🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Cara Membuat Perencanaan Usaha dan Tipsnya

Perencanaan Usaha menjadi salah satu yang banyak terlewatkan oleh pengusaha, khususnya UKM. simak informasi rencana bisnis lainnya di sini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 4 April 2023

Perencanaan Usaha menjadi salah satu tugas yang banyak terlewatkan oleh para pengusaha, khususnya UMKM. Namun, agar bisnis lebih maksimal, maka rencana bisnis ini harus dikembangkan.

Mulai dari sebelum memulai bisnis maupun saat sedang berkembang. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal tentang perencanaan bisnis.

Apa itu Perencanaan Usaha?

Pada dasarnya, rencana bisnis merupakan keseluruhan proses dari hal yang harus dilakukan di masa depan untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Perencanaan tidak hanya dilakukan ketika memulai bisnis baru, namun juga diperlukan untuk bisnis yang sudah ada.

Apa Itu rencana bisnis

Ilusrasi penyusunan rencana bisnis (Credit: Unsplash/UX Indonesia)

Rencana bisnis ini biasanya akan mencakup tenaga kerja, pembiayaan, sumber daya, peralatan yang diperlukan untuk menjalankan proses produksi, pemasaran, penjualan, serta perluasan bisnis. Dalam mengembangkan suatu bisnis tentunya tidak selalu sesuai dengan keinginan.

Cara Mudah Membuat Perencanaan Usaha

Ada beberapa cara membuat rencana bisnis, yang dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah penjelasan terkait cara membuat perencanaan usaha, antara lain:

1. Buat Deskripsi Perusahaan

Tujuan dari adanya deskripsi perusahaan untuk bisa memberikan gambaran singkat tentang industri, model bisnis serta potensi produk agar bertahan di masa depan. Dengan adanya gambaran perusahaan diharapkan para pihak mengetahui potensi perusahaan.

2. Menentukan Strategi Pemasaran

Langkah selanjutnya yaitu menentukan strategi pemasaran berdasarkan analisis yang dilakukan. Analisis pemasaran merupakan analisis yang bisa dimanfaatkan untuk bisa mencapai target pelanggan.

Jenis analisis yang dapat langsung digunakan adalah SWOT, analisis ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari produk. Melalui cara ini, strategi pemasaran bisa diterapkan secara akurat dan efisien.

3. Lakukan Analisis Pesaing

Analisis persaingan sangat diperlukan untuk bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing di pasar yang sama. Setelah tahu kekuatan dan kelemahan pesaing, maka pemilik usaha bisa mencari strategi.

Hal ini untuk memasarkan produknya agar lebih unggul. Selain itu, agar memiliki nilai jual (USP) produk yang lebih baik dari pesaing.

4. Rencana Operasional dan Manajemen

Bagian dari rencana operasional dan manajemen harus bisa dipertimbangkan karena berhubungan langsung dengan kelangsungan operasional. Kedua komponen ini sebenarnya hanya berfokus pada persyaratan logistik seperti peran dan tanggung jawab tim manajemen.

5. Melaksanakan perencanaan pembangunan

Rencana bisnis selanjutnya yang harus dibuat yaitu membuat rencana pengembangan bisnis. Perencanaan Usaha ini diperlukan untuk bisa langsung menunjukkan tahapan perencanaan barang atau jasa yang akan ditawarkan.

6. Menghitung Pendanaan

Pembiayaan merupakan salah satu bagian terpenting dari perencanaan bisnis. Pembiayaan ini tentunya meliputi dari mana sumber dana berasal, seberapa efektif anggaran yang dikelola, serta memastikan anggaran tidak defisit dan penerimaan relatif baik.

Pendanaan rencana bisnis

Pendanaan usaha merupakan hal wajib untuk perencanaan usaha

Ada beberapa dokumen keuangan yang sangat diperlukan untuk menyiapkan laporan keuangan. Misalnya saja seperti Laporan perencanaan keuangan, perkiraan laporan arus kas, neraca serta analisis ROI.

Isi dari Perencanaan Usaha Secara Umum

Pada dasarnya, rencana itu bisa menjadi salah satu pedoman saat bisnis berjalan. Ada beberapa isi yang masuk ke dalam contoh perencanaan usaha, antara lain:

1. Ringkasan

Rencana bisnis biasanya memang berisi ringkasan rencana bisnis dan penjelasannya. Buatlah bagian ini secara singkat dan menarik, mencakup semua hal yang berkaitan dengan bisnis.

2. Analisis Bisnis

Bagian ini akan menjelaskan strategi bisnis perusahaan, bagaimana perusahaan dikelola, produk serta layanan yang ditawarkan. Berikanlah gambaran umum tentang perusahaan di masa mendatang.

3. Analisis Pasar

Analisis ini meliputi tempat perusahaan pesaing, siapa lawannya, segmen pasar apa yang dimiliki. Bahkan, tren apa saja yang akan berkembang di pasar tersebut.

4. Analisis Pelanggan

Bagian ini berkaitan dengan pelanggan mana yang akan menjadi target perusahaan, misalnya anak-anak, pemerintah, sekolah, pemuda, ibu-ibu, dan lainnya. Selain itu, faktor demografi seperti usia, tempat tinggal, gaya hidup jenis kelamin, serta pendapatan yang harus diketahui.

5. Analisis Kompetitif

Rencana bisnis juga tentunya mencakup analisis pesaing, yakni siapa saja pesaing Anda dan bagaimana akan mengalahkan pesaing tersebut. Pesaing ini bisa diartikan sebagai perusahaan lain yang menjual produk sama.

6. Rencana Pemasaran

Jelaskan juga rencana perusahaan untuk melakukan penetrasi pasar. Beberapa hal yang harus dipahami yaitu posisi perusahaan, strategi brand and image, strategi periklanan, strategi harga serta potensi kemitraan.

7. Strategi Operasional dan Rencana Pengembangan

Bagian ini merupakan salah satu strategi internal perusahaan untuk mencapai tujuan. Isinya akan mencakup apa yang dibutuhkan oleh bisnis, apa yang perlu dicapai sebelum bergabung, serta bagaimana kualitas dikendalikan.

8. Manajemen

Tulislah secara rinci tim manajemen perusahaan. Hal ini untuk bisa memastikan manajemen profesional perusahaan.

9. Rencana Keuangan

Rencana keuangan tentunya mencakup jumlah modal dan dari mana asalnya, berapa biaya perusahaan. Selain itu, juga pendapatan yang diharapkan, perkiraan laba/rugi perusahaan. Lalu lampiran dokumen yang akan nantinya menjelaskan rencana bisnis perusahaan.

5 Manfaat dari Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha pada dasarnya juga bisa digunakan sebagai alat untuk menarik investor. Hal ini karena mencakup segala sesuatu yang akan berhubungan erat pada operasi bisnis selanjutnya.

manfaat perencanaan usaha

perencanaan usaha memiliki berbagai manfaat

Perencanaan bisnis ini tidak hanya dibutuhkan oleh seseorang yang dalam menjalankan bisnis besar. Akan tetapi, semua jenis bisnis khususnya bisnis kecil dan menengah yang memerlukan perencanaan bisnis, berikut penjelasannya.

1. Dasar Bisnis

Perencanaan bisnis ini tentunya dapat dilihat sebagai dasar atau fondasi dari sebuah bisnis. Rencana bisnis harus bisa disusun sedetail mungkin, jadi semakin komprehensif rencana bisnis maka akan semakin fokus bisnis yang sedang berjalan.

Dalam menjalankan sebuah perusahaan juga jauh lebih mudah. Dengan perencanaan bisnis yang baik, maka kemungkinan besar bisnis akan berkembang pesat.

2. Bisnis Lebih Fokus

Perencanaan bisnis ini tentunya akan membuat bisnis lebih fokus dan terkontrol. Melalui cara ini, tujuan perusahaan bisa lebih mudah dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Usaha juga akan langsung berkembang secara terencana dan baik. Hal ini tentunya karena perencanaan bisnis telah mencakup bisnis jangka pendek, menengah serta panjang

3. Bisa Memprediksi Masa Depan

Ketika seorang pebisnis ingin membuat suatu rencana, maka akan memberikan gambaran jangka pendek, menengah, dan panjang untuk perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk bisa memprediksi masa depan berdasarkan risiko kerugian yang akan terjadi.

4. Sumber Pendanaan Sedang Dicari

Manfaat perencanaan bisnis berikutnya yaitu bisa menarik investor. Secara tidak langsung, rencana bisnis tentunya menjadi dokumen untuk memperoleh sumber pembiayaan.

5. Meningkatkan Level Bisnis

Keuntungan berikutnya dari perencanaan bisnis yaitu adanya peluang untuk membawa level bisnis ke level yang lebih tinggi. Rencana bisnis yang terorganisir dengan baik maka akan menginspirasi pengusaha untuk bisa menjalankan bisnis.

Ketika ada rencana dalam menjalankan suatu bisnis, maka akan memiliki peluang lebih baik untuk tumbuh dan berkembang pesat. Jadi, jangan terlalu meremehkan dampak rencana bisnis dan bersiaplah untuk berkembang dengan cepat.

Kesimpulan

Pada dasarnya, setiap perusahaan memang harus memiliki rencana lebih dahulu. Hal ini tentunya agar perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik. Apabila rencana sudah matang maka bisnis yang akan dijalankan juga lebih mudah. Bahkan, hasil yang akan didapatkan nantinya lebih maksimal.

Oleh karena itu, sudah seharusnya perusahaan lebih teliti dalam merencanakan bisnis. Perencanaan Usaha ini dapat dilakukan siapa saja yang ingin memulai bisnis.

Oh iya selain hal di atas ada lagi yang lebih krusial, yaitu mengenai pembukuan keuangan. Di sini saya menyarankan Anda untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud yang dapat membantu Anda mengelola dan menganalisa seluruh operasional usaha.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Mulai dari stok, penjualan, neraca sampai akuntansi. Selain itu, Anda akan tahu mana produk yang paling laris melalui laporan penjualan per chanel dan beberapa informasi penting lainnya. Selengkapnya Anda bisa klik gambar di atas.

Artikel Terkait

5 Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis
Banyak orang berfikir di era teknologi seperti saat ini, lokasi tidaklah terlalu penting. Namun, terlepas dari semakin pesatnya teknologi dan
Baca Juga
Pemasaran Adalah: Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memainkan peran kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa marketing yang efektif,
Baca Juga
Tips Melakukan Manajemen Gudang yang Benar
Setiap perusahaan yang punya gudang sendiri atau menyewa memang sudah sepatutnya melakukan suatu sistem manajemen gudang secara baik dan benar.
Baca Juga
5 Cara Optimasi Bisnis dengan Biaya Peluang dan Info Lainnya
Biaya yang muncul dikarenakan hilangnya kesempatan dampak dari pemenuhan suatu kebutuhan lain yaitu definisi biaya peluang atau opportunity cost. Jenis
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Umum Mudah Serta Contohnya
Jurnal umum adalah sebuah media yang akan digunakan untuk mencatat setiap bukti transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Tidak
Baca Juga
Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat
Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu