🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting.
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Monday, 27 June 2022

Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengusaha baru dan akan memulai bisnis adalah dengan mengabaikan pembukuan sparepart. Biasanya pemilik usaha kecil ini hanya fokus pada produk dan pemasaran tanpa memperhatikan arus kas finansial yang masuk setiap hari.

Apakah Anda juga melakukan hal yang sama? Sebenarnya, fokus pada produk dan pemasaran adalah hal yang wajar bagi Anda yang baru memulai bisnis, karena masih dalam proses menembus target pasar.

Proses penetrasi pasar ini biasanya terjadi dalam beberapa bulan pertama sampai produk Anda benar-benar dikenal oleh pelanggan dan menuai omset yang cukup tinggi.

Karena mereka sudah berada di zona nyaman dengan omset yang cukup tinggi, pemilik usaha kecil sering meremehkan laporan pembukuan bisnis yang harus dibuat sejak awal.

Mengapa pembukuan sparepart bisnis ini penting dan harus dibuat sejak awal? Karena ketika bisnis bengkel Anda mulai berkembang dan lebih banyak pembelian, jumlah transaksi akan lebih besar.

Pergantian bisnis tampaknya besar tetapi tidak tentu dana tunai besar atau bahkan tidak ada margin sama sekali karena banyak piutang atau hal-hal lain.

Dan ini Anda dapat mengetahui secara akurat dengan membuat pembukuan sparepart perusahaan. Bahkan dengan memiliki manajemen keuangan perusahaan yang baik, Anda dapat meningkatkan laba perusahaan secara maksimal.

Mengapa Pembukuan Sparepart Sangat Penting?

Pembukuan Sparepart

Ilsutrasi Usaha Sparepart (Sumber: Freepik.com)

Beberapa pemilik usaha kecil menganggap membuat pembukuan sparepart rumit. Jadi meskipun mereka tahu bahwa ini penting, kadang-kadang itu bukan prioritas dan bahkan ditunda.

Namun, jika dilanjutkan sampai berlarut-larut, itu dapat menyebabkan proses bisnis menjadi stagnan yang lebih buruk adalah mengalami kebangkrutan.

Selain mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara akurat, pembukuan sparepart juga dapat mencegah Anda dari penipuan di bidang keuangan, membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perusahaan dan juga mendapatkan investor jika suatu hari ingin mengembangkan perusahaan.

Siapa yang Harus Mengerjakan Pembukuan Sparepart?

Untuk perusahaan skala besar, pembukuan sparepart biasanya diserahkan ke layanan akuntansi profesional. Akuntan ini memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembukuan sparepart perusahaan selama bertahun-tahun.

Mereka terbiasa mengerjakan pembukuan sparepart dari sederhana hingga sangat rumit dan diatur dengan rapi dan terperinci.

Kebalikan dari perusahaan skala besar, sebagian besar perusahaan skala kecil mempekerjakan atau mempekerjakan orang untuk membuat pembukuan sparepart kepada mereka yang tidak memahami ilmu akuntansi dan kadang-kadang bahkan tidak memiliki latar belakang akuntan.

Ini tentu saja terkait dengan biaya yang cukup tinggi untuk membayar atau mempekerjakan akuntan profesional untuk pemilik bisnis yang baru saja berjalan sehingga mereka memutuskan untuk mempekerjakan seorang akuntan sesuai dengan anggaran perusahaan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membuat Pembukuan Sparepart?

Pembukuan UKM

Ilustrasi Membuat Pembukuan Usaha Sparepart

Pembukuan keuangan perusahaan harus mulai dilakukan selama tahap awal pembukaan atau perencanaan bisnis.

Lalu bagaimana cara membuat pembukuan sparepart sederhana bagi Anda yang baru saja menjalankan bisnis bengkel? Anda dapat melakukan ini terus menerus dengan mencatat aset, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya, dan pendapatan yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun neraca dan laporan laba rugi.

Cara Membuat Pembukuan Sparepart

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat pembukuan sparepart untuk perusahaan kecil, disini akan menjelaskan tahapan secara lebih rinci di bawah ini sehingga Anda dapat memahami lebih banyak.

Langkah-langkah berikut yang dapat Anda ikuti untuk membuat pembukuan sparepart dari perusahaan kecil.

1. Buat Buku Catatan Pengeluaran

Ketika awal menjalankan bisnis kecil, buat buku terpisah yang khusus untuk mencatat segala biaya. Semua pengeluaran atau pengeluaran dalam bisnis mulai dari pembelian bahan baku sparepart, operasi hingga gaji karyawan harus terus dicatat.

Dengan mencatat semua pengeluaran bisnis, Anda akan mengetahui berapa banyak modal bisnis yang telah Anda habiskan. Setelah mengetahui berapa banyak modal yang telah dibelanjakan, Anda akan lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana ketika modal bisnis harus kembali.

2. Buat Buku Catatan Pemasukan

Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

Ilustrasi Membuat Catatan Pemasukan

Setelah memiliki buku pengeluaran kas, berikutnya yang perlu disiapkan juga merupakan buku pemasukan tunai. Buku pendapatan ini akan digunakan nanti untuk mencatat semua transaksi yang terkait dengan pendapatan perusahaan.

Misalnya jumlah penjualan saprepart yang telah berhasil diperoleh per hari atau piutang yang telah dibayar. Pencatatan transaksi pendapatan ini juga harus terus menerus setiap hari untuk memudahkan Anda membuat pembukuan bulanan perusahaan.

Dengan memiliki buku pengeluaran dan penghasilan yang tertib yang dicatat setiap hari, Anda akan mengetahui berapa banyak manfaat yang diperoleh dalam satu hari.

3. Buat Buku Kas Utama

Dalam pembukuan sparepart perusahaan membuat buku kas utama adalah salah satu hal terpenting. Buku kas utama ini akan digunakan nanti untuk menggabungkan transaksi antara buku kas pendapatan dan buku uang pengeluaran.

Dengan menggabungkan transaksi dari dua buku kas, Anda akan mencari tahu secara rinci dan jelas berapa banyak untung dan rugi usaha bengkel.

Anda juga dapat menentukan berapa banyak anggaran perusahaan untuk uang dan uang yang masuk. Estimasi arus kas ini juga sangat penting untuk membuat perencanaan dan strategi perusahaan jika di masa depan ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.

Misalnya, perkiraan kekurangan tunai perusahaan dapat segera meningkatkan target atau mengurangi biaya. Sehingga hasil dari rekaman maksimum arus kas utama harus dilakukan secara terus menerus, hati -hati dan juga secara menyeluruh.

4. Buku Stok Sparepart

10c Beeaccounting Software Bengkel Laporan Saldo Stok Sparepart

Ilustrasi Tampilan Saldo Stok Sparepart di Software Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Dalam pembukuan sparepart perusahaan, transaksi yang Anda perhatikan tidak hanya terkait dengan uang tetapi juga barang. Anda juga perlu mencatat secara rutin jumlah item yang masuk dan keluar setiap hari. Semakin tinggi tingkat penjualan, intensitas jumlah barang yang masuk dan keluar juga akan lebih tinggi.

Dengan memiliki buku stok sparepart, Anda dapat memantau dan mengawasi inventaris barang di perusahaan.

Terutama jika di masa depan Anda ingin menargetkan memiliki beberapa cabang di beberapa kota, membuat buku stok akan sangat membantu Anda mengelola manajemen gudang dengan lebih baik dan optimal.

Selain itu, stok barang juga dapat membantu Anda menghindari penipuan yang dapat dilakukan oleh pemasok dan karyawan perusahaan.

5. Buku Inventaris Barang

Langkah selanjutnya, Anda juga perlu membuat buku inventaris yang digunakan untuk mencatat semua item perusahaan yang telah dibeli dan dikelola.

Semua jenis barang yang dimiliki oleh perusahaan baik yang dibeli melalui anggaran atau hibah atau sumbangan harus dimasukkan dalam catatan buku inventaris barang.

Memiliki catatan inventaris barang akan membuat setiap aset perusahaan tetap terkendali. Selain mempertahankan aset perusahaan, inventaris barang juga memiliki fungsi-fungsi berikut:

  • Memfasilitasi pengawasan.
  • Mencegah barang dari hilang dengan mudah.
  • Membuat lebih mudah dalam memeriksa barang.
  • Memfasilitasi aktivitas mutasi atau penghapusan barang.
  • Memiliki bukti tertulis tentang pengelolaan barang sehingga dapat diperhitungkan.

Contoh Pembukuan Sparepart

Untuk contoh pembukuan sparepart sebenarnya hampir sama dengan usaha yang lainnya. Namun yang membedakan adalah nama inventaris dan stok yang berbeda. Anda bisa cek contoh pembukuan sparepart berikut ini.

Penjualan Vs Stok Klop Software Bengkel

Contoh Pembukuan Stok Sparepart dengan Software Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Beeaccounting,  Software bengkel yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor.

Memiliki sistem manajemen service dengan nomor urut antrian yaitu sebuah multiple order dari beberapa kendaraan sekaligus tersaji dalam satu dashboard. Penambahan/perubahan order dapat dengan cepat dan mudah di input.

Selain itu, Beeaccounting juga memiliki fitur membuat dan mencetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) Otomatis. Perintah Kerja Bengkel (PKB) bisa dicetak begitu customer datang, berisi keluhan berikut jasa service plus parts yang diperlukan.

Untuk kebutuhan manajemen keuangan, fitur penghitungan otomatis juga jangan dilewatkan. Dengan adanya rekap pekerjaan per mekanik, maka sistem penggajian lebih transparan dan fair untuk semua pihak, sehingga mekanik lebih semangat dan loyal.

Lebih lanjutnya mengenai program bengkel Beeaccounting, silahkan klik gambar di bawah ini!Beeaccounting Bengkel Cc Web

Artikel Terkait

11+ Rekomendasi Usaha Jangka Panjang di Desa
Hidup di desa tidak menjadikan Anda terbatas dalam membuka usaha, ada banyak sekali peluang usaha jangka panjang di Desa yang
Baca Juga
9 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha 2024
Bisnis mulai besar pencatatan keuangan semakin berantakan, sudah saatnya Anda upgrade dengan menggunakan bantuan aplikasi pembukuan usaha untuk manajemen keuangan
Baca Juga
Panduan Cara Membuat Trial Balance dalam 5 Menit!
Ketika kita memasuki dunia bisnis dan keuangan, satu dari sekian banyak hal yang sering menjadi pusat perhatian adalah laporan keuangan.
Baca Juga
Luxury Brand itu Apa? Bisakah Kita Membangun Bisnis Luxury Brand?
Luxury brand atau merek mewah merujuk pada produk dan layanan yang menggabungkan kemewahan, eksklusivitas, dan kualitas tinggi, seperti yang terlihat
Baca Juga
Mengenal KAP (Kantor Akuntan Publik) Secara Lengkap
KAP (Kantor Akuntan Publik) adalah sebuah lembaga bisnis yang bergerak di bidang keuangan dan akuntansi. KAP didirikan dengan tujuan untuk
Baca Juga
Software Akuntansi Surabaya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Meski sudah tersedia banyak pilihan software akuntansi Surabaya, Anda tidak boleh memilihnya secara sembarang. Ada sejumlah faktor yang harus Anda
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu