🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Customer Adalah Pelanggan, Begini Tips Cara Mendapatkannya

Customer adalah pelanggan yang membeli produk yang ditawarkan produsen. Customer artinya penting bagi bisnis, begini cara mendapatkannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 24 January 2023

Customer adalah pelanggan yang membeli produk barang/ atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Customer sangat penting bagi perkembangan bisnis, karena mereka secara tidak langsung menjadi penentunya.

Untuk mendapatkan customer yang banyak, pebisnis perlu menggali informasi lebih dalam mengenai apa dan siapa sebenarnya customer itu. Mulai dari pengertian, jenis, karakteristik dan paling pasti cara menghadapinya.

Dengan demikian, pebisnis bisa mudah menarik simpati customer sehingga mereka akan terus datang untuk membeli produk yang ditawarkan. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Customer?

Customer Artinya

Customer Artinya Seorang Pelanggan Sebuah Produk dari Produsen (Sumber: Pixels.com)

Secara umum customer adalah seorang individu, kelompok atau sebuah lembaga yang membeli produk yang dihasilkan seorang produsen dalam transaksi ekonomi. Sederhananya lagi customer bisa disebut dengan pelanggan.

Sedangkan arti customer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pelanggan/ orang yang membeli barang secara tetap, bisa untuk digunakan dan sejenisnya.

Pengertian Customer Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat ahli yang akan menjelaskan secara lebih detail mengenai apa itu customer, berikut diantaranya:

1. Philip Kotler

Ahli pertama adalah Philip Kotler, ia mengatakan customer artinya seorang individu/ rumah tangga yang berbelanja atau mendapatkan produk yang nantinya akan dikonsumsi sendiri.

Jika produk yang dibeli termasuk memuaskan maka tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali lagi untuk membeli produk yang sama pada perusahaan yang sama. bahkan beberapa akan merekomendasikan produk ke pelanggan lainnya.

2. Vincent Gaspersz

Berikutnya ada Vincent Gaspersz, ia menjelaskan jika customer artinya seluruh orang yang bisa memenuhi sebuah standar kualitas tertentu jika bisa memberikan pengaruh pada performa bisnis.

3. Jerald Greenberg

Tidak jauh berbeda, Jerald Greenberg menjelaskan jika customer artinya individu atau kelompok yang berbelanja sebuah produk barang atau jasa dengan beberapa faktor pertimbangan sebelumnya.

Seperti kualitas, kuantitas, tempat, harga, pelayanan dan beberapa dasar keputusan lainnya.

Jenis-Jenis Customer Adalah Berikut Ini:

Customer Adalah

Ilustrasi Kasir dan Customer Antri Menunggu Pelayanan (Sumber: Pixels.com)

Ada beberapa jenis customer yang dibedakan berdasarkan kelompoknya, diantaranya:

1. Customer Pertama

Customer pertama adalah konsumen yang bisa menjadi perantara penjualan sebuah produk. Namun, jenis customer ini biasanya tidak menjadi pengguna terakhir dari produk yang dibeli.

Jenis customer ini tidak berasal dari dalam lingkup sebuah perusahaan, namun seorang individu atau kelompok yang mendeskripsikan produk. Contohnya distributor, reseller, agen dan sejenisnya.

2. Customer Internal

Berikutnya ada customer Internal, seperti namanya jenis konsumen ini berasal dari lingkup bagian perusahaan yang nantinya akan dijual kembali kepada orang lain.

Customer ini memiliki andil yang cukup berpengaruh bagi kinerja perusahaan, karena dengan kolaborasi mereka nilai/ trafik penjualan produk bisa terus meningkat dan produk pun bisa dikenal secara umum.

3. Customer Eksternal

Terakhir adalah customer eksternal, dimana customer ini adalah pelanggan aktif produk dari kalangan luar, baik untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual kembali.

Sebelum melakukan pembelian customer jenis ini perlu melakukan beberapa pertimbangan mulai dari performa, mutu dan kualitas dari produk jumlah dijual.

Mengenal Karakteristik Customer dan Cara Menghadapinya

Franchise Minuman Kekinian

Perlu Pemahaman Karakter Guna Menghadapi Customer (Sumber: Freepik.com)

Selain jenis, pebisnis juga perlu mengenali karakteristik customer, agar pebisnis lebih dekat dengan customernya. Kedekatan ini nantinya bisa menjadi jembatan untuk customer lain datang dan turut mengembangkan bisnis.

Dengan mengenai karakteristik customer, pebisnis juga bisa membangun customer segment. Sebab customer segment adalah suatu strategi penting dalam marketing guna pengelompokan target pasar nantinya.

Berikut deretan karakteristik customer dan cara menghadapi mereka:

1. Cheap Customer

Karakteristik customer pertama adalah cheap customer, dimana customer ini cenderung lebih memilih produk dengan harga yang murah. Mereka juga akan cenderung lebih konsumtif jika ada produk yang sedang di diskon.

Customer dengan karakteristik seperti ini biasanya akan sering menanyakan potongan harga, bonus, diskon dan sejenisnya. Untuk bisa menggaet customer seperti ini pebisnis perlu membuat promo berkala dengan diskon semenarik mungkin.

Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos untuk mengelola program promo semua capang terpusat dengan mudah. Dengan menggunakan Beepos juga Anda bisa memberikan pelayanan lebih efisien dan praktis kepada konsumen Anda.

Setting Promosi Semua Cabang Terpusat Dengan Beepos

2. Difficult Customer

Selanjutnya adalah difficult customer artinya karakter customer ini pastinya akan lebih sedikit menguras kesabaran pelayan/ customer service karena banyak sekali tuntutan yang diberikan.

Bahkan komentar negatif, membandingkan tidak segan dilontarkan oleh konsumen jenis ini. Karakter ini muncul biasanya disebabkan karena pengalaman tidak mengenakkan mereka sebelumnya.

Dengan pengalaman negatif customer sebelumnya, Anda perlu memberikan pelayanan yang sabar dan menjelaskan sejelas mungkin terkait produk, agar mereka yakin untuk membeli produk yang ditawarkan.

Gunakan bahasa yang sopan ketika melakukan komunikasi, jika memang sudah dijelaskan sebaik mungkin mereka masih tetap dengan pendapat sebelumnya, lebih baik Anda biarkan saja, karena akan membuang waktu dan tidak menghasilkan penjualan.

3. Sophisticated Customer

Sophisticated customer artinya jenis customer  yang memiliki pengetahuan yang tinggi terkait produk, sehingga mereka akan mempertimbangkan banyak hal detail sebelum melakukan transaksi pembelian.

Untuk bisa memberikan pelayanan terbaik pada customer jenis ini. Anda juga sebaiknya perlu mengetahui secara detail terkait produk sehingga bisa memberikan rekomendasi yang tepat.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda berhasil menggaet customer jenis ini. Pertama, perusahaan/ bisnis akan mendapatkan kepercayaan penuh.

Kedua, customer akan lebih loyal dan terakhir adalah perusahaan/ bisnis akan mendapatkan promosi gratis dari rekomendasi customer ini.

Selain itu, melalui karakteristik customer seperti ini juga customer relationship akan bermunculan.

Sedangkan arti customer relationship adalah sejenis strategi pemasaran yang digunakan untuk mempertahankan pelanggan untuk terus melakukan pembelian secara berulang.

4. Affluent Customer

Arti Customer

Selain Harga, Kualitas Produk Juga Menjadi Pertimbangan Pembelian (Sumber: Pixels.com)

Selanjutnya adalah affluent customer, karakter customer ini biasanya tidak banyak melakukan pertimbangan harga, mereka lebih fokus pada kualitas produk/ aset bisnis saja.

Jenis customer ini cenderung loyal, tapi juga cenderung menuntut hal terbaik dalam segi kualitas dan pelayanan.

Untuk bisa menciptakan pembelian berulang pebisnis perlu melakukan pertimbangan dan perhatian yang matang pada karakteristik konsumen seperti ini.

5. Customer Pendiam

Kemudian ada customer dengan karakteristik pendiam, dimana mereka akan cenderung tidak bertanya dan hanya melihat-lihat saja produk yang ditawarkan.

Untuk bisa memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal kepada customer jenis ini pebisnis perlu melakukan pendekatan secara perkala. untuk menciptakan customer satisfaction.

Arti dari customer satisfaction adalah kepuasan pelanggan yang cenderung mengarah pada perasaan dan kondisi hari konsumen, seperti senang, suka, gembira, dan kenyamanan.

Mulai dari mencari perhatian, mengawali pembicaraan dan mencoba akrab kepada customer tersebut. Biasanya customer jenis ini akan cenderung membeli barang kembali di tempat sama yang membuat mereka akrab dan nyaman.

6. Customer Tidak Sabaran

Jika ada customer pendiam, maka ada juga customer tidak sabaran. Customer jenis ini sangat berorientasi pada kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan yang ia dapatkan.

Mereka bisa saja membinta produk dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat. Sebagai pebisnis Anda juga harus siap menghadapi customer jenis ini.

Cetak Struk Gak Pake Ribet Beepos

Salah satunya dengan menggunakan Beepos, tidak hanya melakukan setting promo mudah dan efisien, Beepos juga bisa membantu Anda dalam melakukan transaksi dengan cepat tanpa takut stok tidak cocok dan sejenisnya.

Karena Beeposs dilengkapi dengan banyak fitur memudahkan, seperti merekap penjualan per payment, mencocokan penjualan, setoran dan stok sampai pada laporan keuangan.

Dengan menggunakan Beepos juga Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis kedepannya, tidak perlu lagi pusing mengelola keuangan, kasir dan stok yang selalu tidak klop.

5. Customer Pemarah

Karakteristik customer selanjutnya adalah pemarah, hampir sama dengan tidak sabaran. Mereka perlu mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat.

Bedanya mereka memiliki temperamen tinggi dan emosi yang tidak teratur sehingga Anda perlu bersabar dan menghadapinya dengan tenang sebagai pendengar yang baik dan menjawab setiap pertanyaan mereka dengan jelas.

Kesimpulannya, untuk bisa mendapatkan customer banyak dan setia seorang pebisnis perlu memahami customernya dengan baik juga memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Dengan pelayanan yang baik juga customer akan merasa nyaman dan tidak akan ragu untuk kembali membeli produk Anda.

Selaras dengan pepatah yang menyatakan customer adalah raja maka anda perlu melayaninya dengan sepenuh hati serta memahami setiap karakteristik mereka.

Artikel Terkait

Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana
Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk
Baca Juga
Rekomendasi Bisnis Rumahan dengan Modal Sedikit
Jika berbicara soal bisnis, ada banyak sekali macam bisnis yang dijalankan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu contohnya ada bisnis
Baca Juga
8 Tips Membangun Teamwork dan Bicara Tentang Team Building
Apa Itu Teamwork? Bisnis tidak bisa dijalankan seorang diri. Bisnis yang besar pasti memiliki kerjasama tim atau teamwork yang baik.
Baca Juga
Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty
Customer Loyality - Jadi ceritanya saya sedang berkunjung di minimarket yang selalu ramai setiap harinya. Sebut saja Alpamaret.. Entah apa
Baca Juga
Tips dan Cara Meningkatkan Persaingan Usaha Secara Sehat
Dalam dunia bisnis, persaingan usaha adalah hal yang tidak bisa dihindari. Setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk menjadi yang terbaik
Baca Juga
Apa itu Negosiasi? Ini Jenis dan Strateginya dalam Bisnis
Negosiasi adalah proses perundingan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Dalam proses ini, setiap pihak
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu