🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Bundle Adalah Strategi Pemasaran, Ini Dia Penjelasannya

Bundling atau bundle adalah penggabungan beberapa produk menjadi satu nota penjualan yang bisa menjadi strategi promosi. Bagaimana caranya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 15 February 2023

Pernah melihat produk yang jual dalam bentuk satu paket? Jika pernah Teknik tersebut bisa disebut dengan bundle atau bundling, yang mana bundling sendiri merupakan penggabungan produk yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Loh kok bisa? Padahal harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding dengan memberi satuan. Berikut penjelasan lengkapnya

Apa itu Bundle? Bundle Adalah …

Bundling Produk

Bundling bisa Menjadi Pemerataan Rata-Rata Penjualan (Sumber: Freepik.com)

Bundling atau bundle adalah sebuah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Cara ini sudah sering digunakan oleh bisnis ternama dan cenderung sukses dan mampu mendongkrak penjualan.

Contohnya saja, restoran makanan memberikan sebuah paket hemat yang berisi produk burger, kentang dan minuman sekaligus akan lebih ramai diminati daripada membeli satuan. Karena harga yang ditawarkan lebih mudah dibandingkan dengan satuannya.

Sederhananya produk bundle adalah sebuah pengelompokkan dua item produk taulebidlamsatu SKU, sehingga Ketika konsumen akan melakukan pembayaran hanya perlu membayar 1 item saja.

Meskipun sekilas akan terlihat merugikan penjual, namun ternyata strategi ini mampu meningkatkan rata-rata nilai pesanan yang artinya menguntungkan bagi pemilik usaha.

Praktik strategi pemasaran bundle ini pertama kali digunakan di dunia telekomunikasi pada tahun 1995 ketika produk ponsel CDMA sedang dipromosikan.

Kala itu, mereka melakukan paket strategi bundling dengan tawarkan paket ponsel dan pulsa. Karena konsumen merasa banyak diuntungkan karena bisa membuka aplikasi media sosial dengan murah. Maka meningkatkan nilai penjualan dari produk ponsel tersebut.

Dari konsep ini banyak pengusaha yang ingin mulai mencoba menggunakan strategi bundle sebagai langkah awal mereka melakukan pemasaran produk.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Selain itu, strategi ini juga bisa menjadi solusi penjualan yang tidak merata yang mengakibatkan stok menumpuk di gudang.

Caranya adalah dengan menggabungkan produk yang laku keras dengan yang kurang dikenal konsumen. Mungkin awalnya mereka hanya akan membeli produk laris saja dan karena mereka merasa cocok dengan produk bundle tambahan mereka bisa berpotensi untuk membeli satuannya juga.

Jenis-Jenis Bundling Produk

Contoh Bundling Produk

Contoh Bundle Produk Sejenis (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa jenis bundling, berikut diantaranya:

1. Pure Bundling

Jenis pertama adalah pure bundling yang artinya konsumen hanya bisa membeli produk secara bersamaan dan tidak bisa membeli produk yang ditawarkan secara terpisah.

Cara ini mungkin bisa menjadi cara untuk promosi produk untuk waktu yang singkat. Namun, tidak cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Sebab, konsumen akan merasa dibatasi pilinnya Ketika akan membeli produk yang nantinya akan mengakibatkan penurunan jumlah penjualan karena kurangnya rasa kenyamanan dan kepuasan dari transaksi sebelumnya.

Contoh Mix Bundling Product

Salah Satu Contoh Bundling Product (Sumber: Burger King)

2. Mixed Bundling

Kedua, mixed bundling adalah strategi bundle yang paling umum dilakukan pebisnis dengan menggabungkan penjualan beberapa produk. Biasanya digunakan konsumen secara bersamaan tapi bisa dibeli secara terpisah dan tidak akan mendapatkan diskon yang ditawarkan untuk pembelian sekaligus.

Biasanya jenis bundle ini didasari oleh data pesanan historis penjualan, agar penargetan strategi ini tepat sasaran dan bisa menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Some Product Bundling

Berikutnya adalah some produk bundling yang menjadi cara terbaik untuk dijadikan penawaran diskon produk kepada konsumen yang membeli produk sekaligus.

Jenis bundle ini juga menjadi cara yang paling sering digunakan brand ternama dengan label direct to customer yang menjual produk dengan esensial serupa tapi tak sama.

Gambaran sederhana dari some produk bundling bisa dimiripkan dengan model langganan. Yang mana produk dengan esensial yang sama ini bisa memberikan insentif pada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar dan dilakukan di tahap awal.

Daripada konsumen yang membayar untuk pemesanan produk baru di setiap waktu ketika mereka membutuhkan aja.

Keuntungan Bundle pada Penjualan Bisnis

Berikut rangkuman poin-poin keuntungan yang akan didapatkan pebisnis Ketika menggunakan strategi bundle:

1. Mengurangi Produk Tidak Laku

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan pebisnis ketika melakukan bundle adalah dengan menggabungkan produk yang tidak laku dengan produk yang memiliki penjualan tertinggi.

Konsumen biasanya akan menganggap produk tersebut sebagai bonus dan cenderung akan mudah tertarik untuk membeli.

Selain itu, cara ini juga bisa menjadi solusi pengurangan stok barang yang ada di gudang agar tidak menumpuk dan bisa menghemat biaya penyimpanan barang.

2. Meningkatkan Rata-Rata Penjualan

Teknik bundle akan cenderung dianggap sebagai promosi bagi orang awam, karena mereka bisa mendapatkan banyak produk dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian konsumen akan terus berdatangan karena merasa tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Artinya, konsumen akan terus berdatangan dan rata-rata penjualan akan meningkat sebagaimana mestinya.

Agar penjualan produk semakin meningkat Anda bisa menjadikan paket bundle ini sebagai opsi pembelian tanpa menghapus penjualan ecerannya.

Nantinya, di pikiran konsumen berpotensi untuk memikirkan mana yang akan mereka beli, bukan pikiran “apakah saya perlu membeli ini atau tidak”.

3. Menghemat Biaya Distribusi dan Pemasaran

Supplier

Ilustrasi Proses DIstribusi/ Pengiriman Barang (Sumber: Freepik.com)

Keuntungan berikutnya yang bisa didapatkan dari menjual produk bundle adalah Anda bisa menjual banyak produk sekaligus sehingga bisa menghemat biaya pemasaran dan distribusi dibandingkan biasanya.

Dengan pengemasan barang menjadi satu bisa menghemat tempat dan meminimalisir tempat penyimpanan. Belum lagi proses pendistribusian yang lebih sedikit menggunakan kardus dan alat proteksi pengiriman lainnya.

Sedangkan dari segi pemasaran, Anda bisa mengiklankan beberapa produk sekaligus dalam satu bundle, yang artinya proses pemasaran bisa dilakukan dalam satu paket saja.

Namun sudah bisa mempromosikan berbagai macam jenis produk secara bersamaan. Biaya yang diperlukan juga relatif murah dibandingkan dengan melakukan iklan per satuan produk.

4. Meningkatkan Experience Konsumen

Selanjutnya, pebisnis yang memberikan promo bundle kepada konsumen akan lebih sering didatangi dibandingkan yang tidak. Hal ini disebabkan karena konsumen lebih sedang dan bisa memilih produk dengan jumlah lebih banyak dan harga lebih murah.

Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

Selain itu, bundling ini juga bisa memberikan konsumen banyak pilihan sekaligus. Sehingga mereka merasa jika apa yang disediakan dalam ‘toko’ lengkap dan mereka merasa puas dengan fakta tersebut.

5. Mengurangi Pemborosan pada Inventaris

Keuntungan produk bundling bagi pebisnis berikutnya adalah menjadi solusi untuk membersihkan stok mati sebelum menimbulkan permasalahan baru.

Selain menggunakan promo cuci gudang, cara ini bisa menjadi alternatif pebisnis untuk membersihkan stok toko mereka yang sudah terlalu lama menumpuk.

Caranya, dengan menggabungkan produk lama yang kurang diminati dengan produk yang paling laris disitu.

Maka proses pembelian barang produk lama itu akan lebih cepat terjual, karena pada konsumen akan merasa ‘sayang’ jika tidak sekalian dibeli karena harganya yang miring dibandingkan biasanya.

Untuk bisa mengetahui mana produk yang laris dipasaran mana yang kurang diminati Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud hanya dengan melihat laporan ranking penjualan per item dalam satu kali klik saja.

Cta Beecloud 150223

Anda juga bisa melakukan pengecekan stok gudang dengan mudah untuk mengetahui mana produk yang masih menumpuk yang bisa dijadikan menjadi produk bundling. Yang pastinya sudah akurat dan klop sesuai dengan jumlah realnya.

Lengkap dengan laporan keuangan dari laba rugi, neraca sampai akuntansi, Beecloud hadir untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan mudah dikontrol dimana saja dan kapan saja.

6. Memberikan Banyak Opsi Pilihan pada Konsumen

Sebagian besar konsumen lebih suka pelayanan yang menyediakan banyak pilihan, karena mereka merasa konsumen ini puas ketika memilih sebuah produk yang akan digunakan.

Adanya produk bundle juga bisa menjadi opsi pilihan yang cukup beragam dengan konsumen dan peluang konsumen membeli juga lebih besar. Mereka akan segan untuk melewatkan kesempatan membeli produk bundle yang lebih ringkas dibandingkan dengan membeli satuan.

Oleh sebab itu, pemilik usaha harus pintar-pintar menggabungkan produk agar konsumen puas dan tujuan dari pemilik usaha juga bisa tercapai.

Kesimpulannya, Bundle adalah strategi pemasaran produk dengan menggabungkan dua item atau lebih menjadi satu SKU dan satu kali pembayaran. Dengan harapan, bisa meningkatkan nilai penjualan dan keuntungan. Semoga manfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Sistem Kasir: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Minimarket
Sistem kasir minimarket saat ini banyak digunakan para pengusaha agar memudahkan operasional usaha yang dijalankan. Begitu beragam sistem kasir yang
Baca Juga
Software Kasir Minimarket yang Dapat Membuat Usaha Anda Tumbuh
Mesin kasir memang bukan hal yang asing lagi. Biasanya, mesin tersebut berada di meja kasir dan dapat pekerja gunakan untuk
Baca Juga
Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya
Restoran ramai adalah impian semua pebisnis di bidang kuliner. Peluang bisnis di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena akan selalu
Baca Juga
Customer Retention Adalah: Faktor dan Cara Meningkatkannya
Customer retention adalah aspek krusial dalam strategi pemasaran modern yang tidak bisa diabaikan. Sejauh mana suatu bisnis mampu mempertahankan pelanggan
Baca Juga
4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital
Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang
Baca Juga
11 Tips Cara Membuat Iklan yang Menarik Audience
Iklan menjadi salah satu cara para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya, mulai dari membangun awareness hingga menjual produk secara terang-terangan. Oleh
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu