🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

10+ Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online & Offline

Penjualan lagi stagnan, bingung bagaimana cara meningkatkan penjualannya? Simak dan pejari faktor dan strateginya pada artikel berikut ini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 24 June 2024

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, meningkatkan penjualan bukanlah tugas yang mudah. Anda perlu strategi dan cara meningkatkan penjualan yang efektif agar bisa terus bertahan dan bersaing dengan kompetitor.

Mari kita bahas lebih detail mengenai bagaimana cara meningkatkan omset penjualan, dengan meningkatkan jumlah pembeliannya, pada artikel di bawah ini!

Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Stagnan

Penyebab Usaha Stagnan

Pelajari Faktor Penyebab Penjualan Stagnan, Sebelum Mencoba Strategi untuk Meningkatkan Penjualan (Credit: Freepik.com)

Sebelum mempelajari bagaimana cara meningkatkan penjualan, mari kita pelajari terlebih dahulu apa yang menyebabkan penjualan stagnan di bawah ini, agar implementasi strategi yang Anda lakukan lebih optimal dan maksimal.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan stagnan/ susah meningkat:

  • Kurangnya inovasi produk dan layanan, yang bisa menyebabkan hilangnya minat konsumen untuk membeli.
  • Penetapan harga yang tidak tepat, dimana harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga bisa menjadi masalah.
  • Pemasaran yang tidak tepat sasaran, baik secara digital maupun tradisional.
  • Hanya mengandalkan satu segmen pasar, membuat bisnis rentan terhadap perubahan.
  • Tren pasar yang berubah dapat membuat produk atau jasa Anda menjadi usang dan tidak lagi diminati oleh konsumen.
  • Peningkatan persaingan bisnis yang bisa menyebabkan penjualan menurun, apalagi kalau kompetitor menawarkan produk atau layanan yang lebih baik atau lebih murah.
  • dan lainnya..

Anda bisa melakukan analisis secara mendalam mengenai faktor apa yang menyebabkan penjualan Anda stagnan. Sebab, setiap bisnis memiliki faktor yang berbeda, tergantung dengan kondisinya.

Setelah tahu, penyebab pastinya, Anda bisa membuat strategi untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dan terapkan strategi peningkatan penjualan di bawah ini!

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan? Ini Caranya!

bagaimana cara meningkatkan penjualan?

Stratgei meningkatkan omset penjualan (Credit: Freepik.com)

Punya bisnis yang penjualannya terus meningkat adalah impian dan harapan semua pelaku usaha, lantas bagaimana caranya? Berikut diantaranya:

1. Memahami Kebutuhan Konsumen

Langkah pertama agar penjualan meningkat adalah dengan memahami apa yang dibutuhkan konsumen. Anda bisa melakukan riset pasar secara berkala untuk memahami apa yang mereka butuhkan, bagaimana preferensi hingga perilaku mereka.

Dengan melakukan riset pasar, bisnis Anda akan jauh lebih relevan dengan ekspektasi konsumen, sehingga penjualan juga akan mudah meningkat, begitu juga dengan omsetnya.

2. Perluas Platform Penjualan

Berikutnya, perluas platform penjualan Anda. Jangan hanya mengandalkan satu segmen pasar saja. Jika Anda hanya berjualan di toko fisik, coba juga di toko online.

Baik e-commerce, marketplace atau penjualan di media sosial. Dengan platform online, jangkauan pasar Anda akan jauh lebih luas dan akan sangat berpotensi membantu meningkatkan penjualan Anda.

3. Jaga Kualitas Produk dan Layanan

Cara meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan menjaga kualitas produk dan layanan. Pastikan produk dan layanan Anda tetap berkualitas tinggi.

Terus perbarui produk Anda sesuai dengan umpan balik pelanggan dan tren pasar, dan pastikan pelayanan Anda tetap konsisten. Konsistensi inilah yang menjadikan konsumen Anda betah dan tidak ragu merekomendasikan ke orang terdekatnya.

4. Berikan Layanan Pelanggan yang Prima

Kemudian, berikan juga pelayanan yang prima. Pelayanan prima ini pelayanan yang bagaimana? Contohnya, memberikan layanan pelanggan yang responsif, ramah, dan kompeten.

Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha

5. Lakukan Promosi di Media Social

Berikutnya buat dan lakukan promosi di media sosial. Hampir seluruh masyarakat Indonesia dan dunia menggunakan media sosial. Dengan jangkauan dan penggunaannya yang banyak menjadikan media sosial platform yang menarik untuk mengenalkan produk Anda.

Buat konten yang menarik dan berbagi informasi tentang penawaran spesial, diskon, dan acara promosi untuk menarik perhatian pelanggan potensial.

6. Buat Program  Loyalitas Pelanggan

Cara berikutnya adalah dengan membuat program loyalitas pelanggan. Tawarkan pelanggan program khusus seperti  cashback dan sejenisnya yang dapat ditukarkan dengan produk, layanan, atau diskon.

Dengan program loyalitas ini, pelanggan akan merasa dihargai dan didorong untuk melakukan pembelian berulang. Sehingga dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan.

7. Manfaatkan Software Kasir dan Akuntansi

Gunakan juga software kasir dan akuntansi untuk membantu ANda dalam mengelola bisnis. Software kasir untuk membantu pelayanan pelanggan lebih cepat dan membangun program loyalitas.

Sedangkan software kasir online, digunakan untuk membantu mengontrol pembukuan transaksi penjualan, stok barang, hutang/piutang, hingga laporan akuntansi.

Anda bisa mendapatkan dua fitur sekaligus dalam 1 aplikasi dengan menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi akunting. Lebih simple, hemat dan menguntungkan. Klik banner di bawah ini untuk uji coba gratis sekarang juga!

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

8. Bangun Kepercayaan Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan berikutnya adalah membangun kepercayaan pelanggan. Caranya bagiannya? Anda bisa memberikan pengalaman pembelian yang positif dan konsisten kepada pelanggan Anda.

9. Tawarkan Penjualan Bundling

Kemudian, Anda juga bisa menawarkan penjualan bundling, yakni penjualan dengan menggabungkan beberapa produk atau layanan menjadi paket penjualan yang menarik dengan harga yang lebih kompetitif.

Ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak item sekaligus, meningkatkan nilai transaksi. Contohnya, Bundling paket skincare + sunscreen dan lain sebagainya.

Baca Juga: Strategi Penjualan Bundle dan Penjelasan Lainnya

10. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menetapkan harga yang kompetitif, tidak terlalu murah agar tidak dianggap 'produk murahan' juga terlalu mahal, agar konsumen tidak mudah mangkir.

Lakukan penelitian pasar untuk menentukan harga yang sesuai dengan nilai produk Anda dan bersaing dengan pesaing Anda. Jika perlu, sesuaikan juga, harga produk Anda dengan permintaan dan faktor pasar lainnya.

11. Terus Berinovasi dan Evaluasi

Terakhir adalah tetap berinovasi dengan memperkenalkan produk baru, meningkatkan proses operasional, atau menghadirkan pengalaman pelanggan yang baru.

Selalu lakukan evaluasi terhadap strategi dan kinerja Anda, dan siap untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten dan terus-menerus memantau kinerja penjualan Anda, Anda akan dapat meningkatkan penjualan dan memperkuat posisi bisnis Anda di pasar.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Marketing Affiliate dan Strateginya Hasilkan Keuntungan
Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar tentang istilah affiliate. Sebenarnya affiliate artinya apa sih? Affiliate adalah suatu kegiatan mempromosikan produk
Baca Juga
5+ Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Modal Kecil Untung Besar
Anda tentu pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan, usaha yang tidak pernah sepi. Ungkapan ini seakan menjadi mantra para pengusaha
Baca Juga
Contoh Rencana Bisnis: Fungsi, Komponen, & Langkah Membuat
Banyak orang yang memulai bisnis tanpa mempertimbangkan secara matang strategi, potensi, dan juga tantangan yang harus dihadapi. Hal ini membuat
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko
Baca Juga
Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi ala Starbucks
Apakah kalian tahu Starbucks? Mungkin bagi Anda yang penikmat kopi pastinya tidak asing dengan Starbucks. Starbaucks merupakan salah satu kedai
Baca Juga
7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir
Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu