🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Cross Selling Adalah: Fungsi, sampai Contoh Penerapannya

Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 3 July 2023

Untuk melakukan sebuah strategi marketing, cross selling adalah salah satu metodenya. Akan tetapi, tidak semua jenis bisnis cocok dengan metode satu ini. Oleh karena itu, sebelum mengadaptasi suatu metode marketing, wajib memahami dahulu.

Anda harus paham bagaimana cara kerja, keuntungan, sampai fungsinya agar diterapkan secara benar. Lebih lanjut mengenai cross selling baiik itu definisi sampai contoh penerapan, ini ulasannya.

Apa Itu Cross Selling?

Cross Selling

Ilustrasi perbedaan cross selling dan up selling (Credit; Linkedin.com)

Baca Juga: Up Selling Adalah? Ini Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak, cross sell adalah metode pemasaran yang efektif dipakai. Metode peningkatan kuantiti ini dengan menawarkan item tambahan/pelengkap, ke konsumen yang sudah komitmen membeli.

Secara pengetian Cross selling adalah strategi pemasaran di mana sebuah perusahaan atau penjual mencoba untuk menjual produk atau layanan tambahan kepada pelanggan yang sudah ada. Tujuan utama cross-selling adalah meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan hubungan yang sudah terjalin antara pelanggan dan penjual. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia cross selling artinya penjualan silang.

Dalam cross selling, penjual mengidentifikasi produk atau layanan yang dapat melengkapi atau menambah nilai dari produk atau layanan yang telah dibeli oleh pelanggan. Dengan demikian, pelanggan diberikan kesempatan untuk membeli produk tambahan yang relevan atau berkaitan dengan kebutuhan atau minat mereka.

Contoh cross selling adalah ketika seorang pelanggan membeli laptop, penjual kemudian menawarkan perlengkapan tambahan seperti mouse, tas laptop, atau perangkat lunak. Dalam industri perbankan, cross-selling dapat terjadi ketika seorang nasabah membuka rekening tabungan, dan kemudian bank menawarkan produk tambahan seperti kartu kredit atau asuransi.

Namun, penting untuk diingat bahwa cross-selling harus dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Upaya cross-selling yang tidak relevan atau terlalu agresif dapat merusak hubungan dengan pelanggan dan merugikan reputasi perusahaan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian pasar dan pemahaman yang baik mengenai kebutuhan pelanggan sebelum menerapkan strategi cross-selling. Selain itu, strategi satu ini bekerja dengan membuat harga suatu barang menjadi lebih murah jika ditambah item lain. Konsep kerja inilah yang akan membuat konsumen membeli lebih banyak barang.

Fungsi dan Manfaat Strategi Cross Selling Bagi Bisnis

Setelah memahami apa itu cross selling, kenali juga aneka fungsinya. Strategi satu ini ternyata memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Seperti apa benefit menerapkan teknik penjualan ini?

1. Loyalitas Konsumen Diperoleh

Hadirnya strategi pemasaran ini memberikan efek positif bagi pelanggan. Pelanggan akan memperoleh produk tambahan dengan harga miring. Hal ini tentu berguna untuk membangun loyalitas konsumen.

Konsumen yang mendapatkan pengalaman bagus ketika berbelanja, bisa mempromosikannya ke orang lain. Anda akan memperoleh calon konsumen baru, sekaligus memperkuat basis customer yang dimiliki.

2. Pendapatan Meningkat

Goal utama dari penjualan secara silang ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Jika goal tersebut tercapai maka pendapatan akan meningkat. Konsumen pasti akan membeli lebih dari 1 item sehingga mempengaruhi perolehan omset.

3. Selling Cost Berkurang

Biaya promosi suatu produk pasti diperlukan dan nominalnya beragam, tergantung strategi. Selling cost bisa berkurang dengan menerapkan teknik penjualan ini. Anda hanya perlu mengeluarkan satu biaya pemasaran untuk beberapa produk.

4. Cocok untuk Produk Baru

Ternyata strategi cross selling adalah metode yang bisa juga dipakai untuk perkenalan produk baru. Asalkan dengan catatan masih dalam merk yang sama, serta ada kaitannya dengan produk utama.

Contoh sebuah brand pakaian sedang berencana mengeluarkan kerudung terbaru. Untuk memperkenalkan kerudung tersebut, dibuatlah paket bundling dengan dress/tunik. Hal ini memiliki sisi plus karena konsumen tidak perlu lagi repot mencari kerudung untuk pasangan dress/tunik.

Cara Penerapan Strategi Cross Selling agar Bekerja Efektif

Manfaat Diskon Menarik Pelanggan

Salah satu cara untuk menerapkan cross selling adalah memberikan diskon amunisi (Credit: Freepik.com)

Strategi pemasaran satu ini bisa diterapkan dalam bisnismu agar menghasilkan penjualan memuaskan. Akan tetapi, penerapannya harus efektif, dengan beberapa cara berikut.

1. Diskon Adalah Amunisi

Diskon merupakan hal yang bisa menarik banyak pembeli, termasuk jika hendak menerapkan penjualan silang. Contoh harga ayam bakar per porsi di resto Anda adalah Rp18.000. Agar lebih menarik, tawarkan harga Rp20.000 dengan memberikan bonus es teh dan nasi.

Bisa juga ketika Anda berjualan tunik dengan harga satuan Rp35.000. Untuk menggaet pembelian lebih banyak, tawarkan dengan membeli 3 pcs cukup bayar Rp99.900. promo gratis ongkos kirim dengan nominal belanja tertentu juga masuk sebagai contoh cross selling.

Baca Juga: 8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya

2. Harus Memiliki Data Pelanggan

Meningkatkan cross selling bisa dilakukan dengan bekal membangun profil pelanggan. Ketahui kecenderungan pelanggan Anda sehingga menyarankan produk lebih mudah. Hal ini juga termasuk kemudahan dalam menerapkan strategi penawaran yang tepat.

3. Harga Harus Dipertimbangkan Dahulu

Produk yang hendak ditawarkan harus sudah dipertimbangkan harganya dahulu. Cross selling adalah upaya agar pelanggan mau membeli tambahan produk. Akan tetapi konsumen enggan mengeluarkan uang ekstra untuk membeli barang tersebut.

Solusinya, tawarkan produk tambahan yang secara harga tidak lebih tinggi dari produk utama. Misal Anda berjualan kerudung persegi empat, berarti item yang tepat untuk strategi ini adalah ciput.

4. Tawarkan Tambahan Produk

Coba tawarkan produk yang berasal dari rekomendasi pribadi. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda melakukan marketing konvensional. Berikan referensi produk pilihan pribadi ke pelanggan.

Misal ketika melayani konsumen yang bingung memilih dress. Coba berikan preferensi pribadi agar pelanggan tidak bingung. Buat cara penyampaian yang efektif, menarik, dan tentunya ramah.

5. Tambahan Produk Harus Relevan

Strategi cross selling yang Anda terapkan harus ada relevansi antara produk utama dengan tambahan. Contohnya sudah banyak diterapkan oleh berbagai macam lini bisnis. Mulai dari restoran cepat saji, butik pakaian, handphone, dan masih banyak lagi.

Contoh relevansi produk utama dan tambahan bisa dilihat dari penjualan sabun. Brand sabun A hendak mengeluarkan produk shampoo dengan teknik cross selling. Biasanya ada tawaran bundling paket sabun dan shampoo agar pembeli lebih tertarik.

6. Manfaatkan UGC

UGC dalam konteks cross selling adalah User Generated Content, yang berguna untuk membangun trust pelanggan. Ulasan sesama pembeli lebih dipercaya dibanding hanya mengandalkan brand ambassador.

Kepercayaan yang sudah Anda peroleh dari pelanggan ini bisa menjadi senjata untuk cross sell. Coba berikan label tentang testimoni konsumen terhadap produk jualan Anda. Tujuannya agar pelanggan membaca ulasan positif dan ketertarikan membeli lebih besar.

Ini Dia Contoh Penerapan Strategi Cross Selling

Contoh Cross Selling

Contoh penerapan cross selling pada toko online (Credit: Docs.oceanesia.com)

Untuk semakin menambah pemahaman tentang strategi pemasaran ini, Anda bisa melihat contoh penerapannya. ada beberapa contoh yang bisa Anda ambil untuk mempelajari teknik marketing ini.

1. Fitur Related Product

Jika Anda kerap belanja di toko online, pasti tidak asing dengan fitur related product. Fitur ini disisipkan toko tersebut untuk menumbuhkan minat belanja lebih para konsumen. Algoritma yang dibuat khusus ini akan menampilkan aneka produk sampingan.

Contohnya ketika Anda sedang berniat membeli laptop di marketplace. Nantinya fitur related product ini akan menampilkan aneka barang yang berkaitan dengan laptop. Contoh mouse bluetooth, kipas, cashing, sampai headphone laptop.

2. Paket Bundling

Paket bundling merupakan satu set produk yang isinya lengkap. Contohnya bundling produk skincare yang terdiri facial wash sampai sunscreen. Penerapan bundling untuk produk-produk tertentu merupakan strategi cross selling menarik.

Konsumen akan tertarik dengan harga murah akan tetapi bisa memperoleh banyak barang. Apalagi jika kemasan bundling tersebut dikemas dengan packaging menarik.

3. Kasir Supermarket

Saat Anda hendak membayar belanjaan di supermarket, kasir biasanya akan memberikan tawaran lain. Misal tawaran menambah jumlah belanjaan agar bisa mendapat produk tertentu dengan harga murah.

Bisa juga dengan menawarkan pembelian pulsa, promosi beli 2 gratis 1 untuk roti, dan sebagainya. Banyak juga supermarket yang bekerjasama dengan bank tertentu. Contoh pembayaran dengan debit card bank A akan dapat gratis minyak goreng.

4. Pelayanan Restoran Cepat Saji

Anda yang sering ke restoran fast food tentu tidak asing dengan pelayannya yang menawarkan beberapa paket. Misalnya promo paket A dengan gratis mainan, atau paket B yang harganya lebih miring.

Metode yang dilakukan pelayanan resto tersebut memang berguna agar produk tersebut laku banyak. Hal ini sebenarnya dilakukan tidak hanya di resto cepat saji, melainkan pada beberapa gerai minuman ternama.

KESIMPULAN

Menerapkan strategi pemasaran yang tepat memang diperlukan untuk memaksimalkan penjualan. Cross selling adalah strategi menarik dimana konsumen akan sukarela membeli lebih banyak. Tentu saja penjualan yang meningkat adalah hal yang diharapkan.

Beecloud Untuk Pencatatan Keuangan Usaha Kecil

Agar tidak sekadar menjadi harapan, pastikan strategi tersebut dimaksimalkan dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan software ini Anda bisa lebih mudah dalam memantau stok barang, produk yang paling laris dan sejenisnya sehingga penjualan bisa lebih optimal.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah dalam melakukan kontrol keuangan bisnis dengan analisa laporan keuangan langsung jadi, bisa Anda cek kapanpun dan dimanapun secara real-time.

Artikel Terkait

Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Apa Saja Beda Biaya dan Beban?
Beda biaya dan beban sangat penting diketahui dalam dunia akuntansi. Biaya dan beban merupakan istilah yang sangat sering kita dengar.
Baca Juga
Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Data Konversi?
Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang apa itu konversi. Pada dasarnya, konversi adalah salah satu jenis istilah
Baca Juga
Cara Membuat Nota Kosong Manual dan Jenis-Jenisnya
Nota kosong bukanlah hal yang asing kita dengar bahkan mungkin beberapa orang dari kita sudah sangat familiar dengan benda ini.
Baca Juga
Rahasia Usaha Bengkel Biar Ramai Seperti AHASS
Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan tips agar ramai dan bisa berkembang. Usaha pun banyak sekali jenisnya termasuk ada
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu