Cara membuat anggaran tahunan bisnis pertama-tama harus direncanakan dengan teliti untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Dengan membuat anggaran tahunan, Anda dapat menetapkan prioritas dan tujuan yang lebih baik, membuat komitmen jangka panjang, dan membuat keputusan perekrutan.
Penyusunan anggaran atau budgetting merupakan sebuah rencana yang dibuat juga disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan dalam perusahaan untuk periode dan jangka waktu tertentu di masa mendatang.
Penganggaran disini juga merupakan komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa mendatang.
Maka dari itu anggaran belanja seringkali disebut juga dengan rencana keuangan.
Terdapat berbagai jenis anggaran belanja, yakni anggaran belanja penjualan, belanja produksi, belanja tunai, belanja pemasaran, belanja proyek, belanja pendapatan, dan belanja ekspeditur.
Anggaran tahunan penting karena memungkinkan bisnis menetapkan prioritas, sasaran, dan batas pengeluaran. Ini memungkinkan bisnis untuk melacak di mana ia berada secara finansial, yang memungkinkan perencanaan jangka panjang yang lebih efektif.
Membuat anggaran tahunan juga membantu Anda mengenali kapan Anda memiliki kemampuan untuk merekrut karyawan baru, menetapkan sasaran penghasilan baru yang sejalan dengan tujuan perusahaan, dan berinvestasi dalam lini laba baru.
Manfaat lain untuk membuat anggaran tahunan meliputi:
Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya terkait budgeting pada masa yang akan datang.
Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana budgeting yang telah disusun sebelumnya.
Pedoman anggaran belanja perusahaan didasarkan pada budgeting belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum budgeting tahun berikutnya. Pedoman ini dikenal sebagai manajemen puncak untuk dasar dalam menyusun anggaran belanja.
Untuk memulai proses pembuatan anggaran tahunan, mulailah dengan persiapan anggaran, penentuan anggaran, dan pelaksanaan anggaran.
Persiapan penyusunan anggaran dibuat dengan memeriksa laporan laba rugi dari dua tahun terakhir. Hapus pengeluaran tidak biasa yang tidak Anda antisipasi selama tahun mendatang, serta pendapatan satu kali.
Lakukan analisa rata-rata angka dari laporan laba rugi dua tahun terakhir kemudian sesuaikan dengan biaya yang naik selama tahun tersebut. Buat juga modifikasi untuk perubahan margin kotor, investasi satu kali, kondisi pasar, dan pendapatan yang Anda antisipasi selama tahun mendatang. Perimbangkan juga bagaimana perubahan di beberapa area dapat berdampak pada yang lain.
Misalnya, jika Anda mempekerjakan lebih banyak profesional penjualan, pendapatan Anda akan naik dari penjualan tambahan, tetapi Anda juga akan membelanjakan lebih banyak untuk asuransi kesehatan dan biaya terkait lainnya.
Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang pendapatan dan pengeluaran bisnis untuk tahun ini, Anda harus melihat lebih dekat pada pengeluaran. Beberapa pengeluaran perusahaan Anda adalah biaya tetap seperti asuransi, sewa, sewa, dll.
Anda juga harus memperhatikan biaya untuk gaji karyawan karena harus sejalan dengan pertumbuhan dan pendapatan perusahaan. Anda juga harus melihat apakah Anda perlu merekrut, dampak perekrutan pada area lain dari anggaran Anda dan tingkat pengalaman apa yang Anda perlukan untuk mengoptimalkan operasi.
Pengeluaran modal seperti komputer baru, mesin, furnitur dan barang-barang lainnya juga penting untuk dimasukkan dalam anggaran.
Pikirkan peralatan apa yang perlu Anda beli untuk karyawan baru. Juga pikirkan tentang peralatan apa pun yang perlu Anda beli atau perbarui untuk menghasilkan produk atau layanan Anda.
Selalu ingat bahwa investasi dapat mempengaruhi output. Meskipun mungkin tergoda untuk menunda investasi besar, keputusan ini dapat memengaruhi waktu pengiriman, kualitas produk, dan output, yang dapat berdampak besar pada pendapatan dari waktu ke waktu.
Saat Anda membuat anggaran tahunan, penting untuk menjaga pendapatan arus kas. Misalnya, Anda mungkin perlu membeli inventaris sebelum melakukan penjualan dan Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki uang tunai untuk melakukan pembelian yang diperlukan. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat membuat laporan arus kas menggunakan laporan laba rugi dan tingkat perputaran AR/P.
Anda dapat membagi anggaran tahunan Anda dengan 12 bulan dalam setahun dan kemudian menggunakannya untuk mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda
Setiap kali Anda meninjau laporan keuangan Anda untuk bulan itu, bandingkan dengan anggaran dan dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa dekat proyeksi Anda. Ini dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran sekaligus membantu Anda membuat anggaran tahunan yang lebih akurat di masa mendatang.
Ada 3 tahapan dalam penentuan penyusunan anggaran, antara lain:
Dalam tahap ini, pihak manajemen perusahaan dan direksi akan melakukan pengesahan setelah melakukan uji kelayakan dan pengkajian dari tiap anggaran belanja perusahaan yang disusun oleh tiap-tiap bagian perusahaan yang nantinya berkedudukan sebagai pengguna anggaran.
Tahapan pelaksanaan merupakan langkah terakhir dari penyusunan anggaran yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal.
Masing-masing bagian perusahaan akan mulai melaksanakan budgeting sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja perusahaan.
Dalam hal ini tiap manajer akan mengawasi kemudian melaporkannya ke direksi apakah pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang disepakati sebelumnya atau tidak.
Membuat anggaran tahunan membutuhkan waktu, terutama jika Anda berkonsultasi dengan departemen lain. Biasanya ide yang baik untuk mulai membuat anggaran Anda pada bulan Oktober untuk memberi diri Anda banyak waktu untuk mendapatkan perkiraan terperinci dari proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda.
Semakin cermat dan detail dalam penyusunannya, maka akan semakin mudah perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya.
Cara membuat anggaran tahunan harus direncanakan secara detail mulai dari persiapan, penentuan hingga pelaksanaan. Membuat anggaran tahunan mempunyai tujuan untuk membangun model bagaimana bisnis dapat berjalan secara finansial jika menjalankan strategi, peristiwa, dan rencana tertentu.
Jika Anda belum memiliki laporan keuangan hal itu akan semakin mempersulit Anda dalam menyusun anggaran tahunan. Tanpa adanya laporan keuangan Anda tidak bisa mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda.
Untuk itu sebagai solusi pembuatan anggaran tahunan yang akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud yang mempunyai fitur membuat laporan keuangan dengan mudah seperti laporan laba ruhi, laporan arus kas, hingga stok. Juga telah tersedia fitur cek laporan anggaran vs realisasi di Beecloud.
Dengan Beecloud, membuat anggaran tahunan sangatlah mudah, Coba gratis klik pada banner di bawah ini: