Usaha bengkel juga perlu pembukuan loh, karena dengan pembukuan bengkel motor excel Anda dapat memantau stok barang hingga keuangan yang masuk dan keuangan yang keluar. Jika Anda seorang pengusaha, laporan keuangan tentu saja sudah tidak asing lagi, PR-nya sekarang, kapan Anda akan mulai melakukan pembukuannya saja.
Lalu, bagaimana membuat laporan keuangan di Excel tanpa rumit? Banyak orang berpikir bahwa Excel adalah jenis Microsoft yang sulit dipahami. Anda harus mengubah pola pikir karena mengoperasikan Excel hanya membutuhkan akurasi di dalamnya. Ini karena penulisan laporan yang menggunakan Excel dianggap rapi dan mudah dimengerti.
Dalam artikel ini, itu akan dijelaskan secara penuh tentang cara membuat pembukuan untuk usaha bengkel menggunakan Microsoft Excel dengan cepat dan tepat.
Usaha bengkel, baik bengkel mobil, motor, maupun bengkel servis lainnya, memerlukan pembukuan usaha untuk memastikan keuangan bisnis berjalan dengan baik dan terkontrol
Selain itu, berikut beberapa keuntungan dan alasan kenapa usaha bengkel perlu pembukuan usaha:
Alasan pertama kenapa usaha bengkel perlu pembukuan adalah untuk membantu pemilik bengkel dalam memantau pemasukan dan pengeluaran usaha bengkelnya. Seperti pemasukan dari jasa servis, penjualan spare part, atau biaya tambahan lainnya.
Di sisi lain, ada pengeluaran seperti pembelian suku cadang, gaji karyawan, hingga biaya operasional. Dengan pembukuan, semua transaksi ini bisa dicatat dengan rapi sehingga pemilik usaha tahu apakah bengkel sedang untung atau rugi.
Tanpa pencatatan keuangan yang jelas, pemilik usaha mungkin tidak menyadari jika ada kebocoran kas, seperti:
Dengan pembukuan yang rapi, semua transaksi bisa dikontrol dengan lebih ketat.
Tidak hanya untuk memantau keuangan usaha Anda saja, Anda juga bisa mengontrol dan mengelola stok suku cadang bisnis bengkel Anda. Tanpa pencatatan yang baik, stok barang bisa tidak terkontrol sehingga menyebabkan beberapa hal berikut:
Dan masih banyak lagi lainnya, dan tentu saja dapat membantu pemilik bengkel dalam mengelola usaha mereka.
Keutungan dan Kekurangan Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel (Credit: bee.id)
Sebelum memutuskan untuk membuat pembukuan bengkel motor di excel, Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan microsoft excel terlebih dahulu.
Berikut beberapa keuntungan ketika menggunakan excel untuk pembukuan usaha Anda:
Selain memiliki sederet keuntungan yang bisa dengan baik Anda manfaatkan, pembuatan laporan atau pembukuan keuangan dengan excel juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut:
Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan aplikasi pembukuan untuk membuat laporan keuangan yang lebih baik lagi.
Seperti diketahui bahwa Microsoft Excel memiliki banyak fitur yang dapat dilihat dari bilah menu. Jika Anda bingung karena banyak fitur, berikut adalah hal-hal utama di Microsoft Excel yang digunakan untuk mengelola data dan angka.
Cara membuat laporan keuangan di Excel yang pertama dapat memanfaatkan tabel pivot. Tabel ini terletak di menu Sisipkan.
Apakah Anda tidak tahu apa itu fitur tabel pivot? Fitur ini adalah format tabel yang fungsinya dapat merangkum set data kompleks berdasarkan sel yang dipilih.
Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat ringkasan yang terkait dengan data akuntansi mentah dan kemudian mengurutkan (grup) ke dalam kategori yang berbeda.
Tabel pivot akan memudahkan Anda untuk melakukan skrining data yang rumit. Dengan tabel pivot, data Anda akan rapi dan grup sesuai dengan kategori.
Berikut langkah-langkah sederhana dalam membuat tabel pivot dan cara analisisnya:
Fitur kedua yang digunakan untuk memproses nomor data dari pembukuan di Microsoft Excel adalah what if analysis. Fitur ini terletak di bagian "Menu".
Apa penggunaan fitur analisis what if? Fitur ini digunakan untuk membantu Anda memperkirakan pengumpulan data dalam rumus. Anda dapat melakukan tes hasil baru dengan modifikasi data tanpa menghapus kumpulan data primer.
Fitur ini juga sangat akurat jika digunakan untuk mengelola arus kas dari semua anggaran dan perkiraan. Bagaimana jika juga akan menguji estimasi anggaran dalam bentuk format garis, yaitu garis tren atau grafik batang.
Berikut langkah-langkah pembuatannya:
Cara membuat laporan keuangan di Excel ketiga dengan memanfaatkan fitur Forecast Sheets. Fitur ini dapat ditemukan di menu yang sama dengan what if analysis.
Melalui fitur ini, Anda dapat memperkirakan tren data berdasarkan nilai-nilai historis. Dapat dikatakan jika forecast sheets ini akan memprediksi tren ke dalam format grafis yang hanya mengubah nilai data dalam sel.
Kapan fitur forecast sheets dapat digunakan? Anda harus memahami jika fitur ini dikatakan relevan jika Anda memiliki data historis yang memiliki ruang lingkup beberapa tahun. Jadi, sebelum menggunakan lembar perkiraan, Anda dapat memperkirakan data di perusahaan bisnis untuk diproses.
Berikut langkah-langkah pembuatannya:
Ilustrasi Pembukuan dengan Aplikasi Bengkel Beeaccounting (Sumber:
Berbicara tentang bagaimana membuat laporan keuangan di Excel, ini tidak sulit tetapi membutuhkan akurasi ekstra. Anda juga tidak boleh malas untuk mencoba fitur yang terkait dengan angka di Excel yang dijelaskan di atas.
Di bawah ini akan dibahas secara lengkap tentang tips tentang membuat laporan menggunakan Excel.
Cara pertama untuk membuat laporan keuangan di Excel adalah dengan mempelajari template pembukuan usaha. Jika Anda membaca artikel, banyak bacaan yang dibahas terkait dengan penciptaan templat laporan keuangan di Excel. Anda dapat mencoba memilih dan menerapkan ke Excel.
Manfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Excel untuk memproses data Anda. Pilih template yang mudah dimengerti sehingga Anda tidak merasa sulit saat menulis laporan.
BACA JUGA: Template Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana dan Cara Menyusunya
Selanjutnya, Anda harus fokus pada pemilihan data prefilled. Ini diterapkan kepada Anda saat melakukan perhitungan akuntansi dan manajemen termasuk arus kas.
Anda dapat berlatih sebanyak mungkin untuk menggunakan pemilihan data yang sudah diawali. Cara membuat laporan pembukuan bulanan, seorang pengguna harus memberikan waktu dalam memahami setiap penggunaan fitur di dalamnya.
Cara membuat laporan pembukuan di Excel memang membutuhkan template yang rapi dan jelas. Anda tidak perlu bingung atau khawatir tentang ini.
Anda dapat membuat templat otomatis yang disediakan oleh Excel. Jalan yang pertama, Anda harus memilih tombol menu.
Kemudian, klik Wizard dan Anda akan menemukan banyak templat di sana. Beberapa contoh template yang disediakan termasuk agenda, faks, dan sebagainya.
Dari templat ini Anda dapat membuat berbagai bentuk laporan keuangan bisnis yang diinginkan. Pilih format template yang menurut Anda sederhana dan mampu memberikan ringkasan yang terkait dengan pendapatan bisnis dan data pengeluaran.
BACA JUGA: Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Selain melakukan pembukuan secara manual menggunakan aplikasi microsoft excel, Anda juga bisa membuat pembukuan otomatis dengan menggunakan aplikasi bengkel motor Beeaccounting.
Aplikasi ini juga lengkap dengan modul penjualan dan stok, lengkap dengan laporan laporan keuangan. Anda bisa coba Aplikasi Bengkel Motor Beeaccounting yang nantinya juga bisa melakukan export data menjadi excel.
Pembukuan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Beeaccounting?
Dengan aplikasi bengkel Beeaccounting Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual, terhindar dari kesalahan manusaia, data aman dan tentunya laporan keuangan Anda akan jadi lebih akurat, bisnis jadi mudah dikelola dan tentu saja menguntungkan.
Klik banner di atas dan dapatkan akses gratis uji coba pembukuan keuangan bengkel motor sekarang juga!