Content Marketing saat ini memang memegang peranan yang sangat penting. Secara umum, strategi pemasaran konten bisa diterapkan oleh berbagai macam bisnis, khususnya UMKM.
Jadi tidak heran bila strategi ini akan membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Hal ini tentunya karena potensi keberhasilan serta keuntungannya sangat tinggi.
Pengertian Content Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang akan menciptakan serta mendistribusikan konten relevan, dan konsisten agar bisa menarik perhatian audiens. Akan tetapi, konten marketing tidak hanya mengenai cara membuat konten untuk audiens saja.
Tujuan dari pemasaran konten ini untuk bisa membangun hubungan dalam jangka panjang yang lebih kuat dengan para audiens. Oleh sebab itu, konten yang akan dibuat harus lebih relevan sehingga audiens memiliki kedekatan emosional terhadap konten tersebut.
Misalnya saja dalam pembuatan marketing pada Content Marketing Institute (CMI). Dimana mereka merupakan salah satu penyedia konten paling besar di YouTube dalam bentuk video statistik.
Faktanya, saat ini mereka telah memperluas strategi untuk bisa memasukkan podcast. Tujuannya yaitu agar bisa menjalin hubungan dengan publik pada semua media sosial.
Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Konten Marketing terbagi atas beberapa bentuk yang perlu dipahami. Berikut ini adalah penjelasan terkait bentuk konten marketing.
Banyak sekali orang yang merasa tidak paham dengan informasi yang disajikan di media sosial. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan tren infografis.
Infografis mampu menyajikan data yang lebih kompleks dengan format mudah dipahami. Keunggulan dari infografis yaitu menyajikan perpaduan antara gambar dan teks, namun informasi yang akan disampaikan sangat penting.
Apabila Anda tidak mempunyai tempat untuk membuat konten, maka bisa menggunakan situs web atau blog. Situs web ini memungkinkan Anda untuk membuat artikel yang lebih relevan dengan audiens.
Selain dapat membuat artikel yang sesuai dengan audiens, Anda juga bisa memperhatikan optimasi pada mesin pencari. Misalnya saja SEO tidak bisa dipisahkan dari konten marketing.
Secara umum, strategi SEO yang baik akan mendatangkan banyak sekali traffic ke website atau blog milik Anda. Selain itu, Anda harus bisa memastikan website atau blog responsif terhadap handphone.
Sebagian besar pembuat konten juga bisa menggunakan kesempatan podcast untuk meningkatkan kesadaran para audiens. Tema podcast ini dapat dimodifikasi sesuai dengan audiens.
Podcast sendiri merupakan salah satu tempat untuk bisa menggantikan radio. Audiens nantinya bisa langsung menikmati konten Anda di mana saja, dan kapan saja sambil melakukan hal yang lain.
Video juga menjadi salah satu alat yang ampuh dalam Content Marketing, khususnya melalui YouTube. Hal ini tentunya karena masyarakat Indonesia masih berminat terhadap YouTube.
Selain itu, konten yang berupa video jauh lebih mudah dipahami dan dapat dinikmati dimana saja. Caranya cukup dengan membuat video yang bermanfaat bagi audiens.
Pada umumnya, untuk bisa membangun hubungan yang jauh lebih kuat dengan para audiens maka harus menyediakan konten berkualitas dan relevan. Hal ini tentunya bisa menumbuhkan hubungan emosional dengan penonton bila dilakukan secara konsisten.
Ketika hubungan semakin kuat dan berhasil dibangun, maka publik akan membuat keputusan terhadap produk. Berikut ini adalah cara membuat strategi konten marketing.
Sebelum Anda buat Content Marketing, maka harus tahu tujuan yang ingin dicapai. Misalnya saja menetapkan visi, misi merek, serta kebutuhan bisnis.
Tujuan ini juga kapan saja bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari perkembangan serta kebutuhan bisnis. Jadi pastikan tujuan tersebut telah terpenuhi dengan baik.
Agar strategi pemasaran semakin berhasil, maka juga harus lebih memperhatikan audiens. Pahamilah audiens Anda, agar strategi yang dibuat bisa berjalan lebih efektif.
Lalu kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang audiens, mulai dari jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, usia, pendapatan. Kemudian, cari tahu juga apa yang disukai bagi audiens.
Apabila konten yang disajikan lebih berkualitas dan konsisten, maka akan mendapatkan kepercayaan dari para audiens. Jadi jangan ragu untuk membuat video, postingan blog, serta konten berkualitas lainnya.
Ketika Anda telah memahami audiens maka lebih mudah memunculkan ide konten yang lebih berkualitas. Jadi buatlah konten Anda tidak hanya informatif, namun juga memberikan solusi.
Cara ini sebenarnya bisa Anda gunakan untuk menemukan ide konten yang lebih berkualitas. Anda bisa meneliti tentang pesaing terlebih dahulu.
Ketahui apa saja yang dilakukan pesaing namun ingat jangan plagiat. Dapatkanlah hal-hal menarik yang tidak ada di dalam konten para pesaing.
Pada dasarnya, konsep konten marketing ini mempunyai daya tarik tersendiri. Ada beberapa manfaat dan fungsi konten marketing, antara lain:
Salah satu kunci paling terpenting agar konten marketing berhasil yaitu terus memberikan konten unik di situs dan mempromosikannya pada media sosial. Hal ini tentunya akan menciptakan lebih banyak peluang bagi pelanggan baru untuk menjadi konsumen.
Biasanya, semakin banyak orang yang mengunjungi situs web dan melihat konten, maka akan semakin besar kemungkinan menjadi konsumen. Nantinya, orang ingin tahu sebanyak mungkin tentang produk sebelum membelinya.
Membuat konten yang lebih menarik kemungkinan akan diterima dengan baik oleh para pelanggan. Selain itu, juga memberi Anda kesempatan untuk terlibat langsung dengan mereka.
Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Agar bisa membantu Anda memahami strategi konten marketing sudah ada beberapa contohnya. Berikut ini adalah contoh content marketing yang bisa dicoba.
Contoh content marketing yang pertama adalah website, situs web menjadi jembatan paling utama antara bisnis dan pelanggan di Internet. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus memiliki situs web agar pelanggan sering menjangkau bisnis milik Anda dari mana saja.
Situs web juga cenderung lebih menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak sering berubah. Oleh sebab itu, gunakanlah teks yang menyenangkan dan menarik sehingga membuat pengunjung betah menjelajahi situs web dalam waktu yang lama.
Tidak sama seperti situs web, blog memungkinkan Anda untuk bisa mengembangkan strategi pemasaran dengan lebih banyak tulisan. Anda juga bisa memperbarui tulisan terus-menerus atau menerbitkan artikel setiap hari.
Apabila blog adalah content marketing, maka bisa menulis artikel yang lebih panjang dan jelas. Contohnya saja untuk mendeskripsikan produk, kemudian menambahkan pesan yang mengajak pembaca untuk membeli produk Anda.
Video juga dikenal sebagai salah satu konten yang dapat digunakan untuk marketing. Anda dapat mengunggahnya ke berbagai macam platform yang memiliki audiens besar seperti TikTok, YouTube, atau Instagram.
Pastikan Anda telah membuat konten yang memenuhi persyaratan dari setiap platform tersebut. Contohnya saja, di TikTok atau Instagram, bisa unggah video dengan format potret pendek saja.
Namun, kualitas harus bagus karena kedua platform ini termasuk platform seluler non-lanskap. Tidak sama seperti YouTube, Anda bisa mengunduh video yang lebih panjang secara horizontal.
Jadi dapat dikatakan bahwa konten marketing sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Namun, jika Anda ingin menggunakan strategi ini harus banyak belajar lebih dulu. Saat ini sudah banyak informasi yang ada di internet, jadi bisa dipelajari dengan mudah. Ketahui juga semua contoh content marketing agar lebih mudah dan menjadikan penjualan lebih optimal.
Yuk, scale up bisnis bersama menggunakan software akuntansi online beecloud, mudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, kontrol anggaran bisnis secara lebih efektif berdasarkan laporan keuangan yang ada. Rencana pemasaran bisa dilaksanakan dengan lebih efisien perencanaan bisnis pun tidak asal-asalan lagi.