🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya

Clickbait adalah teknik pemasaran yang menggunakan judul kontroversional untuk menarik perhatian, ini dia tips amannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 29 May 2023

Clickbait atau umpan klik adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya.

Konten yang menggunakan teknik ini seringkali digunakan untuk meningkatkan jumlah klik dan pengunjung pada sebuah situs web atau blog. Namun, teknik ini sering memicu pro dan kontra karena beberapa alasan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami dampak dari penggunaan clickbait. Meskipun dapat meningkatkan trafik secara instan, umpan klik juga dapat merusak reputasi situs web jika konten yang disajikan tidak memenuhi ekspektasi yang ditetapkan oleh judul. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini

Apa itu Clickbait?

Apa Itu Clickbait

Clickbait adalah teknik pemasaran yang menggunakan judul kontroversional untuk menarik perhatian (Credit: Freepik.com)

Clickbait adalah taktik yang digunakan dalam media digital untuk menarik perhatian pengguna dengan membuat judul berlebihan yang biasa ditemukan pada judul berita, dengan harapan menimbulkan mendorong orang untuk mengklik suatu tautan atau membuka suatu konten.

Jika merujuk pada situs Wikipedia, clickbait atau umpan klik adalah istilah yang merujuk pada konten web yang dibuat untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, sering kali dengan mengorbankan kualitas atau akurasi informasi. Konten ini biasanya menggunakan judul sensasional atau thumbnail yang menarik perhatian, untuk meningkatkan klik-tayang (click-through) dan mendorong penyebaran konten melalui media sosial.

Istilah ini merujuk pada judul atau deskripsi yang dibuat dengan cara yang sangat menarik, tetapi seringkali tidak sesuai dengan isi sebenarnya. Sederhananya, isi konten yang disampaikan tidak sesuai dengan judul.

Menurut para ahli, clickbait adalah praktik yang menggunakan judul atau deskripsi yang menarik secara emosional atau kontroversial dengan tujuan untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk mengklik tautan.

Meskipun isi sebenarnya mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi yang dihasilkan oleh judul tersebut. Teknik penulisan ini seringkali mengandalkan sensasi, kejutan, atau keingintahuan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak klik, tampilan halaman, dan interaksi.

Adapun tujuan utama umpan klik adalah meningkatkan jumlah klik, lalu lintas, dan tampilan halaman untuk memperoleh keuntungan dari iklan atau pengunjung. Namun, meskipun strategi ini dapat memberikan hasil cepat, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah potensi backlash dari audiens yang merasa tertipu karena mereka konten tersebut kurang sesuai dengan judulnya.

Baca Juga: Ciri Ciri Iklan hingga Jenisnya untuk Promosi

Jenis-Jenis Clickbait

Clickbait dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Clickbait Berisi Konten Sensasionalisme

Jenis pertama adalah sensasionalisme, jenis clickbait yang menggunakan judul atau deskripsi yang berlebihan, dramatis, atau berlebihan untuk menarik perhatian pengguna. Konten yang disajikan seringkali tidak sejalan dengan tingkat sensasional yang dijanjikan.

2. Clickbait yang Provokatif

Selanjutnya adalah provokatif, jenis clickbait yang menggunakan pernyataan kontroversial atau menarik untuk memancing emosi atau perdebatan. Tujuannya adalah untuk menciptakan ketegangan dan memancing reaksi dari pengguna.

Seperti yang kita ketahui, provokatif sering kali berhasil menarik perhatian karena manusia cenderung bereaksi terhadap hal-hal yang menantang pandangan mereka atau yang dianggap tabu.

3. Clickbait Tentang Isu Kontroversial

Jenis clickbait yang mengaitkan konten dengan isu-isu yang sedang hangat atau kontroversial saat itu. Meskipun mungkin ada keterkaitan, judul atau deskripsi seringkali dibuat untuk terlihat lebih dramatis daripada yang sebenarnya.

Sebagai contoh, "Apakah A Meninggal Karena B" dan seterusnya. Contoh penggunaan jenis ini biasanya untuk berita public figure dan sejenisnya.

4. Clickbait Tentang Tebakan

Berikutnya clickbait yang menggunakan judul atau deskripsi yang menarik tapi ambigu atau misterius untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan keingintahuan pengguna. Konten tersebut sebenarnya mungkin tidak sehebat informasi yang dijanjikan.

5. Curiosity Gap

Selanjutnya adalah curiosity gap, dimana judul atau deskripsinya memberikan sebagian informasi tetapi dengan sengaja menyisakan celah pengetahuan untuk menarik pengguna agar mengklik dan mengetahui lebih banyak.

6. Konten Klise

Terakhir ada konten klise, ini menggunakan judul atau deskripsi yang memanfaatkan tren populer, meme, atau frasa yang sedang viral untuk menarik perhatian pengguna.

Sebagai contoh judul seperti "10 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang [Tren Populer]" atau "Apa yang Terjadi Ketika [Meme] Bertemu dengan [Situasi Tertentu]"

Alasan Clickbait Pro dan Kontra

Clickbait Adalah

Penggunaan clickbait yang tidak tepat dapat mengakibatkan pro dan kontra (Credit: Freepik.com)

Clickbait sering kali dianggap sebagai taktik yang tidak etis dalam media digital, karena dapat menyesatkan pengguna dan memberikan pengalaman yang mengecewakan, karena judulnya yang menarik tidak sesuai isi informasi yang disampaikan.

Praktik clickbait sering kali bertentangan dengan prinsip integritas jurnalistik yang mengutamakan transparansi dan kepercayaan pengguna terhadap sumber berita.

Namun, disisi lain umpan klik juga bermanfaat untuk menarik perhatian audience, dimana dengan kata-kata klik bait ini mereka marketer akan lebih. Mudah dalam menjangkau customernya.

Berikut ini beberapa alasan pro dan kontra dari penggunaan Clickbait:

# Tanggapan atau Argumen Pro Clickbait:

  • Meningkatkan lalu lintas: Clickbait dapat efektif dalam meningkatkan jumlah klik dan tampilan halaman, sehingga menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi bagi situs atau konten tertentu. Ini bisa menguntungkan bagi pengiklan dan pemilik konten yang menghasilkan pendapatan dari iklan.
  • Memperluas jangkauan: Clickbait dapat membantu konten atau pesan yang sebenarnya berharga atau informatif untuk mencapai audiens yang lebih luas. Judul yang menarik dapat menarik perhatian orang yang mungkin tidak akan mengklik tautan jika judulnya lebih sederhana atau tidak menarik.

# Tanggapan atau Argumen Kontra Clickbait

  • Menyesatkan pengguna: Clickbait seringkali memberikan ekspektasi yang tidak sesuai dengan isi sebenarnya. Ini dapat menyesatkan pengguna dan menciptakan pengalaman yang mengecewakan. Hal ini dapat merusak kepercayaan pengguna terhadap sumber berita atau konten online.
  • Mengorbankan kualitas dan integritas: Praktik clickbait seringkali mengorbankan kualitas dan integritas informasi. Konten yang dibuat hanya untuk menarik klik seringkali tidak memiliki substansi atau kedalaman yang sebenarnya. Ini dapat merugikan jurnalisme yang berfokus pada keakuratan dan keberimbangan informasi.
  • Memperpetuasi sensasionalisme: Clickbait seringkali memanfaatkan sensasi, kejutan, atau kontroversi untuk menarik perhatian. Hal ini dapat memperpetuasi budaya sensasionalisme di media digital dan mengabaikan kepentingan informasi yang bermanfaat dan berbobot.

Dampak Positif Clickbait

Kenapa masih banyak orang yang menggunakan strategi ini meskipun menuai pro dan kontra? Karena teknik clickbait ini memberikan beberapa dampak positif berikut diantaranya:

1. Meningkatkan Traffic

Jika Anda ingin meningkatkan trafik secara cepat, Anda bisa menggunakan teknik ini. Sebab, umpan klik dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan trafik dengan penulisan judul yang provokatif dapat menarik perhatian, yang akhirnya mengklik link yang merujuk pada konten tersebut, sehingga akan terjadi peningkatan jumlah pengunjung pada web Anda.

2. Meningkatkan Interaksi

Konten yang menggunakan teknik ini seringkali memicu komentar, like, dan share. Dengan mendorong pengguna untuk berinteraksi, Anda dapat menciptakan komunitas yang lebih aktif di sekitar konten Anda, yang penting untuk membangun loyalitas audiens.

3. Mendorong Viralisasi

Judul dengan kontroversial memiliki potensi untuk dibagikan secara luas di media sosial. Jika konten Anda menjadi viral, ini dapat secara signifikan meningkatkan eksposur dan kesadaran merek

4. Clickbait Bisa Meningkatkan Brand Awareness

Meskipun kontroversial, clickbait yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek. Jika konten Anda sering muncul di beranda pengguna, baik itu karena sifatnya yang viral atau karena sering dibagikan, maka merek Anda akan lebih sering terpapar kepada audiens yang lebih luas.

Dampak Negatif Clickbait

Selain dampak positif di atas, jika Anda menggunakan clickbait Anda harus siap-siap untuk mendapatkan dampak negatifnya juga, berikut diantaranya:

1. Bounce Rate Tinggi

Pengunjung yang tertarik dengan judul yang provokatif, namun menemukan konten yang tidak sesuai dengan ekspektasi, akan cenderung langsung meninggalkan halaman web. Hal ini menyebabkan bounce rate (tingkat pentalan) yang tinggi, yang dapat berdampak negatif pada peringkat SEO Anda.

2. Kehilangan Kepercayaan Pembaca

pembaca merasa kecewa karena ditipu oleh judul yang tidak sesuai dengan isi, kepercayaan mereka terhadap merek atau konten Anda akan berkurang. Hal ini sulit untuk dipulihkan dan dapat menyebabkan penurunan jumlah pengunjung jangka panjang.

3. Rusaknya Reputasi Bisnis

Penggunaan clickbait secara berlebihan dapat merusak reputasi Anda sebagai pembuat konten yang kredibel. Pembaca akan menganggap Anda sebagai pembuat konten yang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya.

4. Kualitas Konten yang Rendah

Banyak konten yang menggunakan clickbait mengorbankan kualitas informasi demi menarik klik. Jika isi artikel tidak memberikan nilai atau informasi yang substansial, pengunjung akan merasa tidak ada alasan untuk tetap berada di situs. Ini berkontribusi pada meningkatnya bounce rate.

Tips Menggunakan Clickbait yang Tepat

Meskipun penggunaan clickbait menuai pro dan kontra, seorang marketer atau penulis tidak ada salahnya menggunakan unsur ini, namun tidak boleh secara berlebihan.

Salah satunya, mengubah penggunaan nada mengancam menjadi lebih santai dan informatif. Sebagai gantinya, berikut beberapa tips dan saran bagi para pemasar untuk menggunakan clickbait dengan bijak dan efektif.

1. Tidak Berlebihan dan Sesuai dengan Isi

Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa clickbait yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi artikel sebenarnya dapat merugikan reputasi dan kredibilitas sebuah situs web atau blog.

Oleh karena itu, pastikan judul yang digunakan sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya. Jangan hanya fokus pada jumlah klik, tetapi juga pada kualitas konten yang disajikan.

2. Bijak dan Sesuai Target Audience

Kedua, gunakan teknik ini dengan bijak dan sesuai dengan target audiens. Jangan menggunakan judul yang terlalu kontroversial atau provokatif jika tidak sesuai dengan nilai dan tujuan bisnis Anda. Sebaliknya, gunakan judul yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian pembaca yang tepat.

3. Jangan Terlalu Sering

Ketiga, jangan terlalu sering menggunakan clickbait. Meskipun teknik ini dapat meningkatkan jumlah klik dan pengunjung, penggunaan yang berlebihan dapat membuat pembaca merasa terganggu dan kehilangan kepercayaan pada situs web atau blog Anda. Gunakan clickbait dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

4. Konten Berkualitas

Keempat, jangan lupa untuk menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Meskipun clickbait dapat menarik perhatian pembaca, konten yang disajikan harus tetap berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan hanya fokus pada judul yang menarik, tetapi juga pada isi artikel yang disajikan.

Baca JugaCara Membuat Content Marketing Menarik dan Unik

5. Memperhatikan Etika Pemasaran

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan etika dalam pemasaran. Jangan menggunakan clickbait yang menyesatkan atau merugikan pembaca. Sebaliknya, gunakan teknik pemasaran yang etis dan sesuai dengan nilai dan tujuan bisnis Anda.

Kesimpulannya

Dalam kesimpulannya, clickbait dapat menjadi teknik pemasaran yang efektif jika digunakan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan judul yang digunakan sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya, gunakan clickbait dengan bijak dan sesuai dengan target audiens.

Jangan terlalu sering menggunakan clickbait, dan jangan lupa untuk menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan etika dalam pemasaran.

Sebab, judul yang sangat menyesatkan atau menipu dapat melanggar kebijakan dan etika platform digital tertentu, dan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan sanksi terhadap konten atau pengiklan yang terlibat dalam praktik tersebut.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Yuk, gunakan software akuntansi online Beecloud untuk kelola keuangan bisnis agar penganggaran budget promosi dan operasional perusahaan bisa optimal. Hanya perlu memasukkan transaksi data jual beli laporan keuangan langsung jadi.

Artikel Terkait

Pengertian, Jenis dan Contoh Hak Paten dalam Bisnis
Secara pengertian contoh hak paten adalah salah satu bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada pencipta atau pemilik inovasi baru dalam
Baca Juga
7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir
Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan
Baca Juga
Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat perizinan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang menjalankan usaha di bidang perdagangan
Baca Juga
Cara Memulai Bisnis Online Lengkap Anti Gagal
Bisnis online sudah menjadi salah satu solusi yang disukai oleh para pengguna smartphone. Banyak produk bisa didapatkan dengan mudah hanya
Baca Juga
Apa Tujuan Reklame Dalam Promosi? Ini Penjelasannya
Reklame merupakan salah satu media informasi yang sering digunakan dalam mendukung strategi pemasaran hingga perkembangan bisnis. Memangnya, apa tujuan reklame
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula
Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu