🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Cara memasarkan produk makanan secara online menjadi strategi yang banyak dicari oleh banyak pebisnis pemula.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Terbit: Friday, 12 August 2022
Diperbarui: Wednesday, 2 August 2023
Daftar Isi

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang bagaimana memasarkan produk makanan ke pelanggan baru, mereka akan menjurus pada cara membuat iklan. Kenyataannya adalah, bahwa pemasaran jauh lebih dari sekadar iklan. Cara memasarkan produk makanan lebih penting dilakukan dari membuat iklan.

 Pemasaran mencakup semua yang Anda lakukan untuk menunjukkan produk kepada target pasar dan mempromosikan bisnis Anda. Pemasaran melibatkan penjualan, penelitian, promosi, dan distribusi produk Anda juga! Lalu bagaimana cara untuk memasarkan produk makanan secara online?

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Ilustrasi Jajanan Digemari Banyak Orang Photo by Denny Müller on Unsplash

Jika Anda ingin sukses dalam memasarkan produk makanan kepada pelanggan baru, Anda harus memiliki pemahaman yang tepat tentang pasar Anda saat ini. 

Anda perlu tahu apa yang membuat produk Anda berbeda, dan produk apa sebenarnya yang akan Anda pasarkan juga,. Berikut adalah kiat memasarkan produk makanan ke pelanggan baru :

  • Memahami Produk Makanan Baru Anda

Pertama-tama, pahami produk Anda, tanyakan pada diri Anda bagaimana produk berbeda dengan yang ada di pasaran saat ini, dan apa yang membuat Anda lebih baik daripada orang lain di luar sana.

Pertimbangkan nilai jual unik produk Anda secara mendalam, dan kunjungi beberapa tempat berbeda yang menjual produk mirip dengan produk Anda.

Saat melakukan penelitian, tanyakan pada diri sendiri bagaimana produk Anda dapat bersaing, apa yang dapat Anda lakukan lebih baik daripada orang lain di pasar Anda, dan ambil petunjuk dari orang lain yang menjual jenis produk serupa.

  • Mengetahui Pasar Anda

Target pasar Anda adalah orang-orang yang bersedia membeli produk yang sedang dijual. Jika Anda belajar tentang orang-orang yang menjadi target pasar, ketahui apa pekerjaan mereka, usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan banyak lagi.

Anda harus memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan dan membuat dampak yang bertahan lama untuk membuat mereka membeli atau bahkan berlangganan dengan produk Anda. 

Informasi semacam ini akan membantu Anda memprediksi pola pembelian customer Anda, dan bahkan dapat membantu membuat keputusan tentang pengemasan dan penetapan harga.

Misalnya, jika Anda menjual kepada ibu rumah tangga, maka Anda ingin memastikan bahwa produk ramah anggaran, aman, dan penuh dengan manfaat yang tidak dapat mereka peroleh di tempat lain. 

Di sisi lain, jika Anda menjual kepada anak muda yang aktif dengan mobilitas tinggi, Anda mungkin perlu memastikan bahwa packaging produk Anda kecil dan mudah dibawa saat bepergian.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

  • Mencari Tahu di Mana Anda Akan Menjual

Mencari Tahu Dimana Ingin Menjual Makanan Secara Online

Ilustrasi Foto Lumpia untuk Dipasang ke Delivery App (Sumber: Freepik.com)

Anda perlu mempertimbangkan bagaimana Anda akan menjual produk secara lokal. Misalnya, Anda mungkin memerlukan perantara makanan untuk membantu Anda memasukkan barang-barang ke toko-toko lokal di daerah.

Anda juga bisa menjualnya melalui e commerce atau sosial media. Mencari tahu di mana Anda akan menjual akan membantu Anda membuat keputusan penting tentang segala hal mulai dari kemasan, bahan, dan aturan.

Anda juga bisa memasarkan produk makanan ke media sosial. Saat ini, media sosial adalah alat yang hebat untuk menampilkan produk bisnis apapun dalam format yang imersif. 

Sebagian besar platform media sosial memungkinkan Anda menjalankan iklan, termasuk Facebook, Snapchat, Instagram, dan TikTok.

Periksa juga sosial media apa yang digunakan pesaing Anda. Melihat pesaing dapat memberi Anda ide tentang tempat yang tepat untuk mengiklankan produk makanan yang dijual.

 Anda dapat menggunakan alat pemantauan media sosial untuk mengatur peringatan yang melacak aktivitas pesaing Anda. Meninjau aktivitas kompetitor juga akan memberi Anda wawasan tentang jenis konten yang disukai orang di niche pasar Anda.

  •  Buat Aset Konten Hebat

Dengan semakin banyaknya orang yang menikmati berbagai bentuk konten di sosial media, Anda dapat membuat produk untuk menarik perhatian mereka. Beberapa opsi konten pemasaran yang bisa dicoba adalah :

  • Postingan blog
  • Video
  • Infografis
  • E-book
  • Catalog

Nah, agar strategi ini berfungsi dengan baik, Anda harus mengidentifikasi siapa target pasar Anda dan jenis konten apa yang membuat mereka berinteraksi hari. Analisis jumlah klik, suka, bagikan, dan komentar pada konten tertentu.

Semakin tinggi tingkat keterlibatan, semakin relevan konten untuk target pasar Anda. Berdasarkan temuan, Anda dapat membuat konten terbaik yang mempromosikan produk makanan secara online.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD

Kesimpulan

Tidak rumit bukan belajar mengenai bagaimana cara memasarkan produk makanan? Melalui berbagai aktivitas pemasaran, Anda dapat membangkitkan minat pada penawaran baru dan yang sudah ada kepada pelanggan lama ataupun baru. 

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba grati klik gambar di bawah ini.

Beepos Untuk Monitor Promo Terpusat Semua Cabang

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu