Dalam dunia bisnis yang kompetitif, meningkatkan penjualan bukanlah tugas yang mudah. Anda perlu strategi dan cara meningkatkan penjualan yang efektif agar bisa terus bertahan dan bersaing dengan kompetitor.
Mari kita bahas lebih detail mengenai bagaimana cara meningkatkan omset penjualan, dengan meningkatkan jumlah pembeliannya, pada artikel di bawah ini!
Sebelum mempelajari bagaimana cara meningkatkan penjualan, mari kita pelajari terlebih dahulu apa yang menyebabkan penjualan stagnan di bawah ini, agar implementasi strategi yang Anda lakukan lebih optimal dan maksimal.
Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan stagnan/ susah meningkat:
Anda bisa melakukan analisis secara mendalam mengenai faktor apa yang menyebabkan penjualan Anda stagnan. Sebab, setiap bisnis memiliki faktor yang berbeda, tergantung dengan kondisinya.
Setelah tahu, penyebab pastinya, Anda bisa membuat strategi untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dan terapkan strategi peningkatan penjualan di bawah ini!
Punya bisnis yang penjualannya terus meningkat adalah impian dan harapan semua pelaku usaha, lantas bagaimana caranya? Berikut diantaranya:
Langkah pertama agar penjualan meningkat adalah dengan memahami apa yang dibutuhkan konsumen. Anda bisa melakukan riset pasar secara berkala untuk memahami apa yang mereka butuhkan, bagaimana preferensi hingga perilaku mereka.
Dengan melakukan riset pasar, bisnis Anda akan jauh lebih relevan dengan ekspektasi konsumen, sehingga penjualan juga akan mudah meningkat, begitu juga dengan omsetnya.
Berikutnya, perluas platform penjualan Anda. Jangan hanya mengandalkan satu segmen pasar saja. Jika Anda hanya berjualan di toko fisik, coba juga di toko online.
Baik e-commerce, marketplace atau penjualan di media sosial. Dengan platform online, jangkauan pasar Anda akan jauh lebih luas dan akan sangat berpotensi membantu meningkatkan penjualan Anda.
Cara meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan menjaga kualitas produk dan layanan. Pastikan produk dan layanan Anda tetap berkualitas tinggi.
Terus perbarui produk Anda sesuai dengan umpan balik pelanggan dan tren pasar, dan pastikan pelayanan Anda tetap konsisten. Konsistensi inilah yang menjadikan konsumen Anda betah dan tidak ragu merekomendasikan ke orang terdekatnya.
Kemudian, berikan juga pelayanan yang prima. Pelayanan prima ini pelayanan yang bagaimana? Contohnya, memberikan layanan pelanggan yang responsif, ramah, dan kompeten.
Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Baca Juga: Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Berikutnya buat dan lakukan promosi di media sosial. Hampir seluruh masyarakat Indonesia dan dunia menggunakan media sosial. Dengan jangkauan dan penggunaannya yang banyak menjadikan media sosial platform yang menarik untuk mengenalkan produk Anda.
Buat konten yang menarik dan berbagi informasi tentang penawaran spesial, diskon, dan acara promosi untuk menarik perhatian pelanggan potensial.
Cara berikutnya adalah dengan membuat program loyalitas pelanggan. Tawarkan pelanggan program khusus seperti cashback dan sejenisnya yang dapat ditukarkan dengan produk, layanan, atau diskon.
Dengan program loyalitas ini, pelanggan akan merasa dihargai dan didorong untuk melakukan pembelian berulang. Sehingga dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan.
Gunakan juga software kasir dan akuntansi untuk membantu ANda dalam mengelola bisnis. Software kasir untuk membantu pelayanan pelanggan lebih cepat dan membangun program loyalitas.
Sedangkan software kasir online, digunakan untuk membantu mengontrol pembukuan transaksi penjualan, stok barang, hutang/piutang, hingga laporan akuntansi.
Anda bisa mendapatkan dua fitur sekaligus dalam 1 aplikasi dengan menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi akunting. Lebih simple, hemat dan menguntungkan. Klik banner di bawah ini untuk uji coba gratis sekarang juga!
Cara meningkatkan penjualan berikutnya adalah membangun kepercayaan pelanggan. Caranya bagiannya? Anda bisa memberikan pengalaman pembelian yang positif dan konsisten kepada pelanggan Anda.
Kemudian, Anda juga bisa menawarkan penjualan bundling, yakni penjualan dengan menggabungkan beberapa produk atau layanan menjadi paket penjualan yang menarik dengan harga yang lebih kompetitif.
Ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak item sekaligus, meningkatkan nilai transaksi. Contohnya, Bundling paket skincare + sunscreen dan lain sebagainya.
Baca Juga: Strategi Penjualan Bundle dan Penjelasan Lainnya
Hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menetapkan harga yang kompetitif, tidak terlalu murah agar tidak dianggap 'produk murahan' juga terlalu mahal, agar konsumen tidak mudah mangkir.
Lakukan penelitian pasar untuk menentukan harga yang sesuai dengan nilai produk Anda dan bersaing dengan pesaing Anda. Jika perlu, sesuaikan juga, harga produk Anda dengan permintaan dan faktor pasar lainnya.
Terakhir adalah tetap berinovasi dengan memperkenalkan produk baru, meningkatkan proses operasional, atau menghadirkan pengalaman pelanggan yang baru.
Selalu lakukan evaluasi terhadap strategi dan kinerja Anda, dan siap untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten dan terus-menerus memantau kinerja penjualan Anda, Anda akan dapat meningkatkan penjualan dan memperkuat posisi bisnis Anda di pasar.
Semoga bermanfaat!