Brand Essence disebut sebagai jiwa merek, nama lain dari dari identitas merek Anda, yang artinya brand essence adalah bagian penting sebuah bisnis dalam membangun brand-nya.
Inti dari brand essence adalah satu atau dua kata yang menangkap esensi sejati dari apa yang ditawarkan, bagaimana Anda mendiferensiasikan diri dari pesaing, dan apa yang ingin Anda rasakan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan merek Anda.
Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa yang dimaksud brand essence, ciri, contoh dan cara membangunnya, lengkap!
Baca Juga: Mengenal Brand Identity dan Cara Membangunnya
Menurut Chandler & Owen (2002) dalam Chris Barnham (2021), Brand Essence adalah core values yang mendefinisikan merek itu sendiri. Values ini bersifat tetap dan konstan seiring berjalannya waktu, meskipun karakteristik pelaksanaan, kemasan, iklan dapat berubah.
Dengan mendefinisikan esensi merek dengan jelas, pemilik merek menciptakan template yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan mengintegrasikan semua aktivitas pemasaran dan pengembangan produk baru nantinya di masa depan.
Sederhananya, brand essence adalah nilai inti atau DNA dari sebuah merek yang menggambarkan nilai-nilai utama yang mendefinisikan brand itu sendiri. Merangkum identitas dan tujuan merek, dan biasanya dalam bentuk susunan kata atau kalimat singkat.
Namun perlu diingat, brand essence bukan berupa slogan atau tagline, akan tetapi dasar filosofis yang mendasari semua aspek merek. Dasar ini bisa berupa benang merah yang menghubungkan semua elemen merek untuk menciptakan pengalaman merek yang kohesif dan berkesan.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, brand essence adalah DNA dari brand atau merek Anda, yang artinya brand assane ini penting untuk bisnis ANda. Mulai dari sebagai identitas diri, pembeda dengan kompetitor hingga kesan yang diciptakan kepada pelanggan.
Untuk lebih jelasnya, kenapa brand essence ini penting untuk bisnis, simak penjelasan di bawah ini!
Membantu mempertahankan identitas yang konsisten di seluruh saluran komunikasi dan interaksi dengan pelanggan, meskipun dari segi strategi pemasaran atau bentuk kemasannya berbeda.
Berikutnya, membantu brand Anda berbeda dan menonjol daripada brand kompetitor, karena sifat brand assene bersifat unik dan berbeda dari yang lain. Dari ini juga, Anda bisa menciptakan alasan bagi konsumen untuk memilih brand Anda.
Terakhir adalah meningkatkan efisiensi pemasaran, dimana proses pemasaran biasanya didasarkan pada didasarkan pada brand essence yang kuat lebih cenderung beresonansi dengan pelanggan.
Pemasaran yang autentik, unik dan konsisten juga dapat lebih menarik dan mempertahankan pelanggan dengan lebih efektif.
Baca Juga: Memahami Apa Itu Aspek Pemasaran dan Komponennya
Berikut beberapa karakteristik brand essence yang harus dimiliki oleh sebuah brand:
Untuk Anda yang ingin mencoba memulai membangun brand assane, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:
Pahami dengan jelas mengapa merek Anda ada dan apa yang ingin Anda capai. Identifikasi nilai-nilai inti yang akan menjadi landasan dari Brand Essence Anda.
Identifikasi siapa target pasar Anda dan apa yang mereka cari dari produk atau layanan Anda. Memahami audiens ini akan membantu Anda menentukan pesan yang tepat untuk disampaikan melalui Brand Essence.
Kemudian, Lakukan riset pasar untuk memahami tren industri, perilaku konsumen, dan posisi pesaing Anda. Ini akan membantu Anda menemukan celah dan kesempatan untuk membedakan merek Anda.
Setelah itu, coba definisikan brand essence bisnis Anda secara jelas dan singkat. Anda bisa membuat beberapa pernyataan atau deskripsi singkat untuk merangkum esensi dari merek Anda.
Fokuslah pada nilai-nilai inti yang ingin Anda komunikasikan kepada konsumen Anda.
Terapkan Brand Essence Anda dalam semua aspek bisnis Anda, mulai dari desain produk, komunikasi pemasaran, hingga pengalaman pelanggan. Pastikan konsistensi dalam menyampaikan pesan dan nilai inti merek Anda.
Terakhir, Jaga konsistensi dalam komunikasi merek Anda. Pastikan bahwa setiap interaksi dengan pelanggan mencerminkan nilai-nilai inti dan tujuan dari Brand Essence Anda.
Adapun contoh brand essence adalah sebagai berikut:
Pertama ada Go-Jek dengan brand essence 'One Touch Life Solutions', mencerminkan komitmen Go-Jek untuk menyediakan solusi yang mudah dan nyaman untuk berbagai kebutuhan sehari-hari pelanggannya melalui satu aplikasi.
Kemudian ada Apple dengan 'Think Different', mencerminkan filosofi mereka untuk berpikir berbeda dan terus menghadirkan produk yang inovatif dan berbeda dari pesaingnya. Hal ini diterapkan oleh Apple dengan menghadirkan berbagai jenis produk dengan desain unik fitur yang intuitif dan menarik.
Berikutnya ada Nike dengan brand essence Just Do It, menggambarkan komitmen brand nya untuk memberikan inovasi dan inspirasi kepada penggunanya untuk berolahraga dan menjalani gaya hidup aktif, dengan kalimat ajakan dalam slogannya.
Selanjutnya ada google dengan 'Organize the World’s Information', menggambarkan esensi brand mereka yang fokus pada bagaimana cara mengorganisir informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna untuk semua orang.
Contoh brand Essence terakhir dari kita ada Tesla dengan Accelerating the World’s Transition to Sustainable Energy, yang artinya mempercepat transisi dunia menuju energi yang berkelanjutan.
Dimana, menggambarkan Tesla yang fokus pada teknologi berkelanjutan dengan basis kendaraan listrik yang lebih bersih dan ramah lingkungan.
Bagaimana dengan brand essence Anda? Masih belum punya karena terlalu fokus sama operasional yang masih berantakan? Yuk, segera scale up bisnis Anda Anda dan jangan hanya terjebak dalam siklus operasional bisnis yang tidak Anda habisnya.
Anda bisa memanfaatkan Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, bantu manajemen keuangan jadikan operasional bisnis lebih lancar tanpa hambatan. Bisnis tidak lagi stagnan dan mudah berkembang.
Klik banner di atas dan dapatkan uji coba gratis sekarang juga!