Contoh surat perjanjian kerjasama dalam artikel ini bisa dijadikan referensi para pengusaha dalam penyusunanya. Mengingat memiliki surat kerjasama sangat penting dalam bisnis ketika akan melakukan kolaborasi dengan pihak ketiga.
Keberadaan surat ini juga akan membantu menjadi alat pengikat kedua belah pihak baik secara keamanan, pemenuhan hak dan kewajiban, hingga meminimalisasi risiko yang terjadi. Sebelum itu kenali dulu apa yang dimak
sud surat perjanjian kerja saja, fungsi, komponen, format dan contohnya,
Pengertian Surat Perjanjian Kerjasama
Ilustrasi surat perjanjian (Credit: Freepik.com)
Jika didefinisikan surat perjanjian kerjasama adalah sebuah dokumen formal berisi perjanjian tertulis antara pihak A dan pihak B secara resmi dan dilindungi hukum.
Selain itu, surat perjanjian juga menjadi bukti tertulis mengenai kerja sama kedua belah pihak untuk meraih tujuan tertentu baik untuk urusan bisnis maupun urusan yang lainnya.
Jenis surat perjanjian dibedakan menjadi dua hal, yakni surat perjanjian autentik dan sury perjanjian dibawah tangan, berikut penjelasannya.
Surat perjanjian autentik adalah surat yang dibuat dan diketahui oleh pihak pemerintah sebagai saksi.
Sedangkan surat perjanjian dibawah tangan adalah surat yang dibuat dan ditandatangani tanpa kehadiran pejabat pemerintah, sehingga memiliki resiko yang lebih tinggi.
Berikut beberapa fungsi surat perjanjian kerjasama:
1. Sebagai Jaminan Keamanan
Fungsi yang pertama adalah sebagai jaminan keamanan untuk semua pihak yang dilibatkan, hal ini karena surat mengandung jaminan keamanan yang sah dan mampu mengikat seluruh pihak untuk menjalankan kewajiban dan mendapatkan hak nya.
2. Pemenuhan Hak dan kewajiban
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat kerjasama dapat menjaga seluruh pihak untuk menjalankan kewajiban dan mendapatkan hak, maka surat ini juga berfungsi sebagai media pemenuhan hak dan kewajiban,
Dimana di dalam contoh surat perjanjian mencantumkan dengan jelas tentang hak dan kewajiban kedua belah pihak yang harus dijalankan dan didapatkan.
3. Bukti Terjadinya Kerjasama
Berikutnya adalah menjadi bukti kerjasama, artinya sebagai jaminan kedua belah pihak untuk merasa aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mau lari dari tugas mereka.
4. Meminimalisir Resiko
Berikutnya adalah meminimalisir resiko perselisihan dari kedua belah pihak yang melakukan kerjasama.
5. Acuan Penyelesaian
Selanjutnya menjadi acuan penyelesaian masalah yang terjadi, sebab dari dokumen yang ada di surat perjanjian kerjasama dapat menjadi bukti kuat dan konkret jika dijadikan sebagai bukti hukum.
Komponen dan Format Surat Perjanjian Kerjasama
Komponen-komponen utama dalam surat perjanjian kerjasama bisa bervariasi tergantung pada jenis kerjasama dan detail yang ingin diatur. Namun, di bawah ini adalah beberapa komponen umum yang biasanya ada dalam surat perjanjian kerjasama:
1. Judul dan Pengantar
Judul: Biasanya mencerminkan sifat kerjasama atau proyek yang akan dijalankan.
Tanggal: Tanggal pembuatan surat perjanjian.
Pihak-pihak yang Terlibat: Nama dan alamat lengkap dari setiap pihak yang terlibat.
2. Definisi Istilah
Definisi dari istilah-istilah penting yang akan digunakan dalam surat perjanjian, untuk menghindari ambiguasi.
3. Tujuan Kerjasama dan Lingkupannya
Penjelasan mengenai tujuan dan sasaran dari kerjasama yang akan dilakukan.
Penjelasan tentang aktivitas atau proyek yang akan dilakukan dalam kerjasama, serta batasan dan ruang lingkup kerjasama.
4. Kewajiban dan Hak Pihak-pihak
Rincian mengenai tanggung jawab, kewajiban, dan hak masing-masing pihak dalam kerjasama.
5. Jangka Waktu dan Pembiayaan
Durasi kerjasama, termasuk tanggal mulai dan berakhirnya kerjasama.
Rincian mengenai bagaimana biaya akan dibagi, kontribusi masing-masing pihak, serta mekanisme pembayaran.
6. Kerahasiaan
Ketentuan mengenai informasi rahasia atau data sensitif yang tidak boleh diungkapkan kepada pihak lain.
7. Kesepakatan dan Hukum yang Berkali
lampiran penyelesaian sengketa dengan menyampaikan deretan prosedur yang akan diikuti jika terjadi perselisihan atau sengketa dalam kerjasama.
Ketentuan mengenai bagaimana perjanjian dapat diakhiri oleh salah satu pihak atau secara bersama-sama.
Hukum yang mengatur surat perjanjian ini.
Tanda tangan dari perwakilan sah dari masing-masing pihak yang terlibat.
8. Lampiran
Dokumen-dokumen tambahan yang relevan dengan kerjasama, seperti daftar barang atau layanan, perincian keuangan, dll.
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Sederhana Berbagai
Usaha
Berikut beberapa dokumen contoh surat perjanjian kerjasama dari berbagai jenis usaha:
1. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Modal Usaha
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha (Credit: scribd.com)
2. Contoh Surat Kerjasama Pembagian Hasil Usaha
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil (Credit: scribd.com)
3. Contoh Surat Kerjasama Usaha (MoU)
Contoh Surat Kerjasama MoU (Credit: Scribd.com)
4. Contoh Surat Kerjasama Antar Perusahaan
Contoh Surat Kerjasama Antar Perusahaan (Credit: scribd.com)
5. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Penanaman Modal
Contoh Surat Perjanjian Inventasi/ Penanaman Modal Bisnis (Credit: Scribd.com)
6. Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Usaha
Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang (Credit: Scribd.com)
Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Sederhana (Credit: Scribd.com)
8. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Supplier
Surat Perjanjian Kerjasama Supplier
Nah, sekian informasi tentang surat perjanjian kerjasama dari contoh, format dan fungsi pentingnya. jangan lupa siapkan data laporan keuangan dengan jelas ketika akan mengajak kerjasama seorang atau organisasi, sebagai bukti perkembangan bisnis Anda.
Download contoh surat perjanjian kerjasama pdf dan doc di sini
Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk kelola laporan keuangan bisnis secara otomatis dan online, sehingga bisa dipantau dan di kontrol dari mana saja dan kapan saja. Cek selengkapnya pada banner di bawah ini.
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.