Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

Brand Essence Adalah: Pengertian, Ciri, Contoh dan Manfaatnya

Brand Essence adalah core values yang mendefinisikan merek itu sendiri. Berikut beberapa contoh dan cara membangunnya pada artikel ini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 19 July 2024

Brand Essence disebut sebagai jiwa merek, nama lain dari dari identitas merek Anda, yang artinya brand essence adalah bagian penting sebuah bisnis dalam membangun brand-nya.

Inti dari brand essence adalah satu atau dua kata yang menangkap esensi sejati dari apa yang ditawarkan, bagaimana Anda mendiferensiasikan diri dari pesaing, dan apa yang ingin Anda rasakan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan merek Anda.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa yang dimaksud brand essence, ciri, contoh dan cara membangunnya, lengkap!

Brand Essence Adalah ...

Interpretasi Konvensional Brand Essence

Brand Essence menjadi salah satu pondasi penting dari identitas merek menurut AAker (Credit Chris Barnham (2021))

Baca Juga: Mengenal Brand Identity dan Cara Membangunnya

Menurut Chandler & Owen (2002) dalam Chris Barnham (2021), Brand Essence adalah core values yang mendefinisikan merek itu sendiri. Values ini bersifat tetap dan konstan seiring berjalannya waktu, meskipun karakteristik pelaksanaan, kemasan, iklan dapat berubah.

Dengan mendefinisikan esensi merek dengan jelas, pemilik merek menciptakan template yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan mengintegrasikan semua aktivitas pemasaran dan pengembangan produk baru nantinya di masa depan.

Sederhananya, brand essence adalah nilai inti atau DNA dari sebuah merek yang menggambarkan nilai-nilai utama yang mendefinisikan brand itu sendiri. Merangkum identitas dan tujuan merek, dan biasanya dalam bentuk susunan kata atau kalimat singkat.

Namun perlu diingat, brand essence bukan berupa slogan atau tagline, akan tetapi dasar filosofis yang mendasari semua aspek merek. Dasar ini bisa berupa benang merah yang menghubungkan semua elemen merek untuk menciptakan pengalaman merek yang kohesif dan berkesan.

Kenapa Brand Essence itu Penting?

Brand essence menjadi identitas inti dari sebuah merek (Credit: Pexels.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, brand essence adalah DNA dari brand atau merek Anda, yang artinya brand assane ini penting untuk bisnis ANda. Mulai dari sebagai identitas diri, pembeda dengan kompetitor hingga kesan yang diciptakan kepada pelanggan.

Untuk lebih jelasnya, kenapa brand essence ini penting untuk bisnis, simak penjelasan di bawah ini!

#Identitas Diri

Membantu mempertahankan identitas yang konsisten di seluruh saluran komunikasi dan interaksi dengan pelanggan, meskipun dari segi strategi pemasaran atau bentuk kemasannya berbeda.

#Pembeda dari Kompetitor

Berikutnya, membantu brand Anda berbeda dan menonjol daripada brand kompetitor, karena sifat brand assene bersifat unik dan berbeda dari yang lain. Dari ini juga, Anda bisa menciptakan alasan bagi konsumen untuk memilih brand Anda.

#Meningkatkan Keefektifan Pemasaran

Terakhir adalah meningkatkan efisiensi pemasaran, dimana proses pemasaran biasanya didasarkan pada didasarkan pada brand essence yang kuat lebih cenderung beresonansi dengan pelanggan.

Pemasaran yang autentik, unik dan konsisten juga dapat lebih menarik dan mempertahankan pelanggan dengan lebih efektif.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Aspek Pemasaran dan Komponennya

Karakteristik Brand Essence

Berikut beberapa karakteristik brand essence yang harus dimiliki oleh sebuah brand:

  • Bermakna, harus mewakili nilai-nilai inti, kepribadian, dan diferensiasi merek yang ingin disampaikan kepada target audience.
  • Unik, harus otentik dan berbeda dari pesaing. Ini harus sesuatu yang membuat merek menonjol dan mudah diingat oleh pelanggan..
  • Tidak berwujud, sesuatu yang dirasakan dan dialami oleh pelanggan. Tidak berupa barang, fitur, atau harga produk.
  • Berkelanjutan, harus tahan lama, tetap relevan dengan pelanggan saat ini ataupun masa depan dan tidak berubah seiring waktu.
  • Konsisten, berarti bahwa merek selalu menunjukkan nilai, atribut, dan kepribadian yang sama di semua titik kontak pelanggan.
  • Dapat ditindaklanjuti, harus menjadi sesuatu yang dapat diterjemahkan menjadi tindakan dan perilaku yang nyata.

Cara Membangun Brand Essence yang Kuat

Kenali apa tujuan dan nilai brand Anda sebelum mulai menyusun brand essence (Credit: Freepik.com)

Untuk Anda yang ingin mencoba memulai membangun brand assane, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Kenali Tujuan dan Nilai Inti Merek

Pahami dengan jelas mengapa merek Anda ada dan apa yang ingin Anda capai. Identifikasi nilai-nilai inti yang akan menjadi landasan dari Brand Essence Anda.

2. Tentukan Audiens Target

Identifikasi siapa target pasar Anda dan apa yang mereka cari dari produk atau layanan Anda. Memahami audiens ini akan membantu Anda menentukan pesan yang tepat untuk disampaikan melalui Brand Essence.

3. Lakukan Riset dan Analisis Pasar

Kemudian, Lakukan riset pasar untuk memahami tren industri, perilaku konsumen, dan posisi pesaing Anda. Ini akan membantu Anda menemukan celah dan kesempatan untuk membedakan merek Anda.

4. Definisikan Brand Essence secara Jelas dan Singkat

Setelah itu, coba definisikan brand essence bisnis Anda secara jelas dan singkat. Anda bisa membuat beberapa pernyataan atau deskripsi singkat untuk merangkum esensi dari merek Anda.

Fokuslah pada nilai-nilai inti yang ingin Anda komunikasikan kepada konsumen Anda.

5. Integrasikan Brand Essence dalam Semua Aspek Bisnis

Terapkan Brand Essence Anda dalam semua aspek bisnis Anda, mulai dari desain produk, komunikasi pemasaran, hingga pengalaman pelanggan. Pastikan konsistensi dalam menyampaikan pesan dan nilai inti merek Anda.

6. Komunikasikan dengan Konsisten

Terakhir, Jaga konsistensi dalam komunikasi merek Anda. Pastikan bahwa setiap interaksi dengan pelanggan mencerminkan nilai-nilai inti dan tujuan dari Brand Essence Anda.

Contoh Brand Essence dari Brand Ternama

Adapun contoh brand essence adalah sebagai berikut:

1. Go-Jek - 'One Touch Life Solutions'

Contoh Brand Essence

Ilustrasi porret iklan Go-Jek (Credit: Go-Jek)

Pertama ada Go-Jek dengan brand essence 'One Touch Life Solutions', mencerminkan komitmen Go-Jek untuk menyediakan solusi yang mudah dan nyaman untuk berbagai kebutuhan sehari-hari pelanggannya melalui satu aplikasi.

2. Apple - ' Think Difference'

Kemudian ada Apple dengan 'Think Different', mencerminkan filosofi mereka untuk berpikir berbeda dan terus menghadirkan produk yang inovatif dan berbeda dari pesaingnya. Hal ini diterapkan oleh Apple dengan menghadirkan berbagai jenis produk dengan desain unik fitur yang intuitif dan menarik.

3. Nike - 'Just Do It'

Contoh Slogan Brand Nike

Contoh tagline sekaligus brand essence Nike (Credit; Nike)

Berikutnya ada Nike dengan brand essence Just Do It, menggambarkan komitmen brand nya untuk memberikan inovasi dan inspirasi kepada penggunanya untuk berolahraga dan menjalani gaya hidup aktif, dengan kalimat ajakan dalam slogannya.

4. Google - 'Organize the World’s Information'

Selanjutnya ada google dengan 'Organize the World’s Information', menggambarkan esensi brand mereka yang fokus pada bagaimana cara mengorganisir informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna untuk semua orang.

5. Tesla - 'Accelerating the World’s Transition to Sustainable Energy'

Contoh brand Essence terakhir dari kita ada Tesla dengan Accelerating the World’s Transition to Sustainable Energy, yang artinya mempercepat transisi dunia menuju energi yang berkelanjutan.

Dimana, menggambarkan Tesla yang fokus pada teknologi berkelanjutan dengan basis kendaraan listrik yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Bagaimana dengan brand essence Anda? Masih belum punya karena terlalu fokus sama operasional yang masih berantakan? Yuk, segera scale up bisnis Anda Anda dan jangan hanya terjebak dalam siklus operasional bisnis yang tidak Anda habisnya.

Anda bisa memanfaatkan Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, bantu manajemen keuangan jadikan operasional bisnis lebih lancar tanpa hambatan. Bisnis tidak lagi stagnan dan mudah berkembang.

Klik banner di atas dan dapatkan uji coba gratis sekarang juga!

Artikel Terkait

Mengenal Investasi Jangka Panjang Kunci Bisnis Berkelanjutan
Di era informasi dan teknologi seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya merencanakan masa depan finansial mereka. Investasi
Baca Juga
SPPL Adalah Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan, Ini Panduan Cara Buatnya
Menjaga kelestarian lingkungan hidup menjadi tanggung jawab bersama. Salah satu wujud komitmen ini diwujudkan dengan adanya SPPL. SPPL adalah singkatan
Baca Juga
Ketahui 11 Fungsi Feedback untuk Bisnis Anda
Hasil atau efek yang disebabkan dari penerimaan atau penolakan pesan di dalam proses komunikasi merupakan penjelasan tentang fungsi feedback atau
Baca Juga
Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Tahapan & Manfaatnya
Segala sesuatu yang berkaitan dengan rancangan konsep, maksud atau tujuan, hingga strategi pemasaran bisa disebut sebagai proses bisnis. Setiap proses
Baca Juga
Digital Business: Cara Sukses Membangun Bisnis Digital
Dalam era digital yang serba canggih seperti saat ini, digital business atau bisnis digital telah menjadi sorotan utama di dunia
Baca Juga
8 Contoh Joint Venture di Indonesia yang Sukses
Dalam dinamika bisnis modern, strategi kolaborasi menjadi kunci penting bagi perusahaan untuk meraih kesuksesan dan menghadapi tantangan yang kompleks. Contoh
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu