Ada formula untuk segala sesuatu yang ada di dunia ini, terutama untuk mengembangkan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan. Salah satu formulannya adalah dengan menggunakan copywriting untuk mempromosikan bisnis atau brand. Untungnya, banyak contoh copywriting bisa dipelajari.
Saat ini, semuanya serba digital, sehingga proses pemasaran juga sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Email marketing, media sosial, dan website adalah beberapa contoh pemasaran melalui media digital yang saat ini cukup efektif dalam meningkatkan brand awareness.
Tapi bukan berarti menggunakan berbagai media iklan akan otomatis meningkatkan penjualan bisnis. Agar bisa menarik pelanggan, teknik pemasaran yang digunakan harus menyesuaikan target pasar. Makanya, penting untuk memahami copywriting adalah, contoh dan menggunakan teknik yang tepat.
Pertimbangan dan kreativitas harus digunakan saat akan menggunakan teknik copywriting dalam memasarkan brand. Bagi yang baru pertama kali menggunakan teknik ini, ada 20 contoh yang menarik dan sangat efektif untuk digunakan. Pelajari semuanya di bawah ini.
Baca Juga: Copywriting: Cara Membuat Tulisan Menarik untuk Penjualan
Gunakan headline yang membuat target pasar ingin mendapatkan produk yang Anda sediakan. Misalnya, tawarkan impian yang menarik atau sesuatu yang menggoda minat target pasar. Contoh kalimat yang bisa dipakai adalah “Siapa sih yang nggak mau punya gadget canggih terbaru?”
Pertanyaan tersebut membuat pembaca berinteraksi dan ingin melihat produk apa yang sedang ditawarkan. Apalagi kalau headline itu menawarkan sesuatu yang baru bagi mereka.
Kata-kata ajaib merupakan berbagai kata yang bisa digunakan untuk membuat kesan seolah Anda mempunyai produk yang unggul. Beberapa contoh kata yang bisa digunakan adalah ‘ampuh’, ‘rahasia’, dan sebagainya. Berbagai kata tersebut bisa memberi efek dramatis.
Contoh penggunaannya adalah “Ajaib! Baru tiga hari minum, tekanan darah tinggi turun drastis” atau “Rahasia turun berat badan terungkap! Belum banyak yang tau lho!”.
Contoh copywriting yang menarik berikutnya adalah dengan menggunakan kombinasi kata ‘jika’ dan ‘bisa’. Kedua kata tersebut akan menawarkan solusi terhadap permasalahan customer. Misalnya adalah: “Jika produk digunakan secara rutin, Anda bisa mendapatkan tubuh sehat dalam 6 minggu.”
Kata tanpa membuat sesuatu terkesan jauh lebih mudah dan praktis jika digunakan dengan tepat. Contoh kalimat menggunakan ‘tanpa’ adalah “Jual beli mobil praktis tanpa takut kena tipu? Disini tempatnya.” Contoh lainnya “Dapatkan tubuh ideal tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.”
Kunci lain promosi adalah tidak terlalu spesifik, asalkan bisa memancing rasa penasaran pembaca. Contohnya adalah dengan menggunakan kalimat seperti “Anda bisa meraih semua impian dengan mudah bersama kami!” atau “Trik jualan ini lebih mudah daripada menggoreng tempe!”
Biasanya, calon pembeli ingin tahu testimoni atau ulasan tentang produk Anda. Masukkan testimoni dengan cara berkelas, seperti “Mahasiswa jadi milyarder setelah jualan produk ini.” Contoh lainnya adalah “Seorang wanita jadi lebih langsing dan cantik tanpa diet ketat! Ini kuncinya.”
Kata ‘bahkan jika’ bisa membuat pembaca merasa bahwa dirinya bisa mendapat manfaat dari produk Anda meskipun kelihatannya mustahil. Contoh copywriting-nya adalah “Anda bisa lebih sehat bahkan jika Anda terlalu sibuk.” Atau “Jual beli motor aman? Bisa, bahkan jika dilakukan secara online!”
Memilih kata-kata yang menantang serta agak provokatif bisa membuat calon pembeli merespons dan berpikir lebih cepat. Contohnya “Diskon besar-besaran hingga 30%! Yakin mau mengabaikannya?” atau “Dana pendidikan anak terjamin bersama kami. Atau sudahkah Anda siapkan sendiri?”
Banyak copywriting membawa unsur angka untuk menangkap perhatian pembaca lebih cepat. Contoh kalimatnya: “1 jam saja diskon raksasa hingga 69%!” atau “Rahasia mendapatkan 15 juta dari rumah dalam 1 bulan saja!” Angka yang dipakai dalam copywriting harus masuk akal dan tidak ada rekayasa.
Jangan terlalu banyak menceritakan perusahaan. Sebaliknya, langsung ceritakan manfaat produk. Contoh kalimatnya: “Lancar ngobrol sama bule dengan kelas Bahasa Inggris kami.” “Buat website canggih dengan software kami tanpa modal pengalaman sedikitpun.” adalah contoh kalimat lainnya.
Saat menggunakan emosi negatif, pastikan untuk menawarkan solusi yang terbaik. Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah “Tinggalkan diet ketat! Ini dia cara aman turun berat badan tanpa siksaan.” Atau bisa juga “Berhenti makan mie instan! Mulai nikmati catering sehat dari Yellow Counter sekarang!”
Pembaca bisa tertarik dengan kalimat yang menunjukkan bahwa perusahaan itu bisa dipercaya. Contoh copywriting makanan terpercaya adalah “Menu catering paling sehat untuk kebutuhan nutrisi tubuh Anda.” atau “Layanan catering terpercaya dengan bahan-bahan organik terbaik se-Jakarta.”
Pastikan untuk mengajak calon pembeli membayangkan manfaatnya secara langsung. “Bayangkan keuntungan pribadi mengalir rutin setiap minggu!” adalah contoh yang pertama. “Bayangkan tinggal bersama keluarga tercinta di rumah idaman nyaman dekat dengan kota.” adalah contoh kalimat lain.
Setiap orang pasti punya masalah, pastikan produk Anda-lah solusinya. Gunakan kalimat seperti “Kesulitan hidup sehat di era rebahan? Ini dia solusi sehat tanpa keringat.” “Sulit mengatur waktu di zaman yang serba sibuk? 3 metode ini solusinya.”
Buat pembaca Anda membayangkan sesuatu yang hebat. Caranya adalah dengan memasukkan brand atau tokoh terkenal. Contoh kalimatnya: “Bangun brand awareness anti pusing ala Apple dengan cara ini.” Atau “Kembangkan perusahaan start-up anti ribet seperti Elon Musk.”
Agar bisa membuat pembaca tidak beralih ke competitor, gunakan pesan yang tidak biasa dan gampang diingat. “Untung jutaan hanya dengan jualan sabun mandi!” adalah salah satu contohnya. Dalam kalimat ini ada dua kata kunci yang dipakai, yaitu jutaan dan jualan yang sangat mudah diingat.
Para pembaca bukan hanya mencari solusi untuk kebutuhannya tapi juga untuk keinginannya. Maka, gunakan pertanyaan seperti: “Mau punya tubuh yang lebih memikat? Ini dia yang kamu cari-cari!” atau “Mau upgrade gadget? Hanya Gadget Mania solusi murah berkualitas.”
Kalimat humor juga akan membuat pembaca tertarik karena mengingat pesan lucu yang disampaikan. Contohnya adalah “Ngopi dulu baru skripsi ngopi lagi.” Tapi saat memilih kalimat humor, hindari kalimat sensitif yang bisa menyinggung perasaan.
Bahasa khusus adalah bahasa yang disesuaikan dengan target pasar. Misalnya, kalau targetnya anak muda, gunakan bahasa seperti “Ada yang menantea kamu di musim panas.” Kalimat ini mempromosikan produk es teh segar yang cocok untuk dinikmati di musim panas.
Ada pembaca yang suka menunda pembelian. Berikan kesan mendesak agar pembaca bisa segera membeli. Contoh kalimatnya adalah “Jangan sampai kehabisan! Stok mobil edisi FF semakin menipis!” Kesan mendesak dalam kalimat semacam ini sehingga pembaca akan langsung membeli pembelian.
Selain menggunakan copywriting yang menarik, kunci sukses melakukan pemasaran atau iklan adalah dengan memiliki pengelolaan anggaran yang baik. Cara ini bisa dilakukan dengan memiliki catatan dan pengelolaan keuangan bisnis secara sistematis.
Baca Juga: Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya
Dengan keuangan yang sistematis pengelolaan scale up dan segala macam urusan bisnis akan lebih diperhitungkan dengan mudah dan akurat tentunya. Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.
Bisa langsung cek laporan keuangan secara otomatis, mudahkan Anda melakukan scale up bisnis dan memanajemen anggaran berdasarkan laporan keuangan tidak secara asal-asalan. Cek informasi selengkapnya pada banner di atas.
Dari 20 contoh copywriting di halaman ini, mana yang akan Anda terapkan pertama kali? Jadilah kreatif dalam menggunakan kalimat-kalimat yang menarik perhatian sehingga penjualan pun bisa meningkat dan keuntungan ikut meroket.