Logo Bee Web

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Cara memasarkan produk makanan secara online menjadi strategi yang banyak dicari oleh banyak pebisnis pemula.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 12 August 2022

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang bagaimana memasarkan produk makanan ke pelanggan baru, mereka akan menjurus pada cara membuat iklan. Kenyataannya adalah, bahwa pemasaran jauh lebih dari sekadar iklan. Cara memasarkan produk makanan lebih penting dilakukan dari membuat iklan.

 Pemasaran mencakup semua yang Anda lakukan untuk menunjukkan produk kepada target pasar dan mempromosikan bisnis Anda. Pemasaran melibatkan penjualan, penelitian, promosi, dan distribusi produk Anda juga! Lalu bagaimana cara untuk memasarkan produk makanan secara online?

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Ilustrasi Jajanan Digemari Banyak Orang Photo by Denny Müller on Unsplash

Jika Anda ingin sukses dalam memasarkan produk makanan kepada pelanggan baru, Anda harus memiliki pemahaman yang tepat tentang pasar Anda saat ini. 

Anda perlu tahu apa yang membuat produk Anda berbeda, dan produk apa sebenarnya yang akan Anda pasarkan juga,. Berikut adalah kiat memasarkan produk makanan ke pelanggan baru :

  • Memahami Produk Makanan Baru Anda

Pertama-tama, pahami produk Anda, tanyakan pada diri Anda bagaimana produk berbeda dengan yang ada di pasaran saat ini, dan apa yang membuat Anda lebih baik daripada orang lain di luar sana.

Pertimbangkan nilai jual unik produk Anda secara mendalam, dan kunjungi beberapa tempat berbeda yang menjual produk mirip dengan produk Anda.

Saat melakukan penelitian, tanyakan pada diri sendiri bagaimana produk Anda dapat bersaing, apa yang dapat Anda lakukan lebih baik daripada orang lain di pasar Anda, dan ambil petunjuk dari orang lain yang menjual jenis produk serupa.

  • Mengetahui Pasar Anda

Target pasar Anda adalah orang-orang yang bersedia membeli produk yang sedang dijual. Jika Anda belajar tentang orang-orang yang menjadi target pasar, ketahui apa pekerjaan mereka, usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan banyak lagi.

Anda harus memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan dan membuat dampak yang bertahan lama untuk membuat mereka membeli atau bahkan berlangganan dengan produk Anda. 

Informasi semacam ini akan membantu Anda memprediksi pola pembelian customer Anda, dan bahkan dapat membantu membuat keputusan tentang pengemasan dan penetapan harga.

Misalnya, jika Anda menjual kepada ibu rumah tangga, maka Anda ingin memastikan bahwa produk ramah anggaran, aman, dan penuh dengan manfaat yang tidak dapat mereka peroleh di tempat lain. 

Di sisi lain, jika Anda menjual kepada anak muda yang aktif dengan mobilitas tinggi, Anda mungkin perlu memastikan bahwa packaging produk Anda kecil dan mudah dibawa saat bepergian.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

  • Mencari Tahu di Mana Anda Akan Menjual

Mencari Tahu Dimana Ingin Menjual Makanan Secara Online

Ilustrasi Foto Lumpia untuk Dipasang ke Delivery App (Sumber: Freepik.com)

Anda perlu mempertimbangkan bagaimana Anda akan menjual produk secara lokal. Misalnya, Anda mungkin memerlukan perantara makanan untuk membantu Anda memasukkan barang-barang ke toko-toko lokal di daerah.

Anda juga bisa menjualnya melalui e commerce atau sosial media. Mencari tahu di mana Anda akan menjual akan membantu Anda membuat keputusan penting tentang segala hal mulai dari kemasan, bahan, dan aturan.

Anda juga bisa memasarkan produk makanan ke media sosial. Saat ini, media sosial adalah alat yang hebat untuk menampilkan produk bisnis apapun dalam format yang imersif. 

Sebagian besar platform media sosial memungkinkan Anda menjalankan iklan, termasuk Facebook, Snapchat, Instagram, dan TikTok.

Periksa juga sosial media apa yang digunakan pesaing Anda. Melihat pesaing dapat memberi Anda ide tentang tempat yang tepat untuk mengiklankan produk makanan yang dijual.

 Anda dapat menggunakan alat pemantauan media sosial untuk mengatur peringatan yang melacak aktivitas pesaing Anda. Meninjau aktivitas kompetitor juga akan memberi Anda wawasan tentang jenis konten yang disukai orang di niche pasar Anda.

  •  Buat Aset Konten Hebat

Dengan semakin banyaknya orang yang menikmati berbagai bentuk konten di sosial media, Anda dapat membuat produk untuk menarik perhatian mereka. Beberapa opsi konten pemasaran yang bisa dicoba adalah :

  • Postingan blog
  • Video
  • Infografis
  • E-book
  • Catalog

Nah, agar strategi ini berfungsi dengan baik, Anda harus mengidentifikasi siapa target pasar Anda dan jenis konten apa yang membuat mereka berinteraksi hari. Analisis jumlah klik, suka, bagikan, dan komentar pada konten tertentu.

Semakin tinggi tingkat keterlibatan, semakin relevan konten untuk target pasar Anda. Berdasarkan temuan, Anda dapat membuat konten terbaik yang mempromosikan produk makanan secara online.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD

Kesimpulan

Tidak rumit bukan belajar mengenai bagaimana cara memasarkan produk makanan? Melalui berbagai aktivitas pemasaran, Anda dapat membangkitkan minat pada penawaran baru dan yang sudah ada kepada pelanggan lama ataupun baru. 

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba grati klik gambar di bawah ini.

Beepos Untuk Monitor Promo Terpusat Semua Cabang

Artikel Terkait

9 Tips Sukses Jalankan Bisnis Toko Kue Kering
Kue kering menjadi makanan ringan yang tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, biasanya disajikan untuk cemilan biasa hingga hidangan
Baca Juga
Contoh Segmentasi Geografis, Karakteristik dan Komponennya
Dalam dunia pemasaran melakukan segmentasi pasar bukan hal asing lagi, salah satunya adalah dengan melakukan segmentasi geografis, yakni proses menggali
Baca Juga
Cara Menghitung Akumulasi Penyusutan dan Contohnya
Pengusutan aset merupakan hal yang tidak bisa dihindari ketika menjalankan sebuah bisnis. Untuk itu pebisnis perlu mengetahui bagaimana cara menghitung
Baca Juga
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya
Setiap jenis pasar memiliki karakteristiknya sendiri yang membedakannya dari jenis pasar lainnya. Salah satu jenis pasar yang cukup menarik untuk
Baca Juga
Barcode Batang: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya
Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah barcode batang, bukan? Apalagi, di zaman modern sekarang ini hampir semua toko dan
Baca Juga
Mengenal Lebih dalam Strategi Bisnis B2B (Business to Business)
Suatu bentuk transaksi yang digunakan antar bisnis perusahaan satu dengan perusahaan lainnya merupakan definisi b2b atau business to business. Istilah
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu