🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

11 Contoh Katalog Produk Menarik dan Tips Menyusunnya 

Berikut beberapa contoh katalog produk dari berbagai jenis yang bisa Anda jadikan referensi dan optimasi bisnis Anda!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 2 May 2024

Saat ini, contoh katalog produk memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam mempengaruhi pembelian customer. Dimana formatnya juga sudah mulai beragam, tidak hanya berupa buku cetak saja namun juga digital dari berbagai platform.

Lantas apa yang dimaksud dengan katalog produk sebenarnya? Kenapa dapt mempengaruhi pembelian? Bagaimana cara menyusunnya? Apa saja Contohnya?

Yuk, simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa itu Katalog Produk?

Katalog mirip seperti brosur, namun lebih lengkap dan memiliki nilai guna lebih lama (Credit: Freepik.com)

Istilah katalog berasal dari bahasa latin 'catalogus' yang berarti daftar. Secara pengertian umum, katalog adalah adalah daftar barang atau benda yang disusun dengan maksud dan tujuan tertentu. Salah satunya adalah memperkenalkan produk.

Selain itu, katalog juga merupakan bagian dari media publikasi yang memiliki segmentasi sempit. Bisa dikatakan hampir mirip dengan produk, namun memiliki masa guna lebih lama dan informasi lebih dalam dibandingkan dengan brosur.

Menurut Keep & Nat (2014) dalam Ni Wayan Rustiarin, dkk (2021), penjelasan jika katalog produk dianggap mampu menjadi media pemasaran yang sudah berkembang sejak awal abad 20-an.

Bisa disimpulkan, jika katalog produk adalah media bagi usaha dalam menyajikan informasi secara rinci mengenai produk barang/jasa secara langsung kepada pelanggan.

Komponen-Komponen dalam Katalog Produk

Seperti yang sudah dijelaskan, katalog produk bisa dikatakan sebagai brosur, namun memiliki informasi yang lebih detail dan nilai guna lebih lama.

Adapun informasi dalam bagian utama katalog ini berisi mengenai informasi sebagai berikut:

  • Nama produk
  • Gambar produk
  • Deskripsi produk
  • Spesifikasi produk
  • Fitur unggulan
  • Fungsi dan manfaat produk
  • Harga produk
  • Informasi kontak

Pentingnya Katalog Produk dalam Penjualan

Kenapa katalog produk penting dalam penjualan? Berikut beberapa alasannya:

  • Menjadi media perusahaan untuk mengenalkan produk secara langsung kepada pelanggan, secara lebih detail dan rinci.
  • Dengan memiliki desain katalog yang menarik dan informatif dapat meningkatkan brand awareness dan citra perusahaan.
  • Menjadi media promosi yang efektif untuk menjangkau pasar lebih luas.
  • Katalog produk dapat mendorong minat beli dan konversi penjualan,
  • Menjadi media untuk membangun hubungan pelanggan dengan memberikan informasi yang berharga dan menjawab pertanyaan umum tentang produk.

Contoh Katalog Produk Menarik dari Beberapa Produk

Berikut beberapa contoh katalog produk yang menarik dan dapat Anda jadikan sebagai referensi:

1. Katalog Produk Frozen Food

Contoh Katalog Produk Frozen Food (1)

Contoh Katalog Produk Frozen Food (Credit: Facebook/@indomaret)

2. Katalog Produk Fashion

Contoh Katalog Produk Fashion

Contoh Katalog Produk Fashion (Credit: fliphtml5.com)

3. Contoh Katalog Produk Makanan

Contoh Katalog Produk Makanan

Katalog Produk Makanan (Credit: Freepik.com)

4. Contoh Katalog Produk Furniture

Katalog Produk Furniture (Credit: Freepik.com)

5. Contoh Katalog Produk Skincare

Contoh Katalog Skincare (Credit: Freepik.com)

6. Contoh Katalog Produk di Shopee

Contoh Katalog Shopee

Contoh Katalog Shopee (Credit: Bee.id)

7. Contoh Katalog Produk di Tokopedia

Contoh foto katalog produk tokopedia (Credit: Bee.id)

8. Contoh Katalog Produk di Website

Contoh Katalog Produk Di Website

Katalog Produk di Website (Credit: erigo.co.id)

9. Katalog Produk Kerajinan

Contoh Katalog Produk Kerajinan

katalog produk kerajinan (Credit: sendangmulyosid.slemankab.go.id)

10. Contoh Katalog Produk UMKM

Contoh Katalog Produk Umkm

Katalog Produk Umkm (Credit: fliphtml5.com)

11. Contoh Katalog Produk Elektronik

Katalog Produk

Contoh katalog elektronik (credit: Freepik.com)

Tips Menyusun Katalog Produk secara Efektif

Untuk mengoptimalkan katalog produk, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Mengenali Target Audience

Langkah pertama adalah memahami siapa target audiens Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan informasi apa yang ingin Anda sertakan dalam katalog dan bagaimana Anda ingin mempresentasikannya.

2. Tentukan Tujuan Katalog

Setelah menentukan siapa target audience, selanjutnya adalah menentukan apa yang ingin Anda capai dengan katalog ini?

Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, menghasilkan lead, atau mendorong penjualan? Sama halnya dengan target audience, dengan mengetahui tujuan Anda dapat fokus pada informasi yang paling penting untuk disertakan.

3. Pilih Format Katalog yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah menentukan format apa yang ingin Anda gunakan. Format katalog sendiri cukup beragam, seperti cetak, digital, atau interaktif.

Anda bisa mengkombinasikan ketiganya untuk mengoptimalkan efektifitas tujuan bisnis Anda. Pastikan juga format ini sesuai dengan target audience Anda.

4. Gunakan Desain yang Menarik

Setelah menentukan format, selanjutnya adalah desain. Desain ini harus menarik dan mudah dibaca, agar maksud dan tujuan ANda bisa dipahami dengan mudah oleh calon customer.

Pastikan Anda menggunakan gambar yang tidak pecah, layout yang jelas, font yang mudah dibaca, dan pastinya bahasa yang jelas dan ringkas.

5. Sertakan Informasi yang Lengkap dan Akurat

Berikutnya, sertakan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk membuat keputusan pembelian, seperti spesifikasi produk, fitur, harga, dan informasi kontak.

6. Tambahkan Call to Action

Hal yang tidak kalah penting selanjutnya adalah Anda perlu memberitahu pelanggan apa yang Anda ingin mereka lakukan setelah membaca katalog. Apakah Anda ingin mereka mengunjungi website Anda, menelepon untuk informasi lebih lanjut, atau melakukan pembelian?

7. Evaluasi Biaya dan Efektifitas Katalog

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Terakhir, tips membuat katalog produk selanjutnya adalah melakukan evaluasi biaya dan efektivitas secara cermat. Pertama, tentukan biaya produksi katalog, termasuk desain, pencetakan, dan distribusi.

Biaya ini bisa Anda cermati dan analisa dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan usaha Beecloud, dimana Beecloud dapat secara realtime mencatat riwayat arus kas keuangan lengkap dengan laporan akuntansinya.

Selanjutnya, analisislah potensi manfaat yang dapat diperoleh dari katalog tersebut, seperti peningkatan penjualan, loyalitas pelanggan, dan awareness merek.

Bandingkan biaya dengan manfaat yang diharapkan untuk menentukan apakah investasi tersebut sebanding. Selain itu, pertimbangkan juga katalog digital yang lebih ekonomis dan dapat diakses secara luas.

Dengan melakukan evaluasi ini, Anda dapat mengoptimalkan anggaran pemasaran Anda sambil memastikan katalog produk memberikan hasil yang diinginkan.

Artikel Terkait

Komunikasi Pemasaran: Teori, Tujuan, Bauran dan Strateginya
Dalam dunia pemasaran yang kompetitif, komunikasi pemasaran menjadi salah satu aspek krusial yang dapat menentukan keberhasilan suatu produk atau layanan.
Baca Juga
5+ Cara Sukses Strategi SEM (Search Engine Marketing)
SEM adalah singkatan dari search engine marketing, strategi pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas merek di
Baca Juga
7+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk dan Manfaatnya
Apa itu segmentasi pasar? Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan terdefinisi dengan ciri-ciri, kebutuhan,
Baca Juga
Apa Target Menggunakan SEO dan Apa Keuntungannya?
Implementasi strategi Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi pondasi utama bagi keberhasilan online bagi berbagai jenis bisnis dan organisasi. Lantas
Baca Juga
Preloved Artinya: Pengertian, Cara Jual dan Keunggulannya
Preloved artinya menjual barang yang telah digunakan namun masih dalam kondisi layak pakai dan masih terjamin kualitasnya, baik dari kondisi
Baca Juga
Apa itu Telemarketing? Tugas dan Strateginya dalam Pemasaran
Telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang telah lama ada, dan terus mengalami evolusi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu