisa apakah promo menambah konsumen baru, apakah promo banyak dibeli konsumen baru atau malah konsumen lama. Anda harus bisa mengukur berapa konsumen baru yang datang akibat promo yang sedang Anda jalankan.
Apa saja kegunaan sistem database customer dengan daftar member?
Membangun database customer sedini mungkin sangat penting karena di masa pandemi, mereka yang terkena dampak paling serius adalah usaha yang tidak memiliki database customer. Kenapa? Karena sudah terbiasa dengan customer yang datang dan pergi begitu saja.
Ingat! Syarat sesuatu bisa ditingkatkan adalah harus bisa diukur. Jangan mau kalah dengan Toko Sebelah
Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Beepos sekarang anda bisa! Klik gambar di bawah ini untuk download inspirasi promo-promo menarik (customer magnet) untuk menarik pelanggan baru.