Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat

Digital marketing artinya adalah kegiatan promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan besar maupun kecil dengan menggunakan media digital.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 August 2022

Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa strategi melalui media digital. Hingga saat ini digital marketing menjadi kegiatan pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pebisnis.

Ada banyak hal yang harus diketahui mengenai digital marketing jika ingin menggunakannya dalam kegiatan promosi brand yang Anda miliki. Kebetulan sekali, di artikel kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Yuk simak informasi selengkapnya mengenai digital marketing.

Digital Marketing Artinya

Digital Marketing Adalah

Ilustrasi Digital Marekting (Sumber: Pexels.com)

Digital marketing artinya apa sih? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, digital marketing berarti pemasaran digital. Sedangkan menurut beberapa ahli, digital marketing berarti penggunaan teknologi serta pemanfaatan perangkat yang didukung oleh koneksi internet untuk mencapai target dari sebuah pemasaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan perangkat jaringan serta media digital untuk mencapai tujuan dari kegiatan pemasaran. 

Digital marketing sangat cocok digunakan pada era ini. Dimana penggunaan internet dan media digital sudah mencapai lebih dari 50% di seluruh dunia.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing Agency, Peran Penting, dan Rekomendasi

Manfaat Digital Marketing

Manfaat digital marketing artinya bahwa kegiatan pemasaran yang dibantu dengan teknologi serta media digital tersebut memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Mari kita simak kapan saja manfaat dari digital marketing tersebut.

  • Target Pasar Lebih Sesuai

Dalam menjalankan kegiatan pemasaran, Anda pasti memiliki target pasar. Hal ini bertujuan agar kegiatan promosi yang dilakukan bisa sesuai dengan tujuan. 

Dengan menggunakan teknik digital marketing, kegiatan promosi yang dilakukan bisa lebih sesuai dengan target pasar dibandingkan dengan kegiatan promosi tradisional.

  • Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Manfaat lain dari menggunakan kegiatan digital marketing adalah adanya hasil evaluasi yang bisa Anda dapatkan pada saat itu juga. Dengan adanya data evaluasi tersebut, Anda bisa langsung mengevaluasi strategi untuk mengambil langkah selanjutnya.

  • Dapat Menjangkau Hampir Semua Pasar

Dengan menggunakan strategi digital marketing untuk kegiatan promosi, Anda dapat menjangkau hampir semua pasar di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media digital sendiri juga sudah cukup banyak dan juga tersebar di berbagai negara. Sehingga Anda memiliki peluang untuk menjangkaunya.

  • Biaya Lebih Murah

Manfaat selanjutnya dari digital marketing adalah biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan kegiatan pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencetak brosur atau memasang iklan di yang kurang efektif dan tidak menguntungkan.

  • Reputasi Brand Meningkat

Saat ini banyak sekali pembeli yang ingin mengetahui reputasi sebuah brand sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan menggunakan media digital, Anda dapat membangun sebuah brand agar dapat dipercaya oleh banyak orang dan menarik calon pembeli.

Strategi Digital Marketing

Digital Marketing Strategy

Ilustrasi Strategi Digital Marketing (Sumber: Pexels.com)

Strategi digital marketing artinya strategi yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital. Berikut ini adalah strategi digital marketing tersebut:

  • Search Engine Marketing

Strategi ini melibatkan penggunaan dari mesin pencari yang terkenal, seperti Google, Yahoo, Bing dan Facebook. SEM sendiri terbagi dalam dua area, yaitu SEO dan Pay Per Click.

  • Influencer atau Affiliate Marketing

Anda dapat menggunakan strategi ini dengan cara membayar influencer yang memiliki masa yang sesuai dengan target pasar Anda atau melakukan kerja sama dengan membayar komisi sesuai dengan kesepakatan.

  • Content Marketing

Cara ini dapat Anda lakukan dengan membuat konten yang sesuai dengan brand kemudian menyebarkan melalui media digital yang dimiliki oleh perusahaan Anda, seperti website.

  • Email Marketing

Strategi ini bertujuan untuk menarik pelanggan membaca pesan promosi yang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuat poin penting tetapi menarik untuk dibaca oleh calon pembeli.

  • Social Media Marketing

Strategi pemasaran ini adalah strategi yang menggunakan social media dan mengoptimalkannya. Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan trend pada social media tersebut kemudian mempromosikannya. 

Sosial media yang biasa digunakan untuk promosi dan memiliki banyak pengguna adalah Twitter, Instagram, Youtube atau Facebook.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi atau media digital dan internet. Tujuannya untuk mencapai sebuah target tertentu dengan menggunakan beberapa strategi yang tepat. 

Selain menggunakan digital marketing dalam menunjang bisnis Anda juga harus belajar bagaimana mengatur keuangan dengan rapi dan akurat. Tidak ada gunanya strategi marketing yang baik tanpa pengelolaan keuangan yang juga baik.

Mengelola keuangan bisnis sangat mudah dan praktis jika Anda menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Beeaccounting membantu Anda menyusun laporan keuangan hanya dengan 1x klik. Jadi Anda tidak perlu lembur rekap data manual, waktu Anda bisa dipakai untuk memikirkan strategi marketing untuk menambah omset.

Coba gratis software akuntansi Beeaccounting dengan klik banner di bawah ini!

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Artikel Terkait

25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
8 Cara Menentukan Harga Jual Produk Anda
Bagaimana cara menentukan harga jual produk? Faktor-faktor apa saja yang Anda perhitungkan? Menetapkan harga jual untuk produk bisa menjadi tugas
Baca Juga
Contoh Faktur Penjualan, Komponen dan Fungsinya (Lengkap)
Menjalankan sebuah usaha yang melibatkan transaksi pastinya membutuhkan sebuah kwitansi atau faktur penjualan maupun faktur pembelian sebagai bukti. Faktur sendiri
Baca Juga
7 Tips Membangun Networking Bisnis untuk Pemula
Dalam dunia bisnis yang begitu dinamis seperti sekarang, networking menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Networking adalah fondasi dari
Baca Juga
10+ Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
Contoh Inovasi Produk, Pengertian, Manfaat dan Strateginya
Inovasi produk adalah sebuah cara untuk mengembangkan perusahaan untuk menciptakan peluang baru sekaligus usaha dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu