Jika saat ini Anda sedang mencari contoh laporan keuangan sederhana menggunakan excel Anda sudah sangat tepat berada di artikel ini.
Namun sebelum saya memberikan contoh laporannya berbetuk excel tersebut alangkah baiknya Anda perlu memahami dasar-dasar akuntansi terlebih dahulu agar Anda dapat membaca laporan keuangan dengan baik dan benar.
Laporan akuntansi atau laporan keuangan merupakan bentuk pembukuan informasi keuangan suatu bisnis atau perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu.
Pengertian laporan keuangan/akuntansi menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah bagian dari suatu proses pelaporan keuangan yang lengkap.
Dan laporan keuangan dianggap lengkap jika di dalamnya terdapat laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (arus kas / arus dana, catatan, serta laporan lain) dan juga terdapat materi penjelasan yang merupakan bagian integral darinya.
Secara umum pada hakekatnya laporan keuangan berfungsi sebagai alat tolak ukur kesehatan perusahaan dari segi keuangan. Dan berikut ini beberapa fungsi lainya dari laporan keuangan ;
Dengan memiliki laporan keuangan yang akurat maka Anda sebagai seorang nahkoda bisa menentukan ke arah mana kapal perusahaan Anda akan berlabuh. Apakah perusahaan sudah cukup kuat untuk melakukan exspansi atau justru sebaliknya.
Laporan pembukuan yang Anda miliki sangat berguna sebagai bahan evaluasi. Anda dapat tahu betul bagaimana kesehatan keuangan perusahaan secara menyeluruh seperti aset, utang, piutang, biaya operasional dll.
Dengan laporan keuangan Anda juga dapat melihat bagaimana performa marketing perusahaan. Dengan begitu Anda dapat mempertahankan strategi marketing yang sudah ada jika memang performanya bagus, atau mencari strategi baru jika di rasa performanya tidak bagus.
Sebuah perusaahan yang memiliki financial statement tentu saja akan menambah kepercayaan para pemegang saham untuk menginvestasikan uangnya di perusahaan Anda.
Selain itu jika suatu saat perusahaan Anda membutuhkan dana pinjaman dari bank. Maka laporan keuangan Anda akan sangat dibutuhkan.
Melihat begitu pentingnya laporan keuangan yang sudah Saya jabarkan di atas maka semua bentuk usaha membutuhkan laporan keuangan. Sekecil apapun perusahaan Anda harus memiliki laporan keuangan tidak terkecuali sekelas toko kelontong sekalipun. Karena Laporan Akuntansi itu dibutuhkan untuk melihat kondisi kesehatan usaha Anda. Siapa saja yang butuh?
Laporan keuangan merupakan salah satu pondasi dasar sebuah perusahaan. Jadi jika salah satu dari pondasi dasar sebuah perusahaan itu tidak ada bagaimana perusahaan Anda akan berdiri tegak.
Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap
Excel menjadi salah satu alat yang membuat pengelolaan akuntansi lebih mudah dan paling populer yang digunakan oleh usaha kecil.
Bisnis kecil cenderung memiliki dan menggunakan lebih sedikit data keuangan bila dibandingkan dengan perusahaan, dan Excel memungkinkan bisnis tersebut untuk fokus pada tugas akuntansi dasar, seperti perencanaan dan perkiraan anggaran.
Jika Anda menggunakan akuntansi berbasis kas (yang digunakan oleh kebanyakan bisnis kecil), mulailah lembar kerja baru, dan masukkan tajuk kolom untuk tanggal, deskripsi transaksi, dan nomor transaksi. Sertakan tajuk kolom untuk pendapatan, pengeluaran, dan saldo akun.
Ini sangat mirip dengan memasukkan transaksi Anda dalam daftar catatan harian. Jika Anda membeli sesuatu, Anda memasukkan biaya untuk jumlah itu.
Jika pelanggan membayar suatu produk, Anda memasukkan pendapatan. Untuk setiap jenis transaksi, Anda dapat menambah atau mengurangi jumlah dari saldo akun.
Anda dapat membuat lembar berbeda untuk setiap bulan, atau terus menggunakan satu lembar untuk melacak semua transaksi Anda.
Jika Anda menggunakan metode akuntansi basis akrual atau akuntansi entri ganda, Anda harus menyiapkan akun yang berbeda. Persamaan akuntansi adalah pedoman untuk semua transaksi.
Dalam konteks ini, itu berarti bahwa total akun aset Anda harus sama dengan total akun kewajiban dan ekuitas Anda. Dengan kata lain, jika aset Anda meningkat, kewajiban dan ekuitas Anda akan meningkat. Tentunya ini adalah cara yang tidak direkomendasikan untuk membuat laporan akuntansi melalui excel, karena rentan dengan kesalahan.
Namun jika Anda masih ingin menggunakan cara memabuat akuntansi berbasis akrual berikut adalah caranya:
Pertama, Anda harus membuat bagan akun. Berbagai kategori akun adalah aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan akun pengeluaran. Usaha kecil dapat memiliki akun ekuitas jika mereka memiliki investor atau menggunakan jenis pembiayaan ekuitas.
Setiap kategori akun memiliki akun yang berbeda di dalamnya. Misalnya, akun aset dapat berisi akun seperti kas, piutang, inventaris, aset tetap, atau aset lainnya. Piutang usaha adalah pembayaran yang terhutang kepada Anda untuk pembelian dari Anda menggunakan kredit.
Akun liabilitas untuk usaha kecil biasanya memiliki hutang usaha, hutang upah, atau biaya hutang lainnya. Hutang akun adalah uang yang Anda miliki untuk pembelian secara kredit.
Buat bagan akun Anda di lembar kerja pertama dari buku kerja. Anda dapat mencantumkannya berdasarkan jenis akun (aset, kewajiban, dll.) Agar lebih mudah dipahami. Di kolom berikutnya, tetapkan nomor untuk setiap akun.
Terletak di menu “Insert” Excel, tabel pivot adalah format tabel canggih yang meringkas kumpulan data kompleks berdasarkan rentang sel yang dipilih. Dari sana, pengguna dapat memfilter data yang dipilih di jendela terpisah atau separate window.
Terletak di menu “Data” pada Excel, analisis What-if membantu Anda memperkirakan hasil dengan mengubah kumpulan data dalam rumus. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna menguji hasil baru dengan memodifikasi data tanpa menghapus atau mengubah dataset primer.
Fitur ini terletak di menu yang sama dengan “what-if analysis“, dan membantu pengguna memperkirakan tren data berdasarkan nilai historis. Fitur ini memprediksi tren dalam format grafis alih-alih hanya mengubah nilai data dalam sel.
Membuat laporan keuangan menggunakan Excel adalah solusi yang dapat Anda ambil pada saat Anda belum memiliki cukup uang untuk investasi membeli software akuntansi.
Karena excel juga mudah digunakan dan sangat umum digunakan, sejak di bangku sekolah pun kita sudah diajarkan menggunakan excel. Meskipun memang punya kekurangan.
Cara mencatat laporan keuangan menggunakan Excel tentu saja ada beberapa tahapan :
Jika Anda belum paham penggunaan rumus-rumus pada excel tentu saja ini akan menjadi kendala tersendiri bagi Anda. Oleh karena itu Anda harus belajar tentang cara penggunaan rumus-rumus di excel terlebih dahulu.
Seteah Anda paham penggunaan rumus-rumus excel langkah berikutnya yaitu memahami konsep dasar akuntansi. Nah jika Anda dulunya seorang akuntan tentunya ini tidak akan menjadi masalah besar.
Namun jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam dunia Akuntansi ini akan menjadi PR besar. Pahamilah dulu konsep dasar dari laporan akuntansi yaitu pemahan tentang Kredit dan Debit setelah itu mengenai Penggolongan Akun.
Setelah Anda paham konsep dasar dari akuntasi mulailah mencatat semua transaksi yang ada. Mulai dari transaksi pembelian, penjualan dan biaya operasional. Setelah itu diolah kembali untuk menjadi sebuah laporan keuangan yang utuh.
Sampai sini Anda sudah paham atau semakin bingung nieh hehehe? agar Anda tidak bingung langsung saja saya berikan 5 contoh lapotan akuntansi menggunakan excel.
Neraca saldo adalah suatu daftar rekening-rekening buku besar dengan saldo debet atau kredit. Penyusunan ini dilakukan kalau semua jurnal sudah dibukukan ke dalam masing-masing rekeningnya di buku besar. Karena penyusunannya sebelum adanya ayat jurnal penyesuaian maka neraca ini sering disebut Neraca Saldo. Sebelum penyesuaian, informasi yang disajikan dapat digunakan untuk mengecek keseimbangan debet dan kredit dari seluruh rekening di buku besar dan merupakan tahap pertama untuk membuat jurnal penyesuaian dan neraca lajur.
Beberapa transaksi mungkin belum tercatat dan masih tidak sesuai dengan keadaan di akhir periode, sehingga data tersebut dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian.
Neraca lajur atau kertas kerja merupakan suatu cara yang memudahkan penyusunan laporan keuangan yang dimulai dari neraca saldo dan disesuaikan dengan data yang diperoleh dari jurnal penyesuaian. Kemudian, saldo yang sudah disesuaikan akan nampak pada kolom neraca saldo disesuaikan dan merupakan saldo-saldo yang akan dilaporkan dalam neraca dan laporan rugi laba.
Laporan-laporan tersebut dapat disusun langsung di neraca lajur, karena dalam neraca lajur sudah dipisahkan jumlah-jumlah yang dilaporkan dalam neraca atau laporan rugi laba. Kemudian, kedua laporan tersebut diubah bentuknya sehingga dapat dihasilkan neraca dan laporan rugi laba yang lebih mudah dibaca dan dianalisa.
Setelah rekening-rekening di dalam buku besar disesuaikan, maka berikutnya adalah membuat jurnal penutupan untuk menutup rekening-rekening nominal ke rekening rugi laba dan memindahkan saldo rugi laba ke rekening laba tidak dibagi. Setelah itu, informasi pada jurnal tersebut dibukukan ke buku besar sesuai dengan rekening-rekening yang bersangkutan.
Untuk mengecek keseimbangan debet dan kredit rekening-rekening yang masih terbuka, maka dibuatlah neraca saldo setelah penutupan yang isinya rekening-rekening real saja, bukan termasuk nominal yang sudah ditutup.
Sampai sini Anda sudah paham atau semakin bingung nieh hehehe? agar Anda tidak bingung langsung saja saya berikan 5 contoh laporan akuntansi sederhana menggunakan excel.
Jurnal umum adalah suatu jurnal yang digunakan untuk mencatat segala jenis bukti transakis keuangan yang timbul akibat terjadinya berbagai transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu.
Jika bisnis Anda bergerak dibidang jasa maka jurnal umum ini bisa Anda terapkan, namun jika perusahaan Anda bergerak di usaha dagang maka lebih cocok dan efektif menggunakan jurnal khusus.
Berikut ini salah satu contohkan bentuk laporan Jurnal Umum menggunakan Excel.
Buku besar atau general ledger adalah buku yang berisi semua kumpulan data transaksi historis yang bersumber dari jurnal umum ataupun jurnal khusus selain itu buku besar merupakan dasar pembuatan laporan neraca dan juga laporan laba / rugi.
Sedangkan buku besar sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
Jika di bahas detail mengenai buku besar ini akan sangat panjang oleh karena itu langsung saja saya berikan contoh General Ledger menggunakan excel :
Laba Rugi merupakan laporan keuangan yang berisi tentang pendapatan, pengeluaran dan biaya dalam satu periode tertentu yang menghasilkan kesimpula.
Dengan laporan laba rugi ini Anda akan tahu apakah bisnis Anda mendapatkan keuntungan atau justru mengalami kerugian. Sedangkan menurut penyajiannya laporan laba rugi dibedakan menjadi 2 yaitu single step dan multi step.
Baca Juga : Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?
Berikut ini contoh laporan Laba Rugi excel.
Neraca dalam laporan keuangan adalah dokumen yang menunjukkan posisi keuangan entitas perusahaan Anda pada akhir periode tertentu.
Unsur-Unsur yang terdapat pada laporan neraca ada 3 yaitu :
Contoh Laporan Neraca menggunakan excel ;
Arus kas atau yang dikenal juga dengan istilah Cash Flow Statement adalah laporan yang menyajikan informasi data tentang kemana saja aliran dana / uang kas Anda.
Laporan arus kas idealnya tersusun dari 3 bagian berdasarkan sumber arus kas tersebut masuk.
Menyusun laporan keuangan menggunakan excel tentu saja akan sangat menyulitkan bagi Anda yang sama sekali tidak memiliki dasar ilmu akuntansi. Jangankan Anda bagi orang yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang akuntansi sekalipun menyusun laporan menggunakan excel juga cukup sulit.
Tidak sampai disitu saja menyusun laporan keuangan mengguankan excel juga sangat tidak efektif. Dan jika Anda sampai satu saja salah meletakan rumus maka hasilnya akan sangat berbeda. Ini bisa berakibat fatal karena Anda jadi bisa mengambil keputusan yang salah.
Rekrut pegawai akuntansi ?
Ya bisa saja Anda merekrut tenaga baru yang paham akuntansi tapi ini juga tidak efektif dan bukan solusi terbaik karena Anda harus menginvestaikan banyak uang untuk menggaji.
Jadi lebih baik Anda pakai Program khusus untuk Bikin Laporan Keuangan dengan hanya 1x klik! dengan klik banner di atas!
“Ah Mahal “ Mahal mana hayo, pada saat Anda harus gaji perbulan tenaga baru hanya untuk membuat laporan keuangan. Atau kerugian yang harus Anda tanggung saat laporan yang Anda susun menggunakan excel menyajikan informasi yang salah. Akibatnya Anda salah mengambil keputusan penting.
Semua bentuk usaha bisnis baik skala kecil ataupun skala besar wajib hukumnya menyusun laporan akuntansi. Agar Anda dapat tahu betul bagaimana kondisi perusahaan terupdate.
Menyusun laporan menggunakan excel tidak menjadi masalah namun kurang efektif dan efisisen oleh karena solusi terbaik untuk menyusun laporan adalah menggunakan program.
Semoga artikel mengenai 5 Contoh Laporan Akuntansi Menggunakan Ms. Excel. Dapat membantu Anda dalam menyusun laporan pembukuan dengan baik.
Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi dalam menyusun laporan keuangan secara gratis langsung saja klik disini untuk mencobanya. Selamat mencoba.