Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya

Anda punya bisnis? Pastinya ingin bisnisnya laris dong, yuk baca tips agar jualan laris manis ala bee yang bisa diterapkan pada bisnis Anda!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 2 September 2024

Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik untuk menarik perhatian konsumen dan meraih penjualan sebanyak mungkin.

Bagaimana caranya? Simak beberapa strateginya pada artikel di bawah ini, yang akan membantu Anda meningkatkan penjualan dan membuat bisnis Anda lebih unggul dibanding kompetitor.

Tips Agar Jualan Laris Manis

Cara Agar Jualan Laris Manis

pelayanan yang baik dapat menjadi faktor jualan Anda cepat laris (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tips agar Jualan Anda semakin laris manis:

1. Jual Produk Sesuai Kebutuhan Konsumen

Langkah pertama untuk memastikan jualan Anda laris manis adalah memastikan jika produk yang Anda jual sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

Produk yang Anda tawarkan harus relevan dan bermanfaat bagi target pasar Anda. Bagaimana caranya agar tau produk yang dijual sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen atau belum?

Caranya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memahami tren, preferensi konsumen dan masih banyak lagi yang bisa membantu Anda dalam menciptakan produk yang sesuai.

Baca Juga: 7 Tahapan Cara Market Research, Metode dan Fungsinya

2. Jual Produk Berkualitas

Kedua adalah kualitas dari produk yang Anda jual. Sebab, kualitas sendiri merupakan salah satu aktor utama yang menentukan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Selain dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, dengan menjual produk berkualitas Anda juga dapat membangun reputasi positif bisnis Anda, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.

3. Menetapkan Harga Bersaing

Cara ketiga agar jualan bisa laris manis adalah dari bagaimana cara Anda menerapkan harga produk. harga yang kompetitif bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Kalau bisa harga produk Anda tidak terlalu murah atau terlalu mahal dibanding pasarnya. Harga harus pas namun masih bisa bersaing. Harga yang murah bisa menimbulkan anggapan kurangnya kualitas produk yang Anda jual, sedangkan harga yang terlalu tinggi membuat konsumen kabur ke kompetitor.

Anda perlu menetapkan harga yang sesuai dengan nilai yang ditawarkan produk Anda, serta membandingkannya dengan harga produk serupa di pasar. Dengan harga yang kompetitif Anda bisa menarik lebih banyak konsumen tanpa mengorbankan margin keuntungan.

4. Menetapkan Standar Kualitas Produk

Untuk memastikan produk Anda berkualitas tinggi, penting untuk mengacu pada standar yang diakui secara internasional. Salah satu standar yang paling dikenal di dunia adalah ISO 9001. Standar ini menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu yang dapat membantu organisasi atau perusahaan memastikan bahwa produk dan layanan yang mereka tawarkan konsisten memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Menurut ISO 9001, suatu organisasi yang telah mendapatkan akreditasi dari lembaga yang independen berarti telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu produk atau jasa yang dihasilkannya. Informasi ini dikutip dari Wikipedia, di mana disebutkan bahwa lembaga yang terakreditasi ISO 9001 dapat dikatakan telah memenuhi standar internasional dalam hal mutu produk dan jasa yang dihasilkannya.

5. Lakukan Promosi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar jualan laris manis adalah melakukan promosi. Dengan melakukan promosi, bisnis Anda akan semakin dikenal dan menarik perhatian banyak calon konsumen.

Anda bisa melakukan promosi di media sosial, menggunakan iklan online, event dan cara lainnya untuk menjangkau target pasar Anda. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan diskon potongan harga, penawaran khusus, dan program loyalty lainnya dengan menggunakan software kasir online Beepos.

Program loyalty bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mendorong pembelian berulang atau repeat order.

6. Berikan Pelayanan yang Baik

Cara berikutnya adalah dengan memberikan pelayanan yang baik, ramah dan responsif kepada setiap konsumen tanpa membeda-bedakan. Pelayanan pelanggan yang baik dapat memberi pengalaman berbelanja lebih menyenangkan bagi konsumen.

Pelanggan yang merasa dihargai dan mendapatkan pelayanan yang baik cenderung lebih loyal dan mungkin akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

7. Terus Berinovasi

Seiring berjalannya waktu, tren terus berubah begitu juga dengan preferensi konsumen. Anda perlu terus berinovasi agar jualan Anda terus dilirik oleh konsumen karena sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Inovasi tidak hanya dalam bentuk produk baru, tetapi juga dapat berupa peningkatan fitur, desain, atau cara penggunaan produk. Dengan terus berinovasi, bisnis Anda akan tetap relevan dan menarik di mata konsumen.

8. Memanfaatkan Teknologi

Tips terakhir dari bee agar jualan Anda laris manis adalah dengan memanfaatkan teknologi. Anda bisa membuat toko online, menggunakan media sosial dan lain sebagainya untuk memperluas jangkauan pasar. Semakin luas jangkauan pasar maka semakin tinggi juga peluang jualan Anda akan laris manis.

Meskipun jualan laris adalah impian bagi semua pebisnis, hal ini juga bisa menjadi sebuah kendala dan hambatan, khususnya bagi pebisnis yang belum siap.

Sebab, dengan semakin meningkatnya penjualan maka akan semakin besar pula tanggung jawab untuk memastikan semua aspek bisnis berjalan dengan lancar. Mulai dari manajemen stok hingga menjaga kualitas layanan pelanggan.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Untuk itu, Anda harus menyiapkan manajemen bisnis yang baik, sebelum berharap jualan Anda laris manis. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, yang sudah terintegrasi dengan akuntansi.

Siap bantu manajemen stok lebih efisien, catat penjualan, hingga laporan keuangan. Klik banner di atas dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!

Rekomendasi Ide Jualan Cepat Laris Manis

Untuk Anda yang baru ingin memulai usaha, berikut beberapa ide jualan yang cepat laris:

  • Makanan dan Minuman Kekinian: Bisnis makanan dan minuman selalu memiliki pasar yang luas. Menjual produk yang sedang tren dapat menarik banyak konsumen, terutama dari kalangan muda yang selalu mencari hal-hal baru.
  • Produk Fashion: Fashion selalu menjadi industri yang dinamis. Menjual pakaian, tas, sepatu, atau aksesori yang mengikuti tren mode terbaru bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.
  • Produk Kecantikan dan Perawatan Kulit: Produk kecantikan seperti skincare, makeup, dan perawatan tubuh selalu memiliki permintaan tinggi, khususnya pada dewasa ini.
  • Produk Kesehatan dan Kebugaran: Kesadaran akan kesehatan dan kebugaran meningkat, sehingga produk-produk seperti suplemen, vitamin, alat olahraga, dan makanan sehat memiliki permintaan yang tinggi.
  • Jasa Pengiriman atau Kurir: Dengan pertumbuhan e-commerce yang pesat, jasa pengiriman atau kurir menjadi sangat penting. Bisnis ini memiliki potensi besar karena banyaknya toko online yang membutuhkan layanan pengiriman cepat.

Baca Juga: 17+ Ide Jualan Es Laris Manis, Modal Sedikit Untung Besar!

Nah itu dia beberapa tips dan rekomendasi ide jualan yang bisa Anda terapkan agar penjualan laris manis dan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Artikel Terkait

7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula
Tips promosi di Instagram - Bisnis online kini semakin banyak diminati orang, karena cara promosi yang semakin mudah. Media online
Baca Juga
10 Contoh Pesan Pembuka Olshop (Online Shop)
Kalimat "Halo selamat datang dan selamat belanja" adalah contoh pesan pembuka olshop (online shop) sederhana dan umum digunakan oleh banyak
Baca Juga
Tips Optimasi Facebook Business Manager pada Pemasaran Online
Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan
Baca Juga
Cara Menghitung Biaya Penyusutan Nilai dan Contohnya
Tempat tinggal Anda dan sebagian besar isinya seperti atap, perabotan, dll dapat kehilangan nilainya seiring waktu karena faktor-faktor seperti usia
Baca Juga
Tips Merawat Bagian Depan & Meja Kasir Minimarket
Bagian-bagian dari minimarket yang harus di perhatikan kebersihannya ada banyak, salah satunya meja kasir minimarket. Bagian depan supermarket seperti tempat
Baca Juga
Contoh Template Format Order Olshop
Saat hendak berbelanja online, seseorang mungkin pernah diminta oleh seller untuk mengisi format order olshop sebelum akhirnya melakukan pembelian. Mengisi
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu