Secara arti laporan keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang menyatakan kondisi keuangan pada sebuah kelompok atau bisnis. Dalam artikel ini akan membahas tentang deretan contoh laporan keuangan sederhana yang akan membantu Anda memahaminya.
Penting dipahami apalagi sebagai seorang pengusaha yang mana laporan keuangan ini berfungsi untuk mengawasi, menambahkan, hingga pedoman untuk memutuskan apa yang harus dilakukan pada bisnis kedepannya.
Ada beberapa jenis laporan keuangan sederhana yang wajib ada pada sebuah bisnis atau perusahaan, diantaranya sebagai berikut:
Pertama adalah laporan laba rugi, jenis laporan ini dibuat oleh pebisnis untuk mengetahui bagaimana kondisi pengeluaran dan pemasukan bisnis secara terperinci.
Adanya laporan laba rugi ini juga bisa membantu pihak perusahaan/ stakeholder yang bersangkutan tahu bagaimana kondisi keuangan perusahaan apakah sedang defisit atau surplus pada satu periode tertentu.
Dengan ini kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi dan diskusi terkait langkah apa yang harus diambil oleh perusahaan dimasa yang akan datang.
Jenis laporan keuangan berikutnya ada laporan arus kas, laporan ini bisa dijadikan sebagai cara sebuah perusahaan menjaga kondisi keuangan tetap optimal, dengan isi laporan yang terdiri dari pemasukan dan pengeluaran selama satu periode akuntansi.
Ada dua jenis laporan arus kas/ cash flow yakni pertama, laporan arus kas tidak langsung yang berisi tentang berbagai informasi terkait perhitungan transaksi tunai dari sisi operasional.
Sedangkan jenis laporan arus kas kedua adalah laporan arus kas tidak langsung yang berisi dengan perhitungan laba bersih sebagai acuannya.
Ketiga, laporan perubahan modal/ laporan perubahan ekuitas yang berisi tentang serangkaian informasi terkait perubahan modal yang dimiliki perusahaan dari kegiatan operasi pada satu periode akuntansi.
Informasi yang dicantumkan dalam laporan perubahan modal ini diantaranya ada peningkatan modal, laba, dividen, kerugian dan sejenisnya.
Dengan adanya laporan perubahan modal, pengusaha akan tahu informasi terkait penambahan dan pengurangan modal, kemudian faktor penyebabnya, aktiva, investasi dan dana hingga mengetahui bahan analisa dan pengambilan keputusan.
Terakhir ada laporan neraca, laporan neraca menyajikan deretan informasi keuangan terkait aktiva, modal dan kewajiban dalam satu periode tertentu.
Aktiva sendiri merupakan aset/ sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan, kemudian kewajiban adalah utang lancar, utang jangka panjang yang dimiliki perusahaan dan terakhir ada modal yang artinya nilai yang bisa ditambah.
Baca juga: Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya untuk Bisnis
Sebelum membuat laporan keuangan sederhana, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu, berikut diantaranya:
Hal pertama yang harus disiapkan sebelum membuat laporan keuangan sederhana adalah menyiapkan buku catatan untuk pengeluaran yang nantinya akan dilakukan.
Seperti namanya, fungsi dari catatan pengeluaran ini adalah untuk mencatat semua aktivitas pengeluaran yang dilakukan pada bisnis Anda dengan tujuan untuk memudahkan Anda melakukan penyembangan buku kas di akhir periode nantinya.
Jika ada buku pengeluaran maka harus ada juga buku pemasukan, buku ini digunakan untuk mencatat setiap pemasukan yang terjadi pada sebuah bisnis/ perusahaan.
Selain itu, dengan adanya buku catatan pemasukan Anda bisa memantau bagaimana laju keuangan dan keseimbangan bisnis nantinya, dengan adanya catatan pemasukan juga Anda bisa tahu dan mengidentifikasi apakah bisnis Anda untung atau rugi.
Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah buku inventaris barang, buku ini berguna untuk mencatat sekaligus memantau apa saja barang yang dimiliki perusahaan sebagai bahan acuan stabilitas keuangan.
Buku ini biasanya diisi dengan aktivitas yang sudah selesai diurut dan dibeli oleh perusahaan yang nantinya akan berfungsi langsung pada laporan keuangan.
Terakhir yang perlu disiapkan adalah buku catatan untuk stok barang, sebagai tempat untuk mencatat ketersediaan produk yang akan dijual nantinya. Pencatatan yang dilakukan harus dilakukan secara menyeluruh baik stok masuk maupun keluar.
Bagaimana aktivitas keluar masuknya barang pada laporan stok ini juga bisa menjadi indikasi pemasukan keuangan perusahaan nantinya. Semakin tinggi maka semakin besar pemasukan dan sebaliknya.
Baca juga: Pembukuan Sederhana Usaha Kecil Tulis Tangan
Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana laba dan rugi yang bisa Anda gunakan:
a. Single Step
b. Multi Step
Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana arus kas yang bisa Anda gunakan:
a. Laporan Arus Kas Tidak Langsung
b. Laporan Arus Kas Langsung
Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana arus kas yang bisa Anda gunakan:
Berikut ini format dan contoh laporan keuangan sederhana arus kas yang bisa Anda gunakan:
a. Laporan Staffel (Vertikal)
b. Laporan Skontro (Horizontal)
Meskipun namanya sederhana, pembuatan laporan keuangan masih terbilang kompleks apalagi yang tidak paham tentang akuntansi. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba, berikut diantaranya:
Tips mudah pertama yang bisa dicoba untuk membuat laporan sederhana dengan mudah tanpa harus belajar akuntansi adalah menyewa jasa seorang akuntan.
Anda bisa menyewa jasa akuntan untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Namun, cara ini tidak terlalu cocok untuk pemilik usaha tingkat menengah, karena biaya tambahan untuk menyewa jasa akuntan tidak murah.
Tipa kedua adalah dengan menggunakan software Akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaacounting dengan harga murah yang bisa digunakan untuk beragam jenis usaha. Tinggal pilih plugin dan bisnis akan lebih mudah dikontrol.
Beeaccounting bisa digunakan selamanya dalam sekali beli selama Anda masih memiliki Dongle (lisensi) dengan banyak fitur yang bisa didapatkan.
Mulai dari buat laporan laba rugi, neraca, kas/bank, stok, arus kas hingga akuntansi dalam satu 1x klik, training di pandu langsung dengan tim support profesional dan masih banyak lagi.