Perencanaan Usaha menjadi salah satu tugas yang banyak terlewatkan oleh para pengusaha, khususnya UMKM. Namun, agar bisnis lebih maksimal, maka rencana bisnis ini harus dikembangkan.
Mulai dari sebelum memulai bisnis maupun saat sedang berkembang. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal tentang perencanaan bisnis.
Pada dasarnya, rencana bisnis merupakan keseluruhan proses dari hal yang harus dilakukan di masa depan untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Perencanaan tidak hanya dilakukan ketika memulai bisnis baru, namun juga diperlukan untuk bisnis yang sudah ada.
Rencana bisnis ini biasanya akan mencakup tenaga kerja, pembiayaan, sumber daya, peralatan yang diperlukan untuk menjalankan proses produksi, pemasaran, penjualan, serta perluasan bisnis. Dalam mengembangkan suatu bisnis tentunya tidak selalu sesuai dengan keinginan.
Ada beberapa cara membuat rencana bisnis, yang dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah penjelasan terkait cara membuat perencanaan usaha, antara lain:
Tujuan dari adanya deskripsi perusahaan untuk bisa memberikan gambaran singkat tentang industri, model bisnis serta potensi produk agar bertahan di masa depan. Dengan adanya gambaran perusahaan diharapkan para pihak mengetahui potensi perusahaan.
Langkah selanjutnya yaitu menentukan strategi pemasaran berdasarkan analisis yang dilakukan. Analisis pemasaran merupakan analisis yang bisa dimanfaatkan untuk bisa mencapai target pelanggan.
Jenis analisis yang dapat langsung digunakan adalah SWOT, analisis ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari produk. Melalui cara ini, strategi pemasaran bisa diterapkan secara akurat dan efisien.
Analisis persaingan sangat diperlukan untuk bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing di pasar yang sama. Setelah tahu kekuatan dan kelemahan pesaing, maka pemilik usaha bisa mencari strategi.
Hal ini untuk memasarkan produknya agar lebih unggul. Selain itu, agar memiliki nilai jual (USP) produk yang lebih baik dari pesaing.
Bagian dari rencana operasional dan manajemen harus bisa dipertimbangkan karena berhubungan langsung dengan kelangsungan operasional. Kedua komponen ini sebenarnya hanya berfokus pada persyaratan logistik seperti peran dan tanggung jawab tim manajemen.
Rencana bisnis selanjutnya yang harus dibuat yaitu membuat rencana pengembangan bisnis. Perencanaan Usaha ini diperlukan untuk bisa langsung menunjukkan tahapan perencanaan barang atau jasa yang akan ditawarkan.
Pembiayaan merupakan salah satu bagian terpenting dari perencanaan bisnis. Pembiayaan ini tentunya meliputi dari mana sumber dana berasal, seberapa efektif anggaran yang dikelola, serta memastikan anggaran tidak defisit dan penerimaan relatif baik.
Ada beberapa dokumen keuangan yang sangat diperlukan untuk menyiapkan laporan keuangan. Misalnya saja seperti Laporan perencanaan keuangan, perkiraan laporan arus kas, neraca serta analisis ROI.
Pada dasarnya, rencana itu bisa menjadi salah satu pedoman saat bisnis berjalan. Ada beberapa isi yang masuk ke dalam contoh perencanaan usaha, antara lain:
Rencana bisnis biasanya memang berisi ringkasan rencana bisnis dan penjelasannya. Buatlah bagian ini secara singkat dan menarik, mencakup semua hal yang berkaitan dengan bisnis.
Bagian ini akan menjelaskan strategi bisnis perusahaan, bagaimana perusahaan dikelola, produk serta layanan yang ditawarkan. Berikanlah gambaran umum tentang perusahaan di masa mendatang.
Analisis ini meliputi tempat perusahaan pesaing, siapa lawannya, segmen pasar apa yang dimiliki. Bahkan, tren apa saja yang akan berkembang di pasar tersebut.
Bagian ini berkaitan dengan pelanggan mana yang akan menjadi target perusahaan, misalnya anak-anak, pemerintah, sekolah, pemuda, ibu-ibu, dan lainnya. Selain itu, faktor demografi seperti usia, tempat tinggal, gaya hidup jenis kelamin, serta pendapatan yang harus diketahui.
Rencana bisnis juga tentunya mencakup analisis pesaing, yakni siapa saja pesaing Anda dan bagaimana akan mengalahkan pesaing tersebut. Pesaing ini bisa diartikan sebagai perusahaan lain yang menjual produk sama.
Jelaskan juga rencana perusahaan untuk melakukan penetrasi pasar. Beberapa hal yang harus dipahami yaitu posisi perusahaan, strategi brand and image, strategi periklanan, strategi harga serta potensi kemitraan.
Bagian ini merupakan salah satu strategi internal perusahaan untuk mencapai tujuan. Isinya akan mencakup apa yang dibutuhkan oleh bisnis, apa yang perlu dicapai sebelum bergabung, serta bagaimana kualitas dikendalikan.
Tulislah secara rinci tim manajemen perusahaan. Hal ini untuk bisa memastikan manajemen profesional perusahaan.
Rencana keuangan tentunya mencakup jumlah modal dan dari mana asalnya, berapa biaya perusahaan. Selain itu, juga pendapatan yang diharapkan, perkiraan laba/rugi perusahaan. Lalu lampiran dokumen yang akan nantinya menjelaskan rencana bisnis perusahaan.
Perencanaan usaha pada dasarnya juga bisa digunakan sebagai alat untuk menarik investor. Hal ini karena mencakup segala sesuatu yang akan berhubungan erat pada operasi bisnis selanjutnya.
Perencanaan bisnis ini tidak hanya dibutuhkan oleh seseorang yang dalam menjalankan bisnis besar. Akan tetapi, semua jenis bisnis khususnya bisnis kecil dan menengah yang memerlukan perencanaan bisnis, berikut penjelasannya.
Perencanaan bisnis ini tentunya dapat dilihat sebagai dasar atau fondasi dari sebuah bisnis. Rencana bisnis harus bisa disusun sedetail mungkin, jadi semakin komprehensif rencana bisnis maka akan semakin fokus bisnis yang sedang berjalan.
Dalam menjalankan sebuah perusahaan juga jauh lebih mudah. Dengan perencanaan bisnis yang baik, maka kemungkinan besar bisnis akan berkembang pesat.
Perencanaan bisnis ini tentunya akan membuat bisnis lebih fokus dan terkontrol. Melalui cara ini, tujuan perusahaan bisa lebih mudah dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Usaha juga akan langsung berkembang secara terencana dan baik. Hal ini tentunya karena perencanaan bisnis telah mencakup bisnis jangka pendek, menengah serta panjang
Ketika seorang pebisnis ingin membuat suatu rencana, maka akan memberikan gambaran jangka pendek, menengah, dan panjang untuk perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk bisa memprediksi masa depan berdasarkan risiko kerugian yang akan terjadi.
Manfaat perencanaan bisnis berikutnya yaitu bisa menarik investor. Secara tidak langsung, rencana bisnis tentunya menjadi dokumen untuk memperoleh sumber pembiayaan.
Keuntungan berikutnya dari perencanaan bisnis yaitu adanya peluang untuk membawa level bisnis ke level yang lebih tinggi. Rencana bisnis yang terorganisir dengan baik maka akan menginspirasi pengusaha untuk bisa menjalankan bisnis.
Ketika ada rencana dalam menjalankan suatu bisnis, maka akan memiliki peluang lebih baik untuk tumbuh dan berkembang pesat. Jadi, jangan terlalu meremehkan dampak rencana bisnis dan bersiaplah untuk berkembang dengan cepat.
Pada dasarnya, setiap perusahaan memang harus memiliki rencana lebih dahulu. Hal ini tentunya agar perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik. Apabila rencana sudah matang maka bisnis yang akan dijalankan juga lebih mudah. Bahkan, hasil yang akan didapatkan nantinya lebih maksimal.
Oleh karena itu, sudah seharusnya perusahaan lebih teliti dalam merencanakan bisnis. Perencanaan Usaha ini dapat dilakukan siapa saja yang ingin memulai bisnis.
Oh iya selain hal di atas ada lagi yang lebih krusial, yaitu mengenai pembukuan keuangan. Di sini saya menyarankan Anda untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud yang dapat membantu Anda mengelola dan menganalisa seluruh operasional usaha.
Mulai dari stok, penjualan, neraca sampai akuntansi. Selain itu, Anda akan tahu mana produk yang paling laris melalui laporan penjualan per chanel dan beberapa informasi penting lainnya. Selengkapnya Anda bisa klik gambar di atas.