Ada beberapa contoh pasar persaingan sempurna maupun tidak sempurna yang bisa dianalisis berdasarkan beberapa aspek. Misalnya komoditas yang diperjualbelikan juga beberapa faktor lainnya. Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli melakukan transaksi.
Ada perbedaan mendasar dari kedua jenis pasar persaingan ini yaitu perbandingan antara jumlah produsen atau penjual dengan jumlah konsumen. Jadi nantinya bisa tercipta perbedaan persaingan baik sempurna maupun tidak.
Banyak orang yang seringkali tidak menyadari saat membeli produk yang dibeli. Apakah harga tersebut didapatkan dari keuntungan produsen dan juga konsumen? Apakah ada yang mempermainkan harga dan juga berbagai pertanyaan lainnya.
Disinilah definisi dari persaingan pasar sangatlah penting. Anda seringkali membeli produk makanan seperti buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan berbagai bahan makanan yang ada di pasar tersebut. Bisa dikatakan bahwa di pasar terjadi persaingan sempurna.
Sehingga tidak ada pedagang yang dapat mengontrol harga terlalu tinggi atau memonopoli suatu barang. Maka kedepannya, tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan akibat tindakan ini. Cara ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
Hal ini terjadi karena adanya keseimbangan permintaan dan penawaran baik di tingkat pedagang dan konsumen. Pengertian pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar dimana banyak penjual yang menjajak produk serupa dan hampir tidak ada perbedaan keuntungan karena persaingan yang ketat.
Baca Juga: Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Wilayah, Transaksi, dan Bentuknya
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bawah persaingan di dalam pasar sangat wajar terjadi sehingga hubungan timbal balik saling menguntungkan antara penjual dan pembeli sangat diperlukan. Beberapa contoh yang dapat dilihat adalah:
Pasar ini merupakan salah satu tempat yang menjual berbagai kebutuhan makanan sehari-sehari, mirip seperti supermarket. Di dalam pasar tradisional tentu terdapat berbagai pedagang berbagai komoditas makanan misalnya buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan yang lainnya.
Harga jual yang ditawarkan juga standar dan hampir mirip antara satu dengan lainnya bahkan sama. Selain itu, jumlah pedagang komoditas tersebut juga cukup beragam dan banyak jumlahnya. Jadi harga jual tetap stabil di dalam pasarnya sendiri.
Termasuk pasar yang stabil karena harga produk saham, modal, dan bursa efek telah ditentukan oleh perusahaan. Jadi harga tidak akan banyak terpengaruh oleh penjual maupun pembeli.
Akan tetapi, kebanyakan jenis pasar ini dipengaruhi oleh keadaan politik ekonomi, dan stabilitas perusahaan atau negara. Misalnya saja penjualan secara tiba-tiba lit saham dari berbagai investor yang membuat harga saham perusahaan turun.
Sedangkan contoh pasar persaingan tidak sempurna merupakan jenis pasar dimana jumlah penjualnya terbatas dan pembelinya membludak atau sangat banyak. Dalam hal ini bahkan penjual dapat memiliki wewenang untuk menentukan harga.
Layaknya seperti monopoli pasar, tipe persaingan tidak sempurna ini sebenarnya sangat menguntungkan pihak penjual. Untuk itu beberapa jenis pasar seharusnya tidak memiliki tipe pasar persaingan tidak sempurna.
Ada beberapa contoh dari pasar persaingan tidak sempurna yang terjadi di masyarakat. Utamanya karakteristik pasar ini adalah melakukan monopoli terhadap barang yang dijual. Misalnya daya listrik, bensin, air, dan sumber daya utama lainnya yang dimonopoli oleh pihak tertentu.
Contoh pasar persaingan monopolistik adalah produsen shampoo, pasta gigi, deterjen, dan lain sebagainya. Dibandingkan pasar monopoli, pasar ini memiliki jangkauan untuk mempengaruhi harga tetapi tidak terlalu besar.
Produsen dari beberapa produk yang telah dijelaskan tadi dimonopoli oleh beberapa kalangan tertentu saja. Sehingga harga jualnya pun dapat dikontrol oleh sebagian orang.
Contoh dari pasar persaingan oligopoli adalah industri air mineral, rokok, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Barang yang ditawarkan biasanya hanya satu jenis atau homogen. Meskipun ada beberapa perusahaan berbeda, akan tetapi lebih mudah untuk mencapai kesepakatan harga dari penjual.
Hal ini seringkali dilakukan untuk dapat menahan berbagi pasar potensial memasuki pasar. Sehingga persaingannya juga terbatas dan mempermudah untuk menggaet konsumen.
Contoh pasar persaingan sangat beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk itu harus dipahami pengertian masing-masing untuk mendapatkan keuntungan terbaik.
Ternyata jenis-jenis pasar yang berkembang di Indonesia ada banyak. Semuanya memiliki berbagai ciri khas tersendiri tergantung kepada pemanfaatan dan klasifikasi waktu dari pasar tersebut.
Hal terpenting yang terjadi dalam pasar adalah adanya transaksi antara penjual dan pembeli. Sebagai penjual di pasar Anda juga sudah harus melek dengan pencatatan transaksi atau keuangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari uang jualan di pasar dengan uang pribadi tercampur. Apabila uang tercampur dan habis untuk keperluan pribadi maka tidak ada lagi perputaran uang karena tidak bisa kulakan.
Beecloud merupakan software akuntansi yang bisa mencatat keluar/masuk barang dan transaksi (uang) sehingga mencegah kebocoran/manipulasi stok dan pembukuan usaha akan lebih rapi. Beecloud juga bisa diakses di hp, tablet, maupun laptop. Selain itu terdapat laporan keuangan yang bisa disajikan melalui Beecloud yaitu Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang.