Logo Bee Web

10 Cara Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula dan Tipsnya

Mau buka usaha tidak tau caranya? Baca artikel ini dan pahami bagaimana cara memulai usaha dari nol dan cara menyiasati keterbatasan dananya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 21 May 2024

Memiliki usaha sendiri merupakan impian banyak orang. Bayangkan, menjadi bos bagi diri sendiri, mengatur waktu dan kerja, dan tentunya meraih keuntungan finansial yang menjanjikan. Namun, bagaimana cara memulai usaha tersebut?

Untuk memulai sebuah usaha diperlukan adanya persiapan matang, tekad kuat, dan strategi yang tepat untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan. Simak cara dan tipsnya pada artikel di bawah ini!

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Usaha

Cara Memulai usaha dari nol

Sebelum memulai usaha apa saja yang perlu diperhatikan? (Credit: Freepik.com)

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara memulai usaha, Anda perlu tahu apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memulainya, diantaranya:

  • Jenis Usaha: Pilih ide usaha yang Anda sukai dan kuasai, karena hal ini akan mengorbankan komitmen dan dedikasi Anda dalam jangka panjang
  • Rencana Bisnis yang Matang: Buatlah rencana bisnis yang rinci dan detail, mulai dari visi, misi, strategi hingga anggaran keuangan.
  • Modal dan Pendanaan: Pastikan modal yang Anda miliki cukup sebagai modal awal dan operasional bisnis, hitung secara detail dan realistis agar rencana bisnis Anda bisa terlaksana.
  • Kondisi Pasar: Lakukan riset untuk memahami kondisi pasar, permintaan, dan tren terkini untuk memahami peluang pasar usaha Anda.
  • Paham Dasar Ilmu Bisnis: Ikuti pelatihan dan seminar untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Seperti pemahaman mengenai manajemen, pemasaran, keuangan bisnis dan lainnya.
  • Tantangan dan Resiko Bisnis: Menjalankan bisnis memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi, sehingga Anda perlu membuat strategi antisipasi untuk mengatasinya.

Baca Juga: 5 Contoh Analisis Resiko Bisnis dan Cara Analisisnya

Cara Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula

Tips Memulai Usaha

Pastikan jenis usaha yang Anda pilih adalah usaha yang memang Anda minati, pahami dan sukai (Credit: Freepik.com)

Setelah memahami apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai usaha, mari lanjutkan untuk memahami bagaimana caranya berikut ini:

1. Cari Ide Usaha yang Sesuai Minat dan Keahlian

Langkah pertama cara memulai usaha dari nol adalah menentukan jenis usaha apa yang akan dilakukan. Jenis usaha ini akan Anda geluti dalam jangka waktu panjang.

Sehingga pastikan usaha yang Anda pilih memang Anda minati, pahami dan sukai, agar dalam proses pengembangannya Anda tidak merasa terlalu terbebani dan akhirnya berhenti di tengah jalan.

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah menemukan ide bisnis, lanjutkan dengan melakukan riset pasar. Pelajari apakah ide bisnis yang Anda kembangkan itu memiliki peluang di pasar atau tidak.

Jika iya, lanjutkan dengan menentukan siapa target pasar, siapa pesaing, bagaimana tren saat ini dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis yang tepat.

3. Buat Rencana Bisnis

Selanjutnya, dari hasil data riset pasar yang sudah dikumpulkan Anda kembangkan untuk menyusun rencana bisnis. Rencana ini digunakan sebagai panduan panduan yang akan mengarahkan jalannya bisnis Anda nantinya.

Oleh karena itu, dalam rencana usaha wajib mencakup informasi mengenai visi misi, strategi pemasaran, rencana keuangan hingga operasional.

4. Siapkan Modal Usaha

Jika rencana sudah disusun, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan modal usaha. Sebelum mencari modal usaha, Anda perlu menghitung terlebih dahulu apa saja kebutuhan bisnis Anda.

Modal usaha tidak harus menyesuaikan rencana usaha. Anda bisa melakukan sebaliknya yakni menyesuaikan rencana usaha dengan modal.

Artinya, urusan modal ini bisa Anda siapkan terlebih dahulu sebelum menyusun rencana usaha atau sebaliknya. Semua tergantung dengan bagaimana kondisi dan situasi saat itu.

5. Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Selanjutnya adalah turut bergabung dengan komunitas bisnis. Kenapa ini perlu dilakukan? Karena, dengan bergabungnya Anda dalam komunitas bisnis, maka Anda bisa menemukan mitra kerja hingga pemahaman mengenai bisnis lebih mendalam.

Sebab, menjalankan bisnis bukan hanya tentang berjualan, Menjalankan bisnis memang bukan hanya tentang berjualan, melainkan tentang membangun dan mengembangkan usaha secara keseluruhan.

Mencakup bagaimana Anda membangun hubungan dengan pelanggan, pemasok, karyawan, hingga mitra bisnis, berinovasi, beradaptasi dengan perubahan, menyediakan nilai tambah dan lain sebagainya.

6. Bangun Branding Bisnis Anda

Tahapan cara memulai usaha selanjutnya dalam membangun brand. Brand sendiri merupakan identitas bisnis seperti nama, warna, logo hingga perizinan,

Sehingga, pastikan usaha Anda sudah memiliki legalitas yang lengkap, seperti izin usaha dan lainnya. Dengan legalitas yang lengkap bisnis Anda akan lebih kredibel dan dipercaya pelanggan, investor maupun mitra bisnis.

Baca Juga: Cara Membangun Branding Bisnis dan Informasi Lainnya

7. Lakukan Promosi dan Bangun Awareness

Agar bisnis Anda semakin dikenal banyak orang bangun awareness dengan melakukan promosi. Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, TikTok dan sejenisnya. Caranya bagaimana? Anda bisa membuat konten menarik yang berkaitan dengan bisnis atau produk Anda.

Bisa video tips, tutorial atau pengenalan langsung mengenai produk Anda secara langsung, apa saja fiturnya, apa manfaatnya dan sebagainya.

8. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Selanjutnya adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Keuangan dalam bisnis ini menjadi salah satu pilar utama dalam kesuksesan sebuah bisnis.

Dengan pengelolaan yang baik stabilitas keuangan akan terjaga dan dapat memastikan operasional bisnis bisa dijalankan secara normal dan optimal.

Selain itu, dengan mengelola keuangan Anda juga dapat mengidentifikasi dan meminimalisir pemborosan, sehingga meningkatkan profitabilitas bisnis.

Mau bisnis lebih profit anti boncos? Coba gunakan aplikasi pembukuan keuangan usaha Beecloud. Catat transaksi keluar masuknya uang secara rapi, penjualan/pembelian, stok barang hingga laporan akuntansi lengkap yang bisa dipantau dari mana saja dan kapan saja.

Klik banner di bawah ini dan dapatkan uji coba GRATIS sekarang juga!

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

9. Konsisten

Konsistensi adalah kunci utama dalam memulai bisnis. Dengan berdedikasi dan konsisten dalam setiap aspek dari awal hingga akhir, Anda dapat memaksimalkan perkembangan bisnis Anda.

Konsistensi sangat penting untuk pertumbuhan bisnis, karena hal ini melibatkan ketekunan, komitmen terhadap tujuan jangka panjang, dan menghindari kemunduran bisnis.

10. Terus Update dan Belajar

Terakhir adalah terus update informasi bisnis dan belajar hal baru. Dunia bisnis selalu berubah dengan terus belajar dan update informasi bisnis dapat beradaptasi dan terus bertahan secara berkelanjutan.

Tips Cara Menyiasati Keterbatasan Modal untuk Memulai Usaha

Rumus Modal

Modal terbatas bukan kendala untuk memulai usaha (Credit: Freepik.com)

Salah satu tantangan terbesar pengusaha pemula yang ingin memulai usaha adalah dana, lantas bagaimana cara menyiasatinya?

  • Jika dana Anda terbatas dan ingin memulai usaha, Anda bisa sesuaikan rencana bisnis dengan modal yang dimiliki.
  • Jika Anda memiliki ide usaha yang menarik dan potensial, Anda bisa mencari investor untuk membiayai usaha Anda.
  • Terapkan sistem pre-order, dengan sistem pre-order, Anda bisa memproduksi barang sesuai dengan jumlah pesanan yang diterima sehingga tidak terjadi penumpukan stok barang.
  • Anda bisa memanfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan usaha Anda secara gratis.
  • Buatlah anggaran dan catat semua pemasukan dan pengeluaran menggunakan software akuntansi dengan harga affordable untuk membantu kamu melacak keuangan

Nah itu dia beberapa tips dan cara memulai usaha dari nol untuk pemula, mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pegawai kantor yang ingin mencari sampingan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Contoh Personal Branding Efektif dan Menarik untuk Bisnis
Contoh personal branding untuk bisnis yang baik dan efektif itu bagaimana? Apakah haru selalu berkaitan dengan citra diri? Atau ada
Baca Juga
Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk
Merek Anda adalah janji dan komitmen Anda kepada pelanggan. Jadi penting bagi Anda untuk membangunnya dengan hati-hati. Sebuah merek tidak
Baca Juga
6 Faktor Analisis PESTLE dan Contoh Penerapannya dalam Bisnis
Analisis PESTLE adalah singkatan dari Political, Economic, Social, Technological, Legal, dan Environmental, yakni suatu pendekatan yang luas dalam menganalisis faktor-faktor
Baca Juga
11 Tips Cara Memulai Usaha Sembako Laris Manis
Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok. Sebagai bahan pokok, orang yang membuka usaha sembako akan dicari banyak orang karena
Baca Juga
9 Ide Bisnis Handmade: Modal Minim, Hasil Maksimal
Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis dengan modal kecil yang unik dan penuh kreativitas? Salah satu opsi yang patut
Baca Juga
8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula
Bisnis rental mobil pemula adalah jеnіѕ bіѕnіѕ jаѕа уаng раlіng mudаh untuk Anda jаlаnkаn dan раѕtі menguntungkan. Cаrа kеrjаnуа juga
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Thursday, 7 March 2024
9 Jenis Sales Promotion yang Bisa Bikin Penjualan Melejit!
Baca Juga
Friday, 9 February 2024
21 Macam Frozen Food Paling Laris dan Tips Suksesnya
Baca Juga
Wednesday, 3 January 2024
5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya Lengkap!
Baca Juga
Friday, 18 March 2022
Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Bisnis Sembako
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu