Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

DER adalah Rasio Hutang Terhadap Modal, Ini Penjelasannya

DER adalah rasio yang digunakan untuk menggambarkan seberapa besar perusahaan bergantung pada hutang. Begini rumus dan cara menghitungnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 6 August 2024

Debt to Equity Ratio atau DER adalah salah satu indikator penting dalam analisis keuangan yang digunakan untuk mengukur sejauh mana perusahaan mendanai aktivitas operasional dan investasinya melalui utang dibandingkan dengan ekuitas.

Rasio ini memberikan gambaran tentang struktur modal perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban finansialnya. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

DER Adalah ...

Rumus Debt To Equity Ratio

Apa itu DER? DER adalah rasio perbandingan antara hutang dan modal (Credit: Freepik.com)

DER adalah singkatan dari Debt to Equity Ratio atau yang disebut dengan rasio utang terhadap modal. Rasio ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi seberapa besar sebuah perusahaan tergantung dalam hutang.

Semakin tinggi rasionya maka semakin tinggi pula perusahaan tersebut bergantung pada hutang, hal ini dapat meningkatkan resiko finansial termasuk kebangkrutan. Sementara jika DER rendah maka perusahaan tersebut lebih stabil kondisi keuangannya karena tidak terlalu bergantung pada hutang.

Sederhannya dijelaskan oleh Kasmir (2019) dalam Livia, dkk (2022) jika DER adalah rasio yang berfungsi untuk menilai hutang dengan modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Manfaat Perhitungan Debt to Equity Ratio

Selain menilai hutang, Kasmir juga menjelaskan ada 7 manfaat lainnya dari perhitungan DER, yakni:

  • Menganalisis kemampuan posisi perusahaan terhadap kewajiban kepada pihak lainnya.
  • Menganalisis kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban bersifat tetap.
  • Menganalisis keseimbangan nilai aktiva tetap dengan modal.
  • Menganalisis seberapa besar nilai aktiva perusahaan yang dibiayai hutang.
  • Menganalisis seberapa besar hutang yang berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva.
  • Mengukur berapa besar bagian dari setiap rupiah modal sendiri yang dijadikan jaminan hutang jangka panjang.
  • Menghitung rasio antara dana pinjaman dan ekuitas.

Baca Juga: Kenali Pengertian, Jenis, dan Berbagai Unsur Ekuitas

Ketentuan DER (Debt to Equity Ratio)

Seperti yang dijelaskan di atas, semakin tinggi DER maka semakin tinggi juga perusahaan tersebut bergantung pada utang dan sebaliknya. Dalam hal ini DER memiliki ketentuan yang menyatakan tinggi rendahnya DER, berikut ketentuannya:

1. Debt to Equity Ratio 1 atau 100%

Jika nilai DER adalah 1 atau 100%, berarti total utang perusahaan sama dengan total ekuitasnya. Artinya, perusahaan dianggap sehat karena ekuitas yang dimiliki cukup untuk membayar semua utangnya jika terjadi gagal bayar.

Investor masih memiliki peluang untuk mendapatkan hasil dari penjualan ekuitas perusahaan setelah pemberi utang dan pemilik saham preferen memperoleh hak mereka.

2. Debt to Equity Ratio di Atas 1 atau 100%

Selanjutnya, jika DER bernilai di atas 1 atau 100% artinya kondisi perusahaan aman, namun tetap harus diwaspadai, karena nilai hutang lebih tinggi dibanding ekuitasnya.

Meskipun dianggap aman, keamanannya masih perlu diwaspadai karena kondisi ini tergantung pada sumber hutangnya. Jika uangnya berasal dari utang usaha, keuangan perusahaan dianggap baik.

Namun, jika hutangnya dari bank atau obligasi, kondisi keuangan perlu diwaspadai karena risiko gagal bayar lebih tinggi.

3. Debt to Equity Ratio di Atas 2 atau 200%

Sedangkan jika DER bernilai di atas 2 atau 200% perusahaan dalam kondisi rawan. Hal ini menunjukkan jika perusahaan memiliki hutang yang sangat besar dibandingkan dengan ekuitasnya, yang membuatnya sangat rentan terhadap berbagai risiko.

Berapa Nilai Debt to Equity Ratio yang Baik?

debt to equity ratio yang baik

Nilai Debt to Equity Ratio yang baik sebenarnya tergantung apa industri perusahaan tersebut (Credit: Freepik.com)

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan jika nilai DER yang baik adalah berkisar 1 - 1,5 tergantung sumber hutangnya. Selain itu juga tergantung pada jenis industri yang digeluti perusahaan.

Seperti yang dijelaskan oleh British Business Bank, jika rekomendasi DER yang baik umumnya berkisar antara 1 hingga 1,5 tergantung industrinya. Industri padat modal seperti keuangan dan manufaktur seringkali memiliki DER lebih dari 2.

Bukan berarti perusahaan tersebut tidak pandai mengelola keuangan, namun berani mengambil resiko. Dimana, rasio utang yang tinggi ini bisa berisiko namun juga berpotensi menghasilkan pendapatan besar dan melunasi utangnya.

Faktor yang Mempengaruhi Nilai DER

Dalam buku Dasar-Dasar Memahami Rasio dan Laporan Keuangan (2020) karya Darmawan, ada 4 faktor yang mempengaruhi nilai Debt to Equity Ratio, yakni:

1. Stabilitas dan Prediktabilitas Lingkungan Bisnis

Faktor pertama adalah lingkungan bisnis, dimana perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan bisnis yang fluktuatif dan tidak dapat diprediksi lebih baik memiliki rasio utang terhadap ekuitas yang rendah.

Hal ini disebabkan karena perusahaan tersebut mungkin tidak mampu membayar kewajiban yang timbul jika terjadi penurunan tiba-tiba dalam kegiatan ekonomi.

Dengan DER yang rendah, perusahaan akan memiliki beban utang yang lebih sedikit dan lebih fleksibel dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi.

2. Ketersediaan Aset

Kemudian dari ketersediaan aset, perusahaan dengan aset jangka panjang yang berwujud (misalnya bangunan, tanah) cenderung memiliki DER yang lebih tinggi. Aset-aset ini dapat dijadikan jaminan bagi kreditur, sehingga perusahaan lebih mudah mendapatkan pinjaman.

Sedangkan jika, perusahaan yang sebagian besar asetnya adalah aset jangka pendek seperti inventaris atau aset yang rentan terhadap penilaian subyektif (seperti aset tidak berwujud) sebaiknya mempertahankan rasio utang terhadap ekuitas yang lebih rendah.

Aset ini menawarkan tingkat keamanan yang lebih rendah bagi pemberi pinjaman karena nilainya bisa berubah dengan cepat dan mungkin sulit untuk dijual dalam situasi darurat.

3. Cakupan Bunga (Interest Coverage Ratio)

Rasio cakupan bunga yang sehat menunjukkan bahwa perusahaan dapat membayar beban bunga dari pendapatannya dengan mudah. Jika rasio cakupan bunga tinggi, perusahaan dapat mengambil lebih banyak pinjaman tanpa mengambil risiko yang berlebihan.

Sebaliknya, jika rasio cakupan bunga rendah, perusahaan sebaiknya menghindari mengambil utang tambahan karena risiko gagal bayar akan meningkat.

4. Pembatasan Regulasi dan Kontrak

Kewajiban dan kontrak yang dihadapi oleh perusahaan harus diperhatikan ketika mempertimbangkan pembiayaan utang. Beberapa regulasi mungkin membatasi jumlah utang yang dapat diambil oleh perusahaan.

Selain itu, kontrak dengan pihak ketiga, seperti perjanjian pinjaman sebelumnya, mungkin memiliki klausul yang membatasi kemampuan perusahaan untuk mengambil utang baru. Mengabaikan faktor-faktor ini dapat mengakibatkan konsekuensi hukum atau finansial yang serius bagi perusahaan.

Rumus Debt to Equity Ratio

Rumus Debt to Equity Ratio

Untuk menghitung Debt to Equity Ratio bisa dilakukan dengan membangi total hutang dan total modal (Credit: Freepik.com)

Ada dua rumus yang bisa digunakan untuk menghitung DER, tergantung dengan bagaimana bentuk nilai yang ingin dimunculkan. Berikut diantaranya;

#Rumus Debt to Equity Ratio (Desimal)

Rumus DER = Total Hutang/Total Ekuitas

#Rumus Debt to Equity Ratio (%)

Rumus DER = (Total Hutang/Total Ekuitas) x 100%

Keterangan:

  • Total Hutang: Jumlah total hutang jangka panjang dan jangka pendek.
  • Total Ekuitas: Jumlah modal perusahaan.

Cara Menghitung DER (Debt to Equity Ratio)

Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghitung DER:

#Menghitung DER Manual

Menghitung DER secara manual bisa dilakukan mulai dari:

  • Mengidentifikasi semua kewajiban/ hutang perusahaan yang harus dibayar, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Kemudian, menghitung total ekuitas yang dimiliki perusahaan, yang sudah dikurangi total kewajiban/ hutang. Ini mencakup modal saham, laba ditahan, dan komponen ekuitas lainnya.
  • Baru kemudian menghitung DER dengan membagi total kewajiban dengan total ekuitas.

Baca Juga: Pengertian Kewajiban dalam Akuntansi

Contohnya:

Perusahaan ABEEC memiliki hutang jangka pendek senilai Rp300.000.000, hutang jangka panjang senilai Rp700.000.000 dan total ekuitas senilai Rp1.000.000.000 Berapa DER-nya?

Total hutang = Rp300.000.000 + Rp700.000.000
             =Rp1.000.000.000
DER = Total Hutang/Total Ekuitas
    =Rp1.000.000.000/Rp1.000.000.000
    =1

Rasio hutang terhadap modal perusahaan ABEEC adalah 1, yang artinya perusahaan ABEEC memiliki kesehatan keuangan yang baik karena nilai hutang dan ekuitasnya sama.

#Cara Menghitung DER Menggunakan Excel

Selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan Ms. Excel atau Spreadsheet secara sederhana seperti di bawah ini:

Cara Menghitung Der Menggunakan Excel

  • Menyiapkan data hutang jangka panjang, jangka pendek dan ekuitas.
  • Kemudian hitung total hutang, dengan menambahkan total jangka pendek dan panjang, Anda bisa menjumlahkan cell total hutang jangka panjang (B7) dan cell total hutang jangka pendek (C7), atau dengan rumus '=B7+C7'
  • Kemudian untuk menghitung nilai DER-nya Anda bisa membuat kolom baru, dan masukkan rumus = cell total hutang (B8)/total ekuitas (D7) atau '=B8/D7'

Berdasarkan tabel di atas, diketahui jika DER dari perusahaan bersangkutan bernilai 1, artinya perusahaan memiliki kesehatan finansial yang baik karena hutang dan ekuitasnya setara.

Beecloud Jadi Solusi Utama Pembukuan Wirausaha

Dari dua cara di atas, mengumpulkan data hutang dan ekuitas menjadi tantangan tersendiri yang harus dilakukan perusahaan untuk menghitung kesehatan bisnisnya, apalagi bisnis yang tidak punya pembukuan keuangan sebelumnya.

Tidak hanya sudah untuk cek kesehatan bisnis saja, tanpa pembukuan yang jelas bisnis bisa berpotensi tidak dipercaya lagi oleh kreditur karena bayar hutang sering terlewat, piutang juga macet, bahkan uang hilang pun tidak tahu harus bagaimana.

Tenang, kini Anda bisa atasi masalah itu dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, catat transaksi rapi, bukuan hutang piutang, kas, sampai buat laporan laba rugi otomatis. Bantu Anda pantau bisnis darimana saja dan kapan saja. Klik banner di atas ini untuk dapatkan gratis uji coba sekaran juga!

Contoh Soal Debt to Equity Ratio dan Jawabannya

Untuk lebih dalam memahami bagaimana cara menghitung DER, berikut beberapa contoh soal dan jawabannya untuk Anda.

#Soal 1

Perusahaan A memiliki total utang sebesar Rp 500.000.000 dan total ekuitas sebesar Rp 1.000.000.000. Hitung Debt to Equity Ratio perusahaan tersebut.

Jawaban:

Debt to Equity Ratio = Total Utang / Total Ekuitas
                     = Rp 500.000.000 / Rp 1.000.000.000
                     = 0,5

Maka, DER Perusahaan A adalah 0,5 atau 50%. Ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki struktur modal yang sehat karena A tidak terlalu bergantung pada hutang, karena ekuitasnya dua kali lebih besar daripada hutangnya.

#Soal 2

Perusahaan B memiliki total utang sebesar Rp 750.000.000 dan total ekuitas sebesar Rp 1.250.000.000. Hitung Debt to Equity Ratio perusahaan tersebut.

Jawaban:

Debt to Equity Ratio = Total Utang / Total Ekuitas
                     = Rp 750.000.000 / Rp 1.250.000.000
                     = 0,6

Maka, DER perusahaan B adalah 0,6 atau 60%. Rasio ini masih menunjukkan bahwa perusahaan memiliki struktur modal yang relatif sehat, meskipun sedikit lebih bergantung pada utang dibandingkan dengan ekuitas.

#Soal 3

Perusahaan C memiliki total utang sebesar Rp 1.200.000.000 dan total ekuitas sebesar Rp 800.000.000. Hitung Debt to Equity Ratio perusahaan tersebut.

Jawaban:
Debt to Equity Ratio = Total Utang / Total Ekuitas
                     = Rp 1.200.000.000 / Rp 800.000.000
                     = 1,5

Artinya, DER Perusahaan C adalah 1,5 atau 150%. Ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki struktur modal yang lebih beresiko, karena hutangnya lebih besar daripada ekuitasnya.

Rasio ini menandakan bahwa perusahaan memiliki risiko finansial yang tinggi, karena sangat bergantung pada utang untuk membiayai operasionalnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai debt to equity ratio, mulai dari pengertian, ketentuan hingga contoh soalnya. Dimana, dapat disimpulkan jika DER adalah rasio utang terhadap ekuitas, yang memberi gambaran seberapa besar perusahaan bergantung pada hutang.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Financial Distress Adalah Indikasi Awal Kebangkrutan, Ini Cara Cegahnya
Istilah Financial Distress mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pebisnis. Sebab, financial distress adalah indikator awal kebangkrutan, yang merupakan sebuah
Baca Juga
Cara Menentukan HPP Terbaik Biar Nggak Rugi!
Menentukan HPP adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh harga terbaik untuk kegiatan jual beli. HPP
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!
Anda membutuhkan contoh laporan keuangan perusahaan? Segala sesuatu yang berkaitan dengan finansial memang harus tersusun dengan baik. Kesalahan dalam membuatnya
Baca Juga
BOP (Biaya Overhead Pabrik): Arti, Fungsi dan Caranya, Lengkap
BOP adalah singkatan dari biaya overhead pabrik, jenis biaya yang tidak bisa dikaitkan dengan biaya produksi sebuah produk atau jasa.
Baca Juga
Apa Itu Deposit, Jenis dan Contohnya?
Mungkin bagi Anda yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis bisa menjawab apa itu deposit. Namun bagi yang baru bergabung
Baca Juga
Pahami Literasi Keuangan Jika Ingin Pondasi Bisnis yang Kuat
Dalam dunia yang terus berkembang dengan pesat, pengetahuan tentang literasi keuangan semakin menjadi aspek penting dalam kehidupan kita, terutama bagi
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu