🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

7 Contoh Laporan Perubahan Modal dari Berbagai Bidang Usaha

Contoh laporan perubahan modal merupakan contoh laporan keuangan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih....
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 15 July 2022

Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda harus memahami pengetahuan dasar satu ini dalam mengurus bagian keuangan perusahaan.

Laporan ini merupakan laporan yang memperlihatkan penurunan atau peningkatan aktiva bersih serta kekayaan pada periode tertentu. Hampir seluruh perusahaan publik membuat laporan ini sebab struktur kepemilikan yang kompleks akan perubahan ekuitas.

Dengan demikian, perusahaan akan mengetahui bagaimana perkembangan modalnya dari waktu ke waktu. Selain itu, Melalui laporan perubahan modal, perusahaan bisa melihat faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan atau penurunan ekuitas, seperti penambahan investasi dari pemilik, laba yang dihasilkan, atau distribusi dividen.

Pengertian Laporan Perubahan Modal atau Ekuitas

Contoh Laporan Perubahan Modal

Salah satu fungsi laporan perubahan ekuitas adalah mengetahui perubahan dalam ekuitas perusahaan selama periode tertentu. (Credit: Freepik.com)

Laporan perubahan ekuitas atau modal adalah laporan yang digunakan untuk mencatat perubahan modal yang terjadi selama periode tertentu, baik berupa penambahan maupun pengurangan. Dengan begitu, pelaku usaha hingga pemegang saham dapat mengetahui perkembangan ekuitas perusahaan secara transparan.

Termasuk sumber perubahan tersebut, seperti laba yang ditahan, tambahan investasi, atau distribusi dividen. Laporan ini memberikan informasi penting untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan dan memutuskan strategi pengelolaan modal yang lebih efektif ke depannya.

Sederhananya, yang dimaksud dengan laporan perubahan modal merupakan salah satu dari laporan keuangan yang memuat informasi tentang ekuitas suatu perusahaan dan juga informasi atau segala sesuatu yang membuatnya berubah, bertambah atau berkurang sampai dengan akhir periode akuntansi.

Penyusunan laporan ini dilakukan sesudah neraca lajur dan laporan laba rugi ada, sebab sumber datanya memang berkaitan dengan laba atau rugi yang berasal dari dalam laporan laba rugi. Tujuan pembuatan laporan ini adalah mencatat perubahan keuangan pada satu periode.

Fungsi Laporan Perubahan Modal

Secara garis besar laporan perubahan ekuitas atau modal memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Memberikan gambaran mengenai perubahan modal atau saham perusahaan yang terjadi dalam suatu periode. Perubahan tersebut bisa disebabkan oleh faktor seperti tambahan investasi, laba atau rugi yang dihasilkan, serta distribusi dividen.
  • Membantu dalam pengambilan keputusan terkait investasi dan distribusi laba. Sebab, data di dalam laporan ini dapat digunakan dalam memperkirakan tren perubahan di masa depan.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menilai kinerja keuangannya berdasarkan perubahan ekuitas. Dengan informasi yang tertulis jelas tepat dan akurat.
  • Meningkatkan transparansi dalam pelaporan keuangan perusahaan. Dengan laporan ini, seluruh pihak yang berkepentingan, termasuk pemegang saham, dapat melihat sumber perubahan modal.
  • Membantu perusahaan dalam menyusun perencanaan keuangan yang lebih baik.

Komponen Laporan Perubahan Modal

Berikut adalah beberapa komponen yang wajib ada dalam laporan perubahan modal:

1. Modal Awal

Modal awal adalah jumlah modal yang dimiliki perusahaan pada awal periode pelaporan. Komponen ini mencerminkan total ekuitas atau kekayaan bersih yang telah diinvestasikan oleh pemilik sebelum ada tambahan atau pengurangan modal di periode tersebut. Modal awal menjadi titik dasar untuk menghitung perubahan modal sepanjang periode.

2. Laba atau Rugi

Laba atau rugi menunjukkan hasil operasi bisnis selama periode pelaporan. Jika perusahaan menghasilkan laba, ini akan menambah modal karena keuntungan tersebut diakumulasikan ke dalam ekuitas. Sebaliknya, jika perusahaan mengalami rugi, maka modal akan berkurang karena kerugian tersebut mengurangi ekuitas.

3. Penarikan Modal (Prive)

Penarikan modal atau prive adalah pengambilan dana oleh pemilik untuk keperluan pribadi. Ini mengurangi jumlah modal dalam perusahaan karena dana yang diambil merupakan bagian dari ekuitas. Biasanya, prive ini dilakukan oleh pemilik usaha perorangan atau mitra dalam bisnis.

4. Modal Akhir

Modal akhir adalah total ekuitas yang dimiliki perusahaan di akhir periode pelaporan setelah memperhitungkan semua perubahan modal, seperti laba/rugi dan penarikan modal. Perhitungan modal akhir dilakukan dengan menambahkan laba (atau mengurangkan rugi) serta mengurangkan penarikan modal dari modal awal. Komponen ini menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode dan menjadi modal awal untuk periode selanjutnya.

Cara Membuat Laporan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Ekuitas

Sebelum membuat laporan perubahan modal, perlu untuk membuat laporan laba rugi terlebih dahulu. (Credit: Freepik.com)

Dalam membuat laporan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pada buku besar, buat akun terpisah untuk tiap-tiap ekuitas berisi nilai nominal saham, tambahan modal, serta laba ditahan.
  • Tulis seluruh transaksi pada setiap akun ekuitas dalam spreadsheet, kemudian identifikasi pada sheet tersebut.
  • Identifikasi pertama dilakukan dengan meletakkan modal awal pada bagian atas laporan. Ini juga dapat dilihat dari neraca saldo sesudah tutup buku pada periode sebelumnya. Di samping itu, modal awal ini dapat pula diperoleh dari neraca lajur pada neraca saldo sebelum dilakukan penyesuaian.
  • Hitung laba dan/atau rugi bersih pada periode laporan. Hal ini dapat Anda peroleh dengan mengurangi transaksi di kolom debet serta kredit (pada seksi laba dan/atau rugi di neraca lajur). Anda dapat pula mengambil dari perhitungan akhir laporan laba rugi komprehensif pada periode laporan.
  • Tentukan dan hitung penarikan yang dilakukan dari neraca lajur, di bagian neraca pada kolom debet.
  • Hitunglah modal akhir sesuai data yang sudah diperoleh dan disusun tadi.
  • Gabung seluruh transaksi yang ada pada jenis yang sama, lalu catat pada item baris yang terpisah pada laporan.
  • Periksa kembali data, lengkapi informasi yang kurang, kemudian pastikan lagi bahwa saldo awal serta akhir sudah cocok dengan informasi pada buku besar yang mencatat laporan keuangan perusahan.

Baca Juga: 5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya

Rumus Menghitung Transaksi pada Laporan Perubahan Modal

Ada dua rumus yang bisa digunakan untuk menghitung transaksi dalam laporan perubahan ekuitas, yakni:

#Rumus Laporan Perubahan Modal Jika Laba

Modal Akhir = Modal Awal + (Laba Bersih - Prive)

#Rumus Laporan Perubahan Modal Jika Rugi

Modal Akhir = Modal Awal - (Laba Bersih + Prive)

Keterangan:

  • Saldo awal ekuitas, adalah banyaknya modal ekuitas saat periode awal pelaporan, di mana jumlahnya sama dengan saldo akhir ekuitas di laporan periode sebelumnya.
  • Laba bersih, adalah laba/rugi bersih yang ada pada laporan laba rugi di periode pelaporan.
  • Dividen, adalah pembagian laba, dibayarkan berdasarkan kesepakatan rapat umum bersama pemegang saham.
  • Perubahan lain, adalah efek perbaikan pada periode pelaporan sebelumnya, seperti perubahan modal saham dan perubahan cadangan modal.

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan

Agar Anda bisa lebih memahami bagaimana cara membuat laporan modal perusahaan, Anda bisa memperhatikan beberapa contohnya di bawah ini.

1. Contoh Soal Laporan Perubahan Modal

PT Maju Jaya adalah perusahaan dagang yang memiliki modal awal sebesar Rp 100.000.000. Pada periode berjalan, perusahaan mengalami beberapa transaksi sebagai berikut:

  • Pendapatan penjualan sebesar Rp 80.000.000.
  • Harga pokok penjualan sebesar Rp 40.000.000.
  • Beban operasional sebesar Rp 10.000.000.
  • Pemilik melakukan penarikan pribadi (prive) sebesar Rp 5.000.000.

Maka, cara yang bisa dilakukan untuk menyusun laporan perubahan ekuitas dari data di atas adalah sebagai berikut:

#Langkah pertama adalah membuat laporan laba rugi

Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

#Langkah kedua menyusun contoh pembuatan laporan perubahan modal

Contoh Laporan Perubahan Modal Sederhana

2. Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

Laporan Perubahan Modal

Contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang

3. Contoh Laporan Perubahan Ekuitas Perusahaan Jasa

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal Perusahaan jasa

4. Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Manufaktur

#Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Sederhana

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Sederhana (Credit: Bee.id)

#Perubahan Modal Perusahaan Manufaktur

Laporan Perubahan Modal Perusahaan Manufaktur

5. Contoh Laporan Perubahan Modal Jika Rugi

Contoh Laporan Perubahan Modal Jika Rugi

6. Contoh Laporan Perubahan Ekuitas Beecloud

Perubahanmodal4

7. Contoh Laporan Perubahan Ekutas Pemerintah

Laporan Perubahan Modal Perusahaan Pemerintah

Laporan Perubahan Modal Pemerintah (Jatengprov.go.id)

Kesimpulan

Bisa disimpulkan jika laporan perubahan modal atau ekuitas adalah laporan yang menggambarkan perubahan posisi ekuitas atau modal perusahaan selama periode tertentu, baik penambahan maupun pengurangan yang terjadi karena laba, rugi, atau penarikan modal. Tidak hanya itu saja, laporan ini juga bisa digunakan untuk bahan evaluasi perusahaan jangka panjang, untuk melengkapi pengungkapan informasi keuangan secara menyeluruh. Oleh karena itu, laporan ini penting bagi perusahaan.

Namun sayangnya, masih banyak pengusaha yang merasa kesilitan dalam membiat laporan keuangan, tidak hanya perubahan modal saja, tapi juga laporan lainnya. Seperti laporan laba rugi, neraca arus kas dan lainnya. Karena memakan waktu dan bahkan beberapa tidak paham dengan akuntansi.

Tengan, sekarang, Anda bisa membuat semua laporan keuangan dengan lebih mudah dan akurat dengan adanya aplikasi pembukuan keuangan Beecloud. Bantu rekap transaksi penjualan lebih rapi, kontrol stok tidak manual lagi hingga menyusun laporan keuangan akuat dan sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Yuk, coba sekarang dengan klik banner di bawah ini sekarang juga!

Beecloud, Solusi Akuntansi Praktis Sesuai Standar Akuntansi Keuangan (sak)

Artikel Terkait

Akuntansi Aplikasi: Manfaat, Fitur dan Rekomendasi Terbaik 2023
Akuntansi aplikasi saat ini akrab dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan aplikasi untuk
Baca Juga
3 Aplikasi untuk Membuat Purchase Order Lebih Mudah
Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka proses purchase order menjadi semakin berkembang sekaligus kompleks tanpa adanya aplikasi purchase order. Jika
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap dan Contohnya
Jurnal penyusutan adalah bagian yang ada di jurnal akuntansi yang dimana jurnal dari penyusutan aset tetap ini dibuat supaya perusahaan
Baca Juga
Harga Perolehan Adalah, Fungsi, Cara Hitung dan Contohnya
Harga perolehan adalah total biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan menyajikan aset tetap agar siap digunakan. Harga ini memiliki peran
Baca Juga
Aplikasi Keuangan Gereja: 7 Kesalahan Umum Keuangan Gereja
Aplikasi keungan gereja adalah salah satu solusi dalam mengatur keuangan pada gereja. Karena dasarnya, mengelola keuangan dibutuhkan kemampuan menghitung dan
Baca Juga
Apa Itu Opportunity Cost dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Opportunity cost, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai biaya peluang, yakni konsep penting dalam ekonomi dan pengambilan keputusan. Dalam
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu