Logo Bee Web

Cara Melakukan Clearance Sale Anti Rugi dan Keuntungannya

Clearance sale adalah diskon besar-besaran untuk barang stok lama, bagaimana cara optimasinya agar tidak rugi? Simak selengkapnya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 May 2024

Clearance sale adalah salah satu strategi promosi dengan iming-iming harga murah dengan diskon fantastis. Dimana pelanggan dapat menemukan berbagai macam produk dengan harga yang jauh di bawah harga normalnya.

Namun, ada catatan penting yang tidak boleh dilewatkan pelaku usaha ketika menerapkan diskon ini agar tidak merugi, apa saja? Mari kita bahas lebih dalam ada artikel dibawah ini lengkap dengan pengertian, tujuan hingga keuntungannya.

Apa itu Clearance Sale?

Promosi Penjualan

Diskon besar-besaran untuk menghabiskan stok lama juga disebut sebagai clearance sale (Credit: Freepik.com)

Clearance sale adalah strategi penjualan dengan memberikan diskon atau potongan harga yang cukup miring dibanding dengan harga aslinya. Pada penerapannya diskon ini biasanya hanya berlangsung dalam waktu tertentu dan tidak terjadi setiap saat.

Mengutip dari Wikipedia, clearance sale juga bisa disebut obral besar atau closeout, biasanya dilakukan untuk menghabiskan stok lama dan memberi ruang untuk barang baru dan biasa dilakukan oleh toko retail atau grosir.

Hal ini memberikan peluang yang menguntungkan bagi konsumen maupun penjual. Dimana konsumen bisa mendapatkan barang dengan harga murah sedangkan penjual bisa memberi ruang untuk stok barang barunya.

Baca Juga: 10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel

Apa itu Barang Clearance Sale

Lalu, apa yang dimaksud dengan barang clearance sale? Barang clearance sale adalah produk atau barang dagangan yang dijual dengan harga diskon besar-besaran oleh toko atau penjual.

Barang diskon ini biasanya memiliki model lama yang sudah tidak lagi trend dan untuk barang konsumsi biasanya mendekati tanggal kadaluarsa. Karena memang diskon ini dilakukan untuk menghabiskan stok lama.

Meskipun begitu, bukan berarti barang clearance sale selalu jelek atau tidak bagus. Anda masih bisa menemukan barang berkualitas baik dengan harga miring selama Anda teliti dalam memilih.

Tujuan Bisnis Melakukan Clearance Sale

Apa tujuan penjual melakukan clearance sale? Berikut diantaranya:

1. Membersihkan Stok Lama

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, tujuan clearance sale adalah untuk menghabiskan stok lama yang menumpuk di gudang.

Hal perlu dilakukan agar toko memiliki ruang untuk barang baru dan menghindari biaya penyimpanan yang tinggi.

2. Meningkatkan Arus Kas

Selanjutnya, dengan menjual stok lama dengan harga murah, bisnis dapat menghasilkan uang dengan cepat untuk modal operasional, membeli stok baru, atau bahkan melunasi hutang.

3. Meningkatkan Penjualan

Tujuan lain dari adanya diskon ini adalah meningkatkan penjualan, dengan adanya obral besar-besaran pelanggan baru akan tertarik dan tentunya dapat meningkatkan traffic ke toko. Hal ini juga dapat mendorong penjualan produk lain yang tidak sedang didiskon.

4. Membangun Awareness

Tujuan lainnya adalah membangun awareness, pelanggan akan melihat bahwa bisnis tersebut menawarkan harga yang menarik dan peduli terhadap kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Indikator Kepuasan Pelanggan: Faktor, Cara Ukur, dan Tipsnya

5. Menyediakan Ruang untuk Produk Baru

Terakhir, membantu bisnis untuk membebaskan ruang di gudang dan toko untuk produk baru. Kenapa perlu dilakukan? Agar toko tetap menarik dan up-to-date dengan tren terbaru.

Keuntungan Clearance Sale bagi Konsumen

Berikut beberapa keuntungan adanya clearance sale bagi konsumen:

  • Memungkinkan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga jauh lebih murah dibandingkan harga normal.
  • Menjadi peluang untuk mendapatkan barang yang diimpikan dengan harga yang ramah kantong.
  • Memenuhi kebutuhan dengan harga lebih murah.
  • Dengan harga yang lebih miring, konsumen bisa berbelanja lebih banyak item tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.
  • Mendapatkan produk-produk unik atau langka yang sudah tidak diproduksi lagi.
  • dan lain-lainnya.

Tips Melakukan Clearance Sale agar Penjualan tidak Merugi

clearance sale adalah

Buat rencana yang matang dan lakukan pengontrolan stok yang tepat agar promo Anda tidak rugi (Credit: Freepik.com)

Sesuai penjelasan sebelumnya, penerapan clearance sale perlu dilakukan dengan cermat untuk menghindari kerugian. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Perencanaan yang Matang

Tips pertama sebelum mempraktekkan clearance sale, Anda perlu membuat perencanaan terlebih dahulu. Mulai dari apa tujuannya, produk mana yang akan di sale, kapan waktu pelaksanaannya hingga berapa target penjualan yang ingin dicapai.

Dengan rencana ini Anda dapat memprediksi dan mengantisipasi adanya kesalahan pada pelaksanaan nantinya.

2. Lakukan Segmentasi Produk

Selanjutnya melakukan segmentasi produk, segmentasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi produk-produk dari stok lama, kurang laku hingga item lainnya yang perlu dikeluarkan dari stok.

3. Tetapkan Diskon dan Harga yang Tepat

Tips selanjutnya adalah memastikan diskon dan harga yang ditetapkan memang tepat tidak terlalu rendah dan tidak juga terlalu tinggi untuk jenis barang lama.

Agar semakin menarik banyak pelanggan, Anda bisa menggunakan opsi diskon bertingkat atau diskon bersyarat dengan jumlah minimal pembelian tertentu, yang sudah bisa dilakukan Beepos.

4. Lakukan Promosi

Kemudian lakukan promosi, informasikan kepada seluruh calon pelanggan Anda jika toko atau usaha Anda sedang mengadakan clearance sale.

Semakin banyak yang tahu, maka semakin banyak juga yang akan mampir ke usaha Anda dan melakukan pembelian. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial atau cara manual dengan memasang spanduk atau poster di area ramai.

5. Buat Suasana Toko yang Menarik

Selain itu, Anda juga perlu untuk membuat suasana toko yang menarik yang dapat menginformasikan ke pengunjung jika produk tersebut sedang clearance sale.

Seperti menyusun produk dengan rapi kemudian berikan juga tanda yang menarik perhatian pada produk yang sedang ada diskon. Selain itu, jika usaha Anda dilaksanakan secara online Anda bisa memberi desain yang menarik pada produk yang sedang di diskon.

6. Beri Layanan Pelanggan yang Maksimal

Siapkan juga tim yang siap membantu pelanggan selama clearance sale berlangsung. Pastikan staf Anda terlatih dengan baik tentang produk yang di-sale dan dapat memberikan pelayanan yang ramah dan informatif.

7. Perhatikan Pengelolaan Stok

Tips berikutnya yang tak kalah penting adalah pengelolaan stok barang, pengelolaan stok barang yang baik akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi mana produk lama dan mana produk baru.

Pengelolaan yang baik ini sebaiknya dilakukan secara fisik maupun data. Secara fisik barang sebaiknya disusun secara terpisah agar tidak rancu mana produk baru mana produk lama.

Sedangkan secara data, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir Beepos yang terintegrasi aplikasi pembukuan, memudahkan dalam proses kasir hingga manajemen stok barang dan laporan akuntansi.

8. Batasi Waktu Clearance Sale

Pelaksanaan diskon obral ini tidak bisa dilakukan sepanjang waktu, karena stok barang lama toko Anda tentunya tidak ada setiap saat. Sehingga, perlu menetapkan batas waktu.

Selain itu, dengan adanya batas waktu juga dapat menciptakan rasa urgensi bagi pelanggan untuk segera berbelanja.

9. Pantau Penjualan Secara Berkala

Selanjutnya pantau penjualan diskon secara berkala, agar Anda dapat mengetahui produk mana yang paling laku dan mana yang tidak laku.

Dengan pemantulan ini Anda juga bisa mempertimbangkan bagaimana keputusan diskon produk di masa yang akan datang.

10. Evaluasi dan Perbaikan

Terakhir, lakukan evaluasi dan perbaikan. Evaluasi ini digunakan untuk memantau bagaimana efektifitas clearance sale saat ini dibandingkan dengan yang lalu.

Jika memang ada kekurangan bisa dilakukan perbaikan untuk pelaksanaan promo selanjutnya di masa yang akan datang.

Kelola Diskon dan Stok Lebih Mudah dengan Beepos

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

Saat ini Anda sudah bisa menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi akuntansi. Anda bisa atur diskon dengan berbagai model untuk meningkatkan penjualan, memantau stok barang hingga laporan keuangan.

Dengan Beepos, mengelola diskon, stok, dan keuangan menjadi lebih mudah dan akurat. Mau coba dulu? Klik banner di atas 👆 dan dapatkan akses uji coba gratis sekarang juga!

Artikel Terkait

5 Cara Bisnis Rental Mobil yang Sukses
Bisnis rental mobil termasuk salah satu jenis usaha yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Namun, untuk memulai bisnis di bidang
Baca Juga
Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis
Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan,
Baca Juga
Mengapa Competitive Advantage adalah Kunci Kesuksesan Bisnis
Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, memiliki keunggulan kompetitif atau competitive advantage adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan. Competitive advantage
Baca Juga
13+ Ide Usaha Modal 1 Juta yang Menguntungkan di Tahun 2023
Anda mungkin sedang berpikir, "Bagaimana mungkin saya bisa memulai usaha modal 1 juta?" Tidak perlu meragukan diri sendiri, karena di
Baca Juga
Cara Menggunakan Mesin Kasir ala Alfamart
Cara menggunakan mesin kasir penting untuk pengusaha dan kasir karena fungsinya menangani penjualan. Banyak pengusaha minimarket menggunakan aplikasi kasir agar
Baca Juga
9 Ide Bisnis Handmade: Modal Minim, Hasil Maksimal
Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis dengan modal kecil yang unik dan penuh kreativitas? Salah satu opsi yang patut
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Thursday, 7 March 2024
9 Jenis Sales Promotion yang Bisa Bikin Penjualan Melejit!
Baca Juga
Friday, 9 February 2024
21 Macam Frozen Food Paling Laris dan Tips Suksesnya
Baca Juga
Wednesday, 3 January 2024
5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya Lengkap!
Baca Juga
Friday, 18 March 2022
Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Bisnis Sembako
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu