🚀 Diskon Hingga 20%! Promo Ramadhan TERBATAS, Klaim Sebelum 20 Maret! 🔥
Logo Bee Web

Pengertian Bukti Transaksi Hingga Macamnya Lengkap

Bukti transaksi adalah dokumen penting yang dikeluarkan untuk mencatat kejadian transaksi yang terjadi sehari-hari..
Penulis:
Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Terbit: Tuesday, 27 September 2022
Diperbarui: Friday, 21 July 2023
Daftar Isi

Dalam setiap transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan atau organisasi, pasti ada buktinya. Bukti transaksi tersebut bisa diberikan untuk penjual atau pembeli dan dapat digunakan untuk laporan keuangan mereka masing-masing.

Transaksi yang diberikan bukti adalah semua transaksi penjualan atau pembelian yang dibayar dengan menggunakan uang tunai atau pembayaran lainnya. Bahkan transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi.  

Pengertian Bukti Transaksi

Pengertian Bukti Transaksi

Ilustrasi Bukti Transaksi (Sumber: Freepik.com)

Pengertian bukti dari transaksi adalah dokumen yang dikeluarkan untuk digunakan sebagai tanda bukti suatu transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan atau bisnis. Bukti ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya permasalahan dalam hal keuangan di masa yang akan datang.

Dengan adanya bukti dalam setiap transaksi, semua pihak akan memiliki pegangan untuk mempermudah manajemen keuangan atau tim akuntansi dalam Menyusun laporan keuangan. Bahkan ada juga manfaat lain dari adanya pencatatan bukti setiap transaksi yang ada.

Selain sebagai pegangan dalam hal laporan keuangan, Anda juga bisa menggunakan bukti ini untuk mengatur stok barang yang ada yang mencegah terjadinya salah perhitungan yang mungkin saja terjadi dalam laporan keuangan.

Tujuan Bukti Transaksi

Adanya pemberian bukti dalam setiap transaksi keuangan yang terjadi, bukan tanpa alasan. Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa tujuan yang diperlukan, yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai pemberi informasi secara rinci dan detail tentan perubahan yang terjadi pada finansial perusahaan atau bisnis akibat adanya aktivitas transaksi yang terjadi.
  • Sebagai pemberi informasi yang berkaitan dengan sumber-sumber dari finansial, beban yang wajib dibayarkan dan modal perusahaan.
  • Sebagai pemberi informasi mengenai keuangan perusahaan agar dapat membantu dan memperkirakan potensi serta meningkatkan keuntungan.
  • Sebagai pemberi informasi untuk laporan keuangan agar lebih relevan ketika digunakan oleh pengguna laporan keuangan.
  • Untuk menghindari resiko terjadinya kesalahan atau selisih dalam pencatatan laporan keuangan dalam perusahaan atau bisnis. Oleh karena itu, bukti seluruh transaksi harus disimpan dan ditata dengan rapi.

Manfaat Bukti Transaksi

Pencatatan seluruh aktivitas transaksi yang terjadi adalah sebuah perusahaan atau bisnis ternyata juga memiliki manfaat yang sangat penting dalam perannya sebagai pembantu laporan keuangan. Berikut ini adalah manfaat yang dimaksud:

  • Mengurangi terjadinya kesalahan atau selisih yang terjadi ketika pencatatan transaksi keuangan dengan menyertakan bukti dan menulis kegiatan transaksi dengan rinci.
  • Dapat berfungsi sebagai dasar dalam pencatatan akuntansi.
  • Menghindari adanya duplikasi yang terjadi pada saat mengumpulkan data keuangan.
  • Untuk mengetahui pihak mana yang harus bertanggung jawab atas kegiatan transaksi yang terjadi.
  • Untuk media yang berisi data informasi keuangan.

Jenis-Jenis Bukti Transaksi

Jenis Jenis Bukti Transaksi

Ilustrasi Membawa Kwitansi (Sumber: Freepik.com)

Dalam dunia keuangan di perusahaan atau bisnis, bukti transaksi dibagi menjadi dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Lalu apakah sebenarnya kedua jenis bukti tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Bukti Transaksi Internal

Adalah bukti yang terjadi untuk setiap kegiatan transaksi yang terjadi di dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Yang termasuk dalam bukti ini adalah bukti pemberian gaji karyawan yang termasuk dalam urusan internal perusahaan.

  • Bukti Transaksi Eksternal

Adalah bukti yang terjadi dengan melibatkan beberapa pihak yang berasal dari luar perusahaan atau bisnis. Contoh dari bukti ini adalah pembelian bahan baku yang berguna untuk keperluan kegiatan operasional atau produksi.

Macam-Macam Bukti Transaksi

Setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan memiliki cara pembayaran yang berbeda. Karena itu, bukti dari transaksi tersebut juga bermacam-macam bentuk dan namanya. Berikut ini adalah yang masuk dalam macam-macam bukti dari setiap transaksi yang terjadi:

  • Faktur

Apakah Anda pernah mendapatkan atau bahkan membuat bukti dari transaksi yang bernama faktur? Faktur ini dikeluarkan sebagai bukti tertulis yang menyatakan bahwa sebuah produk atau barang telah terjual.

Faktur ini dikeluarkan oleh penjual untuk diberikan kepada pembeli. Faktur dapat digunakan untuk mengembalikan barang atau jika adanya kesalahan pengiriman yang terjadi. Hanya dengan menunjukkan faktur, pembeli dapat memproses hal tersebut.

Selain itu, setiap transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi berupa faktur. Dalam hal ini saa dua jenis faktur. Yaitu, faktur untuk penjual dan faktur untuk pembeli. Meskipun begitu, isi dalam faktur tersebut sama, yaitu nama perusahaan dan nama pembeli tanggal terjadinya transaksi, nama barang yang, harga dan lain sebagainya yang masuk dalam kegiatan transaksi jual beli yang terjadi.

Baca Juga: Faktur Pembelian dan Perbedaannya dengan Nota Pembelian

  • Kwitansi

Penyalahgunaan Kwitansi Kosong

Ilustrasi Kwitansi

Dokumen bukti satu ini dikeluarkan jika penjual telah menerima pembayaran dengan uang tunai oleh pembeli. Bukti kwitansi terdiri dari dua lembar.

Lembar pertama bukti kwitansi diberikan kepada pembeli sebagai bukti pembelian dan lembar kedua dipegang oleh penjual sebagai bukti dari penjualan yang telah terjadi. 

Di dalam bukti kwitansi terdapat informasi yang berisi tentang nama pembeli, tanggal transaksi, jumlah uang yang disepakati, serta tanda tangan dengan dibubuhkan stempel atau materai jika dibutuhkan.

  • Nota Debet

Nota debet ini merupakan dokumen yang berguna untuk melaporkan jika terjadi ketidakcocokan dari barang yang diterima oleh pembeli.

Dengan menggunakan nota debet, pembeli bisa melakukan komplain kepada penjual dan mendapatkan hak yang didapatkan, seperti penggantian barang yang baru atau pengembalian uang dari pihak penjual.

  • Nota Kredit

Selanjutnya, ada juga macam-macam bukti dari transaksi lain yang disebut dengan nota kredit. Bukti ini dikeluarkan dan digunakan sebagai arsip oleh penjual maupun pembeli dari kegiatan pengembalian barang yang terjadi.

Fungsi dari adanya bukti ini adalah untuk menandakan bahwa penjual menerima permintaan pengembalian barang yang dilakukan oleh pembeli.

  • Nota Kontan

cetak nota penjualan optik kacamata

Ilustrasi Nota Kontan

Bukti ini dikeluarkan dari penjual pada pembeli untuk transaksi jual beli yang terjadi sehari-hari. Anda pasti pernah mendapatkan bukti ini ketika membeli sesuatu di sebuah toko atau minimarket.

Biasanya nota kontan terdiri dari dua lembar yang dimana satu lembar pertama disimpan oleh penjual dan lembar keduanya akan diberikan kepada pembeli. Nota kontan ini juga dapat digunakan oleh penjual maupun pembeli sebagai bukti dalam laporan keuangan secara sah.

Di dalam nota kontan terdapat berbagai informasi penting yang berguna untuk kedua belah pihak, seperti nomor nota, tanggal terjadinya transaksi, nama perusahaan yang mengeluarkan nota, jenis atau keterangan barang, jumlah barang dalam transaksi, harga satuan barang, dan total harga.

Baca Juga: Nota Kontan: Contoh, Pengertian dan Cara Membuat

  • Memo

Apakah Anda pernah mendengar istilah memo? Ya, memo adalah bukti dokumen yang dikeluarkan dari pimpinan perusahaan atau seseorang yang memiliki wewenang. Contoh memo adalah notasi pembayaran gaji yang perlu dibayarkan pada akhir periode.

Ingat! Bukti Transaksi Harus Disimpan 5 Tahun untuk Audit dan Laporan Pajak

Masih mengelola transaksi berbasis kertas? Gak cuma membosankan, tapi ini menyita waktu dan rentan terjadi kesalahan hitung. Pakai BEECLOUD untuk membuat kwitansi online berbasis cloud technology. Berbagi transaksi bisa dibuat dengan cepat dan mudah! Hanya butuh satu kali klik untuk mengirimkan kwitansi online melalui chat atau email.

Jika Anda mau yang mudah dan terintegrasi dengan data transaksi, pakai software akuntansi online Beecloud. Di Beecloud ada fitur attachment untuk pengarsipkan transaksi tersebut jadi gak perlu terpaksa menyediakan lemari atau satu ruangan isi dokumen penting.

BEECLOUD telah dipercaya ribuan pebisnis di tanah air untuk mengelola pembukuan usaha. Sejak 2010, BEECLOUD didesain bersama akuntan berpengalaman 11 tahun dan tim ahli IT yang handal. Tingkatkan sistem pembuatan akuntansi yang sebelumnya manual, menjadi lebih modern dan mulus bersama BEECLOUD. Coba GRATIS sekarang!

Aplikasi Pembuatan Kwitansi Online Dengan Fitur Attachment

Artikel Populer

Neraca Perdagangan: Faktor Pengaruh & Dampaknya pada Bisnis
Dalam era globalisasi ini, ekonomi suatu negara tidak lagi beroperasi secara terisolasi. Salah satu aspek yang penting dalam menjaga keseimbangan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
13 Contoh Nota Pembelian dan Cara Membuatnya Lengkap
Sedang membuka bisnis baru dan butuh contoh nota pembelian sebagai bukti transaksi dengan konsumen nanti, Anda bisa membuat sendiri dari
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Positioning adalah strategi pemasaran yang penting untuk membedakan produk dari pesaingnya di pasar sekaligus memudahkan proses pemasaran. Selain memudahkan melakukan
Baca Juga
Customer Service Software Akuntansi & Kasir Bee
Jam Operasional: senin - jumat jam 09.00 - 16.00 wib

Siap Mengubah Cara Anda Mengelola Bisnis

Sejak 2010, Bee telah berdedikasi untuk membantu Pengusaha di seluruh Indonesia dalam mengatasi tantangan laporan akuntansi dan keuangan. Kami siap mendukung kesuksesan bisnis Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami.
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2025 Bee.id
magnifiercrossmenu