Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Cara memasarkan produk online shop adalah strategi yang bisa dibangun oleh para pebisnis ketika memikirkan kampanye pemasaran.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 12 August 2022

Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, Anda kemungkinan akan kesulitan mengenai cara memasarkan produk online dengan tepat.

Ada banyak cara terbaik yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk Anda secara online. Beberapa  strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan suatu produk di bawah ini sudah terbukti berhasil dilakukan oleh pebisnis online lainnya. Apa saja trik yang bisa dilakukan?

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Ilustrasi Online Marketing (Sumber: Pexels.com)

  • Identifikasi Target Pasar

Sebelum memasarkan suatu produk, penting untuk mengidentifikasi target pasar Anda. Siapa yang akan membeli produk Anda? Apa cara terbaik untuk menjangkau customer ini? 

Nah, di sinilah Anda mungkin perlu membuat profil customer untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang siapa target pasar Anda.

  • Profil target pasar atau customer meliputi:
  • Demografi (usia, pendapatan, lokasi, jabatan, hobi, dll.)
  • Psikografis (perilaku, tipe kepribadian, preferensi gaya hidup, dll.)
  • Pain point yang dipecahkan oleh konsumen atau produk di industri Anda
  • Tempat customer sering membeli

Dengan semua informasi ini, Anda akan lebih mudah merancang kampanye pemasaran yang menarik bagi customer Anda. Pastikan untuk merencanakan bagaimana Anda akan membedakan produk dari pesaing dengan cara yang sesuai dengan customer.

Baca Juga: Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat

  • Dapatkan Respons Emosional Dari Customer

Dalam hal mendorong customer untuk membeli produk yang Anda jual, maka perlu temukan pemicu emosional yang mendorong mereka untuk bertindak. Anda dapat melakukan ini dengan menganalisis komentar yang mereka tinggalkan di media sosial, di forum, di situs web pesaing, dll.).

 Meninjau kembali profil customer juga dapat membantu Anda mengidentifikasi hal apa yang membangkitkan perasaan customer terhadap produk yang sama dengan niche Anda.

Misalnya, jika customer Anda tidak puas dengan biaya pengiriman yang terkait dengan produk tertentu dan Anda mampu mengirimkan barang itu dengan biaya lebih rendah, sebutkan itu di halaman produk.

Anda juga dapat memperoleh respons emosional dengan menggunakan taktik urgensi dan kelangkaan di situs web Anda, seperti menampilkan penghitung waktu mundur, menampilkan produk dalam jumlah terbatas, dan mengadakan obral atau diskon terbatas.

Menerapkan taktik ini akan mendorong customer Anda untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cepat.

  • Coba Pre-Order

Metode Pre Order Marketing

Ilustrasi Keranjang Order (Sumber: Freepik.com)

Pernah bertanya-tanya bagaimana cara memasarkan produk online biar cepat laku sebelum diluncurkan? Pre-order adalah jawabannya.

Strategi pemasaran produk ini memungkinkan Anda untuk menjual barang yang tidak segera tersedia untuk pengiriman namun berpotensi menarik pembelian. 

Produk mungkin sudah diproduksi tetapi belum dikemas oleh vendor untuk dijual atau mungkin di gudang  penyimpanan dan Anda berencana untuk meluncurkannya pada waktu atau tanggal tertentu.

Mengambil strategi preorder adalah cara yang efektif untuk membangun buzz marketing untuk produk Anda, mengukur permintaan, dan mendapatkan arus masuk uang tunai untuk berinvestasi dalam pemasaran tambahan.

Namun, jika ingin melakukan strategi ini dengan benar, Anda memerlukan beberapa langkah tentang seputar produk agar banyak diminati :

  • Bagikan kisah di nalik produk. Sangat menarik bagi customer untuk mengetahui seperti apa perjalanan suatu produk diluncurkan dari ide hingga produksi.
  • Tambahkan nilai dengan memberikan hadiah. Misalnya, Anda dapat menawarkan hadiah khusus kepada 50 orang pertama yang memesan di awal, sedangkan 200 orang berikutnya dapat ditawari diskon tambahan untuk pembelian di masa mendatang.
  • Bangun buzz melalui pemasaran influencer. Influencer dapat membantu menghasilkan buzz untuk kampanye pre-order Anda dengan memberikan review singkat produk. 

Anda dapat mengirimkan sampel kepada influencer-influencer jika produk telah dibuat atau berkolaborasi dengan mereka untuk membuat postingan merek bersama terkait peluncuran yang akan datang

  •  Buat Katalog Digital

Katalog adalah alat yang sangat baik untuk menjual kepada customer yang suka membeli dalam jumlah banyak. Katalog memungkinkan Anda menuliskan detail produk Anda dan berbagi informasi yang dibutuhkan orang ketika pertama kali membeli produk yang sebelumnya belum pernah dikenal.

Lalu bagaimana cara membuat katalog produk? Anda bisa memanfaatkan WhatsApp Business untuk mengatur katalog produk Anda. Selain itu, jika Anda memasarkannya ke Instagram, buatlah desain berbentuk katalog dengan memanfaatkan software desain professional atau bisa juga Canva.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Kesimpulan

Ada banyak cara memasarkan produk online yang bisa Anda coba untuk membangkitkan pembelian dari para target pasar Anda. Semakin rajin Anda melakukan pemasaran, maka akan semakin besar peluang produk Anda diminati. 

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap orderan olshop manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud + Plugin E-commerce. Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik. Plugin E-commerce, import transaksi penjualan dan pelunasan dari marketplace ke software akuntansi Beecloud sekali klik. Bukan cuma transaksi, anda juga bisa import pelunasan/pencairan dana dari marketplace ke Beecloud. Gak repot lagi rekap uang masuk satu per satu.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

Artikel Terkait

Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty
Customer Loyality - Jadi ceritanya saya sedang berkunjung di minimarket yang selalu ramai setiap harinya. Sebut saja Alpamaret.. Entah apa
Baca Juga
5 Strategi Inventory Bisnis E-Commerce dan Fungsinya, Lengkap!
Bisnis e-commerce adalah sebuah bentuk bisnis yang terus berkembang pesat di era digital saat ini. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
4 Tips dan Langkah Memulai Bisnis Laundry Sepatu yang Sukses
Bisnis laundry sepatu adalah peluang usaha menarik yang menggabungkan keahlian mencuci dengan perhatian khusus terhadap sepatu. Seiring dengan kesadaran akan
Baca Juga
Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda
Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif itu
Baca Juga
CBD Adalah Sejarah, Keunggulan & Tips Memilih untuk Kantor
Central Business District atau CBD adalah distrik bisnis pusat merupakan salah satu area perkotaan yang memiliki peran penting dalam kegiatan
Baca Juga
11+ Ide Nama Usaha Cemilan Kekinian dan Tips Membuatnya
Memulai bisnis cemilan bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pengusaha muda. Namun, sebelum memulai bisnis tersebut, ada satu hal
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu