🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Digital Marketing itu Apa? Bagaimana Strateginya?

Digital marketing itu apa? Digital marketing adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan media digital atau online.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 22 August 2022

Mungkin masih banyak orang awam yang bertanya-tanya terkait digital marketing itu apa. Di era yang sudah serba digital saat ini, sudah sewajarnya Anda semua memahami apa itu digital marketing sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankan bisnis ini. 

Digital marketing adalah sebuah kegiatan promosi atau memasarkan sebuah brand dengan memanfaatkan media Internet atau digital. Untuk bisa melaksanakan digital marketing ini, diperlukan strategi khusus agar pelaksanaannya maksimal dan menghasilkan keuntungan besar. 

Strategi Menjalankan Digital Marketing

Strategi Menjalankan Digital Marketing

Ilustrasi Digital Marketing (Sumber: Pexels.com)

Seperti yang sudah sekilas dijelaskan di atas terkait digital marketing itu apa, digital marketing memang menjadi salah satu strategi promosi yang kekinian dan memudahkan para pelakunya. Namun untuk menjalankan digital marketing ini juga diperlukan strategi lagi agar hasilnya maksimal. 

 Simak berikut di bawah ini strategi untuk menjalankan promosi digital ini: 

1. Gunakan Metode SEO

Apa itu SEO digital marketing? SEO kerap dikenal dengan kepanjangan Search Engine Optimization. Metode ini sudah sangat sering digunakan oleh para pelaku bisnis digital marketing. Hal ini karena penggunaan SEO dianggap memberikan efek yang sangat besar untuk kesuksesan bisnis. 

Metode SEO sendiri ini digunakan agar produk atau jasa yang sedang dipromosikan bisa lebih mudah terjangkau oleh pengunjung Internet. Dengan kemudahan jangkauan inilah nanti produk atau jasa Anda jadi lebih berpotensi terjual banyak. 

Umumnya SEO ini dilakukan dengan menggunakan keyword yang rating pencariannya tinggi. Keyword tersebut nantinya dicantumkan pada setiap konten tulisan yang dibuat pada situs atau blog digital marketing. 

2. Menggunakan SEM

Selain SEO, ada juga metode yang namanya SEM atau Search Engine Marketing. SEM ini memiliki perbedaan yang signifikan dengan SEO. SEM fungsinya jauh lebih unggul dibandingkan SEO. 

Saat menggunakan SEM, konten Anda akan dipastikan menduduki tingkat pencarian nomor satu sesuai dengan keyword pencariannya. Jika SEO tidak membutuhkan biaya dalam penerapannya, maka berbeda halnya dengan SEM yang butuh biaya tambahan untuk bisa menggunakannya.

Meski berbayar, namun penggunaan SEM ini akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Jangkauannya akan lebih spesifik dan relevan sesuai dengan pencarian yang dilakukan oleh user. 

3. Membuat Konten Semenarik Mungkin

Membuat Konten Menarik Digital Marketing

Ilustrasi Membuat Konten Photo by Malte Helmhold on Unsplash

Ada banyak sekali bentuk konten yang bisa dibuat sebagai bahan digital marketing. Mulai dari tulisan artikel dalam blog, poster di media sosial, hingga brosur online yang dikemas dalam blog. Buat konten semenarik mungkin agar potensi keuntungan bisa lebih besar.

Anda bisa memaksimalkan konten berdasarkan bahasa yang digunakan, desain grafisnya, hingga kelengkapan materinya. Banyak sekali komponen yang bisa dimaksimalkan agar digital marketing berhasil dengan cara ini. 

4. Membuat Native Advertisement

Native Advertisement merupakan salah satu metode promosi menggunakan konten yang seolah-olah konten tersebut bukanlah sebuah promosi. Cara ini sudah banyak digunakan para pebisnis online. Biasanya native advertisement ini memanfaatkan blog hingga media sosial. 

5. Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial

Saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial. Kekuatan media sosial pun tidak bisa diragukan lagi untuk menghasilkan banyak keuntungan dari bisnis digital marketing ini. Platform media sosial Facebook, line, whatsapp, instagram, dan masih banyak lagi media sosial lain.  

Semua platform media sosial ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi online. Pastikan untuk membuat konten yang sesuai dengan platform yang digunakan. Misalnya saja menyesuaikan dengan rata-rata pengikut yang ada di platform medsos tersebut dan produk yang dipromosikan. 

6. Menerapkan Affiliate Marketing

Syarat Program Shopee Affiliate

Ilustrasi Affiliate Marketing

Menggunakan affiliate marketing saat ini sudah dianggap sangat biasa. Pasalnya sudah banyak sekali bisnis online yang menerapkan metode ini. Selain itu banyak juga perusahaan bisnis online yang juga menyediakan layanan jasa affiliate marketing ini. 

Affiliate marketing sendiri merupakan metode promosi menggunakan jasa dari perusahaan atau situs lain. Sehingga kesannya seperti kerjasama antar dua atau lebih perusahaan. Sudah banyak pebisnis online yang membuktikan bahwa metode affiliate marketing ini punya pengaruh besar. 

7. Bekerjasama Dengan Influencer

Hampir mirip dengan affiliate marketing, kali ini promosi online bisa dilakukan dengan memanfaatkan kerja sama dengan para influencer. Pasalnya metode ini lebih dipercaya menghasilkan keuntungan besar.

Semakin terkenal influencer yang diajak bekerjasama, semakin besar potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Namun tentu saja dalam hal ini pengusaha bisnis online harus merelakan pengeluaran di awal untuk membayar jasa jadi influencer tersebut. 

Adapun influencer ini punya jenis-jenis tertentu. Ada influencer yang berasal dari kalangan non selebriti namun followersnya sangat banyak. Ada juga influencer yang berasal dari kalangan selebriti. 

8. Menggunakan Metode E-mail Marketing

Dalam digital marketing juga kerap dikenal istilah email marketing. Sesuai dengan namanya, metode ini digunakan dengan memanfaatkan pemasaran via email. Namun sedikit berbeda dengan promosi media sosial, metode ini lebih diperuntukkan bagi promosi ke pelanggan. 

Tentu saja sebelum menerapkan metode ini, pebisnis online harus punya database email dari setiap pelanggannya. Metode ini dilakukan dengan menyebarkan informasi yang terkait dengan promosi produk dari toko tersebut, termasuk penawaran khusus yang mungkin sedang diadakan. 

Konsumen yang sudah menjadi pelanggan pada toko ini, biasanya akan lebih sering tertarik karena sudah pernah mencoba menggunakan produk dari toko tersebut. 

9. Mengimplementasikan Program Referral

Program Referral

Ilustrasi Mengajak Program Referral (Sumber: Freepik.com)

Program referral adalah program yang dilakukan untuk memberikan reward pada pelanggan namun prioritasnya adalah menarik lebih banyak pelanggan. Untuk menerapkan program ini memang awalnya pebisnis yang harus mengeluarkan biaya sebagai reward. 

Meski begitu, metode ini akan membuat lebih banyak.Orang tertarik karena adanya promo diskon maupun reward yang diberikan oleh toko tersebut kepada para pelanggannya. 

Sudah banyak toko online yang membuktikan cara ini untuk menghasilkan lebih banyak pelanggan dengan pemberian reward atau diskon. 

10. Mengaktifkan Google Bisnis

Ketika seorang pebisnis online mengaktifkan Google bisnisnya, maka secara otomatis bisnisnya tersebut akan terdaftar dalam Google. Tentu saja dalam hal ini Anda juga harus melakukan pendaftaran agar Google mengetahui informasi bisnis apa yang perlu ditampilkan dalam Google. 

Google akan secara otomatis menampilkan bisnis Anda ketika ada pencarian yang relevan. Penerapan Google bisnis ini terbilang cukup efektif untuk menjangkau ketertarikan dalam digital marketing. 

11. Bergabung Dengan Komunitas Digital Marketing

Sebenarnya strategi yang satu ini tidak wajib dilakukan. Namun demi mengembangkan digital marketing, strategi ini bisa dijadikan alternatif. Ada banyak sekali saat ini komunitas digital marketing. Komunitas ini tidak hanya dijadikan tempat untuk saling promosi. 

Lebih tepatnya di dalam komunitas ini nantinya pebisnis online bisa belajar banyak hal tentang digital marketing itu apa, bagaimana menjalankannya, trik khusus untuk menarik pelanggan, hingga memahami kebutuhan konsumen. 

Dengan bergabung bersama komunitas digital marketing ini nantinya juga bisa berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak relasi. Semakin banyak relasi juga akan semakin bagus untuk perkembangan digital marketing Anda.

Kesimpulan

Penjelasan terkait digital marketing itu apa beserta strategi menjalankannya di atas, bisa menjadi acuan untuk Anda yang saat ini mungkin sedang menjalankan bisnis online atau digital. Anda bisa terapkan mana strategi yang memang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Selain menggunakan digital marketing dalam menunjang bisnis Anda juga harus belajar bagaimana mengatur keuangan dengan rapi dan akurat. Tidak ada gunanya strategi marketing yang baik tanpa pengelolaan keuangan yang juga baik.

Mengelola keuangan bisnis sangat mudah dan praktis jika Anda menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Beeaccounting membantu Anda menyusun laporan keuangan hanya dengan 1x klik. Jadi Anda tidak perlu lembur rekap data manual, waktu Anda bisa dipakai untuk memikirkan strategi marketing untuk menambah omset.

Coba gratis software akuntansi Beeaccounting dengan klik banner di bawah ini!

Laporan Keuangan Akurat Untuk Laporan Pajak Pakai Beeaccounting 1x Klik Langsung Jadi

Artikel Terkait

5 Contoh Iklan Permintaan, Tujuan dan Tipsnya
Iklan permintaan merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini kita akan membahas
Baca Juga
Apa Tujuan Reklame Dalam Promosi? Ini Penjelasannya
Reklame merupakan salah satu media informasi yang sering digunakan dalam mendukung strategi pemasaran hingga perkembangan bisnis. Memangnya, apa tujuan reklame
Baca Juga
Targeting Adalah Menilai Segmen Pasar, Begini Strateginya!
Targeting adalah tindakan untuk menilai ketertarikan dan minat dari segmentasi pasar yang beragam, guna menentukan segmen pasar yang akan dijadikan
Baca Juga
Advertising Adalah Iklan, Pahami Penjelasannya Disini
Advertising adalah teknik promosi yang jadi andalan pebisnis saat ini untuk memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas. Terlebih lagi
Baca Juga
Pengertian Promotion Mix, Komponen dan Manfaatnya bagi Bisnis
Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan supaya penjualan produknya dapat meningkat dari waktu ke waktu, salah satunya melalui promotion mix. Dalam
Baca Juga
Brand Image Adalah: Strategi Bangun Citra Merek yang Kuat
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, citra merek atau brand image adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam menarik minat
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu